Tomohon,Sulutnews.com - Jika ingin menang dalam Pemilihan Calon Anggota Legislatif (Pilcaleg) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, kader Golkar harus solid.

Kader Golkar juga harus bekerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas dan sangat penting untuk solid dalam bekerja, kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kota Tomohon air Miky Junita Linda Wenur MAP yang akrap di sapa (MJLW),  saat membuka Musyawarah Kelurahan (Muskel) di 5 kecamatan dan 44 kelurahan yang ada di Kota Tomohon Jumat (1/10/2021) dan Sabtu (2/10/2021).

Menurut Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon ini, target raihan kursi di Pilcaleg 2024 minimal 10 seperti yang ada saat ini di DPRD Tomohon.

"Jika solid dan bekerja sesuai yang diharapkan, bisa memperoleh kursi lebih.

Menurut MJLW kemungkinan besar, tahun 2024 nanti jumlah kursi di DPRD Tomohon sudah 25 atau akan ketambahan 5.

Untuk itu sebagai partai besar dan sudah teruji dikatakan MJLW Golkar berpeluang untuk kembali merajai Pilcaleg di Kota Tomohon, harapnya.

Diketahui sebelumnya sejak Kota Tomohon terbentuk, sudah empat kali dilakukan Pilcaleg dan selalu dimenangkan oleh Partai Golkar dengan meraih kursi terbanyak di DPRD Tomohon.

Tahun 2004, Partai Golkar meraih 8 kursi dari 20 kursi di DPRD Tomohon. Tahun 2009 meraih 7 kursi, tahun 2014 meraih 7 kursi serta tahun 2019 meraih 10 kursi atau 50 persen. (Adrian)

Manado,Sulutnews.com – Drs.H. Depri Pontoh kembali terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai PPP Provinsi Sulawesi Utara pada Muswil ke-IX PPP Sulut yang digelar dua hari di Hotel Aston Manado, Senin (24-25/5).

Hi Depri Pontoh yang kini masih menjabat Bupati Kabupaten Bolaang Mangondouw Utara (Bolmut) terpilih kedua kalinya sebagai Ketua DPW PPP Sulut, masa bakti 2021-2026.

Lima belas DPC PPP se Sulut diantaranya DPC Kota Manado (Madzhabullah Ali), DPC Kota Bitung (Muhammad Rasubala), DPC Kota Tomohon (Ferawati Winda Kiem Waridin), DPC Kota Kotamobagu (Suryadi Baso ), DPC Kabupaten Talaud (Sidik Rudi Tatali) dari unsur PH-DPW PPP Sulut memilih Bupati Bolmut ini untuk memimpin PPP lima tahun kedepan.

Pemantauan sulutnews.com, Muswil ke-IX PPP Sulut tersebut berlangsung aman kondusif. Belum ada informasi rencana pelantikan Ketua DPW PPP yang baru Hi.Depri Pontoh.

Hi. Depri Pontoh mengucapkan terima kasih kepada 15 DPC PPP Sulut, yang telah mempercayakan dirinya untuk kembali menahkodai DPW PPP Sulut.

“Alhmadulilah Muswil ke-IX DPW PPP berjalan lancar. Kita akan kembali pada nawa cita PPP untuk membesarkan PPP di Sulut. Mari seluruh kader partai bergandengan tangan membangun bersama,” kata Depri. (*/yuk)

Tomohon,Sulutnews.com - Pengurus Partai Golkar (PG) Kecamatan Tomohon Selatan menggelar Musyawarah Kecamatan (Muscam) di Home Stay Kelurahan Walian 1 Kecamatan Tomohon Selatan, Jumat (16/4).

Dari hasil musyawarah, Joice Pontoh terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Pengurus Kecamatan PG Tomohon Selatan periode tahun 2021-2026.

Kerja politik Joice Pontoh akan diawali dengan membentuk struktur kepengurusan untuk memperkuat dan menyolidkan Partai Golkar di Kecamatan Tomohon Selatan.

Kemudian konsolidasi hingga ke tingkat kelurahan dan lingkungan di wilayah tersebut.

Apa lagi 2024 merupakan tahun pemilihan umum (Pemilu) serentak.

 

Meliputi pemilihan presiden, pemilihan legislastif masing-masing DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan kota, pemilihan kepala daerah hingga pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

“Maka Partai Golkar harus solid dan menang,” ucap Joice Pontoh.

Agenda kerja politik kita sangat singkat, karena tahun politik 2024 sudah di depan mata,” jelasnya kepada Sulutnews.com Jumat (2/4/2021).

Ketua DPD II Partai Golkar Tomohon Ir Miky JL Wenur MAP yang menghadiri muscam tersebut meminta, kepada tim formatur yang sudah dipercayakan untuk segera melaksanakan tugas.

“Kami berharap, tim formatur benar-benar memasukkan nama-nama pengurus yang memang ingin berbuat untuk Golkar,” harap Miky.

“Banyak selamat untuk Golkar Tomohon Selatan yang sukses melaksanakan musyawarah. Ini adalah langkah awal kita menuju kemenangan.

Selamat juga buat Ketua yang baru Ibu Joice Potoh. Kibarkan panji-panji Golkar di seluruh Kelurahan yang ada di Kecamatan Tomohon Selatan,” tukasnya.

Diketahui, Muscam tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris DPD II Golkar Tomohon, James Enrico Kojongian ST, Fraksi Golkar yang juga Sebagai Ketua DPRD Tomohon Djemmy J Sundah SE, sejumlah pengurus DPD II, serta pengurus Golkar di 12 Kelurahan

Muscam ini dibuka oleh Wakil Sekretaris Bidang Hubungan Lembaga Politik  DPD 1 PG Sulut,  Dani Rompis.

Kegiatan ini digelar dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak. (Adrian)

 

Tomohon,Sulutnews.com - Hasil Musyawarah Kecamatan (Muscam) Partai Golkar Tomohon menempatkan tiga muka baru sebagai ketua.

Tomohon Utara Laurens Octavianus Sambouw SPt terpilih menggantikan James Kowaas, Tomohon Barat Helky Rares menggantikan Andrie Tololiu SE dan Joice Pontoh di Tomohon Selatan menggantikan Billy Parera.

Dari empat kecamatan yang melaksanakan Muscam, hanya Tomohon Tengah yang tidak tergantikan. Wilhem Gonta masih terpilih. Semua yang terpilih pada Muscam Jumat (16/4/2021) secara aklamasi.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) II Partai Golkar Tomohon Ir Miky Junita Linda Wenur MAP (MJLW) berharap, para ketua yang baru  saja terpilih bisa membesarkan partai dan berbuat demi kesejahteraan para kader.

''Selamat kepada yang baru saja terpilih sebagai Ketua Partai Golkar Kecamatan. Mari kita bersama-sama membesarkan partai,'' kata MJLW.

Dalam Musyawarah Kecamatan Partai Golkar di empat kecamatan tersebut, semua kader Partai Golkar sepakat mendukung Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Ir Ailangga Hartarto sebagai calon Presiden RI tahun 2024 dan mendukung kepemimpinan Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Utara Dr Christiany Eugenia Paruntu SE.

Hadir dan memberikan materi pendidikan politik di Muscam, Pengurus DPD I Partai Golkar Sulut Drs Danny Rompis, Pengurus DPD II Partai Golkar James JE Kojongian ST (sekretaris), Djemmy J Sundah SE (wakil ketua) yang juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon, Piet HK Pungus SPd (wakil ketua) dan Frets H Keles ST (wakil ketua). (Adrian)

Tomohon, Sulutnews.com – Pasca Pilkada Tahun 2020 dan menatap Pilcaleg dan Pilkada Serentak tahun 2024, Partai Golkar Tomohon melakukan konsolidasi, antaranya menggelar Musyawarah Kecamatan (Muscam) memilih kepengurusan.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) II Partai Golkar Kota Tomohon Ir Miky Junita Linda Wenur MAP (MJLW) didampingi Sekretaris James EJ Kojongian ST dan Gerard Lapian  mengungkapkan, sesuai jadwal, dari lima kecamatan yang ada di Kota Tomohon ada empat kecamatan yang akan menggelar Muscam Jumat (16/4/2021) hari ini.

Kecamatan yang akan menggelar Muscam adalah Tomohon Utara, Tomohon Tengah, Tomohon Barat dan Tomohon Selatan.

”Kegiatan nantinya diawali dengan Pendidikan Politik yang akan dibawakan oleh para tokoh dan senior Partai Golkar baik dari DPD II Tomohon maupun DPD I Provinsi Sulawesi Utara,” ujar MJLW.

Dalam setiap kegiatan Partai Golkar lanjut MJLW, pihaknya akan terus mensosialisasikan calon presiden dari Partai Golkar tahun 2024 yakni Ir Airlangga Hartarto yang tak lain adalah Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar dan dukungan sepenuhnya terhadap kepemimpinan Christiany Eugenia Paruntu (CEP) sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Utara. ”Ini harus dan wajib hukumnya sebagai kader Partai Golkar,” tukas MJLW diamini Kojongian dan Lapian.(Adrian)

Minsel, SulutNews.com -- Maraknya pergantian perangkat desa di sejumlah Desa yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) akhir-akhir ini, menjadi pembicaraan hangat di masyarakat.

Hal ini pun menjadi perhatian dari Fraksi Partai Golkar (FPG) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minsel.

FPG DPRD Minsel melalui Ketuanya, Rommy Poli, pada Selasa (13/4/2021), meminta Pemerintah Minsel taat aturan.

"Terkait dengan maraknya pergantian perangkat desa yang diduga melanggar aturan, FPG minta kepada pemerintah Minsel untuk mengkaji sesuai aturan hukum yang berlaku", ungkap Rommy Poli.

"Apabila proses penggantian ini terindikasi melanggar aturan, maka FPG paling depan untuk membela kepentingan masyarakat. Jangan sampai proses ini membuat gaduh masyarakat karena tidak sesuai mekanisme", katanya.

Ia pun menyampaikan, apabila proses penggantian ini terindikasi melanggar aturan hukum yang berlaku, maka FPG siap memfasilitasi perangkat desa untuk melakukan upaya hukum melalui pengadilan.

"Sistem kita ini negara hukum bukan monarki yang kewenangan tanpa batas dari penguasa", ujarnya.

Poli juga menyampaikan, FPG berharap pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan berdasarkan aturan yang berlaku, jangan sewenang-wenang karena hukum adalah panglima di negara kita.

"FPG paling depan bersama pemerintahan Franky Donny Wongkar dan Petra Yani Rembang (FDW-PYR) dalam membangun Minsel, namun apabila ada yang diduga melanggar aturan, FPG paling pertama untuk meminta pemerintah mengkaji sesuai aturan hukum", tegas Poli. (*/RDS)

Bolmut, Sulutnews.com - Rakernas dan Rapimnas Partai Golkar telah resmi ditutup pada Sabtu  kemarin (06/03/2021). Salah satu hasil Rapimnas adalah menunjuk Ketua Umum Airlangga Hartarto untuk maju menjadi calon presiden 2024.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Saiful Ambarak, S.Pd.I memberikan keterangannya, Selasa (23/03/2021)

“Rapimnas yang baru saja berakhir menegaskan kuatnya aspirasi dari arus bawah yang menginginkan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk dicalonkan sebagai Calon Presiden,” ungkap Ketua DPD Golkar Bolmut.

Rapimnas Partai Golkar telah memutuskan berbagai hal, salah satunya program unggulan, "yellow clinic" jadi sarana bagi Golkar untuk hadir di tengah masyarakat dan kita akan dorong ditingkatkan jadi klinik pratama. Di antara kegiatan adalah swab antigen, PCR, dan layanan kesehatan lainnya, serta mendorong pemerintah untuk meningkatkan program-program pro-rakyat, program penguatan UMKM, program reforma agraria dan redistribusi aset guna menjaga daya beli masyarakat serta mengurangi kemiskinan," jelasnya.

Soal isu Musdalub Partai Golkar Sulut, kita sepakat agar isu tersebut tidak perlu dikembangkan. Bagi Ketua DPD Partai Golkar Bolmut, tidak perlu dipolemikan karena ada agenda rapimnas lebih penting dikerjakan.

Sejauh ini Partai Golkar di Sulawesi Utara sudah solid, dan baik-baik saja. Tidak hanya itu, Ibu Tetty Paruntu atau yang akrab kami panggil CEP secara profesional dalam kepemimpinan dan manajerial beliau telah menjalankan roda organisasi Partai Golkar Sulut dengan baik dan benar, serta harmonis.

"Sampai saat ini DPD 2 Golkar Bolmut, masih tetap solid mendukung CEP sebagai Ketua DPD 1 Golkar Sulut, siap berjuang dan mengamankan hasil rapimnas serta mengawal Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sebgai calon presiden 2024," tegas Saiful Ambarak

Terkait strategi Partai Golkar dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2024, Golkar terbuka untuk berkoalisi dengan semua partai politik yang mempunyai visi-misi yang sama. (/Gandhi Goma)

Kader Golkar Wajip Amankan Keputusan Partai

Tomohon,Sulutnews.com -  Kader Partai Golkar yang memiliki prestasi, dedikasi, loyalitas, tidak tercelah dan pengabdian apalagi yang pernah mendapat dan atau  menggunakan fasilitas Golkar sehingga menjabat legislatif dan eksekutif serta profesi lainnya adalah suatu kewajiban moral dan politik untuk mendukung dan mengamankan keputusan partai, termasuk dalam Pilkada 2020, tegas Ketua DPD II Partai Golkar Kota Tomohon Ir. Miky Junita Linda Wenur, MAP.

Kepada media ini, Senin (22/03), Dikatakan Wenur, Sejak tahun 1993 menjadi Pengurus Partai Golkar mulai tingkat kelurahan, saya menghadapi lika liku dalam perpolitikan khususnya Partai Golkar, tetapi tetap dan selalu mengamankan keputusan partai ujarnya.

"Prinsip sebagai kader adalah loyalitas terhadap partai dan pimpinan dengan senantiasa mengandalkan Tuhan dan berbuat baik bagi sesama tanpa melihat perbedaan warna politik.

Menurut MJLW,   Partai Golkar Kota Tomohon dengan arahan Ketua DPD I Partai Golkar Sulut CEP terus melaksanakan konsolidasi dan secara berkala melaksanakan rapat FPG DPRD Kota Tomohon untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan rakyat.

Konsolidasi dilaksanakan juga untuk mengsosialisasi Keputusan Rapimnas diantaranya pencalonan Ketum DPP PG Ir. Airlangga Hartarto, MBA sebagai Calon Presiden RI Tahun 2024 dan Mendukung ibu CEP dlm Kepemipinannya sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Sulut, terangnya.

Lanjut Wenur juga mengajak, "Mari bersatu dibawa pohon beringin untuk kejayaan Partai Golkar dan mendukung pemerintah demi kesejahteraan daerah dan bangsa dalam wadah NKRI.(Adrian)

Manado,Sulutnews.com - Musyawarah  X  Partai  Golkar  Kecamatan Singkil, Manado, menghasilkan pimpinan anak cabang Partai Golkar yang baru periode 2020-2025.

Musyawarah Kecamatan Singkil tersebut dipimpin Ketua Harian Dewan Pimpinan Daerah II,  Partai Golkar Manado, Oktavian Walentokan, didampingi Sekretarisnya,  Rubby Rumpesak, diikuti Sembilan kelurahan se Kecamatan Singkil, dan turut dihadiri Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Manado, Adolf Budiak serta  sejumlah tokoh masyarakat,  agama kelurahan Kombos Timur, Manado, Rabu.

Dalam muscam tersebut berhasil terpilih pimpinan baru, bung Al Jufri Karmin untuk menakodai partai berlambang pohon beringin tersebut selama lima tahun kedepan.

Ketua Harian DPD II Partai Golkar Manado, Oktavian Walentokan pada sambutan pembukaannya mengatakan, Partai Golkar masih tetap eksis dalam dunia perpolitikan baik secara nasional, regional hingga kekecamatan dan bahkan kekampung-kampung sekalipun.

Foto Guntur : Sembilan anak ranting Partai Golkar se Kecamatan Singkil menyatakan dukungan penuh dan secara aklamasi kepada bung Jufri Karmin untuk memimpin Partai Golkar Kecamamatan Singkil

“Ini menjawab tantangan dari masyarakat yang menyatakan Partai Golkar sudah mati suri dan atau tidak ada kiprahnya lagi, namun terbukti hingga saat dan detiik ini bahkan sampai kapanpun, Golkar tetap ada dan setia memberikan sumbangsih kepada masyarakat”, kata Walentukan yang disambut dengan yel-yel kebesaran partai yang pernah merajai diera lalu.

Untuk itu da berharap kepada kader-kader Partai Golkar yang tersebar luas dinegeri ini, terutama di Kota Manado untuk terus merapatkan barisan baik menyongsong pesta demokrasi maupun kegiatan sosial kemasyarakatan, dimana  Golkar selalu peduli dan terdepan dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, dalam proses pelaksanaan Muscam,  pimpinan Sembilan ranting kelurahan  Partai Golkar sepakat dan  aklamasi menyatakan mendukung bung Jufri Karmin sebaga ketua PAC Golkar Kecamatan Singkil.

Ketua terpilih Jufri Karmin dalam pidato politiknya mengatakan, siap menerima dan mengembangkan partai Golkar ini dengan sebaik-baiknya dan bertekad akan mengangkat harkat dan martabat partai sebagaimana yang pernah diraih sebelumnya.

“Insha Allah saya mohon dukungan doa dari semua warga, tokoh Golkar , simpatisan serta seluruh pengurus untuk sama-sama bergandeng tangan demi mengangkat nama besar Partai Golkar yang sangat kita cintai ini, sebagaimana dahulu pernah jaya dan bangsa ini”, ujar mantan caleg Nomor urut 3 Partai Golkar Kecamatan Singkil dengan meraih suara signifikan.(/Gtr)

Bolmut, Sulutnews.com - Ketua Umum Aliansi Masyarakat Adat (AMABOM) Bolaang Mongondow Raya, Drs. Hi. Zainul Armyn Lantong atau sering disapa Utat Jemmi Lantong menyampaikan selamat kepada Panglima Brigade Bogani Wilayah Adat Swapradja Bintauna  Ibu Aktrida Indah Datunsolang, ST terpilih kembali sebagai Ketua DPD PKS Kabupaten Bolmut dalam  Visi Indonesia yang dicita-citakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) "terwujudnya masyarakat madani yang adil, sejahtera, dan bermartabat."

Aktrida Indah Datunsolang, ST dalam kapasitas sebagai anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dan juga sebagai Panglima Brigade Bogani Wilayah Bintauna terpilih kembali sebagai Ketua DPD Partai Keadian Sejahtera (PKS) Kabupaten Bolmut yang telah menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke V se Indonesia di 15 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) se Sulawesi Utara yang dipusatkan di Hotel Swiss Bell Manado, Senin (28/12/2020).

Dari hasil Musyawarah Dewan Syuro’ PKS, Aktrida Indah Datunsolang, ST diamanatkan menjadi Ketua DPD PKS Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) periode 2020 -2025.

Jajaran DPD PKS Bolmut mengikuti kegiatan tersebut secara virtual bertempat di Cafe Mutiara Pinagut, Boroko

Aktrida mengatakan, amanah sebagai Ketua PKS Bolmut yang diberikan oleh Dewan Syuro’ PKS tentunya akan dijaga sebaik-baiknya dengan penuh kebersamaan dalam wadah dakwah.

 “Saya menerima keputusan Majelis Syuro’ PKS sebagai Ketua PKS Bolmut yang merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan semangat dalam wadah dakwah bersama pengurus Dewan Pimpinan Tingkat Daerah (DPTD)” ucapnya.

Menurut Aktrida, PKS Bolmut siap memenangkan Pemilu Serentak yang akan dilaksanakan pada 2024 dan merupakan hasil Musyawarah Nasional (Munas) PKS.

 “Saya akan memprioritaskan program sejumlah kerangka kerja diantaranya merampungkan kepengurusan DPD, (DPC), dan Ranting. Ini sangat penting, karena sekuat apapun pengaruh sebuah partai tanpa ada yang menggerakan, maka itu adalah kesia-siaan. Kami akan bekerja sesuai amanah Muswil dengan merebut target 1 fraksi dalam lembaga DPRD,” ucapnya

Aktrida mengharapkan, semoga PKS Bolmut semakin maju, makin kokoh, berkhidmat melayani masyarakat.

 “Maju bersama membangun Bolmut yang lebih adil, sejahtera, dan InsyaAllah juga dicintai di tengah-tengah masyarakat,” ungkap Aktrida Indah Datunsolang. (/Gandhi Goma)

Berikut stuktur DPTD PKS Bolmut

Majelis Pertimbangan Daerah (MPD)

Ketua : Kol. Purn.Drs. Murianto Babay

Sekretaris : Lassa Korompot

Dewan Etik

Ketua : Ronal Bolota

Sekretaris : Drs. Yusuf Lakoro

Ketua DPD : Aktrida Indah Datunsolang, ST

Sekretaris : Saripa Babay, SE

Bendahara : Ramzi Rukundin

Ketua kaderisasi : Mariam Buhang, S.PdI