Jakarta,Sulutnews.com -  Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya membeberkan sejumlah kriteria dari ketiga nama calon presiden (presiden) yang akan diputuskan hasil Rakernas Partai selama tiga hari di Jakarta. Kriteria tersebut adalah ganteng dan hebat.

Dilansir dari Detik.com Jumat (17/6/2022) Willy mulanya mengatakan Partai NasDem telah menggelar rapat pleno untuk memilih tiga nama yang bakal diusung sebagai capres pilihan NasDem. Nama yang diusulkan akan diserahkan langsung kepada Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

"Jadi khusus nama tiga capres kami sudah rapat pleno tadi malam. Steering committee (SC) sudah memutuskan dan tiga nama sudah ada. Nanti jam 20.00 WIB akan kita serahkan secara langsung," jelas Willy di JCC, Senayan.

"Ketua SC Rakernas NasDem, dalam hal ini Kakak Prananda Surya Paloh, akan menyerahkan secara langsung kepada Ketum," sambungnya.

Willy membocorkan kriteria dari ketiga nama yang bakal diusung. Syarat utamanya adalah orang yang hebat, baik, dan juga ganteng. Willy meyakinkan ketiga calon merupakan putra-putri terbaik untuk Indonesia.

"Kriterianya pasti yang hebat-hebatlah, yang baik-baiklah, yang ganteng, yang cakep, yang luar biasa dan ini persembahan Partai NasDem putra putri terbaik untuk rakyat Indonesia dan sebangun dan sesuai dengan aspirasi yang berkembang di tengah-tengah rakyat semua," ujarnya.

Lebih lanjut Willy memastikan Partai NasDem tidak mengusung calon dari lingkup internal partai. Ketiga calon tersebut dipastikan merupakan kader terbaik.

"NasDem kali ini tidak mengusung calon internal. Tiga-tiganya kader terbaik Republik Indonesia," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, 34 DPW Partai NasDem telah menyerahkan sejumlah nama bakal calon presiden (capres) 2024. Ada setidaknya lima nama yang jadi rising star, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Erick Thohir, Jenderal Andika Perkasa, dan Rachmat Gobel.

Dari daftar rekapitulasi yang diterima detikcom, Kamis (16/6/2022) malam, Anies menempati posisi puncak dengan 31 suara DPW. Di peringkat kedua ada Ganjar dengan 28 suara.

Sementara itu, tempat ketiga diisi dua nama, yaitu Erick Thohir dan Andika Perkasa, yang sama-sama memperoleh 15 suara. Di posisi empat ada nama Rachmat Gobel dengan 13 suara.

Dalam penjaringan bakal capres NasDem, setiap DPW menyerahkan sejumlah nama. Ada DPW yang hanya menyerahkan 2 nama, ada yang 3 nama, hingga 6 nama.

Berikut ini hasil rekapitulasi suara capres usulan DPW NasDem:

Anies Baswedan 31

Ganjar Pranowo 28

Erick Thohir 15

Andika Perkasa 15

Rachmat Gobel 13

Syahrul Yasin Limpo 7

Ridwan Kamil 5

Lestari Moerdijat 5

Prananda Surya Paloh 5

Khofifah Indar Parawansa 4

Ahmad Sahroni 4

Dudung Abdurachman 2

Ahmad Ali 2

Wahidin Halim 1

Sandiaga Uno 1

Isran Noor 1

Siswono Yudhohusodo 1

Viktor B. Laiskodat 1

Dominggus Mandacan 1

Mathius Awoitauw 1

Herman Deru 1

Sofyan Djalil 1

TGB Muhammad Zainul Majdi 1

Surya Paloh 1

Syarif Fasha 1

Siti Nurbaya Bakar 1

(/Adrian)

Boroko, SulutNews.com - Tahun politik baru akan dimulai, namun manuver para politikus sudah mulai dimainkan, seperti  yang terlihat sepekan yang lalu didinding akun media sosial dari  salasatu kader PDI Perjuangan, difoto tersebut HD dan MP begitu akrab dengan caption tetap solid.

Setelah dikonfirmasi, HD sapaan akrab Hamzah Datukramat menyatakan cuma sekedar mampir dan berbincang santai. (M.Alghifari)

Bolmut, Sulutnews.com - Drs. Karim Lauma dikenal masyarakat  Kabupaten Bolaang Mongondow bersatu, terlebih tempat kelahirannya Desa  Boroko Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sebagai birokrat yang telah bertugas kemana-mana telah mengakhiri tugasnya sebagai abdi negara Aparatur Sipil Negara selama kurang lebih 30 tahun, pangkat terakhir Pembina Utama IV D. Ketika diwawancarai sesudah Rakorda Partai Nasional Demokrat (Nasdem) di Sekretariat Partai Nasdem di Desa Talaga Kecamatan Bolangitang Barat. Rabu (01/06/2022).

Kesan pertama pensiunan birokrat ini, masih energik dan antusias ketika diajak mengenang kembali pada waktu masih menjabat sebagai Camat Kaidipang tahun 2021, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil yang mengurus pembuatan KTP dan Kartu Keluarga tahun 2012 di Pemda Kabupaten Bolmut.

Setelah pensiun aktivitas sehari-hari pergi berkebun dengan menanam jagung yang harganya masih stabil. Membersihkan kebun kelapa serta menanam kembali beberapa jenis buah-buahan tahunan seperti durian, manggis, rambutan. Ketika senggang pergi ke pantai batu pinagut dan berdialog dengan para nelayan serta hasil tangkapannya dijual kemana.

Proses akrab dengan masyarakat petani dan ini berlangsung lama, segalah keluh kesah ditampung dan dicarikan solusinya. Kadang ketika berhubungan dengan dinas terkait sering berkomunikasi langsung dengan para birokrat menyampaikan kesulitan masyarakatnya.

Sehingga suatu saat, beberapa anggota masyarakat mengusulkan untuk tampil sebagai wakil rakyat di Dapil I Kaidipang dan Pinogaluman. Banyak usul dan saran dari lapisan masyarakat, termasuk teman-alumninya SDN 1 Boroko 1973. Alasan mereka bermacam-macam. Kata kelpol nelayan wakil rakyat yang kita pilih sudah jarang datang duduk bersama. Mungkin mereka sedang sibuk studi banding kemana-mana. Disaat menelpon nomor handphone sudah tidak aktif lagi.

Ketika sampai di rumah saya berdialog dengan isteri saya Ny. Dinna Korompot pensiunan ASN Bolmut, namun isterinya menyarankan kita nikmati massa pensiun. Setelah isteri saya meninggal dunia enam bulan, yang ada tinggal anak lelaki saya Rachmat Lauma dan isterinya. Adiknya perempuan Kardilia Lauma lagi menyelesaikan perkuliahannya di Gorontalo.

"Saya mencoba melakukan uji publik melalui beberapa saudara; apakah saya layak mewakili kepentingan mereka di Pemilu Legislatif 2024. Responnya positif, dan teman saya dari pengurus Partai Nasdem Bolmut kebetulan ketuanya Mulyadi Pamili. Saya menerimanya, dan pertama kalinya saya mengikuti Rakerda Nasdem. Saya alumni Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi tahun 1984. Banyak yang sudah meraih paska sarjana bergelar dokter, termasuk Ketua DPW Nasdem Sulut DR. J. Victor Mailangkay, SH.MH, dulu beliau adalah dosen di Fakultas Hukum Unsrat," ungkap Karim Lauma.

Ditambahkannya, saya memiliki dukungan keluarga, karena yang melekat dalam silsilah leluhur saya ada 27 marga. Dukungan faktor keluarga dan alumni, serta para pensiun ataupun staf saya akan saya lakukan sesuai petunjuk dan arahan; konsultasi, koordinasi, konsolidasi sesama dapil untuk siap menang. Salam restorasi.

Ketika dihubungi tim pendukungnya di Desa Kuala dan Desa Bigo bersatu, mereka menginginkan namanya tidak disebut dalam pemberitaan, dengan jujur mengungkapkan Karim Lauma sejak dari dulu peduli dengan masyarakat dalam suka dan duka. Apalagi jika terjadi dalam musibah keluarga, beliau tampil datang menghibur keluarga yang berduka. Anggota legislatif yang kita dukung sedang menikmati mobil barunya, berwibawa, menjaga jarak, rumahnya tertutup setiap waktu.  (/Gandhi Goma).

Bolmut, Sulutnews.com - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NASDEM) Provinsi Sulawesi Utara DR. J. Victor Mailangkay, SH.MH didampingi pengurus Sekretaris Partai Nasdem Sulut DR. G.S. Vicky Lumentut, SH.M.Si Walikota Manado dua periode 2010-2021, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DR. Ir. Adolf Lucky Longdong, M.Ed. Wakil Ketua Bidang Hubungan Legislatif Nasrun Koto, SH.MH, melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Bertempat di Kantor Sekretariat Partai Nasdem di Desa Talaga Kecamatan Bolangitang Barat. Rabu (01 Juni 2022).

Rakorda Partai Nasdem Kabupaten Bolmut tahun 2022 urutan ke-13 dari 15 kabupaten/kota se-Sulut, berikutnya ke Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dan hari Jumat di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Rakorda Partai Nasional Kabupaten/Kota se-Sulut dalam rangka untuk konsolidasi dan evaluasi "Program Panca Sukses Partai Nasdem Sulut" terdiri dari :

  1. Sukses Konsolidasi Kepengurusan.
  2. Sukses Konsolidasi Keanggotaan dan Kaderisasi
  3. Sukses Konsolidasi Kesekretariatan.
  4. Sukses Konsolidasi Identitas Partai Nasdem.
  5. Sukses Pemilu 14 Februari 2024 dan November 2024.

Materi pembahasan Rakorda bidang konsolidasi kepengurusan, konsolidasi keanggotaan dan kaderisasi serta pemenangan Pemilu 2024 untuk persiapan keikutsertaan dalam Rakernas Partai Nasdem di Convention Center Senayan Jakarta pada tanggal 15-17 Juni 2022, dengan peserta dari unsur DPW, unsur DPD Kabupaten/Kota, Ketua DPC. Dengan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh setiap Ketua DPC Partai Nasdem Kecamatan, adalah telah selesai melakukan 'revitaisasi' seluruh DPRt Desa/Kelurahan pada kecamatan setempat.

Dalam sambutan Ketua DPW Partai Nasdem Sulut DR. J. Victor Mailangkay, SH.MH sekaligus membuka resmi acara ini antara lain; tentang restorasi politik dalam sikap politik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan semangat Bhineka Tunggal Ika. Ini penting karena selama ini orang hanya urus politik semata-mata, sehingga tidak pernah ketemu dalam setiap lima tahun. Bagaimana bikin bodoh caleg. Namun Restorasi  Nasdem dengan memberdayakan anggota dan kaderisasi dalam perbaikan ekonominya.

Dalam menghadapi Program Panca Sukses Partai Nasdem Sulut dalam rangka memperingati hari Pancasila 1 Juni 2022. Revitalisasi atau mengfungsikan kembali adalah penentu kemajuan partai di alat vital. Kita tahu ada dua alat vital, apa itu ? Alat vital untuk melanjutkan keturunan. Kalau tidak ada itu, tidak ada lain-lain. Di perempuan ada, di laki-laki ada, bukan menjadi alat regenerasi tapi menjadi alat rekreasi. Para hadirin tersenyum dan tertawa.

"Tapi di Bolmut belum ada ya ?

Kalau di daerah lain sering terjadi"

Canda Victor Mailangkay.

Melanjutkan regenerasi partai dengan memberdayakan para pemuda di Bolmut. Pada level Kabupaten Bolmut terdiri dari enam kecamatan, 107 desa/kelurahan. Ada pengurus namanya, tapi tidak pernah hadir di rapat. Tugas pengurus di Nasdem memiliki kesadaran dan motivasi, bersama-sama membangun Nasdem untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Jika ada pengurus DPD Nasdem dilantik tidak hadir, Rakorda tidak datang, tepat ini, segera diganti orangnya.

"Kita Partai Nasdem Sulut ada pada urutan ke dua perolehan kursi sesudah PDI-P, Golkar urutan ke tiga 7 kursi, dan Demokrat 4 kursi. Baru dua kali ikut Pemilu Legislatif. Kita mampu membuat gerakan restorasi, dari pemilu sebelumnya dua kursi menjadi 9 kursi dalam Pemilu Legislatif 2019." Ungkap Ketua DPW Nasdem Sulut.

Dapil  Bolmong Bersatu memberikan 3 kursi dari 10 kursi yang diperebutkan. Kita berharap 3 kursi mampu dipertahankan, bahkan DPRD Kabupaten/Kota  minimal 20 persen. Kalau di Kabupaten Bolmut ada 20 kursi, diharapkan pada Ketua Nasdem Bolmut Mulyadi Pamili diharapkan 4 kursi dalam Pemilu Legislatif 2024. Untuk meraih itu, pertama, konsolidasi, yang kedua, konsolidasi bukan hanya anggota, tapi menciptakan anggota yang militan, mencintai Partai Nasdem. Ketiga, sikap mental sebagai pemenang.

"Di Kecamatan Tompaso Baru dengan 10 desa, hadir tiga orang, ketuanya perempuan Ibu Maramis. Disana ikut terkenal dengan istilah Goraka Merah, dan Kuning Mau. Di dapil itu dikuasai merah dan kuning mengakar. Namun, 674 anggota dengan sukarela bergabung dengan Nasdem, melaksanakan konsolidasi dari rumah ke rumah," ungkap Victor Mailangkay.

Ke tiga, konsolidasi Kesekretariatan, jangan Kesekretariatan lima tahun sekali buka kantor. Sekretariat sebagai pusat data tentang pemilu sebelumnya, berapa data perolehan suara setiap TPS; Dapil DPR-RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota.

"Kantor Pusat Partai Nasdem di Jakarta 23 Lantai, menurut Pak Jokowi tanggal 22 Februari 2022, menyatakan Kantor Sekretariat Nasdem adalah kantor termega di seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia. Tidak ada kantor bisnis disana, semuanya itu urusan partai, walaupun Ketua Umum Nasdem Surya Paloh adalah bisnisman yang tangguh. Biayanya kurang lebih 2,2 triliun rupiah. Apakah kantor sekretariat Nasdem ada di Sulut ? Sudah ada dengan lima lantai. Insyaallah bulan September atau Oktober 2024 akan diresmikan. Ada di Kota Manado Kelurahan Paniki Bawah 5.000 M2, dan ini kantor termegah di Sulut. Tanah itu dihibahkan Ketua IX DPR-RI ibu Felly E Runtuwene, SE 2,1 hektar, bangunan disumbangkan Bapak Surya Palo," ujarnya.

Konsolidasi Kesekretariatan sebagai pusat kegiatan dan pusat data penting dijadikan Rumah Restorasi. Sehingga satu anggota legislatif dapat menghasilkan produk hukum di DPRD Kabupaten Bolmut.

Ke empat, konsolidasi partisipatif Partai Nasdem secara nasional adalah pemenang Pemilu 2019 urutan ke empat. Bagi yang ragu-ragu, kebenaran itu dapat diraih dengan semangat restorasi.

Ke lima, sukses pemenang pemilu. Partai Nasdem Sulut dalam Pilgub Sulut melalui Olly Dondokambey dan Steven Kandow dapat meraih kemenangan. Itu semata-mata untuk memotivasi program pemenangan bagi program pemerintahan daerah yang berpihak pada masyarakat, tidak ada niat menjatuhkan pemerintahan yang ada. Kita lihat dukungan terhadap Pak Jokowi, program Partai berjalan sesuai komitmen awal.

"Untuk Partai Nasdem Bolmut harus berada di garda terdepan. Pak Depri Pontoh akan memahami Program Panca Sukses Partai Nasdem Sulut akan bersinergi," ungkap Ketua DPW Nasdem Bolmut dan mengetuk 3 kali acara Rakorda Partai Nasdem Bolmut dibuka secara resmi.

Ketika diwawancarai Ketua Nasdem Bolmut Mulyadi Pamili, SH tentang sambutan pidato Ketua DPW Nasdem Sulut telah memberikan motivasi tersendiri buat pengurus dan anggota.

"Tantangan kedepan dalam meraih kemenangan Pemilu 2024 agak ketat persaingannya. Saling merebut empati para caleg lintas parpol akan menjadi seni tersendiri. Namun kita siap bersilaturahmi dan konsolidasi dengan tingkat kepengurusan kecamatan dan desa. Simpatisan para caleg dari Nasdem akan kita evaluasi setiap waktu untuk proses selanjutnya, salam restorasi,", urai Mulyadi.(/Gandhi Goma).

Manado,Sulutnews.com - Beberapa hari yang lalu Sulut berduka, salah satu wakil rakyat, Tokoh politik asal Bolmong Raya (BMR) yakni Anggota Komisi V DPR RI Fraksi PDIP Hi Herson Mayulu S.Ip meninggal dunia, Minggu (17/4/2022) pagi, sekira pukul 09.50 WIB.

Herson Mayulu dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Kencana Jakarta. Dari informasi yang beredar sebelum meninggal Mantan Bupati Bolmong Selatan dua periode ini diketahui sudah cukup lama sakit.

Sontak saja siapa – siapa saja calon pengganti pergantian antar waktu (PAW) Banyak tertuju kepada mantan ketua DPC PDIP Kabupaten Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS).

Pasalnya dari hasil Pileg 2019, JWS adalah peraih ke empat suara terbanyak dengan  jumlah 69.508 Suara.

Bahkan Menjawab hal tersebut kepada media ini JWS yang kini telah menjabat sebagai Wakil Ketua Golkar Sulut bidang pemenangan politik, tidak menampik.

Dikatakan Mantan Bupati Minahasa Periode ( 2013 - 2018) ini, Almahum Hi Herson Mayulu adalah teman dan sahabat dekatnya waktu Menjabat Bupati Kabupaten Bolmong Selatan.

Memang benar, Semua orang  tahu bahwa pemilik suara kursi ke empat adalah saya, ungkap JWS kepada media ini, Jumat (22/4/2022).

Karena itu jangan heran banyak sms masuk memberikan ucapan selamat kepada saya, ucap JWS.

Ada yang bertanya, bahkan di RKB, K8, di mantos manado dan dimana saya ketemu orang yang mengenal saya, pasti pertanyaan itu datang.

Jawabannya bagi JWS, hidup bukan soal status, uang dan jabatan atau Posisi.

Tapi yang lebih utama soal Perasaan dan Kenyamanan.

Saya sudah mengambil sikap bergabung dengan Partai Golkar, tidak baik dari sisi etik jika kembali atau mundur, tegas JWS.

"Lagi pula, untuk apa kita berada di rumah besar perjuangan  tetapi tapi perasaan  tidak nyaman, bahkan tidurpun sulit karena selalu waspada terhadap kawan sendiri yang tidak suka dengan kehadiran saya.

Jauh lebih baik kita duduk, menikmati, santai di bawah pohon beringin, ada rasa nyaman, di hentar angin sepoi sepoi bahkan bisa tidur nyenyak tanpa ada rasa khawatir.

Yang terpenting adalah, JWS sudah pernah ikut menjadi bagian dari rumah perjuangan ketika merebut kejayaan di Minahasa  sehingga berkuasa di Sulawesi Utara.

"Kalau ada yang bilang JWS bukan banteng sejati, memang bukan.

"Kalau ada yg bilang JWS kutu loncat , betul,  yang penting JWS bukan kutu - kutu yang merugikan partai.

"Kalau ada yang bilang JWS tidak sabar,  betul, karena di otak hanya uang dan jabatan.

Bagi saya siapa pun yg akan masuk PAW yg penting di komunikasikan dengan baik  pasti berjalan dengan lancar, itu saja menurut saya, ujar JWS.

Sebelumnya dari data yang berhasil di rangkuman, ini hasil Pileg DPR RI 2019 tiga kursi (PDIP) dengan suara terbanyak dapil Sulut:

  1. Adriana Dondokambey 213.224 Suara.
  2. Almarhum Herson 105.533 Suara.
  3. Vanda Sarundajang 81.659. Suara.
  4. Jantje Wowiling Sajow  69.508 Suara.
  5. Djenri Keintjem 24.531 Suara.
  6. Jefry Wurangian 22.762 Suara.

 Penulis: ARP

Jakarta,sulutnews.com - DPP PDI Perjuangan menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understandi/MoU) dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional mengenai pendaftaran aset partai di setiap kabupaten/kota dan provinsi, di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis, (07/4/2022).

Dalam MoU itu, disebutkan bertujuan untuk optimalisasi pelaksanaan pendaftaran tanah adet PDIP. Ruang lingkupnya ada dua yakni meliputi pendaftaran tanah pertama kali dan pemeliharaan data pendaftaran tanah.

Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey usai penandatanganan, mengatakan, kerja sama ini dalam rangka memudahkan partainya untuk mendata seluruh aset atau tanah yang dimiliki partai. Bahkan, seluruh aset partai harus atas nama DPP PDIP.  

"Selama ini banyak kendala di lapangan. Karena persepsi kepemilikan dari suatu organisasi politik, persepsi di BPN berbeda-beda," jelas Olly.  

Tujuan MoU itu untuk optimalisasi pelaksanaan pendaftaran tanah aset PDIP. Ruang lingkupnya ada dua, yakni pendaftaran tanah pertama kali dan pemeliharaan data pendaftaran tanah.  

Dia berpendapat dengan MoU ini, maka ada satu kesepahaman sehingga proses sertifikasi tanah di daerah bisa berjalan dengan lancar.  

"Mudah-mudahan tahun ini semua selesai sehingga aset partai dilihat, sehingga neraca PDI Perjuangan kami tahu. Karena laporan aset memang benar, sehingga ke depan PDI Perjuangan menuju partai modern," kata Olly.

Olly menambahkan administrasi Kesekjenan PDIP sudah mengantongi sertifikat International Organization for Standardization (ISO). Dan DPP PDIP menginginkan bidang kebendaharaan PDIP juga memiliki standar yang sama.  

"Saya kira hal-hal ini bisa berlanjut terus sehingga seluruh aset daerah dan provinsi bisa terdata dengan baik," ungkap Olly.  

Sementara itu, Direktur Pengaturan Tanah Komunal Hubungan Kelembagaan dan PPAT Kementerian ATR/BPN Musriadi, yang mewakili lembaganya dalam acara itu, mengapresiasi DPP PDIP atas pelaksanaan penandatanganan MoU itu.

"Partai politik yang pertama MoU dengan Kementerian ATR/BPN soal aset tanah ini adalah PDI Perjuangan," kata Musriadi.

Musriadi mengharapkan MoU ini bisa membuat aset tanah PDIP di seluruh Indonesia tercatat dalam arsip. Sebab, dia melihat banyak partai politik tidak mendaftarkan tanah dan asetnya.

"PDIP jelas membantu pemerintah agar permasalahan pertanahan tak ada," kata Musriadi.

Musriadi melanjutkan bahwa penandatanganan ini sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Apalagi, eks Gubernur DKI Jakarta itu menargetkan seluruh tanah di Indonesia untuk didaftarkan.

Sehingga, dia mengajak seluruh pengurus PDIP di daerah yang mengurus aset partai, agar segera menemui kepala kantor pertanahan di lokasinya masing-masing.

"MoU ini maksimal umurnya lima tahun. Tetapi bisa diperpanjang. Mudah-mudahan di lima tahun ini saja bisa selesai semuanya," jelas Musriadi.

Sebagai informasi, DPP PDIP sudah menyelesaikan proses sertifikasi aset di sebanyak 80 bidang hingga saat ini. Rinciannya terdapat aset tingkat pusat, 15 aset tingkat provinsi, 55 aset tingkat kabupaten/kota, serta 6 aset tingkat kecamatan. Selain itu, ada sekitar 150 berkas aset yang sedang diajukan proses sertifikasinya di BPN.

Selain Olly, jajaran DPP PDIP juga hadir Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat dan Wakil Bendahara Umum Rudianto Tjen.

Penulis: ARP

 

 


Foto. Jantje Wowiling Sajow (JWS)

 


Minahasa,sulutnews.com- Tingkat kepuasan Masyarakat Kabupaten Minahasa terhadap Mantan Bupati Minahasa Periode 2013-2017 Drs Jantje Wowiling Sajow, MSi. yang akrap di sapa JWS untul maju kembali di Pemilihan Calon Bupati Minahasa yang bakal di gelar 2024, terbilang cukup tinggi.

Survei dengan tema 'Siapa Calon Bupati Minahasa 2024', terbukti dari 1371 Responden.

JWS unggul 37.0% (507 Suara) di Polling Online putaran ke tiga, Minggu (04/4/2022) Pukul 20:00 Wita.

Tampak sejumlah akun facebook (fb) milik JWS langsung di banjiri ratusan komentar Masyarakat yang masi merindukan sosok JWS agar kembali memimpin Kabupaten Minahasa.

Dari pantauan media, Selasa (5/4/2022) sampai saat ini, masi banyak dukungan berupa komentar yang membanjiri sejumlah akun dan grub fb JWS

Sebut saja Edwin Wulur, dalam komentarnya Edwin mengatakan Rakyat Minahasa masi merindukan Pak JWS agar kembali memimpin minahasa sebagai Bupati 2024.

Kemudian Marcellus Najoan, yang mengatakan bahwa di tangan JWS Minahasa Pasti berjaya.

"Maju untuk kejayaan Minahasa, JWS putra terbaik Tombulu, Tuhan memberkati JWS sampai 2024, Tulis Jein Rori dan Christian Sakul.

Bahkan masi banyak lagi komentar yang mendukung mantan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Minahasa ini, agar maju di Pilkada Minahasa 2024.

Polling Pilkada Kabupaten Minahasa 2024 yang diluncurkan oleh sulutnews.com dibuka untuk mengenalkan dan mengukur potensi figur yang memiliki kans atau peluang duduk sebagai Bupati Minahasa 2024 mendatang.

"Dan hasilnya akan dirilis setiap hari minggu.

Bagi masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi di polling siapa calon Bupati Minahasa 2024 dapat mengakses,

link https://sulutnews.com/index.php/sulut/minahasaitem19272-survey-calon-bupati-minahasa-2024.

Penulis: ARP

Minahasa,sulutnews.com- Sebanyak 1371 responden menyalurkan suaranya di Polling Pilkada Kabupaten Minahasa yang bakal di gelar 2024 mendatang.

Lewat polling online atau jajak pendapat di sulutnews.com dengan menggunakan aplikasi Pollingkita.com

Jantje Wowiling Sajow (JWS) unggul sebagai pemenang sementara.

Pasalnya dari 1371 suara yang masuk, Minggu (04/4/2022) Pukul 20:00 Wita .

"Pilihan masyarakat masi cenderung memilih Mantan Bupati Minahasa periode 2013-2017 tersebut.

Hasil Polling Online Siapa Calon Bupati Minahasa 2024:

  1. Jantje Wowiling Sajow 507 Suara 37.0%.
  2. Glady E.P Kandouw 247 Suara 18.0%.
  3. Youla Lariwa Mantik147 Suara 10.7%.
  4. Dharma Palar 112 Suara 8.2%.
  5. Stesi Prisililia Runtu 79 Suara 5.8%.
  6. Robby Dondokambey 67 Suara 4.9%.
  7. Ivonne Andris 60 Suara 4.4%.
  8. Ivan Sarundajang 51 Suara 3.7%.
  9. Royke Octavian Roring41 Suara 3.0%.
  10. Hangky Arther Gerungan 23 Suara 1.7%.
  11. Adrie Kamasi 23 Suara 1.7%.
  12. Jeffryy Korengkeng 8 Suara 0.6%.
  13. Ricky Montong 6 Suara 0.4%.

Total: 1371 suara

Untuk diketahui Polling ini dibuat Pada 13/03/2022, Pukul 13:04 Wita hingga waktu yang belum tentukan.

Dengan begitu masyarakat masih memiliki kesempatan untuk mendukung jagoannya sejak dini melalui polling tersebut.

Polling sementara ini adalah murni pilihan masyarakat.

Dikelola secara profesional, bersifat terbuka dan independen atau tidak memihak kepada calon manapun.

"Bahkan untuk Melakukan pemilihan berulang kali tidak diperbolehkan, apa lagi Pemeriksaan duplikasi tersebut didasarkan pada alamat IP pemilih.

Polling Pilkada Kabupaten Minahasa 2024 yang diluncurkan oleh sulutnews.com dibuka untuk mengenalkan dan mengukur potensi figur yang memiliki kans atau peluang duduk sebagai Bupati Minahasa 2024 mendatang.

"Dan hasilnya akan dirilis setiap hari minggu.

Bagi masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi di polling siapa calon Bupati Minahasa 2024 dapat mengakses link https://sulutnews.com/index.php/sulut/minahasa/item/19272-survey-calon-bupati-minahasa-2024.

Penulis: ARP

Tomohon,Sulutnews.com - Ketua DPD II Partai Golkar Kota Tomohon Ir. Miky Junita Linda Wenur, MAP (MJLW) mengucapkan selamat memasuki bulan Ramadan untuk seluruh umat Islam, kususnya yang berada di Kota Tomohon.

Dia juga berharap masyarakat yang menjalankan ibadah puasa agar tetap sehat dan bisa menjalankan ibadah dengan tenang.

MJLW yang juga selaku Ketua Komisi III DPRD Kota Tomohon, Sabtu (02/4/2022) mengatakan, semoga momentum Ramadan tahun ini dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat Islam kepada Allah SWT, serta menjadi sarana dalam mempererat tali persaudaraan antarsesama.

Isteri tercinta Anggota DPD RI Ir. Stefanus BAN Liow MAP ini juga mengajak seluruh masyarakat untuk menghormati dan menghargai umat Islam yang menjalankan ibadah puasa.

"Saya mengajak masyarakat non-Muslim untuk menghormati saudara-saudara kita yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan," kata MJLW.

Dia mengatakan, sebagai kota yang terkenal karena keragaman dan toleransinya, semua penduduk yang tidak menjalankan ibadah puasa, harus menunjukan penghargaan dan penghormatan kepada saudara-saudara yang berpuasa.

"Dalam suasana yang penuh berkah ini, saya

Ir. Miky Junita Linda Wenur, MAP bersama Keluarga Besar Liow - Wenur dan seluruh kader Partai Golkar Kota Tomohon mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadan tahun 1443 Hijriah.

Semoga kita selalu mendapat keberkahan yang melimpah dan dijauhkan dari wabah Covid-19.

"Mari kita jaga kesehatan demi kelancaran ibadah puasa di tengah pandemi sambung MJLW.

Diketahui sebelumnya Pemerintah telah menetapkan awal Ramadhan 1443 H jatuh pada Minggu 3 April Tahun 2022.

Keputusan ini disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam telekonferensi pers Sidang Isbat Awal Ramadhan 1443 H di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat  Tangal 1 April Tahun 2022.   (ARP)

Tomohon,Sulutnews.com - Siapa yang tidak kenal dengan sosok Wenny Lumentut (WL). Pribadi Wakil Walikota Tomohon yang dinilai sangat sederhana dan merakyat ini, diketahui banyak mendapat perhatian masyarakat Sulawesi Utara, terlebih kusus Masyarakat Tomohon.

Sejak dirinya mulai bergabung di dunia politik dan berkarir di DPRD Provinsi Sulut, sehinga terpilih lagi sebagai Waki Walikota Tomohon yang maju berpasangan dengan Walikota Tomohon Carrol Senduk, SH.

Banyak masyarakat berharap kehadiran WL Ditengah Partai Politik dapat memberikan pengaruh besar dalam merebut kemenangan Pilkada yang bakal di gelar 2024.

Sebab nyali bertarung pengusaha sukses asal nyiur melambai ini sudah tidak diragukan lagi, dan sudah teruji di Pilwako Kota Tomohon  2020.

"Dia ini ini adalah  Gladiatornya kota Tomohon, ungkap Danny Tular.

Saat maju bertarung  pantang bagi WL untuk mundur dari pertandingan, tutur Danny Tular salah satu sahabat WL yang akrap di panggil Kobis.

Hal inilah yang membuat masyarakat sangat menghormati dan bersimpati kepada WL.

"Apa lagi orangnya sangat bersahabat dengan siapa saja dan suka membantu orang yang susah, ucap Kobis.

Memang kami juga kaget membaca berita bahwa Bapak Wenny Lumentut telah mundur dari Partai Gerindra, tapi itu adalah haknya beliau sebagai petarung sejati, tandas Kobis.

Terkait pengunduran dirinya dari Partai Gerindra Sulut juga dibenarkan oleh WL saat di konfirmasi sulutnews.com Rabu, 23/3/2024.

Saat dikonfirmasi WL menyatakan dirinya belum akan bergabung dengan partai politik manapun.

"Istirahat duluh, jadi Independen. Tidak ke partai politik manapun, kita mo fokus  urus kobong dulu, cetus WL .

Dia juga memastikan dirinya akan fokus melayani masyarakat Kota Tomohon dan Sulut.

Diketahui pengunduran diri WL terkuak saat diserahkannya  surat pengunduran diri ke pengurus DPD Partai Gerindra Sulut, Rabu (23/3).

Surat pengunduran diri Politisi ini, diterima oleh Sekretaris DPD Gerindra Sulut.

Dalam surat itu turut dilampirkan kartu anggota dengan nomor 83424870108111261001034.

Adapun dalam surat pengunduran diri tersebut, terdapat tiga poin yang disampaikan Wenny Lumentut.

Pertama Wenny Lumentut mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua Umum Partai Gerindra dan seluruh jajaran yang selama ini telah memberikan kepercayaan menjadi kader Partai Gerindra Provinsi Sulawesi Utara.

Kedua, dengan berat hati saya menyatakan pengunduran dirinya sebagai kader Partai Gerindra Sulawesi Utara.

Dan poin ketiga dirinya menyatakan untuk sementara saya belum bergabung dengan partai politik manapun.

"Demikian saya sampaikan. Jika ada kesalahan dalam tutur kata saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih, tulis WL dalam surat pengunduran diri tersebut. (Adrian)