Manado, Sulutnews.com - Sekjen DPP Partai  Golkar Letjen TNI (Purn) Lodewijk F Paulus mengajak semua kader Golkar termasuk di Sulut harus mendukung dan menangkan  Ketua Umum DPP Partai Golkar  Airlanga Hartarto (AH) sebagai Capres  dan memenangkan Golkar dalam Pemilu.

"Sekarang saya turun kedaerah termasuk ke Sulut untuk konsolidasi menjelang Pemilu 2024 nanti. Dan mengajak semua kader menangkan Capres kita (AH) dan Partai Golkar dalam Pemilu 2024 nanti " kata Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk Paulus kepada sejumlah wartawan usai menghadiri Rapat Konsolidasi Partai Golkar Sulut di Hotel Four point Manado Jumat (25/11).

Dalam Rapat Konsolidasi hadir Ketua DPD I Golkar Sulut Tetty Paruntu SE dan para Wakil Ketua serta Ketua DPD II Partai Golkar se-Sulut dan Sekretaris, Bendahara serta semua Angota DPRD Provinsi dan Kabupaten dan Kota serta kader Golkar lainya.

Menurut Sekjen Golkar dirinya saat ini turun terus kedaerah daerah untuk memonitor kesiapan Partai Golkar didaerah menjelang Pemilu 2024 nanti. "Saya lihat sudah mulai konsolidasi termasuk saat ini. Ini penting kita fokus untuk menangkan Capres kita dan Partai Golkar dalam Pemilu nanti" kata Paulus.

Bahkan nama nama Caleg untuk DPR - RI sudah kita mulai siapkan. Target kita harus meraih 115 kursi di DPR- RI dalam Pemilu 2024 dari 85 Kursi yang kita rebut pada Pemilu 2019 lalu." Target ini harus kita capai bila kita terus konsolidasi dan menangkan Golkar" kata Paulus yang juga menjabat Wakil Ketua DPR-RI saat ini.

Paulus berharap juga kader dari Sulut harus siap untuk menjadi Caleg DPR- RI. Ketika ditanya untuk Calon Gubernur Sulut dalam Pilkada 27 November 2024. Paulus mengatakan saat ini kita fokus dulu menangkan AH Calon Presiden dan Partai Golkar dalam Pemilu 2024. Bila kita sukses dalam Pemilu maka Pilkada itu akan sukses juga.

Sulut Target Dua Caleg

Sementara itu Ketua DPD  I Partai Golkar Sulut Tetty Paruntu mengatakan untuk Sulut targetkan dua Caleg untuk bisa lolos ke DPR- RI. Saat ini hanya satu." Kita usahakan dua Caleg kita bisa lolos ke DPR- RI.  "Kata Paruntu.

Konsolidasi saat ini penting untuk menyusun strategi agar bisa sukses  dalam Pemilu nanti. Tetty mengatakan dirinya  siap bila dicalonkan menjadi Caleg DPR- RI..Untuk DPRD Sulut dan  Kabupaten dan Kota juga kita harus berjuang agar bisa bertambah. Misalkan di DPRD Sulut saat ini  hanya 7 kita berjuang menjadi 9 dalam Pemilu 2024." Ini harus kita capai dengan kerja keras secara bersama" kata Paruntu.(Fanny)

Tomohon,Sulutnews.com - Partai Golkar Kota Tomohon terus melakukan konsolidasi menghadapi tahun 2024, tahun politik di mana akan digelar Pemilihan Calon Legislatif, Pemilihan Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kota Tomohon Ir Miky Junita Lindau Wenur MAP (MJLW) terus melakukan pertemuan dengan kader beringin melalui pelantikan pengurus tingkat kelurahan.

Senin (21/11/2022) giliran Kelurahan Kayawu, Kelurahan Kakaskasen, Kelurahan Matani Dua dan Kelurahan Matani Tiga ditemui MJLW melalui pelantikan pengurus Partai Golkar Kelurahan.

Untuk Kelurahan Kayawu dan Kakaskasen Kecamatan Tomohon Utara, dilaksanakan di Sixteen Cafe, sementara untuk Kelurahan Matani Dua dan Matani Tiga Kecamatan Tomohon Tengah, dilaksanakan di Phoenix Motor.

Pelantikan di Tomohon Utara dilakukan oleh Ketua Kecamatan Partai Golkar Tomohon Utara Oktavianus Laurens Sambouw SPt, sementara di Tomohon Tengah oleh Ketua Kecamatan Partai Golkar Tomohon Tengah Wilhelm Albert Gontha.

Dalam sambutannya, Ketua Partai Golkar Kota Tomohon Ir Miky Junita Linda Wenur MAP, untuk menjadi kuat, harus terus konsolidasi. ''Kita harus memperkuat di bawah agar ke depan, akan memudahkan kita untuk memenangkan Pemilihan Legislatif, Pemilihan Presiden bahkan Pemilihan Kepala Daerah apakah itu gubernur atau wali kota,'' kata MJLW.

Pada konsolidasi tersebut, MJLW turut mensosialisasikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden dari Partai Golkar sesuai hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Dan berharap agar para kader juga turut mensosialisasikan calon presiden dari Partai Golkar.

Airlangga Hartarto sendiri adalah salah satu Menteri Koordinator di Kabinet Presiden Jokowi yakni Koordinator Perekonomian dan Pembangunan. Sudah banyak prestasi yang ditorehkan Airlangga dalam membangun negara tercinta.

Mendampingi MJLW dalam pelantikan, pengurus DPD II Partai Golkar seperti Piet HK Pungus SPd, Ladys F Turang SE, Grace Paat dan pengurus lainnya. (**/ARP)

Tomohon,Sulutnews.com - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kota Tomohon Ir Miky Junita Linda Wenur MAP (MJLW) meminta para kader untuk solid memenangkan Partai Golkar di Pesta Demokrasi tahun 2024 baik pemilihan presiden, pemilihan calon anggota legislatif hingga pemilihan kepala daerah.

Hal itu dikatakan MJLW pada Konsolidasi/Pelantikan Pengurus Partai Golkar Kelurahan Lahendong Kecamatan Tomohon Selatan yang dilaksanakan di Homestay Walian Satu Tomohon Selatan.

Menghadapi pemilihan presiden, pemilihan calon anggota legislatif serta pemilihan kepala daerah, MJLW meminta para kader golkar merapatkan barisan .

''Mari jaga persatuan dan solid memenangkan Partai Golkar di tahun 2024. Kita memiliki kesempatan untuk menang,'' kata MJLW.

MJLW meminta para kader untuk terus mensosialisasikan figur Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar sebagai calon presiden.

Airlangga Hartarto tambah MJLW, telah menunjukkan dedikasinya sebagai figur yang layak menjadi calon presiden. kinerjanya sebagai menteri tidak diragukan lagi. Sudah banyak yang diperbuatnya untuk bangsa dan negara.

''Presiden Jokowi sangat menginginkan penggantinya nanti adalah yang berpengalaman dalam pemerintahan dan telah banyak berbuat untuk negeri ini. Dan, kita Partai Golkar punya signal bagus dan hubungan baik dengan Presiden Jokowi,'' beber MJLW.

DPD II Partai Golkar Kota Tomohon sendiri hampir menyelesaikan konsolidasi/pelantikan pengurus di kelurahan-kelurahan.

Sementara Ketua Partai Golkar Kecamatan Tomohon Selatan Jois Pontoh mengungkapkan, Kelurahan Lahendong adalah kelurahan ke-11 yang dilantik.

''Tinggal satu kelurahan di Kecamatan Tomohon Selatan yang kepengurusannya belum dilantik, yakni Kelurahan Kampung Jawa,'' kata Pontoh.

 

Hadir pada pelantikan, Sekretaris DPD II Partai Golkar Tomohon James E Kojongian ST, Bendahara Gerard Lapian SE MAP, para pengurus DPD II serta pengurus Kecamatan Tomohon Selatan. (**/ARP)

Manado,Sulutnews.com - kian dekatnya pelaksanaan tahapan pilkada oleh KPU di tahun 2024, membuat sejumlah pihak mulai membangun polling di media sosial melalui laman Facebook, WhatsAp dan medsos lainnya, terkait siapa calon yang diinginkan warga Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, sebagai pemimpin daerah ke depan.

Dari amatan media ini, ada tiga nama yang dimasukan dalam polling di laman grub Facebook tersebut, seperti Jein Leonora Rende, Tonny Lasut dan terakhir Ronald Kandoli. Menariknya, dari tiga nama yang di lakukan polling oleh warga Mitra sebagai pengguna Facebook tersebut, nama Ronald Kandoli berada di atas angin meninggalkan dua rivalnya dengan posisi angka 71 persen. Sementara Jein Leonora Rende berada di tempat kedua dengan jumlah 15 persen, disusul Tonny Lasut dengan angka 13 persen.

Uniknya, banyak warga yang justru mengakui dan menginginkan sosok pengusaha di bidang minyak dan gas tersebut untuk menjadi pemimpin mereka di Minahasa Tenggara (Mitra) ke depannya. Ini terbukti dengan komentar mereka yang benar benar sangat menginginkan sosok RK sapaan akrab Kandoli untuk maju di Pilkada.

Menariknya, Pengamat Politik, Dr Stefanus Sampe sebelumnya telah mengungkapkan hasil analisa politik Mitra di tahun 2024. Menurut Sampe, sosok RK saat ini yang paling siap dan mumpuni yang memang diinginkan masyarakat memimpin daerah tersebut.

"Apalagi sosok RK ini sudah dikenal luas oleh politikus lainnya memiliki hubungan cukup dekat dengan Ketua PDIP Sulut, Olly Dondokambey SE. Bahkan Olly pun terang terangan sudah mengaku jika sosok RK pasti akan aman di pihaknya, jika berkeinginan maju di Pilkada Mitra dengan dukungan partainya," tegas Stefanus. (**/ARP)

Tomohon,Sulutnews.com - Ketua DPD Partai Golkar Ir. Miky Junita Linda Wenur, MAP (MJLW), membuka kegiatan dan melepas resmi para rombongan peserta jalan sehat bersama yang digelar Sabtu (15/10/2022) Sekitar Pukul 07:00 Wita.

Dijelaskan MJLW, jalan sehat ini digelar serentak di seluruh Indonesia, dalam rangka  menyambut  ulang tahun Partai Golongan Karya (Golkar) ke-58 yang akan jatuh pada 20 Oktober 2022 nanti.

"Jadi Partai Golkar menargetkan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam pelaksanaan jalan sehat yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia.

"Target kita memecahkan rekor MURI dengan jumlah peserta terbanyak di seluruh Indonesia, Kata MJLW.

Menurut dia, acara jalan sehat secara serentak ini memiliki sebuah nilai spirit kebersamaan yang ingin dibangun oleh Partai Golkar, sehingga diharapkan MJLW kegiatan itu berjalan dengan lancar, tandasnya.

Terkait kegiatan ini, Donald Pondaag selaku Ketua Panitia HUT Partai Golkar di Kota Bunga kepada Sulutnews.com menerangkan, Para peserta jalan sehat ini diikuti oleh Seluruh jajaran pengurus DPD II Partai Golkar Kota Tomohon beserta kader.

"Jalan sehat yang dimulai dari Menara Alfa Omega (MAO) kompleks pusat kota sampai Gelanggang Olahraga (GOR) Babe Palar Walian ini, diikuti 580 peserta dari 44 Kelurahan se -Kota Tomohon, dan dilalui jalur sepanjang 5,8 Km.

Nantinya, sesampai di GOR Babe Palar Walian dilakukan Doorprize dengan hadiah menarik sebanyak 58 barang berbeda." kata Donald Pondaag selaku Ketua Panitia HUT Partai Golkar di Kota Bunga.

Dijelaskan  Donald, jalan sehat bersama ini, ditargetkan untuk memecahkan rekor MURI dengan jumlah peserta terbanyak di seluruh Indonesia. Dari data yang ada sebanyak 400 titik penyelenggaraan jalan sehat, yang diikuti oleh seluruh kader Golkar dari 37 provinsi di 500 kabupaten/kota di Indonesia. Termasuk di Sulawesi Utara khususnya Kota Tomohon.

"Kami sebagai panitia HUT Partai Golkar di Kota Tomohon, tentunya harapan kami, kiranya jalan sehat ini boleh berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Terima kasih atas kehadiran dari seluruh kader yang antusias mengikuti jalan sehat ini.

Hadir juga para anggota fraksi Golkar di DPRD Kota Tomohon, dan Ketua Kecamatan dan Kecamatan, beserta 580 Kader Golkar dari 44 Kelurahan. (**/ARP)

Tomohon,Sulutnews.com - Ketua DPD Partai Gerindra Sulut Ir Conny L Rumondor MS melantik pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Pengurus Anak Cabang (PAC), di Sekretariat Limondok, Kelurahan Talete Tomohon,  Jumat (16/9) kemarin.

Dalam arahannya, Ketua DPD Gerindra Sulut Conny Rumondor MS mengingatkan kepada seluruh kader yang sudah diberikan amanah dan tanggung jawab, agar terus menggiatkan sosialisasi dan literasi kepada seluruh masyarakat, akan visi-misi partai yang terus berkomitmen untuk mendorong perbaikan kesejahteraan masyarakat. Lebih lagi, mendorong pencalonan Ketua Umum Prabowo Subianto maju sebagai Calon Presiden (Capres) di Pemilu 2024 mendatang. Juga dengan pencalonan Ketua DPC Girindra Tomohon Sendy Gladys Adolfina Rumajar SE M IKom, sebagai Calon Wali Kota Tomohon di Pilkada Serentak September 2024 nanti.

"Saudara-saudari pengurus sudah diambil sumpah dan janji. Jalankan kepercayaan dengan penuh rasa tanggung jawab. Saya ingin menyampaikan bahwa apa yang sudah ditugaskan ini tidak main-main, Tegas Conny.

Saya optimis dan percaya di bawah komando Ibu Sendy Gladys Adolfina Rumajar (SEGAR) SE M IKom, Partai Gerindra mampu tampil lebih baik,” ungkapnya.

“Kalau tahun kemarin Gerindra boleh mendapatkan 2 kursi di parlemen. Di tangan ibu SEGAR, saya yakin kita bisa meraih 10 kursi. Mari rebut hati rakyat, tawarkan program kerja yang benar-benar menyentuh kebutuhan. Saya optimis di kontestasi nanti, Gerindra pasti jadi lebih dari pemenang. Prabowo Subianto Presiden! SEGAR Wali Kota Tomohon!, memang baik di Sulut dan Tomohon kita butuh penyegaran,” sambung Conny, yang disambut tepuk tangan oleh para kader.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Tomohon Sendy Rumajar tak menampik, jika target yang diberikan oleh pengurus provinsi dapat diraih. Asalkan, rekan-rekan pengurus mulai dari tingkat kota hingga ke kelurahan mau bersama-sama solid dan berjuang keras. Tentunya dengan target awal yakni, mengawal pencalonan Ketum Prabowo Subianto sebagai Capres RI di Pemilu 2024. Meraup suara signifikan di Kota Sejuk.

 “Untuk Kota Tomohon, Partai Gerinda sudah siap. Persiapan kita hampir rampung, sudah 90 persen lebih dari sisi kesiapan pengurus. Tinggal melengkapi susunan keanggotaan di tingkat anak ranting, jumlahnya sudah sekira 264 kader. Mari sama-sama kita mengawal pencalonan Ketum Prabowo Subianto, yang juga sebagai putra asli Kawanua maju menjadi Capres di Pilpres mendatang. Prabowo Subianto Presiden RI!” tegas SEGAR, yang diikuti seruan seluruh pengurus.

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua Bapilu Gerindra Sulut Andre Umboh, Wasek DPD Gerindra Sulut Maikel Pandeirot, Korwil Minahasa-Tomohon Mirko Tendean, Ketua DPC Gerindra Minahasa Pearly Pandeirot, Anggota DPRD Tomohon Ferdinand Mono Turang serta para pengurus dan kader tingkat kota dan kecamatan. (**/ARP)

Manado, SulutNews.Com - Ketua DPD Golkar Provinsi Sulut DR Tetty Paruntu mengingatkan kembali kepada seluruh kader untuk bisa siap menghadapi Pemilu 2024.

"Saya minta kepada semua kader dan warga Golkar untuk terus bekerja dan mendukung pencalonan Airlangga Hartato sebagai Calon Presiden RI di Pemilu 2024," kata Tetty saat memberi sambutan pada Acara Konsulidasi Pemenangan Pemilihan Presiden 2024 dan TOT eKTA, Sabtu sore (9/9) di Hotel Grand Kawanua Kayuwtu, Sulawesi Utara.

Wajib bagi kader Golkar dari kota hingga desa mendukung, bahkan mulai sekarang sudah memasang baliho dari calon Presiden RI kita, yaitu Bapak Airlangga Hartato. Untuk actionnya nanti sudah ada modul yang akan dibagikan di tiap DPC, tambahnya.

Tetty Paruntu meminta juga para kader Golkar harus menjadikan momen Pemilu 2024 sebagai kebangkitan meraih kemenangan.

Disebutkannya Sulut sudah meraih 71 kursi di seluruh DPRD maka tahun 2024 harus naik dapat 120 kursi, 1 kursi di DPRI harus kita tambah jadi 2 kursi, dan 7 kursi di DPRD Profinsi harus tambah jadi 9 kursi.

"Salah satu straregi untuk meraih kemenangan itu adalah meningkatkan populeritas partai, elektabilitas partai, serta memajukan ekonomi masyarakat," tambah Tetty Paruntu seraya menambahkan sebagai perpanjang tangan Golar, fraksi Golkar di DPRD di Provinsi, Kabupaten Kota adalah kader yang sangat tepat untuk menyampaikan pesan-pesan partai secara luas.

Konsolidasi Pemenangan Pemilihan Presiden 2024  itu dihadiri Wakil Ketua Umum Pusat Golkar Erwin Aksa, para kader Golkar se Sulut antara lain Inggrid Sondakh dari fraksi Golkar DPRD Sulut, Paultje Sundah dari frakai Golkar DPRD Minut, dan masih banyak lagi kader dengan populeritas tak diragukan seperti Rizky Mokodompit berikutnya Jerry Koyongian.

Kegiatan tersebut diwarnai dengan rekrutmen peserta ToT eKTA. eKTA sudah bisa diakses di jaringan Telkomsel internet digital. Hal ini akan memungkinkan para melenial di Sulawesi Utara mendapatkan informasi tentang apa saja mengenai Golkar hingga Pemilu 2024, persiapan pemenangan calon Presiden RI, kampanye pileg, pilkada dan lain sebagainya dengan smartphone.

eKTA dapat juga diakses atau diunduh melalui Wifi. Sejak awal peluncuran KTA dan eKTA hingga bulan September 2022 wadah pemersatu terkini para melenial Golkar ini sudah memiliki anggota lebih dari 1,9 juta. (yuk).

Tomohon,Sulutnews.com—Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  II Partai Golkar Tomohon Ir. Miky Junita Linda Wenur MAP (MJLW) memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh kader Golkar dalam menatap Pemilu 2024 mendatang.

Hal tersebut di sampaikan MJLW dalam pelantikan pengurus Partai Golkar Kelurahan Tumatangtang dan Tumatangtang Satu.

Pada kesempatan itu MJLW meminta  seluruh Kader dapat merapatkan barisan untuk kembali merebut Tomohon 1 di Pemilu 2024 dan Pilkada 2024.

"Kepada para pengurus dan kader diminta untuk bersama-sama berjuang dan memenangkan Pemilu 2024 baik Pemilihan Presiden, pemilihan DPR, DPD, DPRD Provinsi hingga DPRD Kota Tomohon, "Tegas MJLW.

‘’Mari Bung Rebut Kembali!’’ kata MJLW disambut sorakan para kader dan pengurus yang menghadiri pelantikan yang dilaksanakan di kediaman Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tomohon dari Partai Golkar Priscilla Tumurang di Kelurahan Tumatangtang Tomohon Selatan Jumat (5/8/2022) belum lama ini.

Yang terpenting kata MJLW, bagaimana memenangkan pesta demokrasi Pemilu di Februari 2024 mendatang. ”Hasil Pemilu nantinya menjadi acuan bagi kita untuk melangkah ke Pilkada yang rencananya dilaksanakan November 2024. Untuk itu, kita sudah harus mulai dari sekarang. Tahapannya sudah dimulai,’’ kata Srikandi Beringin Kota Bunga ini.

MJLW meminta para pengurus dan kader untuk fokus menatap Pemilu 2024. Karena tahapannya sudah dimulai, sudah harus bergerak dari sekarang. ‘’Kita memiliki beberapa keuntungan dengan kondisi pemerintahan di Kota Tomohon saat ini. Jadi, peluang-peluang harus dimanfaatkan,’’ kata Ketua Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon yang dikenal komitmen memperjuangkan kepentingan rakyat.

Sebelum di Tumatangtang, MJLW membakar semangat para kader dan pengurus di Kinilow Raya (Kelurahan Kinilow dan Kinilow Satu) saat menghadiri konsolidasi dan reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon Toar Polakitan SE.

Konsolidasi lewat pelantikan pengurus di tingkat kelurahan lanjut MJLW, diupayakan selesai pada Oktober 2022 mendatang sehingga setelah itu fokus pada persiapan menuju Pemilu 2024.

Dengan ketambahan 5 kursi menjadi 25 pada Pemilu 2024 mendatang, tentunya peluang partai-partai menambah kursi terbuka. Periode 2019-2024 Partai Golkar memperoleh 10 kursi atau 5o persen dari perolehan kursi di DPRD Tomohon. "’Minimal kita pertahankan jumlah kursi yang ada,’’ Ajak MJLW.  (ARP)

Manado, Sulutnews.com - Angota DPRD dari Provinsi Sulut dan DPRD di 15 Kabupaten dan Kota dari Fraksi Golkar mengikuti Bintek selama empat hari mulai Minggu (24/7) hinga Rabu (27/7) di Hotel Luwansa Manado.

Hal tersebut dikatakan Ketua DPD I Golkar Sulut Tetty Paruntu SE kepada Sulutnews.com Selasa (26/7) malam disela sela acara Bintek.. Tetty Paruntu yang didampingi Wakil Ketua DPD I Golkar Sulut Feryanto Lamaluta alias Yoyo mengatakan dalam Bintek kusus Angota DPRD Provinsi Sulut dan 15 Kabupaten dan Kota tujuannya untuk memberikan penguatan kepada setiap Angota DPRD dalam tugasnya sebagai kader Golkar.

Feryanto Lamaluta yang juga membidangi Humas menambahkan Bintek ini juga membahas persiapan Pemilu 2024 yakni Pileg dan Pilpres 14 Februari 2024 serta Pilkada 2024. Jadi sangat penting Bintek karena itu semua Angota DPRD Fraksi Golkar hadir.

Selama empat hari Bintek kata Feryanto selain Ketua DPD I Golkar Ibu Tetty Paruntu yang memberikan materi sekaligus memberikan penguatan. Ada juga dari Pimpinan  Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar  dan dari Kapolda Sulut serta KPU Sulut dan lembaga lainnya.

"Jadi Bintek ini penting dan sangat bermanfaat untuk kader Golkar yang juga angota DPRD Sulut dan Kabupaten Kota" Katanya.

Menjawab yang lain Feryanto mengatakan Golkar Sulut siap menghadapi Pileg dan Pilpres dan Pilkada 2024. Semua kader diminta siap untuk sukseskan Pileg, Pilpres dan Pilkada nanti. Bahkan Gokkar Sulut akan mengusung caleg caleg yang berkualitas dan siap memperjuangkan kepentingan rakyat bila nanti menjadi angota DPRD. Pantauan Sulutnews.com sejumlah Wakik Ketua DPRD Sulut yang juga Ketua Harian Golkar Sulut Jek Kojongian hadir Yongki Limen DPRD Sulut, juga Junita Wenur Dari DPRD Kota Tomohon, Tony Lasut DPRD Kabupaten Mitra dan sejumlah kader lainnya. (Fanny).

Jakarta,Sulutnews.com -  Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya membeberkan sejumlah kriteria dari ketiga nama calon presiden (presiden) yang akan diputuskan hasil Rakernas Partai selama tiga hari di Jakarta. Kriteria tersebut adalah ganteng dan hebat.

Dilansir dari Detik.com Jumat (17/6/2022) Willy mulanya mengatakan Partai NasDem telah menggelar rapat pleno untuk memilih tiga nama yang bakal diusung sebagai capres pilihan NasDem. Nama yang diusulkan akan diserahkan langsung kepada Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

"Jadi khusus nama tiga capres kami sudah rapat pleno tadi malam. Steering committee (SC) sudah memutuskan dan tiga nama sudah ada. Nanti jam 20.00 WIB akan kita serahkan secara langsung," jelas Willy di JCC, Senayan.

"Ketua SC Rakernas NasDem, dalam hal ini Kakak Prananda Surya Paloh, akan menyerahkan secara langsung kepada Ketum," sambungnya.

Willy membocorkan kriteria dari ketiga nama yang bakal diusung. Syarat utamanya adalah orang yang hebat, baik, dan juga ganteng. Willy meyakinkan ketiga calon merupakan putra-putri terbaik untuk Indonesia.

"Kriterianya pasti yang hebat-hebatlah, yang baik-baiklah, yang ganteng, yang cakep, yang luar biasa dan ini persembahan Partai NasDem putra putri terbaik untuk rakyat Indonesia dan sebangun dan sesuai dengan aspirasi yang berkembang di tengah-tengah rakyat semua," ujarnya.

Lebih lanjut Willy memastikan Partai NasDem tidak mengusung calon dari lingkup internal partai. Ketiga calon tersebut dipastikan merupakan kader terbaik.

"NasDem kali ini tidak mengusung calon internal. Tiga-tiganya kader terbaik Republik Indonesia," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, 34 DPW Partai NasDem telah menyerahkan sejumlah nama bakal calon presiden (capres) 2024. Ada setidaknya lima nama yang jadi rising star, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Erick Thohir, Jenderal Andika Perkasa, dan Rachmat Gobel.

Dari daftar rekapitulasi yang diterima detikcom, Kamis (16/6/2022) malam, Anies menempati posisi puncak dengan 31 suara DPW. Di peringkat kedua ada Ganjar dengan 28 suara.

Sementara itu, tempat ketiga diisi dua nama, yaitu Erick Thohir dan Andika Perkasa, yang sama-sama memperoleh 15 suara. Di posisi empat ada nama Rachmat Gobel dengan 13 suara.

Dalam penjaringan bakal capres NasDem, setiap DPW menyerahkan sejumlah nama. Ada DPW yang hanya menyerahkan 2 nama, ada yang 3 nama, hingga 6 nama.

Berikut ini hasil rekapitulasi suara capres usulan DPW NasDem:

Anies Baswedan 31

Ganjar Pranowo 28

Erick Thohir 15

Andika Perkasa 15

Rachmat Gobel 13

Syahrul Yasin Limpo 7

Ridwan Kamil 5

Lestari Moerdijat 5

Prananda Surya Paloh 5

Khofifah Indar Parawansa 4

Ahmad Sahroni 4

Dudung Abdurachman 2

Ahmad Ali 2

Wahidin Halim 1

Sandiaga Uno 1

Isran Noor 1

Siswono Yudhohusodo 1

Viktor B. Laiskodat 1

Dominggus Mandacan 1

Mathius Awoitauw 1

Herman Deru 1

Sofyan Djalil 1

TGB Muhammad Zainul Majdi 1

Surya Paloh 1

Syarif Fasha 1

Siti Nurbaya Bakar 1

(/Adrian)