Sejumlah Sekolah Tetap Lakukan Prokes Ketat Dalam PTM

Written by  Fanny Waworundeng Nov 22, 2021

Manado Sulutnews.com - Sejumlah sekolah di Kota Manado dan Kabupaten Minahasa sejak Pembelajaran Tatap Muka ( PTM) dimulai akhir September hinga pertengahan November berlangsung tetap lakukan protokol kesehatan (Prokes) ketat Karena itu hinga saat ini tidak ditemukan siswa atau guru dan staf disekolah terkena Virus Covid 19.

Hal itu dikatakan sejumlah Kepala Sekolah   (Kepsek) antara lain Kepsek SMA Negeri 9 Manado Meydi Tungangi SPd dan Kepsek SMA Negeri 2 Manado Berti Dondokambey SPd serta Kepsek SMK Negeri 3 Manado Asyura Hulingi SPd MPd dan Kepsek SMK Negeri Tombariri Kabupaten Minahasa Vanny Motto SPd. Begitu juga Kepsek SMP Negeri 7 Manado Syenny Waworuntu SPd dan SMP Negeri 8 Manado Ronald Nayoan SPd MPd.

Menurut sejumlah Kepsek yang ditemui pekan lalu secara terpisah. Karena ketatnya Prokes dalam PTM yang sudah berjalan   dua bulan lebih tidak ditemukan siswa atau guru dan staf terkena covid 19."Kita bersyukur tidak ditemukan siswa dan guru terkena covid 19 disekolahnya" kata Kepsek SMA Negeri 9 Manado Meydi Tungangi yang siswanya hampir 2.000. Begitu juga dikatakan Berti Dondokambey Kepsek SMA Negeri 2 Manado dan Kepsek SMK Negeri 3 Manado Ashura Hulingi. Mereka melakukan prokes ketat dengan pengawasan ketat dari satgas Covid di sekolah. Dengan PTM yang hanya 25 persen siswa setiap hari maka kita beryukur tidak ada terkena covid.

Bahkan menurut Berti Dondokambey untuk SMA Negeri 2 sudah bisa 50 persen siswa yang ikut PTM. Sementara Kepsek SMK Negeri Tombariri di Kabupaten Minahasa dengan 50 persen siswa yang ikut PTM belum ada terkena Covid. "Kami lakukan prokes ketat. Kalau ada siswa sakit flu atau demam dan pilek kami tidak ijinkan ikut PTM. Merekan belajar lewat daring."Katanya. Para Kepsek menambahkan sebagian besar siswa dan guru guru sudah difaksin. Kecuali yang ada sakit itu harus ada ijin dokter batu bisa ikut PTM. Untuk SMA Negeri 2 menurut Kepsek pihaknya memberikan masker bagi siswa yang tidak pakai masker atau sudah rusak masker yang dipakai.

Berikan Vitamin C

Untuk SMP Negeri di Kota Manado menurut Kepsek SMP Negeri 7 Manado Syenny Waworuntu dan Kepsek SMP Negeri 8 Manado Ronald Nayoan meskipun belum semua divaksin siswanya karena masih ada yang umur dibawah 12 tahun PTM tetap berjalan lancar dan tidak ada siswa yang terkena covid 19. Bahkan untuk SMP Negeri 8 Manado menurut Kepsek pihaknya memberikan XonCe 500 Mg  dan Biskuit kepada 150 siswa yang ikut PTM setiap hari secara bergantian. Tujuannya agar imun para siswa tetap ada dan kuat. Bahkan mereka yang tidak ada masker kami berikan "Jadi kami ingin siswa tetap ikut PTM dengan prokes ketat dan imun yang kuat" kata Kepsek.

PTM tetap masih 25 persen, secara umum menurut sejumlah Kepsek baik SMA Negeri, SMK Negeri dan SMP Negeri PTM berjalan lancar dan semua siswa tetap ikut belajar baik PTM atau luring maupun daring. "Kalau ada masalah langsung diselesaikan,"Kata Kepsek SMP Negeri 8 Manado. (fani)