Foto : Kepsek SMK PK Negeri 3 Manado Dra Asyura Hulinggi MM Foto : Kepsek SMK PK Negeri 3 Manado Dra Asyura Hulinggi MM

SMK-PK Negeri 3 Manado Gelar Program KKSI Tradisional Food, Ini Faktanya

Written by  Yayuk Wullur Sep 09, 2021

Manado,Sulutnews.com - Provinsi Sulawesi Utara mendapat giliran menjadi peserta Pembelajaran Program Kamp Kreatif SMK Indonesia (KKSI) yang digagas Dirjen SMK Kemendikbud RI.

SMK Pusat Keunggulan Negeri 3 Manado yang dikomandoi Kepala Sekolah Asyura Hullinggi, Spd, MPd, menjadi sekolah di Sulut yang terpilih menjadi tuan rumah Program Pembelajaran KKSI tahun 2021.

Program Pembelajaran KKSI ditujukan bagi para siswa SMK Jurusan Tata Boga atau Kuliner dan siswa-siswi yg minat mengembangkan diri dibidang food dengan pemateri yg handal dibidangnya seperti kepala sekolah dan guru pakar Tata Boga.

Program Pembelajaran KKSI di Sulut selain dilakukan pembelajaran juga ada sesi lomba yanh menampilkn tiga orang siswa masing-masing Yosua Yordan Ondang, Rizky Manyohe dan Yulia Jeanie Eman, ketiganya utusan SMK PK Negeri 3 Manado Jurusan Tata Boga Kelas 12.

Ketiga peserta wajib mengikuti pembelajaran berikut berlomba memasak kuliner pada 6 September 2021, sebagai syarat peserta Program KKSI.

Menurut Kepala Sekolah SMK PK Negeri 3 Manado Asyura Hullingi,SPd,MPd, kegiatan KKSI bertujuan mengasa ketrampilan siswa menjadi pakar di bidang tata boga.

"Kegiatan KKSI 2021 hanya berlangsung satu hari saja, untuk hasil Lomba masakan segera dijual kepada guru-guru dengan vidio conferenci bagi yang sedang WFH," kata Kepala Sekolah SMK Pusat Keunggulan Negeri 3 Manado, Asyura Hullingi, Spd, Mpd, di Manado, Senin (6/9).

Kue yang dilombakan adalah Babana Pelangi, Piza tuna, dan Apang sambiki.

Sedangkan penilaian dilakukan pada  rasa kue, kwalitas kue mulai bentuk dan warna, serta cara penyajian kue.

Disamping itu karena KKSI 2021  merupakan upaya meningkatkan mutu pembelajaran berbasis revolusi industri 4.0 di SMK, maka peserta pembelajaran pun wajib mengikuti vidio converensi dengan pembawa materi yang hadir secara daring.

"Kegiatan ini dipandu oleh guru pembimbingnya Jurusan Tata Boga  Ibu Altje Salele, Spd, Mpd," tambah Kepsek Asyura yang juga merupakan pakar Tata Boga dalam KKSI 2021 di SMK PK Negeri 3 Manado. (*/yuk).