PTM di Sejumlah Sekolah di Bitung dan Minut Dilakukan Prokes Ketat

Written by  Fanny Waworundeng Sep 09, 2021

Bitung,Sulutnews.com - Sejumlah sekolah yang sudah melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara (Minut)  tetap melakukan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat meskipun Pandemy Covid 19 mulai menurun.

Hal tersebut dikatakan sejumlah Kepala Sekokah (Kepsek) yang ditemui Sulutnews.com Rabu (8/9)  di Kota Bitung dan Kabupaten Minut. Menurut Kepsek SMK Negeri I Kota Bitung Meiske Makadada SPd sejak 1 September sekolahnya sudah melakukan PTM dengan Prokes ketat. PTM yang juga sudah didukung oleh orang tua siswa hinga Rabu 8 September berjalan baik. Artinya tidak ditemukan siswa atau guru terkena firus Covid 19. Karena Prokes ketat.

Disaat siswa masuk sekolah tim Satgas Covid langsung menjemput siswa untuk mencuci tangan pakai masker dan duduk jaga jarak dan pakai hand sanitizer. Karena banyak siswa maka Menurut Kepsek siswa belajar pakai dua shif, Shif pertama jam 7.30 wita hinga jam 10.00 wita. Shif Kedua dari jam 10.30 hinga pukul 12.00 dan siswa tidak makan disekolah.Usai belajar langsung pulang dan tidak ada kerumunan.

"Hasil evaluasi cukup baik dan tidak ditemukan ada siswa yang terkena Covid. Ini juga karena sebagian besar siswa sudah di Vaksin begitu juga guru guru.

Hal sama juga dikatakan Kepsek SMK Kelautan Baramuli di Airmadidi Minut Louis Lumingkewas SPd MPd secara terpisah. Menurut Kepsek SMK swasta yang dia pimpin sudah satu mingu lebih melakukan PTM dan hasil evaluasi berjalan baik dan tidak ada terkena Covid karena melakuhan Prokes ketat. Guru guru juga sudah difaksin dan siswa.

Satgas Covid Sekolah

Sementara itu Kepsek SMP Negeri 2 Kota Bitung Tommy M Paat SPd secara terpisah mengatakan PTM disekolahnya sejak 1 September berjalan baik. Siswa disekolahnya setiap hari sekitar 600 siswa yang masuk sekolah. Tim satgas Covid disekolah 14 orang langsung memantau siswa sejak masuk sekolah hinga pulang. Jadi  Prokes ketat dan kerumunan tidak ada. Guru guru sudah divaksin dan siswa sebagian juga.  Hinga saat ini tidak ada yang terkena Covid. SMP yang siswanya hampir 2.000 lebih memang sulit mengaturnya. Tapi kalau Kepsek dia memberanikan diri dan berusaha kerja keras melakukan PTM dan hinga saat ini berjalan baik. PTM di Sekolah ini tidak pakai shif.

Sementara Kepsek SMP Swasta Dewi Laut Bitung Bastian Langingi SPd untuk sekolahnya sejak PTM berjalan tidak ada masalah. Karena Prokes ketat dan siswa sudah senang bisa bersekolah. Guru guru sudah vaksin dan siswa sehinga Kepsek optimis akan lancar PTM disekolahnya.

Awasi Ketat

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr Piter Lumingkewas mengatakan secara terpisah Kota Bitung sudah masuk level 3. Namun tetap meminta agar masyarakat tetap waspada dan terapkan Prokes ketat terutama pelaksanaan PTM disekolah."Kita terus berkoordinasi dengan Puskesmas dan Sekolah sekolah agar Prokes tetap dilakukan ketat. Tidak bisa lengah,. Kita tetap awasi ketat Kata Kadis Kesehatan. (fany)

Last modified on Friday, 10 September 2021 12:07