foto: Ilustrasi SMK Negeri 3 Manado (Tribunmanado) foto: Ilustrasi SMK Negeri 3 Manado (Tribunmanado)

Yuk Simak Apa Itu SMK Pusat Keunggulan, Apakah Sekolahmu Salah Satunya

Written by  Yayuk Wullur Aug 05, 2021

Manado, Sulutnews.com - Meski pemerintah RI tengah gencar mengurus wabah Corona dan sehingga sekolah dilakukan secara daring, tetapi ada baiknya simak tulisan pendidikan berikut ini.

Apa itu SMK Pusat Keunggulan, programnya diluncurkan secara daring oleh Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim di 34 Profinsi pada bulan Maret 2021.

SMK Pusat Keunggulan (PK) merupakan sebuah terobosan baru Kemendikbut RI, dalam rangka menjawab tantangan pendidikan jenjang SMK saat ini, agar para lulusannya semakin baik demi kebutuhan dunia kerja di tujuh sektor prioritas salah satunya ekonomi kreatif.

Ada 895 SMK yang jadi prioritas Program SMK Pusat Kejuruan ini, satu diantaranya ada di Profinsi Sulawesi Utara yaitu SMK Negeri 3 Manado.

Berikut masih ada 11 SMK lagi yang mendapat status Pusat Keunggulan di Sulut, seperti SMK Pembangunan Pertanian Di Minahasa Utara, SMK Negeri I Manado, SMK Negeri 1 Bitung dan SMK Negeri 4 Manado.

Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Manado Asyura Hulinggi mengatakan akan siap bekerja menyukseskan SMK Pusat Keunggulan di Sulawesi Utara.

"SMK Negeri 3 salah satu sekolah kejuruan di Manado yang mendapat Program SMK Pusat Keunggulan tahun 2021, penerapan awal dimulai hanya untuk peserta didik di kelas 10 dan 11," ungkap Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Manado Asyura Hulinggi. kepada Media, Selasa (3/8).

Kepsek Asyura menambahkan SMK Pusat Keunggulan sebenarnya adalah pendidikan paragdigma baru yang mencari jalan senergitas antara peserta didik SMK dan lulusannya dengan dunia kerja.

Jadi memang prakteknya tak lain adalah meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa yang sesuai dengan standar dunia usaha dan dunia kerja, kata wanita berambut sebahu ini.

Untuk selarasnya, lanjut Asyura, akan ada penguatan kepala sekolah, peningkatan peran guru, pengawas sekolah melalui pelatihan secara rutin dengan intensif dana yang sudah tersedia. Instruktur dari industri serta pakar dari dunia kerja pun akan dilibatkan.

“Ini bertujuan untuk mendukung mewujudkan sekolah dengan manajemen dan pembelajaran berbasis dunia kerja,” ujarnya seraya menambahkan pelatihan tenaga pendidik SMK Pusat Keunggulan SMK Negeri 3 Manado sudah sementara dilakukan.

Disamping itu untuk mencapai visi selaras antara SMK Pusat Keunggulan dengan dunia kerja pun nanti SMK Negeri 3 akan mewujudkan tidak hanya melalui praktek kerjasama sekolah dengan berbagai perusahaan yang bergerak di sektor industri, tetapi juga akan ditambah dengan perubahan pembelajaran kurikulum baru SMK pusat keunggulan.

"Sehingga khusus praktik kerja lapangan pendidikan industri kami harapkan bisa dilakukan minimal satu semester untuk kelas 11," tambah Asyura.

Ia mengharapkan kedepannya SMK Pusat Keunggulan SMK Negeri 3 dapat berperan menunjukan karya dan inovasinya melalui lulusan yang mampuni.

"Bahkan lulusan SMK Negeri 3 Manado kelak akan segera diserap oleh pelaku industri dan universitas terbaik di Indonesia." ujarnya.

Nah, apakah sekolahmu salah satu SMK Pusat Keunggulan ? (*/yuk)