Asahan

Asahan (118)

Kisaran,Sulutnews.com - Bupati Asahan H. Surya, BSc  menandatangani komitmen bersama atas tindak lanjut hasil sosialisasi dan penilaian diagnostik Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) pada Pemerintah Kabupaten Asahan dengan Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) di Aula Perwakilan BPKP Provsu, Rabu (25/05/2022).

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BPKP Provsu Kwinhatmaka mengatakan, kegiatan yang kita laksanakan hari ini merupakan komitmen bersama kita untuk meningkatan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Integrasi Pemerintah Kabupaten khususnya dalam hal peningkatan Indeks Efektivitas Penendalian Korupsi (IEPK)

Kwinhatmaka juga mengatakan, selain untuk meningkatkan IEPK, komitmen bersama ini juga dapat mencegah tindak pidana korupsi dan meningkatkan kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Asahan.

Menutup sambutannya Kwinhatmaka menegaskan bahwa dari hasil sosialisasi dan penilaian diagnostik IEPK yang dilakukan sekitar bulan April 2022 yang lalu, beliau merekomendasikan Pemerintah Kabupaten Asahan untuk menyusun draft kebijakan antikorupsi yang terintegrasi, menyusun seperangkat sistem antikorupsi antara lain terkait Peraturan Kepala Daerah terkait saluran pengaduan internal Whistle Blowing System (WBS) dan melaksanakan kegiatan pembelajaran antikorupsi yang terencana/terjadwal, kepada pihak internal dan eksternal/stakeholders terkait pencegahan korupsi.

Dikesempatan ini Bupati Asahan H. Surya, BSc mengatakan tujuan pelaksanaan acara ini adalah untuk mengetahui gambaran awal IEPK dan implementasinya serta mengidentifikasi kelemahan Pengendalian Korupsi dan menentukan area penguatannya (Area Of Improvemeni).

Selanjutnya Bupati Asahan mengatakan tata kelola pemerintahan yang baik menuntut adanya pemahaman dan pelaksanaan 5 aspek fundamental, yaitu akuntabilitas, transparansi, independensi, koordinasi, dan partisipasi.

"Pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik inilah yang menjadi dasar dalam pencegahan korupsi," ucap Bupati Asahan.

Selain itu Bupati Asahan mengatakan Pemerintah Kabupaten Asahan akan berusaha keras untuk terus menerapkan tata kelola yang baik tersebut dalam setiap tingkatan dan lembaga, menyusun draft kebijakan antikorupsi yang terintegrasi, menyusun seperangkat sistem antikorupsi, melaksanakan kegiatan pembelajaran antikorupsi yang terencana/terjadwal, kepada pihak internal dan eksternal/stakeholders terkait pencegahan dengan narasumber penyuluh anti korupsi yang tersertifikasi Badan Nasional Sertifasi Profesi (BNSP).

"Penerapan IEPK ini akan dijadikan basis data perbaikan tata kelola di masa depan, bisa juga digunakan untuk peningkatan pengendalian risiko dan penguatan pengendalian antikorupsi. Paling penting bahwa IEPK ini akan menjadi alat ukur kinerja atau pembanding antar waktu dan antar unit kerja dalam upaya pencegahan korupsi," tutup Bupati Asahan.

Diakhir kegiatan Kepala Perwakilan BPKP Provsu Kwinhatmaka bersama dengan Bupati Asahan H. Surya, BSc menandatangani tindak lanjut IEPK disaksikan oleh Jajaran Perwakilan BPKP Provsu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Inspektur Kabupaten Asahan, Kadis Kominfo Kabupaten Asahan, Kepala BKD Kabupaten Asahan, Kabag Protokol Setdakab Asahan dan Kabag Umum Setdakab Asahan.(/Daniel)

Kisaran, Sulutnews.com - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi Tepung Tawari dan Upah Upah 154  Jemaah Calon Haji Kabupaten Asahan yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan , Rabu (25/05/2022).

Upah Upah dan Tepung tawar tersebut turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Asahan,  Ketua TP. PKK kab. Asahan Hj. Titiek Sugiharti Surya, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga Ny. Yusnila Indriati Taufik,  Sekdakab Asahan Drs. John Hardi Nasution, MSi, Ketua MUI Kab. Asahan, Ketua DW Persatuan Derlina John Hardi,   Para OPD serta Jemaah Calon Haji.

Bupati Asahan dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi mengatakan sudah sepatutnya Jamaah Calon Calon Haji yang akan  berangkat tahun  ini, mengucap syukur sebesar besarnya karena masih diberi kesempatan dan kesehatan oleh Allah SWT selama masa penungguan giliran.

“Sebanyak 156 Jamaah Calon haji akan berangkat, dan kami harapkan sebanyak itu pula yang akan kembali pulang ke Kabupaten Asahan. Rasa syukur patut kita panjatkan kepada Allah SWT, kesempatan menunaikan ibadah haji, karena mungkin beberapa di antara kita ada yang sudah lama menunggu, karena kita tahu lama waktu tunggu untuk Kabupaten Asahan,” katanya.

Lebih lanjut wakil Bupati mengatakan kegiatan manasik haji yang telah dilaksanakan memiliki arti penting dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para Jemaah Calon Haji dalam pelaksanaan Ibadah Haji nantinya.

“ Pada Kesempatan Penutupan Manasik dan Tepung Tawar yang dilaksanakan hari  ini Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan mengucapkan Terima Kasih kepada seluruh panitia  penyelenggara dan pembimbing manasik, sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan sukses, mudah mudahan seluruh jemaah Calon Haji Kab. Asahan yang akan berangkat tahun ini dapat melaksanakan Ibadah Haji dengan baik” ucap Wakil Bupati.

Saya berpesan, lanjut Wakil Bupati agar Bapak dan Ibu Jemaah Calon Haji tetap menjaga semangat dan Stamina, mengingat jadwal keberangkatan yang sudah semakin dekat , sebab Ibadah Haji adalah Ibadah yang lebih banyak mengandalkan kesehatan dan kekuatan Fisik.  

Sementara itu secara terpisah Kepala Bagian Kesra menjelaskan dari 157 Jemaah Calon Haji yang terdaftar, sebanyak 1 Orang mengundurkan diri.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Bupati Asahan H. Surya, BSc menerima audiensi dan kunjungan kehormatan Konsul Jenderal Jepang Medan Mr. Takonai Susumu Ph.D yang bertempat di Ruang Kerja Bupati Asahan, Selasa (24/05/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Mr Takonai Susumu Ph.D menyampaikan maksud kunjungannya yakni dalam rangka Silaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Asahan. Di sisi lain, beliau juga baru setahun bertugas sehingga melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah.

Kunjungan tersebut juga dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Asahan. Konsul Jenderal Jepang, Mr. Takonai Susumu Ph.D meminta kepada Pemerintah Kabupaten Asahan untuk melindungi Tenaga Kerja Asing khususnya Tenaga Kerja Asing Jepang yang bekerja di Kabupaten Asahan yakni Proyek Pembangkit Listrik di Asahan III.

Di sisi lain, Jepang juga memiliki investasi di Kabupaten Asahan yaitu PT. Bridgestone Rubber Estate sehingga beliau meminta kepada Bupati Asahan untuk dapat mendukung perusahaan tersebut.

Bupati Asahan, H. Surya, BSc mengucapkan terima kasih atas kunjungan Konsul Jenderal Jepang, Mr. Takonai Susumu Ph.D beserta rombongan. Pemerintah Kabupaten asahan berjanji akan melindungi tenaga kerja asing yang bekerja di Kabupaten Asahan selama tidak melanggar aturan yang berlaku.

Pemerintah Kabupaten Asahan juga merespon kunjungan tersebut dengan meminta Konsul Jenderal Jepang agar menyampaikan kepada PT.Bridgestone Rubber Estate untuk melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Asahan.

Audiensi dan Kunjungan Kehormatan tersebut diakhiri dengan saling bertukar cindera mata antara Konsul Jenderal Jepang dengan Pemerintah Kabupaten Asahan. Konsul Jenderal Jepang juga berharap dapat terus menjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Asahan.

Turut  hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Kominfo Kabupaten Asahan, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan, Kaban Kesbangpol Kabupaten Asahan, Sekretaris Bappeda Kabupaten Asahan.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Drs. John Hardi Nasution,  M. Si hari ini, Selasa (24/05/2022) di Aula Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan resmi dilantik oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc (Kepala Daerah yang mewakili Pemerintah Daerah dalam kepemilikan kekayaan daerah yang dipisahkan pada PDAM Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan).

Pengambilan sumpah ini sesuai Surat Keputusan Kepala Daerah yang mewakili Pemerintah Daerah dalam kepemilikan kekayaan daerah yang dipisahkan pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan Nomor : 690/269/PDAM-TS/V/2022 tentang pengangkatan Dewan Pengawas Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan masa jabatan 2022-2026.

Bupati Asahan H. Surya, BSc pada bimbingan dan arahannya mengatakan, pada tanggal 7 sampai 31 Maret 2022 yang lalu. Pemerintah Kabupaten Asahan telah melaksanakan tahapan uji kelayakan dan kepatutan Calon Dewan Pengawas PDAM Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan masa jabatan 2022-2026 berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 tahun 2018 tentang pengangkatan dan pemberhentian anggota Dewan Pengawas atau Anggota Komisaris dan Anggota Direksi Badan Usaha Milik Daerah.

"Menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri tersebut, pada hari ini, Kepala Daerah yang mewakili Pemerintah Daerah dalam kepemilikan kekayaan daerah yang dipisahkan pada PDAM Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan telah mengambil sumpah dan melantik Dewan Pengawas PDAM Tirta Silaupiasa, yang merupakan salah seorang yang terbaik berdasarkan rekomendasi panitia seleksi terbuka hasil pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan yang telah dilaksanakan pada tanggal 7 sampai dengan 31 Maret 2022," ucap Bupati.

Bupati Asahan juga mengingatkan kepada Drs. John Hardi Nasution, M. Si akan arti dan pentingnya tugas Dewan Pengawas PDAM Tirta silaupiasa Kabupaten Asahan. Sebagai dewan pengawas saudara diharapkan dapat melakukan pengawasaan terhadap PDAM Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan dan menyelesaikan segala permasalahan yang ada, baik dari internal maupun eksternal pada PDAM Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan serta memberi nasihat kepada Direktur dalam menjalankan kepengurusan perusahaan serta melaporkan hasil pengawasan kepada Bupati Asahan selaku Kepala Daerah yang mewakili Pemerintah Daerah dalam kepemilikan kekayaan daerah yang dipisahkan pada PDAM Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan.

Bupati juga berharap dengan pergantian Dewan Pengawas yang baru ini dapat menindaklanjuti permasalahan yang ada pada PDAM Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan, serta dapat menciptakan iklim kinerja sehat dan berkarakter sehingga PDAM Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan dapat memenuhi air bersih di Kabupaten Asahan khususnya di Kota Kisaran dan sekitarnya. Dan pada akhirnya PDAM dapat mengelola permodalan dan Aset Pemerintah Kabupaten Asahan dengan baik.

Selanjutnya Bupati Asahan berharap dengan dilantiknya Dewan Pengawas PDAM Tirta Silaupiasa mampu menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan peraturan yang ada.

"Mulai saat ini, semua harus bersatu melangkah menatap masa depan yang lebih baik untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Lakukan optimalisasi, terobosan, dan inovasi agar dapat bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat secara maksimal," ucap Bupati Asahan mengakhiri bimbingan dan arahannya.

Turut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Direktur PDAM Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan beserta jajaran dan Kadis Kominfo Kabupaten Asahan.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Bupati Asahan H. Surya, B.Sc sambut kunjungan TP PKK Provinsi Sumatera Utara (Provsu) dalam rangka Supervisi Desa dan Kelurahan Pelaksanaan Lomba Hari Kesatuan Gerak PKK di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Selasa (24/05/2022)

Kunjungan ini dihadiri oleh Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara Ibu Sri Ayu Mihari Musa Rajeksah, Sekretaris I, Penanggung Jawab Pokja PKK dari Pokja 1 hingga Pokja 4, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Utara, Juga Perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Bupati Asahan, H. Surya, B.Sc mengatakan kehadiran Tim Supervisi ke Kabupaten Asahan dapat memotivasi dan meningkatkan semangat untuk membangun desa demi keberhasilan mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Asahan yaitu, Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

Bupati juga berharap kepada TP PKK di setiap tingkatan dapat mengembangkan peran dan fungsi kelompok PKK Dusun dan Kelompok Dasawisma, karema dikelompok inilah sesungguhnya terletak keberhasilan gerakan PKK, sebab mereka berada pada didepan yang berhadapan langsung dengan keluarga-keluarga yang menjadi sasaran binaan.

Lebih lanjut Bupati Asahan menyampaikan bahwa dalam rangka percepatan pembangunan Perdesaan dan Kelurahan serta penguatan Pemerintah Desa, baik dalam bidang infrastruktur, peningkatan ekonomi masyarakat, pembangunan sosial kemasyarakatan dan untuk pembinaan dan pembentukan lembaga PKK Desa, PKK Dusun dan Lingkungan serta kelompok Dasawisma, maupun dalam peningkatan Iman dan Taqwa, Pemerintah Kabupaten Asahan setiap tahunnya telah memberikan Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), bagi hasil pajak untuk 177 desa, kemudian keuangan Kelurahan untuk 27 kelurahan.

Sementara Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara Ny. Sri Ayu Mihari Musa Rajeksah menyampaikan kegiatan supervisi yang dilakukan ini meliputi bidang kelembagaan, bidang administrasi, dan bidang kelompok kerja yang mengelola 10 program pokok PKK dan berbagai perubahan program kerja yang menyesuaikan dengan kondisi yang berkembang, serta terkait berbagai jenis lomba dalam rangka Kesatuan Hari Gerak PKK.

Ny. Sri juga menghimbau agar sistem koordinasi dan konsultasi harus tetap terlaksana dengan baik dan berlanjut agar anggaran dan program kerja PKK dapat berlanjut dan berjalan dengan baik, yang bertujuan untuk menciptakan jaringan kemitraan yang luas kepada mitra PKK yang bersifat tidak mengikat.

Pada kegiatan ini Ketua TP PKK Desa yang mengikuti lomba menyerahkan buku ekspos kepada Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara yang disaksikan oleh Bupati Asahan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, OPD, Camat, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus dan Ketua TP PKK Kecamatan.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Gerakan Asahan  Sejahtera (GAS) Kabupaten Asahan mengadakan audiensi dengan Bupati Asahan H. Surya, BSc, Selasa (24/05/2022)

Didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Kominfo Kabupaten Asahan dan Kaban Kesbangpol Kabupaten Asahan, Bupati Asahan menyambut baik kedatangan rombongan GAS Kabupaten Asahan.

Audensi yang digelar di Ruang Kerja Rumah Dinas Bupati Asahan tersebut membicarakan tentang pembangunan di Kabupaten Asahan sekaligus bersilaturahmi antara Pengurus GAS Kabupaten Asahan dengan Bupati Asahan.

Ini disampaikan oleh Ketua Pembina GAS Kabupaten Asahan Muslim Simbolon, MA saat memulai pembicaraannya dengan Bupati Asahan.

Muslim juga mengatakan, GAS Kabupaten Asahan siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Asahan membangun Kabupaten Asahan menjadi lebih baik kedepannya dan membantu Pemerintah Kabupaten Asahan mensukseskan visi dan misinya yaitu mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

"Membangun Kabupaten Asahan bukan tugas dari Pemerintah saja, tetapi membangun Kabupaten Asahan  merupakan tugas kita bersama masyarakat Kabupaten Asahan," ucap Muslim.

Menutup pembicaraannya Muslim meminta Pemerintah Kabupaten Asahan membantu dan mendukung program-program yang akan dilaksanakan oleh GAS Kabupaten Asahan.

Ditempat yang sama Bupati Asahan H. Surya, BSc mengucapkan terima kasih kepada GAS Kabupaten Asahan yang telah bersedia membantu Pemerintah Kabupaten Asahan membangun Kabupaten Asahan serta membantu mensukseskan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan.

"Pemerintah Kabupaten Asahan siap menerima pokok pikiran masyarakat Kabupaten Asahan dalam memajukan Kabupaten Asahan menjadi lebih baik lagi kedepannya," ucap Bupati Asahan.

Bupati Asahan juga meminta kepada GAS Kabupaten Asahan agar terus membangun komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Asahan, sehingga Asahan yang lebih baik dapat kita wujudkan bersama.(/Daniel)

Medan,Sulutnews.com - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi Hadiri Pelantikan Penjabat Bupati Tapanuli Tengah Yetti Sembiring, SSTP, MM  yang sebelumnya menjabat sebagai Sekdakab Tapanuli Tengah  dan Penjabat Walikota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.Tp yang sebelumnya menjabat Sekdakot Tebing Tinggi oleh Gubernur Sumatera Utara, bertempat di Aula T. Rizal Nurdin Medan, Selas (24/05/2022).

Pelantikan  Tersebut di gelar sesuai dengan Surat Gubsu Nomior: 131/5299/2022 berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131/2686/SJ tertanggal 20 Mei 2022.

Pelantikan tersebut juga  dihadiri Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Anggota DPRD Sumut, Rahmansyah Sibarani, dan Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis.

Hadir juga unsur Forkopimda Tapteng dan Tebing Tinggi, Kabiro Pemerintahan dan Otda Setdaprov Sumut, Zubaidi, Kabiro Administrasi Pimpinan, Basarin Yunus Tanjung, Wali Kota Tebing Tinggi 2017-2022, Umar Zunaidi Hasibuan, dan sejumlah pimpinan OPD Pemprov Sumut lainnya.

Sebagaimana diketahui masa jabatan Wali Kota Tebing Tinggi, Umar Zainudin Hasibuan, dan Wakil Wali Kota Tebing Tinggi, Oki Doni Siregar, serta Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, dan Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul, berakhir pada 22 Mei 2022.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyampaikan pesan kepada Penjabat yang baru dilantik agar memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat serta mampu menjaga   netralitas sebagai pejabat negara dalam pilkada 2024 nantinya.

Sementara itu Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi usai mengikuti Acara pelantikan menyampaikan Ucapan selamat kepada Penjabat Bupati Tapanuli Tengah dan Penjabat Walikota Tebing Tinggi.(/Merson)

Kisaran,Suutnews.com - Satu bulan menjelang keberangkatan jamaah calon haji ke tanah suci, Pemerintah Kabupaten Asahan bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan  melaksanakan kegiatan Manasik Haji Bagi Calon Jemaah Haji Kabupaten Asahan,  Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Pelaksanaan Manasik dibuka oleh Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi, Senin (23/05/2022).

Di depan ratusan  jamaah calon haji, Wakil Bupati Asahan  menyampaikan salam hormat dari Bupati Asahan  yang berpesan agar seluruh jamaah calon haji  bisa menjaga kesehatan, meningkatkan kesabaran dan menata niat secara tulus guna mendapatkan Ridho dari Allah SWT.

“Pesan dari Pak Bupati, ibadah haji itu tidak hanya fisik saja, namun juga mental spiritual. Jadi jagalah kesehatan fisik dan pikiran Saudara semua agar jauh dari hal-hal yang negatif. Ikutilah seluruh rangkaian kegiatan manasik haji ini sampai selesai, Jangan sampai ada rasa keterpaksaaan, agar semuanya bahagia. Bapak dan Ibu  Jemaah Calon Haji semua adalah calon tamu Allah SWT,” ucap Wakil Bupati.

Wakil Bupati Juga berpesan kepada seluruh Pembimbing Jemaah Calon Haji Kabupaten Asahan agar melaksanakan tugasnya dengan sungguh sungguh dengan harapan  Jemaah Calon Haji Kabupaten Asahan dapat melaksanakan rangkaian Rukun Haji dengan Nyaman.

Kepada para petugas pendamping haji, Wakil Bupati meminta  agar dengan sabar dan ikhlas dalam memberikan materi pembinaan dan pelatihan manasik kepada seluruh Jemaah Calon Haji.

“Semoga kegiatan manasik ini berjalan lancar sehingga  pada waktunya seluruh Jamaah Calon  Haji bisa berangkat ke tanah suci dengan lancar pula hingga kembali pulang menjadi haji yang mabrur, Aamiin,” lanjut Taufik.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setdakab Asahan H. Ali Mughofar dalam Laporannya  menyebutkan bahwa untuk pelaksanaan haji tahun 2022 ini, jumlah  jamaah calon haji yang akan berangkat sebanyak 157 orang dengan rincian jamaah pria  62 orang, jamaah Wanita 95 orang.

“Manasik ini kami laksanakan mulai hari ini Senin 23 Mei 2022 hingga penutupan Hari Rabu 25 Mei 2022 mendatang dengan tujuan agar calon haji memahami semua informasi tentang pelaksanaan ibadah haji serta mewujudkan kemampuan calon jamaah haji untuk beribadah secara mandiri, baik mandiri pribadi maupun mandiri dalam regu. Kami ingin seluruh calon jamaah haji siap lahir maupun batin,” ucap Ali Mughopar.

Setelah dibuka di Pendopo Rumah Dinas Bupati, menurutnya manasik akan berlanjut dengan rangkaian kegiatan manasik.

Turut hadir dalam pembukaan manasik haji tersebut, Kajari Asahan Dedyng Wibiyanto Atabay, SH, MH, Dandim 0208 (mewakili), Kapolres Asahan (mewakili), Ketua PN (mewakili), Dan Lanal TBA (mewakili), Sekdakab Asahan, Ketua MUI Kab. Asahan, Kakan Kemenag Kab. Asahan, Para Staf Ahli, OPD dan undangan lainnya.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si menghadiri acara tabligh akbar dan silaturahmi 1443 H Keluarga Besar Muhammadiyah Asahan di Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, Minggu (22/05/2022)

Kegiatan tabligh akbar ini dihadiri juga oleh Perwakilan Forkopimda Kabupaten Asahan, Anggota DPR RI Fraksi PAN, Anggota DPRD Kabupaten Asahan Fraksi PAN, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah sekaligus Wakil Ketua MUI Pusat, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provsu, Ketua Pimpinan Daerah Wilayah Muhammadiyah Kabupaten Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Keluarga Besar Muhammadiyah Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana Fachri Mizan Harsono mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Asahan yang telah berkenan hadir pada kegiatan Tabligh Akbar dan Silaturahmi Syawal 1443 H Keluarga Besar Muhammadiyah Asahan.

"Kehadiran bapak disini menjadi motivasi bagi kami dalam menengakan islam di Kabupaten Asahan," ucap Fachri menutup laporannya.

Dikesempatan ini juga Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Asahan Drs. Mohd. Akhiar, MA mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah memfasilitasi kegiatan Tabligh Akbar hari ini.

Akhiar juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Asahan dapat membantu setiap kegiatan yang dilaksanakam oleh Muhammadiyah Kabupaten Asahan, karena kegiatan yang dilakukan oleh Muhammadiyah adalah kegiatan untuk kemaslahatan umat.

Sementara Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si pada pidato tertulinya mengucapkan terima kasih kepada panitia dan keluarga besar Muhammadiyah Asahan yang pada hari ini telah ikut berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan Tabligh Akbar dan silaturahmi Syawal ini. Saya memberi apresiasi kepada saudara-saudara karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan perlu ditingkatkan.

"Kita sadari bersama bahwa tantangan dakwah saat ini semakin berat, banyak pergeseran moral yang secara tidak sadar telah merubah pola hidup masyarakat. Banyak perubahan norma dan tatanan masyarakat yang mengakibatkan minusnya jalinan silaturahmi di antara kita," ucap Wakil Bupati Asahan.

Mengakhiri pidatonya Wakil Bupati Asahan mengajak, melalui kegiatan silaturahmi Syawal dan tabligh akbar ini, kita membangun kerjasama dan hubungan yang harmonis antara Pemerintah dan masyarakat agar masyarakat dapat menikmati pembangunan yang difasilitasi Pemerintah dan Pemerintah mampu melayani masyarakat secara maksimal.

Ditempat yang sama Anggota DPR RI H. Nasril Bahar, SE mengatakan, lakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kemaslahatan ummat, serta tegakkan dan junjung tinggi Agama Islam sehingga terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

"Kerja kita belum selesai, maka dari itu kita harus terus berbuat untuk kemaslahatan ummat," ucap Nasril menutup sambutannya.

Ditempat yang sama Al-Ustadz Dr. H. Anwar Abbas, MM, M. Ag pada tausiyahnya mengatakan, teruslah kita berbuat untuk kemaslahatan ummat, jangan pernah menyerah dan putus asa, karena Allah SWT akan mempermudan jalan kita, jika kita berada dijalannya.

Selain itu Anwar juga mengatakan kepada warga Muhammadiyah untuk saling menghormati sesama, dan menjaga nilai-nilai agama yang telah diwariskan oleh Rasullullah kepada kita. Dan berpesan agar selalu menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila

Mengakhiri tausiyahnya Anwar mengatakan, kita harus mencetak generasi muda yang tangguh, sehingga kita dapat mengembalikan kejayaan ummat Islam di Indonesia.

Kegiatan ini dirangkai dengan Pelepasa Haji oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Asahan dan Pelantikan Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Asahan oleh Ketua Bidang PW IPM Sumatera Utara Indra Syahputra Hasibuan serta penandatanganan batu prasasti Gedung Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Asahan oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. H. Anwar Abbas, MM, M. Ag, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Asahan Drs. Mohd. Akhiar, MA dan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar S. Sos, M. Si sekaligus penandatangan batu prasasti Masjid Al-Falah Muhammdiyah Sidodadi dan Masjid Taqwa Muhammadiyah Punggulan oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. H. Anwar Abbas, MM, M. Ag.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Setelah melakukan Rapat Terbatas pada hari Kamis (19/05/2022) dengan unsur Forkopimda Kabupaten Asahan dan Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I terkait Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan Sapi, Babi, Domba, Kambing dan Kerbau. Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si kembali menggelar Rapat Koordinasi Wabah PMK dengan para Camat se-Kabupaten Asahan di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan, untuk mengantisipasi wabah tersebut, Jum'at (20/05/2022).

Dalam rapat tersebut Wakil Bupati Asahan menekankan kepada para Camat se-Kabupaten Asahan dan OPD terkait agar bergerak cepat dalam menangani wabah ini, karena berkaitan dengan hewan ternak yang ada di Kabupaten Asahan.

"Lakukan gerak cepat untuk mengantisipasi wabah PMK ini, agar tidak terjadi penyebarannya di Kabupaten Asahan, sehingga peternak kita tidak mengalami kerugian. Lakukan pemeriksaan kepada hewan ternak yang masuk ke Kabupaten Asahan baik dari jalur resmi maupun jalur tikus," tekan Taufik kepada para Camat dan OPD terkait.

Taufik juga menginstruksikan kepada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan bekerjasama dengan Pihak Kecamatan dan Dinas terkait Untuk melakukan pemeriksaan Hewan yang masuk ke Kabupaten Asahan dengan memaksimalkan  pos check point   yang ada yakni di Kecamatan Meranti, Simpang Empat dan Aek Ledong, untuk memgecek setiap hewan yang masuk ke Kabupaten Asahan.

Selain itu Taufik juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan juga akan membentuk Satgas untuk penanganan PMK ini dengan melibatkan instansi vertikal, agar penanganan wabah ini dapat terarah.

Mengakhiri pembicaraannya Taufik meminta kepada para Camat untuk mensosialisasikan kepada masyarakatnya perihal wabah PMK ini.

Dikesempatan ini Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan drh. Yusnani menyampaikan paparannya terkait wabah PMK, dimana wabah ini miliki gejala seperti ditemukan lepuh yang berisi cairan atau luka yang terdapat pada lidah, gusi, hidung dan teracak/kuku hewan yang terinfeksi, demam tinggi mencapai 41°C, hewan tidak mampu berjalan (pincang), air liur berlebihan dan hilang nafsu makan.

Yusnani juga menyampaikan PMK ini tidak membahayakan bagi manusia (tidak menular pada manusia), daging tetap dapat dikonsumsi (bersyarat), penularan melalui kontak langsung, tidak langsung (misalnya petugas keluar masuk kandang yang berbeda), udara sampai radius 10 km.

Turut hadir Sekretris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, OPD terkait dan Camat se-Kabupaten Asahan.(/Daniel)