Medan Sulutnews.com - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, Msi Hadiri   Fashion Carnival (Pawai Budaya) dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Ke 432 Kota Medan yang di gelar di Jalan Balai Kota, Kota Medan, Jumat ( 01 Juli 2022).

Acara yang dimeriahkan dengan Pawai Budaya dari 24 Anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Wilayah Sumatera Bagian Utara yang meliputi 5 Provinsi yakni Aceh, Sumut, Sumbar, Riau dan Kepulauan Riau tersebut berlangsung dengan sangat meriah yang menampilkan adat dan Budaya dari Daerah Masing Masing.

Peserta Pawai Budaya disambut oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution dari podium utama yang berada di Jalan Balaikota tepatnya di depan lapangan Merdeka.

“Kita apresiasi antusias dari para peserta yang ikut Pawai Budaya siang ini, dengan menampilkan keberagaman kesenian serta adat budaya yang multi etnik,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi usai pelaksanaan Pawai Budaya  menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan Ucapan Selamat  dan Sukses  HUT ke – 432 kota Medan.

Wakil Bupati juga mengatakan  semoga dengan pagelaran pawai budaya ini, dapat  menjadi salah satu ajang promosi pariwisata bagi Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Sumatera Utara khususnya.

 “Kami berharap semoga  kebudayaan dan pariwisata di Sumatera Utara bisa terkenal di seluruh nusantara, bahkan sampai keluar negeri,” pungkasnya.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Ketua DPRD Kabupaten Asahan Baharuddin Harahap , SH, MH memimpin Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Asahan tentang Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi DPRD Kabupaten Asahan Terhadap Ranperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Asahan Tahun Anggaran 2021 di Aula Rambate Rata Raya Sekretariat DPRD Kabupaten Asahan, Jum'at (01/07/2022).

Pada Rapat Paripurna ini ketujuh Fraksi DPRD Kabupaten Asahan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Asahan Tahun Anggaran 2021.

Dikesempatan ini Bupati Asahan H. Surya, BSc pada pidatonya mengatakan dengan disetujuinya Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021 ini, maka untuk tahap berikutnya Rancangan Peraturan Daerah ini akan kami sampaikan Kepada Gubernur Sumatera Utara, untuk mendapatkan Evaluasi, apakah telah sesuai dengan kepentingan umum dan Peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi.

"Dan tak lupa juga saya mengucapkan terimakasih kepada Organisasi Perangkat Daerah yang telah melaksanakan Program dan Kegiatan pada Tahun Anggaran 2021 sebagai mana yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021. Selama dalam Pembahasan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021, kita mengharapkan untuk dimasa yang akan datang kendala dan kelemahan dalam pelaksanaan kegiatan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) agar tidak terulang kembali," harap Bupati Asahan.

Selanjutnya Bupati Asahan mengatakan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp.91.390.001.527,39 yang akan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah setelah mendapat evaluasi dari Pemerintah yang lebih tinggi dan selanjutnya dapat ditampung pada Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P.APBD) Tahun anggaran 2022 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tampak hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten asahan, Anggota DPRD Kabupaten Asahan, OPD dan tamu undangan lainnya.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Asahan menandatangani kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkait pemanfaatan sertifikat elektronik melalui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) untuk mendukung transformasi digital di Aula BSSN, Depok, Jawa Barat, Rabu (29/6/2022).

Derasnya transformasi digital mendorong seluruh kegiatan administrasi diwujudkan dalam dokumen digital. Tantangan mudahnya pemalsuan dokumen digital harus diantisipasi bersama dengan metode yang dapat menjamin keaslian dokumen. 

Salah satu metode penjaminan keutuhan data serta terjaminnya identitas penandatangan, diwujudkan dalam Tanda Tangan Elektronik, khususnya yang telah bersertifikasi.

Kepala Diskominfo Kabupaten Asahan, Syamsuddin, S.H., M.M., mengungkapkan bahwa pada era yang sudah serba digital ini autentikasi data dan integritas data menjadi kebutuhan krusial dalam pengelolaan administrasi dan pelayanan publik pemerintah.

“Hal ini tentunya dapat dicapai melalui pemanfaatan Sertifikat Elektronik sebagai Tanda Tangan Elektronik. Oleh karena itu, pada hari ini Kabupaten Asahan termasuk dari 16 instansi pemerintah daerah yang melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama pemanfaatan Sertifikat Elektronik dengan BSSN,” terang Syamsuddin.

Kepala BSSN, Drs Luki Hermawan MSi menyebutkan ruang lingkup kerja sama meliputi penyediaan infrastruktur teknologi informasi yang mendukung penerapan sertifikat elektronik pada layanan pemerintah, penerbitan sertifikat elektronik, pemanfaatan sertifikat elektronik dalam sistem elektronik pada masing-masing instansi, serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam pemanfaatan sertifikat elektronik.

"Berdasarkan data yang diolah oleh BSSN, dengan adanya pemanfaatan sertifikat elektronik untuk layanan tanda tangan elektronik di lingkungan instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah, negara telah melakukan penghematan kurang lebih 1,5 triliun," beber Luki.

Luki berharap melalui pemanfaatan sertifikat elektronik ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses birokrasi, sehingga dapat menciptakan pelayanan publik yang mudah diakses, cepat, dan tidak berbelit dalam pemrosesan data, serta tersedianya data yang akurat.

“BSSN siap mendukung pelaksanaan penerbitan sertifikat elektronik, penyediaan pendampingan, pemberian dukungan teknis apabila terjadi suatu permasalahan penggunaan sertifikat elektronik, serta menyediakan dan mengevaluasi pelaksanaan certificate policy," pungkas Luki.

Tanda Tangan Elektronik saat ini sama kekuatannya dengan tanda tangan basah yang dibubuhkan pada dokumen. Kelebihan dari Tanda Tangan Elektronik, terkandung Identitas digital sang penandatangan, yang sudah terintegrasi dengan data kependudukan Indonesia. Ini memperkuat dukungan penjaminan keabsahan dokumen yang ditandatangani.

Melalui Kerja Sama ini, BSSN berkomitmen menyediakan kebutuhan Sertifikat Eletronik, melalui Balai Sertifikasi Elektronik, yang merupakan salah satu dari Penyelenggara Sertifikasi Elektronik yang sudah diakui. Sertifikat Elektronik yang diterbitkan oleh BSrE sudah dilengkapi dukungan aspek kriptografi yang kuat untuk menjamin Tanda Tangan Elektronik tidak mudah dipalsukan.

“Untuk itu kami berharap, semoga dengan adanya penandatanganan perjanjian kerja sama ini, sertifikat elektronik dapat diimplementasikan dengan penuh komitmen dan langkah konkret, sesuai dengan ruang lingkup kerja sama oleh setiap pihak sehingga pemenuhan aspek keamanan sistem elektronik dapat terlaksana dengan baik,” tutupnya.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-76, Bupati Asahan bersama dengan Forkopimda Kabupaten Asahan, Tokoh Agama dan OKP menghadiri doa bersama yang diselenggarakan oleh Polres Asahan di Lapangan Adhi Pradana Polres Asahan, Rabu (29/06/2022).

Pelaksanaan doa bersama ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-76, dan kami mengucapkan selamat datang kepada para tamu dan undangan. Hal ini disampaikan Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira, SIK, MH saat memberikan sambutannya.

Kapolres Asahan juga mengatakan kami keluarga besar Polri Khususnya Polres Asahan memohon Doa dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Asahan agar tugas yang kami emban kedepan dapat lebih bermanfaat bagi Bangsa dan Negara, doakan terus kami agar tetap sehat, tetap kuat dalam memberikan pengabdian terbaik kepada seluruh masyarakat, doakan kami agar program Presisi yang di canangkan oleh Bapak Kapolri dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Asahan.

Selanjutnya Kapolres Asahan mengajak untuk berdoa bersama agar senantiasa diberikan kerukunan, keharmonisan dan keselamatan agar bisa melanjutkan pembangunan di negeri yang kita cintai ini.

Menutup sambutannya Kapolres Asahan mengatakan kegiatan doa bersama ini sebagai wujud nyata Polisi sebagai sahabat masyarakat yang selalu bersinergi dengan para pemuka agama dan seluruh lapisan masyarakat dalam mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari.

Sementara Bupati Asahan H. Surya, BSc mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan akan mendukung program Presisi yang dicanangkan oleh Bapak Kapolri. Dimana program ini manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Asahan.

Menutup pembicaraannya Bupati Asahan mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke-76, semoga Polri semakin dicintai masyarakat dan dapat mengayomi masyarakat khususnya Masyarakat Kabupaten Asahan.

Tampak hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Danlanal TBA, Kajari Asahan, Ketua PN Kisaran, Mewakili Dandim 0208/Asahan, Jajaran Polres Asahan, beberapa OPD, Wakil Ketua Bhayangkari Polres Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan, Ketua FKUB Kabupaten Asahan, OKP, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan lainnya.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Asahan bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia (RI) menggelar Forum Groub Discussion Laboratorium Inovasi Dalam Rangka Mensukseskan Program Prioritas Pemerintah Kabupaten Asahan.

Kegiatan FGD yang diikuti OPD, Kepala Bagian Setdakab Asahan, Camat dan Tim Koordinasi Penguatan Sistem Inovasi Daerah Asahan (SIDA) dibuka langsung oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Senin (27/06/2022)

Pada kesempatan ini Kepala Bappeda Kabupaten Asahan yang diwakili Sekretaris Bappeda Kabupaten Asahan H. Muhammad Syafiq, STP, MMP meloporkan bahwa kegiatan ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, Pada BAB IV Pasal 16 ayat (2) disebutkan bahwa uji coba Inovasi Daerah dilakukan pada Perangkat Daerah yang ditugaskan melaksanakan Inovasi Daerah sebagai laboratorium uji coba.

Syafiq juga melaporkan tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan dan mengembangkan budaya kerja inovasi di Lingkungan Perangkat Daerah Kabupaten Asahan. Selanjutnya untuk fasilitas, asistensi dan pendampingan OPD dalam penyelenggaraan inovasi.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari yang dimulai pada hari ini Senin sampai dengan Kamis tanggal 27-30 Juni 2022 dan diharapkan hasil dari FGD ini akan ditindaklanjuti oleh masing-masing OPD untuk melahirkan dan mengembangkan inovasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing," harap Syafiq menutup laporannya.

Sementara itu Bupati Asahan H. Surya, BSc pada bimbingan dan arahannya mengatakan, berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Asahan Nomor 3 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Asahan, Peningkatan Inovasi tercantum dalam misi ke-1 yaitu meningkatkan tata kelola Pemerintahan yang efektif, inovatif, profesional, dan akuntabel. Salah satu indikator sasaran yang ditetapkan dalam misi tersebut adalah Indeks Inovasi Daerah yang ditargetkan sebesar 70 poin pada akhir tahun 2026. 

"Oleh karenanya, kegiatan Laboratorium Inovasi ini agar dijadikan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan dalam rangka peningkatkan Indeks Inovasi Daerah tersebut," ucap Bupati Asahan.

Bupati Asahan juga mengatakan pelaksanaan FGD Laboratorium Inovasi Daerah ini sangat strategis untuk menggali ide-ide inovasi dari OPD serta Kecamatan se-Kabupaten Asahan. Mudah-mudahan, melalui upaya-upaya yang kita lakukan beberapa tahun ke depan Kabupaten Asahan dapat menjadi salah satu kabupaten sangat inovatif di Indonesia.

Menutup bimbingan dan arahannya Bupati Asahan meminta kepada seluruh peserta untuk mengikuti FGD dengan sungguh-sungguh, dan saya akan terus memantau perkembangan inovasi dari OPD dan Kecamatan masing-masing. Kalau saudara-saudara tidak mampu berinovasi, maka saudara-saudara tidak bisa berpartisipasi mendukung visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan. Saya harap setelah FGD ini, masing-masing OPD dan Kecamatan dapat melahirkan minimal satu inovasi setiap tahun.

Pada kesempatan ini para peserta FGD diberikan materi oleh narasumber yakni Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara LAN RI Hartoto, SIP, M. Si materi membangun komitmen bersama dalam berinovasi di Kabupaten Asahan dan Pejabat Analisis Kebijakan LAN RI Tyas Wahyu Fadhila, S. Sos, MPA materi menuju kabupaten Asahan sangat inovatif.

Tampak hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Administrasi Umum dan Staf Ahli Bupati Asahan.(/Daniel_

Kisaran, Sulutnews.com - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos MSi bersama Forkopimda, Kepala BNNK Kab. Asahan AKBP Budi Bakhtiar, AMK, SH, MH, MSc, Asisten II Ekbang Drs. Muhilli Lubis dan OPD terkait serta undangan lainnya mengikuti  Rangkaian Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional yang dilaksanakan secara Virtual langsung dari Nusa Dua Convention Center Badung, Bali, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Senin (27/06/2022).

Kepala BNNK Nasional Dr. Petrus Reinhard Golose dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap Tanggal 26 Juni selalu diperingati sebagai Hari Anti Narkotika Internasional (HANI),  Di tahun 2022 Peringatan HANI mengambil Tema Kerja Cepat, Kerja Hebat Berantas Narkoba di Indonesia  menuju Indonesia Bersih Narkoba (BERSINAR).

Peringatan  HANI yang dilaksanakan setiap tahun dimaksudkan untuk memperkuat aksi dan kerja sama secara global, dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba.

Petrus Reinhard juga mengatakan penanggulangan narkoba harus dilakukan secara holistik baik dengan hard power melalui pemberantasan dan soft power melalui pencegahan, pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi, serta smart power melalui pengembangan IT.

Dengan tagline, yaitu War on Drugs, Petrus Golose menegaskan perang melawan narkoba masih dalam bingkai human right, dan sesuai koridor penegakkan hukum yang profesional dan proporsional.

Dalam rangka perang melawan narkoba, arah kebijakan yang diambil, lanjut  Petrus Golose adalah Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang profesional, peningkatan lembaga rehabilitasi, pemberdayaan ketahanan masyarakat terhadap kejahatan narkotika, dan peningkatan sinergitas dengan pemangku kepentingan di level nasional, regional dan internasional.

Sementara itu Presiden RI Ir. H.Joko Widodo dalam sambutannya  mengajak seluruh masyarakat dan seluruh elemen bangsa menjadikan HANI tahun ini untuk meneguhkan komitmen, menguatkan tekat, dan kerja sama melakukan upaya-upaya yang tak pernah surut membebaskan anak bangsa dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

Presiden Jokowi jelas menyapaikan dalam amanatnya  agar Badan Narkotika Nasional (BNN) terus melakukan upaya penguatan, pencegahan, dan pemberantasan narkoba, dengan menutup semua celah yang menyebabkan terjadinya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, menyiapkan  strategi dan aksi untuk mencegah berkembangnya modus operandi pelaku kejahatan narkoba, mengantisipasi perkembangan baru dan modus baru para pelaku kriminal termasuk dalam pemanfaatan teknologi terbaru, meningkatkan kemampuan SDM untuk menghadapi tantangan-tantangan baru, seraya mengutamakan layanan rehabilitasi serta tingkatkan aksesibilitas dan akseptabilitas yang menjangkau hingga di tingkat desa sehingga masyarakat mendapatkan layanan rehabilitas yang terjangkau.

Presiden juga meminta agar aparat BNN harus bekerja secara jujur dan akuntabel. Presiden tidak mentoleransi aparat BNN yang menyalahgunakan kewenangannya.

“Saya tidak akan mentoleransi, tidak mentolerir, aparat BNN yang menyalahgunakan kewenangannya,”  Kata Presiden Jokowi yang disampaikan secara daring.

Bupati Asahan dalam Sambutannya yang di sampaikan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional Kabupaten Asahan yang di Prakarsai BNNK Kabupaten Asahan, hal ini menunjukkan Komitmen seluruh Stakeholder dalam memberantas kejahatan Narkotika khususnya di Kabupaten Asahan.

Sejalan dengan pelaksanaan kegiatan HANI tahun 2022, Lanjut Taufik, Saya mengajak kepada seluruh elemen Masyarakat untuk melindungi dan memberi pengertian kepada Generasi Muda khususnya dan seluruh Lapisan Masyarakat tentang bahaya penyalah gunaan Narkotika.

“Berilah penjelasan yang baik ,tekun dan Sabar melalui Komunikasi dan Sosialisasi yang efektif sejak dini, guna mewujudkan Kabupaten  Asahan Yang bebas Narkotika seperti Harapan Kita Bersama” pingkas Wakil Bupati.(/Daniel)

Sei Rampah,  Sulutnews.com - Upaya pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19 sekaligus mendukung Gerakan Belanja Bersama Kebutuhan Dapur dan Harian di Pasar Rakyat (Grebek Dahsyat), para ASN dan Tenaga Kontrak di jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melakukan kegiatan berbelanja bersama kebutuhan masing-masing di Pasar Rakyat Sei Rampah, Minggu (26/6/2022).

Selain kegiatan berbelanja, di Pasar Rakyat Sei Rampah juga digelar Pentas Seni lomba bernyanyi dangdut dan pop yang pesertanya mulai dari anak-anak hingga dewasa. Dari kalangan pembeli maupun pedagang yang memiliki bakat dan kemampuan dalam hal bernyanyi juga bisa ikut dalam ajang tersebut.

Antusias masyarakat Sergai dalam mengikuti pentas Seni juga di selingi dengan game berbelanja Kaget. Tentunya berhadiah menarik dan manambah seru serta ramai pengunjung di Pasar Rakyat Sei Rampah.

Dari riuhnya pembeli maupun pedagang dan peserta lomba, tampak hadir Bupati Sergai H. Darma Wijaya ikut dalam kegiatan. Ia juga berkesempatan menyawer peserta penyanyi cilik di pentas seni sekaligus memberikan piala bagi pemenang lomba. 

" Seluruh peserta suaranya bagus-bagus. Semoga bisa menjuarai dikompetisi lainnya. Pentas seni yang digelar di tengah-tengah Pasar Rakyat seperti ini membawa beberapa manfaat. Selain mampu menghibur para pedagang dan pembeli juga bisa menjaring bibit-bibit penyanyi berbakat seperti ini," ujarnya.

Usai menghadiri kegiatan pentas seni, bersama Sekda Faisal Hasrimy, Bang Wiwiek  sapaan akrabnya menuju lokasi pedangang yang menjual pakaian bekas (monza).

Melihat banyaknya koleksi baju bekas yang bagus-bagus, tanpa ragu, Bupati lantas memilih salah satu baju kemeja lengan panjang berwarna biru dan langsung di pakai dan dengan ukuran yang sangat pas di badannya.

Sembari mencoba baju, Bupati bertanya soal harga kepada pedagang, dan ternyata harganya sangat murah. 

" Berapa harganya bang? tanya Bang Wiwiek, lantas pedagang menjawab " 20 ribu aja pak". Wah bajunya bagus dan harganya murah lagi," kata Bupati sembari tersenyum dan langsung membayar. 

Terkait dengan melambungnya beberapa bahan pokok akhir-akhir ini, Bupati berharap dalam waktu dekat, semua harga kebutuhan akan kembali stabil dan perekonomian masyarakat kembali meningkat.(/Daniel)

Kisaran, Sulutnews.com - Penyelenggaraan Olimpiade Quran se-Sumatera Utara tahun 2022 yang dilaksanakan ini pada dasarnya merupakan program pemerintah yang bersifat nasional. Pelaksanaannya diharapkan bukan sebagai kompetisi saja tapi ketika membaca Alquran diharapkan menjadi inspirasi dan spirit dalam menjalankan pembangunan khususnya di Kabupaten Asahan.

Ini disampaikan Bupati Asahan yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Asahan Edi Sukmana, SH, M. Si saat memberikan sambutan pada pembukaan Olimpiade Quran se-Sumatera Utara Tahun 2022 di Aula Universitas Asahan , Sabtu (25/06/2022).

Selain ity Edi menyampaikan di era globalisasi saat ini banyak permasalahan kita hadapi antara lain arus demokratis yang menuntut transparansi yang disertai liberalisasi di segala bidang kehidupan. Oleh sebab itu kita harus menenguhkan persatuan dan kesatuan serta kerukunan antar sesama jamaah maupun komunitas dan lembaga lainnya sebagai modal sosial untuk mengambil sikap bersama menghadapi hambatan dan tantangan yang timbul.

"Dalam hal inilah diharapkan civitas akademika Universitas Asahan dan setiap Insan pendidikan yang berada di dalamnya dapat menjadi wadah dan pelopor yang di depan untuk mewujudkan hal tersebut," harap Edi

Mengakhiri pidatonya Edi mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan Kami mengucapkan selamat atas terselenggaranya Olimpiade Quran se Sumatera Utara Tahun 2022 dan peringatan milad UKMI Al Firdaus Universitas Asahan ke-17. Semoga civitas akademika Universitas Asahan dan setiap Insan pendidikan yang berada di dalamnya senantiasa diberi kekuatan untuk terus menebarkan kebaikan di tengah masyarakat.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Kepala Dinas Kominfo Syamsuddin, SH, MM  mengatakan Sebagai Lembaga  Pemerintah  yang berperan  mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintah di wilayah kerja kecamatan yang diperoleh dari pelimpahan kewenangan Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat, Kantor Kecamatan dituntut untuk berperan serta dalam setiap proses tahapan perumusan kebijakan tentang perencanaan pembangunan daerah.

“Berbagai upaya dilakukan guna meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, salah satunya dengan melakukan inovasi pelayanan. Sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang No.23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah. Dalam Bab XXI bertajuk Inovasi Daerah, menjelaskan bahwa dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan dalam upaya meningkatkan kulaitas layanan, pemerintah daerah dapat melakukan inovasi serta Peraturan Mendagri No. 04 tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan  ”. Ucapnya.

Lebih lanjut Syamsuddin menyampaikan Dalam rangka mewujudkan Pelayanan yang maksimal kepada Masyarakat maka Pemerintah Kabupaten Asahan  melakukan Koordinasi Pelayanan Publik dalam mendukung pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan di Kabupaten Asahan ke DIY Yogyakarta mulai dari tanggal 22 s/ 25 Juni 2022.

“Dalam melakukan Koordinasi dan study Tiru ini Pemkab Asahan  mengikutsertakan seluruh Camat sekabupaten Asahan, hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada Masyarakat dan salah satu bentuk  Totalitas Pemkab Asahan dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi Masyarakat” pungkasnya.

Kedatangan Rombongan dari Kabupaten Asahan yang terdiri dari Bupati Asahan H. Surya, BSc, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi, Asisten Pemerintahan, OPD Terkait, para Camat disambut dengan sangat baik oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yunawijaya didampingi Sekretaris Dinas Kominfo Kota Yogyakarta Suciati Bertempat di Ruang Yudistira Kantor Balai Kota Yogyakarta, Kamis (23/06/2022).

Bupati Asahan dalam sambutannya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan Kunjungan studi tiru ini adalah untuk mengoptimalkan, mengimplementasikan serta untuk mewujudkan pengembangan Sistem Pelayanan serta Inovasi di Kecamatan dengan cara menggali segala potensi yang ada di kota Yogyakarta agar nantinya bisa diterapkan di Kabupaten Asahan.

“Kami berharap Pemko Yogyakarta dapat membantu dalam memberikan informasi tentang Pelayanan serta Inovasi Kecamatan di Pemerintah Kota Yogyakarta.” Ucap Bupati.

Sementara itu Walikota Yogyakarta dalam Sambutannya  yang disampaikan Sekretaris Daerah Aman Tunawijaya menyampaiakan Ucapan Selamat Datang kepada Rombongan dari Pemerintah Kabupaten Asahan.

“Kami sangat senang menerima kunjungan ini, dan Walikota Yogyakarta mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini. Nantinya kita sharing tentang praktek-praktek yang terbaik bagi pelayanan terhadap Masyarakat serta untuk  kemajuan bersama, ” Ujar Aman.

Dijelaskan juga , Luas Jogya 35,5 km persegi 417 ribu penduduk, APBD 2,7 Triliun, PAD 650 milyar. Reformasi birokrasi sejak 2015 telah berjalan,  assesor, agent of change, pola pikir budaya kerja, telah diterapkan. Merit sistem diterapkan secara bertahap dan nama jabatan telah ditetapkan tidak lagi ada nama jabatan staf di Yogyakarta.

Dalam Pertemuan ini Pemerintah Kabupaten Asahan dan Pemko Yogyakarta saling bertukar Cinderamata.

Usai melakukan acara di Pemko Yogyakarta Rombongan Pemerintah Kabupaten Asahan melakukan Kunjungan ke Kemantren Kotagede untuk melihat langsung pelayanan yang diterapkan.

DItempat ini Rombongan Camat mendapat penjelasan dari Mantri Pamong Praja (Camat Kotagede) Komaru Maarif,  SIP, MSi.(/Daniel)

Sei Rampah, Sulutnews.com - Kreativitas menjadi hal utama dalam pengembangan perekonomian, apalagi saat ini kita masih hidup di masa endemi, tentunya inovasi-inovasi baru harus terus ditingkatkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, dalam sambutannya pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Go Digital bagi pelaku ekonomi kreatif yang diinisiasi oleh Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang digelar di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (24/6/2022).

“ Dalam era digital saat ini, kata ‘ekonomi kreatif’ atau yang biasa disingkat sebagai ekraf, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Berbagai bisnis dijalankan dengan mengutamakan konsep kreatif sehingga tidak saja memudahkan masyarakat, tapi juga mengintensifkan kreativitas,” ucap Sekdakab Faisal Hasrimy membacakan sambutan Bupati Sergai.

Bupati melanjutkan, perkembangan bidang ekonomi saat ini sudah sampai di taraf ekonomi kreatif di era industri 4.0.

Masih lanjutnya, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sergai tahun 2021 menunjukkan keadaan yang terus meningkat dari tahun 2015. Namun ia menerangkan, pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi turun sebear -0,44%  akibat pandemi Covid-19.

“ Saat ini setelah memasuki masa endemi laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sergai naik kembali menjadi sebesar 2,87%, unggul dari rata-rata laju pertumbuhan Provinsi Sumut yang ada di angka 2,61%,” rincinya.

Sedangkan untuk aspek UMKM, saat ini jumlahnya di Sergai mencapai 139.155 pelaku yang berasal dari bidang pertanian, perdagangan, jasa, dan industri kecil.

“ Hingga saat ini, hanya ada 41 UMKM yang sudah menerapkan go digital. Sedangkan total Industri Kecil Menengah (IKM) di Sergai sebanyak 2.231 dan dari situ hanya 6 IKM yang sudah go digital. Lalu pelaku usaha ekraf di Sergai berjumlah 78 pelaku usaha dan 20 di antaranya sudah go digital,” terangnya lagi.

Dalam pidatonya, Bupati menegaskan pihaknya tetap melakukan pendampingan karena banyak yang harus dibenahi dalam perkembangan ekraf di Sergai.

Pada Bimtek ini, Anggota DPR RI dr. Sofyan Tan yang juga hadir, menyampaikan jika sekarang banyak orang yang masih muda tapi sudah memiliki aset dan kekayaan yang luar biasa. Zaman sekarang hal tersebut bukanlah hal mustahil jika piawai memanfaatkan peluang sektor digital.

Politisi PDI-P ini menyebut, pandemi yang baru saja jadi bencana global juga punya dampak positif karena memunculkan minat orang-orang untuk lebih mengenal dunia digital.

Kemudian Sofyan Tan berujar, Kabupaten Sergai punya banyak potensi, mulai dari alam yang cantik, potensi pariwisata, kuliner yang menarik, dan yang tak kalah penting, pemimpin yang baik.

“ Semua hal baik ini perlu mendapat dukungan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Salah satu hal yang bisa dilakukannya adalah dengan memperkuat aspek pengetahuan digitalisasi,” ujarnya.

 Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi paparan materi bertema “Digital Marketing” yang dibawakan oleh Sujonsen Huan, ST.

Hadir dalam kegiatan ini Sub-Koordinator Edukasi II Direktorat Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Hana Marliana, Asisten Ekbang Drs. Nasrul Aziz Siregar, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keungan Ir. Prihatinah, M.Si, Kepala Dinas Poraparbud Drs. Zulfikar, dan para peserta Bimtek yang berasal dari berbagai kalangan baik pelaku UMKM, mahasiswa, dan lainnya.(/Daniel)