Serbajadi,Sulutnews.com - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya membuka kegiatan Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) yang dilaksanakan di TK Sehati, Desa Kwala Bali, Kecamatan Serbajadi, Senin (5/12/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyamp+aikan Indonesia merupakan negara maritim yang terdiri atas lebih dari 17 ribu pulau yang menjadikan sepeqrtiga wilayah Indonesia adalah wilayah perairan. Kondisi geografis ini, katanya, tentu menjadikan indonesia memiliki potensi sumber daya perikanan yang melimpah.

Namun di tengah besarnya potensi perikanan, menurutnya tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara maju dan negara berkembang lainnya. Ia mengungkapkan, tingkat konsumsi ikan Indonesia pada tahun lalu, baru mencapai 55,37 kg per kapita.

“Pada tahun 2022 ini, Pemerintah Indonesia menargetkan konsumsi ikan menjadi 58 kg per kapita per tahun. target ini masih sangat rendah apabila dibandingkan dengan tingkat konsumsi ikan per kapita di negara-negara dengan industri maritim yang maju. Sebut saja Jepang yang mencapai 100 kg per kapita/tahun, Singapura 90 kg per kapita, Malaysia 80 kg per kapita, dan Norwegia 75 kg perkapita,” ujarnya.

Darma Wijaya mengungkapkan, di Kabupaten Sergai tingkat konsumsi ikan daerah pada tahun 2021 yaitu 49 kg per kapita dan pada tahun 2022 ini, Pemkab Sergai menargetkan tingkat konsumsi ikan masyarakat per kapita menjadi 50 kg/ tahun.

Ia mengakui, target ini memang masih di bawah target nasional, namun menunjukkan tren yang terus meningkat, yang dilihat dari realisasi konsumsi ikan perkapita Sergai pada tahun 2017, yang masih 42 kg, dan tahun 2020, yakni 48 kg.

“Sebagai perbandingan, target konsumsi ikan Sergai ini masih di bawah tingkat konsumsi ikan perkapita di Provinsi Maluku yang mencapai 54 kg per tahun, namun di atas tingkat konsumsi ikan di Yogyakarta yang hanya 30 kg per tahun dan Bali yang cuma 25 kg/tahun,” tambah Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

Untuk mencapai target konsumsi ikan di Sergai, Bupati berujar pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan produksi perikanan dengan memaksimalkan potensi di sektor perikanan tangkap, perikanan budidaya, dan pengolahan hasil perikanan. Peningkatan produksi perikanan dari ketiga sektor tersebut, sebutnya, terus menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. Bahkan peningkatan produksi ini khususnya produksi ikan air tawar dan air laut telah memenuhi permintaan pasar terhadap ikan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan luar provinsi yang menjadikan Sergai sebagai salah satu lumbung ikan di Sumut.

“Namun seiring dengan peningkatan tersebut, diharapkan agar animo masyarakat dalam mengkonsumsi ikan juga harus meningkat. Hal ini yang terkadang luput dari perhatian pemerintah,” keluhnya.

Padahal sebagai sumber pangan, Bang Wiwik berpendapat ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Kandungan protein, asam lemak omega 3, dan omega 6 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan anak serta ibu hamil dan menyusui. Bagi anak, gizi pada ikan akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan perkembangan otak. Juga pada ibu hamil dan menyusui di mana ikan yang dikonsumsi akan berpengaruh secara langsung bagi kesehatan ibu dan janin juga pembentukan otak bagi janin.

Dikatakan oleh Bupati, upaya meningkatkan tingkat konsumsi nasional dan di daerah Sergai tentu tidak terlepas dari peran serta pemerintah dan masyarakat. Hal ini menurutnya menjadi tugas bersama, khususnya dalam penanganan gizi buruk yang masih menjadi permasalahan di Indonesia secara umum.

Untuk peningkatan konsumsi pangan masyarakat akan ikan ini, ia menyebut Pemkab Sergai melalui Dinas Kelautan dan Perikanan melakukan kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan yang disingkat “Gemarikan”. Kegiatan ini, jelasnya, tentu menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam mendukung kesehatan masyarakat dan penanganan kasus stunting atau gizi buruk pada anak-anak di Sergai.

“Setelah kegiatan ini, saya harapkan ada perubahan pada anak-anak, khususnya pada orang tua yang hadir saat ini untuk dapat membudayakan makan ikan di keluarga. Saatnya kita tunjukkan identitas negara kepulauan terbesar ini dengan prestasi-prestasi yang nyata yang kita mulai dari hal terkecil seperti memilih makanan sehat seperti ikan. Untuk itu, saya harapkan agar kita masyarakat Sergai, dapat mengambil peran dalam gerakan mengkonsumsi ikan ini, dan turut melakukan kampanye pentingnya mengkonsumsi ikan pada keluarga dan masyarakat,” papar Bupati lebih lanjut.

Terakhir ia mengajak seluruh pihak mewujudkan Sergai menjadi kabupaten yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan religius, dengan menciptakan masyarakat yang sehat, cerdas dan kuat, yang salah satunya dengan mengkonsumsi ikan.

Di kesempatan serupa Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya mengajak anak-anak yang hadir pada acara Gemarikan untuk senang makan ikan. Apalagi nantinya ada banyak ragam menu olahan ikan yang akan bersama-sama disantap, mulai dari baso ikan, naget ikan, pempek ikan, dan otak-otak ikan.

“Saya juga mengajak kepada orang tua dari murid-murid yang hadir untuk menumbuhkan budaya makan ikan. Kalau anak-anak susah makan ikan, bisa dibuat kreasi ragam olahan ikan. Misalnya anak-anak suka baso bakar, kita juga bisa membuat kreasi baso bakar dengan bahan baku ikan,” pesannya.

Ketua TP-PKK berpedapat, dengan kemudahan teknologi sekarang, resep dan cara membuat menu olahan ikan mudah untuk diakses, misalnya saja dengan memanfaatkan situs berbagi video Youtube.

“Tidak ada kata tidak bisa kalau belum kita lakukan, dan tidak ada kata terlambat kalau belum kita mulai. Ayo makan ikan, agar anak sehat, kuat dan cerdas,” tandas Rosmaida.

Acara Gemarikan ini dihadiri antara lain oleh Kadis Kanla Dr. Claudia Evinta Siregar, SKM, M.Kes, Kadis Perindag Roy CS Pane, AP, M.Si, Kadis Sosial Arianto, S.Pd, M.Si, dan Camat Serbajadi Syafruddin, SE, M.AP.(*/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Bupati Asahan H. Surya, BSc menandatangani pakta integritas netralitas ASN pada Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Senin (05/12/2022). Penandatanganan pakta integritas ini dipimpin langsung Gubsu Edy Rahmayadi dan diikuti seluruh Kepala Daerah se-Sumatera Utara serta disaksikan Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Ketua KPU Provsu, Pimpinan Partai yang ada di Provsu, Kapolda Sumatera Utara, perwakilan Forkopimda Sumatera Utara, Ketua Bawaslu Kabupaten Asahan, Ketua KPU Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

Dikesempatan ini Ketua Bawaslu Provsu, Syafrida R Rasahan mengatakan, penandatanganan ini merupakan bentuk komitmen Kepala Daerah untuk sama-sama melaksanakan Pemilu dan Pilkada Serentak dalam menjaga integritas dan netralitas. Menurutnya, kehadiran ASN adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan kenyamanan kepada semua pihak dengan melakukan ketidakberpihakan pada siapapun.  “Dengan adanya pakta integritas ini, diharapkan adanya komitmen bersama untuk menjaga integritas ASN agar tidak dilibatkan dalam kegiatan politik, yang nantinya akan merugikan ASN itu sendiri, “ ujar Syafrida.

Sementara Gubsu Edy Rahmayadi pada pidatonya mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak terlibat politik praktis. "ASN harus netral dalam Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024, hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN", ucap Edy. Edy juga mengatakan, tugas utama ASN adalah sebagai pelayan masyarakat. "Jadi sebagai ASN kita harus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, bukan kita yang harus dilayani masyarakat” tegas Edy Rahmayadi.

Edy juga menyampaikan tiga tugas pokok ASN yakni melayani masyarakat, menjalankan kebijakan umum dan menjalankan Undang-Undang, mulai dari Undang-Undang Dasar, aturan-aturan seperti Peraturan Daerah, Peraturan Gubernur maupun Peraturan Bupati atau Walikota.

Usai mengikuti rangkaian kegiatan tersebut, Bupati Asahan didampingi Kadis Kominfo Kabupaten Asahan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan akan mendukung Pakta Integritas ini, sebagai salah satu upaya untuk memastikan pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan serentak 2024 dapat berjalan sesuai dengan aturan. Lebih lanjut Bupati mengatakan, dirinya akan terus mengingatkan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan untuk menjaga netralitas saat pelaksanaan pemilu dan pemilihan serentak nantinya.

Bupati juga berharap kepada masyarakat Kabupaten Asahan agar dapat berperan aktif dalam pelaksanaan pemilu nantinya, dengan melaporkan kepada pihak terkait, jika ditemukan ASN yang tidak bersikap netral pada saat pemilu dan pemilihan serentak. "Mari bersama kita sukseskan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 ini dengan jujur dan adil, sehingga kita dapat merayakan pesta demokrasi dengan aman dan kondusif", ujar Bupati mengakhiri pembicaraannya.(*/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Bupati Asahan H. Surya, BSc dan Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan melepas lebih kurang 1.500 peserta gowes bersama guru Asahan dalam rangka HUT ke-77 PGRI. Pelepasan gowes ini dilakukan di Depan Rumah Dinas Bupati Asahan, Minggu (04/12/2022).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Drs. H. Supriyanto, M.Pd mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini untuk menyemarakkan HUT ke-77 PGRI dan menyatukan masyarakat dengan guru yang ada di Kabupaten Asahan.

Supriyanto juga mengatakan, jarak yang ditempuh dalam gowes ini lebih kurang 11 Km yang diikuti guru, para siswa, masyarakat dan Komunitas Gowes dengan jumlah hadiah lebih kurang 136 hadiah.

Dikesempatan yang sama Bupati Asahan mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Asahan mengucapkan selamat HUT ke-77 PGRI, semoga PGRI kedepannya dapat terus memperjuangkan guru-guru dan tenaga kependidikan lainnya supaya maksimal dalam menjalankan hak dan kewajibannya serta mampu menampung aspirasi para anggotanya.

Bupati juga mengatakan, kita semua pernah mengenyam pendidikan dibangku sekolah dan mendapatkan ilmu dari seorang guru. "Maka dari itu jangan pernah kita mengatakan kepada seorang guru bahwa mereka mantan guru kita, tetapi kita harus tetap mengatakan mereka guru kita, karena mereka yang sangat berjasa memberikan ilmu kepada kita sampai kita berhasil seperti saat ini", tegas Bupati.

Bupati juga mengucapkan, terima kasih kepada seluruh guru yang telah memberikan ilmunya kepada generasi bangsa ini tanpa mengharapkan pamrih, "semoga engkau tetap menjadi pelita dalam kegelapan dan karena engkau, masa depan yang cerah dapat ku raih", ucap Bupati mengakhiri pidatonya.

Kegiatan berlanjut dengan pencabutan kupon lucky draw dengan berbagai hadiah menarik di Alun-Alun  Kisaran yang menjadi lokasi finish dari gowes tersebut.

Terlihat Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Dandim 0208/Asahan, Kapolres Asahan, Ketua PN Kisaran, Mewakili Danlanal TBA, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus, Ketua DWP Kabupaten Asahan, Ketua PGRI Kabupaten Asahan beserta pengurus dan peserta gowes.(*/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin hadiri Malam Resepsi Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Al Jam'iyatul Washliyah ke- 92 yang diselenggarakan di Hotel Marina, Sabtu malam (3/12/2022). Tampak juga hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Asahan, mewakili dandim 0208/AS, Ketua Al Washliyah Sumut beserta pengurus, Ketua Al Washliyah Asahan, MUI Asahan, Ketua Tim Imtaq Kabupaten Asahan, Ketua FKUB Asahan, Dan seluruh warga Al Washliyah.

Dalam kegiatan yang dirangkai dengan pemotongan tumpeng dan upah upah oleh pengurus Al-Washliyah Kab. Asahan kepada tamu dan undangan, Ketua PD Al Washliyah Kabupaten Asahan, Syahrul Nasution awali sambutannya  dengan harapan agar melalui momentum HUT Al Washliyah tahun ini dapat menjadi tambahan semangat bagi seluruh warga Al Washliyah dalam menciptakan putra putri terbaik yang berakhlaqul kharimah. “mengepakkan sayap Pendidikan dan Dakwah untuk merawat akhlaq bangsa merupakan semangat seluruh warga kader Al Washliyah , sesuai dengan tema kita malam ini "menjaga persatuan merawat moral bangsa", ujar Syahrul.

Selanjutnya Syahrul berharap akan lahir ulama terkemuka yang akan membawa nama Al-Washliyah jauh lebih tinggi. Syahrul juga menawarkan beberapa konsep dalam program kerjanya antara lain membuat PKU, serta Pendidikan Kelas Khusus di Al-Washliyah untuk kaderisasi ulama. “akhirnya saya mengucapkan selamat ulang tahun ke 92 Jam'iyatul Wasliyah untuk kita semua dan semoga kita dapat menjadi bagian penting dalam membantu Pemkab Asahan mensukseskan visi misinya”, pungkas Syahrul.

Di tempat yang sama, Kapolres Asahan mengatakan Al Jam'iyatul Washliyah Kab. Asahan sebagai Ormas keagamaan selama ini telah turut mendukung dan berperan aktif bersama Polres Asahan di dalam menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. “kami berharap agar hal tersebut dapat terus berkesinambungan, karena kedepan tantangan persoalan bangsa akan semakin tinggi, terlebih tahun 2024 nanti, kita akan menyelenggarakan perhelatan akbar yaitu pesta demokrasi, untuk itu saya berharap, Al Washliyah dapat menjadi salah satu Ormas yang membantu meredam setiap gejolak yang berpotensi menimbulkan konflik dalam perhelatan tersebut”, ujar Kapolres.

Sementara Wakil Bupati Asahan mengawali sambutannya mengucapkan Selamat HUT Al Washliyah   yang ke-92. “sebagai salah satu organisasi intelektual muslim, Al Washliyah merupakan tempat berkumpulnya insan dan cendikiawan yang memiliki potensi pendidikan dan telah mengabdi dalam berbagai profesi pekerjaan, karenanya saya berharap kader dan simpatisan Al Washliyah dapat meningkatkan tanggung jawab dan kepedulian untuk turut mengatasi dan memberikan kontribusinya dalam membangun bangsa, khususnya di Kabupaten Asahan”, ujar Wabup.

Wabup juga mengungkapkan, Al-Washliyah harus bisa menjadi perawat kemajemukan dan penjaga NKRI dalam kesatuan nilai Islam. “untuk mewujudkan hal itu, dibutuhkan adanya kesamaan langkah, semangat solidaritas dan sinergi yang kuat antar anggota Al-Washliyah, sehingga Al-Washliyah dapat tampil sebagai garda terdepan sebagai perekat solidaritas dan sinergi bangsa terkhusus di Kabupaten Asahan”, urai Wabup. Menutup pidatonya Wabup berharap, Al Washliyah nantinya dapat berkontribusi dalam mewujudkan visi dan misi Pemkab Asahan yaitu mewujudkan masyarakat yang sejahtera, religius dan berkarakter.(*/Daniel)

Medan,Sulutnews.com - Setelah berlangsung sejak 28 November lalu, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Gulat Senior Puan Maharani Cup akhirnya resmi ditutup oleh Ketua DPR RI Puan Maharani yang diwakili oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya selaku Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Gulat Seluruh Indonesia Provinsi Sumatera Utara (PGSI Sumut), Kamis (1/12/2022) di Pardede Hall, Medan.

Dalam sambutannya, Darma Wijaya mengucapkan selamat atas suksesnya penyelenggaraan Kejurnas Gulat Senior Puan Maharani Cup Tahun 2022 ini. Bupati Sergai pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut menyukseskan perhelatan akbar kali ini sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Untuk para atlet yang berhasil mencetak prestasi dalam ajang tersebut, Darma Wijaya menyampaikan apresiasi atas perjuangan dan jerih payah yang telah didedikasikan.

“Kita yakin dan percaya keberhasilan datang tidak begitu saja, namun diikuti dengan kemauan dan tekad yang kuat untuk menjadi pemenang. Selamat kepada para pemenang. Semoga prestasi yang didapat bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan lagi kedepan,” ucap Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

Tak hanya kepada pemenang, apresiasi juga disampaikan Bupati Sergai kepada seluruh atlet dan official dari 21 provinsi se-Indonesia yang sudah berjuang mengharumkan nama daerah. Selain itu, pujian juga disampaikan kepada para wasit yang telah bertugas dengan profesional dan fair.

“Pelaksanaan kegiatan berlangsung dengan sportif. Tuan rumah juga berlaku fair, tidak ada keputusan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pihak. Semoga lewat kegiatan ini, kita mendapat referensi dan pengalaman yang cukup untuk dapat melaksanakan perhelatan serupa, terutama pada ajang PON 2024 di mana Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah,” kata Bang Wiwik lagi.

Terakhir Ketua Pengprov PGSI Sumut menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam pelaksanaan kegiatan ini masih ditemukan adanya kekurangan.

“Hal ini bukanlah sesuatu yang kami sengaja namun tidak lepas dari keterbatasan kami selaku manusia yang masih memiliki kekurangan dan kekhilafan. Semoga yang sudah baik dapat kami pertahankan untuk ajang selanjutnya,” tandasnya.

Kalimantan Timur berhasil menjadi juara umum Kejurnas Gulat Senior Puan Maharani Cup tahun 2024 dengan perolehan 13 medali emas, 6 medali perak, dan 5 medali perunggu.(*/Daniel)

Dolok Merawan,Sulutnews.com - Progres pembangunan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) masih terus berlanjut mendekati akhir tahun 2022. Yang paling baru, ruas jalan di Desa Dolok Merawan sepanjang 2,7 km sudah selesai diaspal. Tidak cuma fasilitas jalan, pembangunan juga menyasar jembatan penghubung Dusun 4 dan 5 Desa Dolok Merawan sepanjang 12,8 m x 5,6 m.

Dalam sambutannya pada saat acara peresmian, Kamis (1/12/2022), Bupati Sergai H. Darma Wijaya menyampaikan pembangunan ruas jalan tersebut bermodalkan dana alokasi khusus (DAK) senilai 5,3 miliar. Sedangkan untuk jembatan, menggunakan dana APBD sebesar 2,9 miliar.

Darma Wijaya menyampaikan jika hanya mengandalkan APBD saja, Pemkab Sergai tentu tidak mampu melakukan kerja pembangunan. Ia menyebut, hal tersebut diantisipasi dengan menjalin koordinasi dengan pihak pusat sehingga terhimpunlah dana DAK yang kemudian dapat dipakai dalam membangun fasilitas untuk kepentingan masyarakat.

Namun Bupati Sergai kembali mengingatkan jika hasil pembangunan yang sudah ada agar dijaga sebaik-baiknya. Salah satunya dengan membatasi tonase tiap kendaraan yang melewati jalan tersebut.

“Karena jalan ini statusnya kelas III, jadi tonasenya paling tinggi 8 ton. Jika tonase yang di atas itu dibiarkan lewat lalu lalang, bisa berakibat buruk dan merusak kondisi jalan. Untuk itu kami berharap warga bisa ikut aktif membantu menjaga dan merawat jalan yang sudah dibangun ini,” minta Bupati Sergai.

Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati, menyampaikan harapan agar fasilitas jalan dan jembatan yang sudah dibangun dapat berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar.

“Dengan mulusnya jalan dan adanya jembatan penghubung, diharapkan mobilitas warga bisa makin meningkat, distribusi hasil bumi pun jadi lebih lancar. Jalan mulus, ekonomi bagus,” tandasnya.

Salah seorang warga yang ikut hadir dalam acara peresmian, Sujono, mengapresiasi tinggi pembangunan jalan dan jembatan yang dilakukan oleh Pemkab Sergai.

“Dengan adanya jembatan ini, kami para warga sudah lebih mudah dan nyaman untuk beraktivitas. Syukur alhamdullilah juga, jalan di desa ini sudah mulus buat dilalui. Mudah-mudahan pembangunan serupa dapat terus dilaksanakan bertahap,” ucapnya.

Peresmian kali ini juga dihadiri oleh Kadis PUPR Sergai Johan Sinaga SE, MAP, para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan Muspika Kecamatan Dolok Merawan.(*/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Asahan memberikan Penali Asih kepada atlet dan pelatih yang telah berhasil mengukir prestasi dalam ajang Asian Youth 2021 dan Asean Paragames XI Solo 2022. Pemberian penali asih ini diserahkan oleh Bupati Asahan diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M. Si didampingi Asisten I Pemerintahan dan Kesra di Kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Parawisata Kabupaten Asahan disela-sela senam massal yang dilakukan rutin setiap bulannya oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Parawisata Kabupaten Asahan diawal bulan, Jum'at (02/12/2022).

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Parawisata Kabupaten Asahan Drs. Witoyo, MM pada laporannya menyebutkan, ada dua atlet dan satu pelatih NPC Kabupaten Asahan yang mendapatkan penali asih dari Pemerintah Kabupaten Asahan dengan total sebesar Rp. 120.000.000. adapun para penerima penali kasih yakni Mila Sapriani (Atlet Lari 400 M) yang meraih medali perunggu pada kejuaraan Asian Youth Paragames Bahrain 2021 menerima Rp 50.000.000, Fikri Thoib (Atlet Tenis Lapangan Kursi Roda) yang meraih medali perunggu Asean Paragames Solo 2022 menerima Rp 50.000.000 dan Hendri Tambunan (Pelatih Asean Paragames Solo 2022) menerima Rp 20.000.000.

Witoyo juga mengatakan pemberian penali asih kepada atlet dan pelatih berprestasi ini sebagai penghargaan dan motivasi kepada para atlet agar dapat meningkatkan prestasi di bidang olahraga. "Kami berharap melalui pemberian penali asih ini dapat lebih memacu dan memberikan semangat bagi para atlet dan pelatih NPC Kabupaten Asahan untuk meraih prestasi lebih banyak lagi," jelas Witoyo.

Ditempat yang sama Sekda Kabupaten Asahan mengatakan, torehan prestasi yang telah diraih ini menjadi suatu kebanggaan, tidak hanya bagi para atlet, namun juga bagi keluarga para atlet, Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Asahan. "Para atlet ini merupakan bukti nyata bahwa prestasi dapat ditorehkan dan diraih oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun, meskipun dalam keterbatasan", ucapnya.

John menyampaikan apresiasi Bupati Asahan H. Surya, B.Sc atas prestasi yang telah diraih para atlet dan seluruh pihak yang terkait. Prestasi ini merupakan pencapaian luar biasa karena merupakan hasil jerih payah dan upaya keras serta tahapan latihan intensif selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sehingga berhasil meraih medali. "Oleh karena itu, Bupati, Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Asahan menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para atlet, pelatih dan semua pihak yang telah berjasa, berperan dan berkontribusi hingga prestasi gemilang ini bisa diraih," ujar Sekda. Terakhir John berharap pemberian penghargaan berupa penali asih ini akan menjadi motivasi bagi para atlet dan pelatih dalam upaya mengangkat prestasi olahraga di Kabupaten Asahan di waktu mendatang.

Sementara Ketua NPC Kabupaten Asahan Andi Ernes Simatupang, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah memberikan penali asih kepada atlet dan pelatih NPC Kabupaten Asahan yang telah berhasil menorehkan prestasi untuk Kabupaten Asahan. "Pemberian penali asih ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk meningkatkan prestasi pada ajang kejuaraan lainnya. Dan akan menjadi tolak ukur menuju Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) Aceh-Sumut 2024", ucap Andi menutup pembicaraannya.(*/Daniel)

Medan,Sulutenws.com - Bupati Asahan ikuti kegiatan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer Ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2023 yang bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan, (02/12/2022).  Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara menyerahkan langsung DIPA dan TKD  T.A 2023 kepada beberapa Kepala Daerah yang berhadir.

Dalam sambutannya Gubsu sampaikan kegiatan ini merupakan simbol dari dimulainya pelaksanaan APBN Tahun 2023. DIPA K/L dan Daftar Alokasi TKD merupakan dokumen APBN yang sangat penting untuk menjadi acuan bagi Instansi Vertikal, Kementerian, Lembaga dan Kepala Daerah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan secara kolaboratif, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Gubsu juga sampaikan pesan dari Presiden RI Joko Widodo bahwa Belanja Negara diarahkan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui Belanja pendidikan dan kesehatan untuk membangun SDM unggul dan produktif, penyelesaian proyek-proyek strategis nasional, penguatan hilirisasi industri, dan pengembangan ekonomi hijau untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.

Lebih lanjut Gubsu sampaikan kepada setiap Pemerintah Daerah yang berada di Provinsi Sumatera Utara untuk dapat menjaga dan memperkuat jaring pengaman sosial terutama bagi masyarakat miskin dan rentan, menurunkan kemiskinan ekstrem dan mengurangi kesenjangan, meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah dalam perbaikan layanan kepada masyarakat dan memajukan perekonomian di daerah dan mendukung reformasi birokrasi, penyederhanaan regulasi, dan mendukung persiapan Pemilu 2024 Dalam upaya optimalisasi pelaksanaan APBN 2023 dan mempercepat ketersampaian maanfaatnya kepada masyarakat. “seluruh Pemerintah Daerah agar benar-benar menggunakan alokasi TKD tahun 2023 dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat”, ujar Gubsu.

"APBN tahun 2023 mengusung tema Optimis dan Tetap Waspada. APBN tahun 2023 dirancang untuk tetap menjaga optimisme pemulihan ekonomi namun pada saat yang sama juga harus meningkatkan kewaspadaan dalam merespons gejolak global yang masih terus berlangsung," ungkap Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara Heru Pudyo Nugroho dalam laporannya. Dirinya juga mengharapkan agar DIPA Kementerian/Lembaga dan Daftar Alokasi TKD di tahun 2023 dapat  ditindaklanjuti sehingga APBN 2023 dapat dilakukan di awal tahun, dan masyarakat serta perekonomian dapat merasakan manfaat secara langsung dan maksimal, serta meminta beberapa hal yang menjadi bottleneck dalam akselerasi belanja yang perlu menjadi perhatian dalam pelaksanaan anggaran 2023 antara lain lambatnya pengesahan Peraturan Daerah Tentang APBD, yang berakibat Peraturan Kepala Daerah (Perkada) sebagai dasar dokumen pengeluaran menjadi terlambat diterbitkan antara lain Perkada rincian Alokasi Dana Desa (ADD) & Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah, dan Perkada rincian Dana Desa (DD); Penetapan Pejabat Perbendaharaan (KPA, PPK & PPSPM) yang terlambat ditetapkan; Rencana umum pengadaan barang & jasa yang terlambat disusun dan Proses pengadaan barang & jasa yang terlambat dilakukan," harap Heru Pudyo Nugroho.

Sementara Bupati Asahan pasca menerima DIPA dan TKD T.A 2023 yang di serahkan langsung oleh Gubsu dalam Rakor Pemerintah Daerah juga menerima menerima penghargaan peringkat ke-2 Kinerja Penyaluran Dana Desa Terbaik Tahun 2022 di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Atas keberhasilan tersebut Bupati Asahan H. Surya, B.Sc dalam keterangannya menyampaikan ucapan syukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif, sehingga diperoleh hasil yang sangat memuaskan yakni peringkat 2 Kinerja Penyaluran Dana Desa Terbaik Tahun 2022. "Raihan ini merupakan kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Asahan, terima kasih kepada seluruh pihak dan aparatur yang berperan aktif sehingga Pemkab Asahan memperoleh peringkat 2 Kinerja Penyaluran Dana Desa Terbaik Tahun 2022 di Wilayah Provinsi Sumatera Utara," ungkap Bupati.

Lebih lanjut, Bupati berharap agar seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan untuk berupaya semaksimal mungkin dalam mewujudkan setiap Program Pembangunan dengan tetap mematuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku. "saya berharap kita tetap melaksanakan tugas dengan tetap berpedoman kepada prinsip 3T (Tertib Administrasi, Tertib Anggaran, dan Tertib dalam menjalankan tugas dan selalu berusaha untuk melaksanaan anggaran dengan sebaik mungkin demi mewujudkan Masyarakat Kabupaten Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter", pungkas Bupati yang dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Kadis Kominfo, Ka. BPKAD, Ka. BAPPEDA, Kabag Umum dan Kabag Protokol.(*/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan Drs. H. John Hardi Nasution, M. Si membuka secara resmi Sosialisasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Kamis (01/12/2022).

Dalam laporannya Ketua Baznas Kabupaten Asahan Ir. H. Ansa'ari Margolang melaporkan, untuk penerimaan Baznas Kabupaten Asahan dari Zakat dan Infaq sejak Januari sampai 30 November 2022 sebesar Rp. 2.608.237.987 yang terdiri dari Zakat dari ASN  Rp 1.555.382.794, Zakat di Rumah Dinas Bupati Asahan (Ramadhan) Rp 196.509.778, Zakat perorangan Rp 69.385.278,  Infaq dari ASN Rp 170.442.516, Infaq di Rumah Dinas Bupati Asahan (Ramadhan) Rp 536.024.000 dan Infaq perorangan Rp 80.493.621.

"Untuk penyaluran Zakat dan Infaq sampai November 2022 sebesar Rp 5.043.558.854 dengan rincian penyaluran Zakat Rp 4.251.784.874 dan Infaq Rp 791.773.980 dengan total Mustahik zakat 6.631 orang dan Musahik Infaq 342 orang", lapor Ketua. Ketua juga melaporkan, UPZ yang telah terbentuk sebanyak 462 UPZ yakni 22 UPZ Dinas/Badan, 14 UPZ Kantor Camat, 1 UPZ Korwil Dinas Pendidikan (SKB), 415 Masjid/Musholla dan 10 Unit Non Pemerintah.

Pada kesempatan ini Bupati Asahan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan mengatakan Pemerintah Kabupaten Asahan mengapresiasi digelarnya sosialisasi Zakat Infag dan Sedekah (ZIS) yang digelar Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Asahan kepada para Unit Pengumpul Zakat (UPZ).  "Tentunya melalui sosialisasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan ZIS yang diterima dari Umat. UPZ merupakan tangan kanan atau amil untuk menghimpun dan menyalurkan ZIS. sehingga dalam pengelolaan ZIS ini, UPZ harus dibekali pengetahuan agar dapat mengelola ZIS dengan baik sesuai aturan", ucap Sekda.

Selanjutnya Sekda mengatakan, sosialisasi yang digelar ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam mengelola Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) sehingga harta yang diterima dapat disalurkan sesuai dengan tuntunan. "Artinya jika dikelola secara optimal maka akan menjadi harta yang membawa kita kepada keberkahan dan Ridho Allah SWT", pungkasnya.

Kepada Dinas dan Instansi, Sekda meminta untuk segera membentuk dan memaksimalkan kepengurusan dan fungsi UPZ, serta diharapkan agar mengikuti sosialisasi ini dengan baik sehingga dapat mengoptimalkan pengelolaan ZIS yang diterima sebagai potensi umat Islam bagi pembangunan.

Diakhir kegiatan, Bupati Asahan berkesempatan menyerahkan bantuan zakat dan infaq serta bantuan sarana prasarana syiar dakwah untuk UPZ Instansi didampingi Sekda Kabupaten Asahan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ketua Baznas Kabupaten Asahan disaksikan OPD, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Camat dan tamu undangan lainnya.(*/Daniel)

Kisaran,Suluttnews.com - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si melepas 5.300 peserta gerak jalan santai dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Al-Jamiyatul Washliyah Kabupaten Asahan ke-92. Pelepasan ini dilaksanakan di Lapangan Adhi Pradana Polres Asahan yang diikuti iringan pawai karnaval dari sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Al-Jamiyatul Washliyah Kabupaten Asahan, Kamis (01/12/2022).

Dikesempatan ini Ketua PD Al-Jamiyatul Washliyah, Syahrul Nasution, SH, MH mengucapkan, terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan dan Polres Asahan yang telah memberikan bantuan dan dukungan dalam kegiatan HUT Al-Jamiyatul Washliyah ke-92. Selanjutnya Syahrul mengatakan, kedepannya Al-Jamiyatul Washliyah Kabupaten Asahan akan terus memberikan kontribusi yang positif bagi Pembangunan di Kabupaten Asahan dan membantu Pemerintah Kabupaten Asahan mensukseskan visi dan misinya.

Terakhir Syahrul mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana dan unsur terkait yang ikut mensukseskan rangkaian kegiatan HUT Al-Jamiyatul Washliyah ke-92 Kabupaten Asahan, semoga kedepannya Al-Jamiyatul Washliyah dapat lebih baik lagi.

Sementara Wakil Bupati Asahan pada pidatonya mengucapkan terima kasih kepada Al-Jamiyatul Washliyah yang telah bersedia membantu Pemerintah Kabupaten Asahan mensuksekan visi dan misinya "mewujudkan Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter". "Pemerintah Kabupaten Asahan akan mendukung program Al-Jamiyatul Washliyah selama program tersebut tidak menyalahi aturan yang berlaku, apalagi program tersebut untuk membangun Kabupaten Asahan menjadi lebih baik lagi kedepannya", ucap Wakil.

Selanjutnya Wakil Bupati berharap kepada generasi penerus Al-Jamiyatul Washliyah Kabupaten Asahan dapat membesarkan organisasi ini dan dapat melahirkan kader-kader terbaik, sehingga nantinya akan hadir tokoh-tokoh besar yang berasal dari Al-Jamiyatul Washliyah Kabupaten Asahan. Menutup pidatonya Wakil mengucapkan selamat HUT Al-Jamiyatul Washliya ke-92 Kabupaten Asahan, semoga Al-Jamiyatul Washliyah semakin maju, baik dan jaya kedepannya.

Kegiatan ini berlanjut dengan penarikan kupon lucky draw dengan berbagai hadiah yang menarik yang diberikan panitia pelaksana. Tampak hadir, mewakili Kapolres Asahan, Kakankemenag Kabupaten Asahan, Pengurus Al-Jamiyatul Washliyah Kabupaten Asahan, Organ Bagian Al-Jamiyatul Washliyah Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.(*/Daniel)