Manado, Sulutnews.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw terus berkomitmen mewujudkan pemerintahan bersih dan bebas dari Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Pakta Integritas dari semua pejabat eselon II lingkup Pemprov Sulut, belum lama ini.

Pun, komitmen tersebut ditindaklanjuti oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagaimana instruksi Gubernur Olly  dan Wagub Kandouw.

Seperti terpantau di Dinas Kominfo Persandian dan Statistik. Para pejabat eselon III dan fungsional melakukan penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja yang dipimpin Kepala Diskominfo Sulut, Steven Liow, Senin (17/1/2022).

Penandatanganan pakta integritas dan perjanjian kerja, Sesuai intruksi pak Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, “semua pejabat eselon dan pejabat fungsional wajib melakukan penandatanganan pakta integritas,” ungkap Kadis Liow.

“Tujuannya yaitu untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bekerja sesuai aturan berlaku,” sambungnya. (*/Fanny)

Tahuna, Sulutnes.com - Ketua majelis daerah (MD) gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sulawesi Utara, Pdt Ivone Indria  Awuy Lantu melakukan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Senin 17-01-2021.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para gembala (pimpinan gereja) se kabupaten kepulauan Sangihe bersama para ibu rohani yang terdiri dari sembilan wilayah di pusatkan di GPdI Victori Tahuna.

Menurut Pdt Verol Tambuwun, salah satu panitia adapun kunjungan kerja MD di kepulauan Sangihe dalam rangka menyusun berbagai program kerja untuk persiapan musyawarah daerah majelis daerah Sulawesi Utara pada tahun ini. "Kunjungan kerja ini dalam rangka persiapan muda pada tahun ini" ungkap Tambuwun.

Pada kesempatan itu ketua MD, Pdt Ivone Indria  Awuy Lantu mengatakan kehadirannya selain untuk kunjungan kerja ia pun ingin memantau kondisi pelayanan dari para gembala di wilayah perbatasan "Kehadiran kami juhaau melihat langsung dan mendengar apa yang menjadi kendala para gembala di wilayah kepulauan Sangihe sebagai wilayah perbatasan" tuturnya.

Lanjut, ia berharap kedepannya para gembala pimpinan gereja harus tetap solid untuk melanjutkan misi gereja di tengah kehidupan masyarakat perbatasan berbagi kasih dan Kepedulian sehingga gereja benar-benar menjadi terang dan berkat.

"Harapannya GPdI di wilayah perbatasan ini semakin maju tak lupa juga harus tampil beda sebagai pembawa kabar baik di tengah masyarakat terlebih lagi harus menjadi berkat" tambah ketua MD.

Selain itu, ketua MD berharap GPdI di kepulauan Sangihe untuk bersinergi dengan pemerintah dalam rangka pembangunan di daerah agar tercipta kemitraan antara gereja dan pemerintah. (Andy Gansalangi)

Sergai, Sulutnews.com - Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Masa Bakti 2022-2027 resmi dikukuhkan oleh Ketua Dewan Pengurus KORPRI Sumatera Utara (Sumut) Dr H Arsyad Lubis, MM di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (17/1/2022).

Usai dikukuhkan, Ketua Terpilih Dewan Pengurus KORPRI Sergai H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP yang juga sebagai Sekdakab Sergai menyampaikan semangat untuk tetap bekerja keras, tetap kompak dalam menjalankan tugas sebagai ASN.

Ia mengajak kepada seluruh pengurus yang baru dilantik untuk sama-sama bekerja keras menggali potensi yang dimiliki sehingga dapat menciptakan inovasi dan kreativitas dalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat Sergai.

“Ciptakanlah ide-ide yang terbaik untuk kemajuan Tanah Bertuah Negeri Beradat. Kita jaga dan jalankan amanah yang telah diberikan sehingga dapat bekerja dengan maksimal. Mari kita tunjukkan bahwa korps KORPRI ini adalah korps yang terbaik. Tetap semangat dalam menjalankan amanah, tetap semangat untuk membantu visi dan misi Bapak Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Bapak Adlin Tambunan menakhodai Kabupaten Sergai. Jangan pernah   lelah untuk mencintai kabupaten tercinta ini,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pengurus KORPRI Sumut Dr H Arsyad Lubis, MM menyampaikan bahwa kehadiran organisasi KORPRI ini diharapkan membawa manfaat bagi anggota dan juga masyarakat.

Ia menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus KORPRI yang baru saja dikukuhkan sekaligus berpesan, jika dalam menjalankan tugas harus menjunjung tinggi profesionalitas serta memahami tugas pokok dan fungsi serta menjalankan pekerjaan tersebut dengan baik, yang meliputi, akuntabilitas, nasionalisme (netralitas), etika publik, komitmen mutu, anti korupsi dan integritas.

Ada tiga pesan yang harus dilaksanakan, pertama bertanggung jawablah terhadap tugas yang diamanahkan disertai dengan motivasi yang tinggi dan semangat pengabdian. Kedua, laksanakan konsolidasi organisasi sesuai ketentuan yang sudah diatur dalam AD/ART, dan yang terakhir, laksanakan semua hasil keputusan musyawarah KORPRI untuk kepentingan anggota dan organisasi demi memajukan masyarakat pada umumnya,” pungkasnya.

Adapun susunan personalia Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Sergai Masa Bakti 2022 -2077 yaitu; H M Faisal Hasrimy,AP, M.AP sebagai Ketua, Drs Fajar Simbolon, M.Si, sebagai Ketua I, Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si sebagai Ketua II. Kemudian Dingin Saragih, S.IP, MM sebagai Ketua Bidang Organisasi dan Kelembangaan, Drs Dimas Kurnianto, SH, MM, M.SP sebagai Ketua Bidang Pembinaan Disiplin, Jiwa KOPRS dan Wawasan Kebangsaan, M. Zuhri Lubis, SE, M.AP sebagai Ketua Bidang Perlindungan dan Bantuan Hukum, Arianto, S.Pd, M.Si sebagai Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial.

Selanjutnya, dr. Helminur Iskandar Sinaga, M.Kes sebagai Ketua Bidang Peningkatan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana, Suwanto Nasution, S.Pd, MM, sebagai Ketua Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Generasi Muda, Drs Zulfikar, sebagai Ketua Bidang Seni dan Budaya, Drs H Akmal, AP, M.Si, sebagai Ketua Bidang Informasi, Komunikasi dan Publikasi,     Ir H Kaharuddin, MM, selaku Ketua Bidang Kerohanian, Selamet Hartono, S.KM, M.KM, sebagai Ketua Bidang Kesehatan, Ikhsan, AP, M.Si, selaku Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga dan Drs Nasrul Aziz Siregar, sebagai Ketua Bidang Usaha dan Kemitraan.

Gelar Muskab dan Raker KORPRI

Sebelum acara pengukuhan, pada pagi harinya di tempat yang sama, terlebih dahulu dilaksanakan Musyawarah Kabupaten (Muskab) yang dirangkai dengan Rapat Kerja (Raker) KORPRI Kabupaten Sergai.

Dalam sambutan Bupati Sergai H Darma Wijaya yang diwakili Sekdakab H. M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP, menyarankan agar lebih mencermati program dan kegiatan sekaligus melakukan evaluasi dalam menyusun program kerja yang lebih baik serta berdampak positif bagi masyarakat luas.

Susunlah program kerja lima tahun kedepan yang realistis dan program yang dapat dirumuskan dengan baik pula. Saya berharap musyawarah ini dapat menghasilkan anggota KORPRI yang mandiri, sejahtera dan religius sekaligus berjalan sesuai dengan yang kita harapkan bersama,” tutupnya.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Dewan Pengurus KORPRI Sumut Dr H Arsyad Lubis, MM yang mengajak seluruh pengurus untuk terus menurus meningkatkan kompetensi dalam menciptakan inovasi serta kreativitas yang berkualitas.

Ketua Dwan KORPRI Sumut berharap kedepannya program yang dirancang oleh seluruh Dewan Pengurus lebih berdampak positif lagi bagi seluruh anggota serta masyarakat Sergai. Kemudian seluruh kegiatan yang mendukung kesejahteraan harus dikembangkan secara terus-menerus dan berkelanjutan.

“Saya berpesan kepada seluruh anggota Dewan KORPRI untuk melaksanakan pemilihan secara demokratis. Kepada siapapun nanti yang terpilih agar melaksanakan program kerja yang realistis dan bermanfaat bagi banyak orang,” pungkasnya.(/Daniel)

Manado,Sulutnews.com - Keluarga Besar Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kejati Sulut), Senin (17/1/2022) Dirundung dukacita. "Pasalnya anak terkasih Plt. Kajati Sulut Fredy Runtu, SH, dikabarkan meninggal dunia.

Sementara dari informasi yang berhasil dirangkum sulutnews.com kematian almarhum diduga akibat sengatan lebah.

Kepada awak media saat di wawancarai, Jhon Runtu selaku saksi mata menceritakan, awalnya  korban Brice Runtu (31), bersama 3 rekannya, yaitu supir, ayah mertua dan saudaranya yang juga adalah anak dari saksi, sedang memetik cabe dikebun milik korban, yang berada di Kelurahan Watulambot Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara.

Tidak disangka kata Jhon,  saat memetik cabe tiba-tiba ratusan lebah langsung menyerang mereka ujar Jhon.

"Dengan keadaan panik mereka berempat pun langsung berlari untuk menyelamatkan diri. Saat sementara dikejar lebah, korban sempat menelpon saksi untuk menyampaikan bahwa saat ini mereka sedang dikejar lebah.

Price sempat menelpon saya, memberi tahu bahwa mereka sementara dikejar lebah ungkap Jhon.

"Saya langsung berlari ke arah kebun, namun saat saya tiba, korban sudah tergeletak dijalan namun saja kesadarannya mulai hilang," tutur Jhon saat dimintai keterangan.

Melihat kondisi korban,  ia terus berusaha mencari pertolongan untuk membawa korban kerumah sakit, "namun disayangkan karena perlu beberapa menit sampai ada yang bersedia mengantarkan korban.

Sambung Jhon, saya terus mencari pertolongan untuk membawah korban kerumah sakit, namun agak kesusahan karena banyak yang tidak bersedia mengantarkan ke RS, dengan berbagai alasan. "sehingga, membutuhkan beberapa waktu untuk mendapatkan orang yang bersedia menolong," tutur Jhon dengan sedih.

Dari pantauan media ini tampak di RSU Samratulangi Tondano, saat ini jenazah korban berada di RSUD Samratulangi. Sementara korban lainnya, sedang mendapatkan perawatan karna sempat juga disengat lebah. (Adrian)

Manado,Sulutnews.com – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno menerima kunjungan audiensi Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulut Freddy Runtu, Senin (17/01/2022) siang.

Plt. Kajati Sulut mengatakan, kunjungan ini dalam rangka silaturahmi sekaligus meningkatkan kerjasama dan sinergitas yang lebih mantap antara sesama Aparat Penegak Hukum (APH) di daerah.

“Termasuk juga meningkatkan koordinasi penanganan perkara sejak awal ditangani oleh Penyidik kepolisian dan penyerahan ke pihak kejaksaan untuk disidang,” ujar Freddy Runtu.

Menanggapi hal tersebut, Irjen Pol Mulyatno pun menyatakan bahwa Polda Sulut dan jajaran siap bersinergi dengan Kejaksaan Tinggi Sulut dalam hal penegakan hukum.

“Bahkan tidak hanya kerjasama dalam bidang penegakan hukum saja, tetapi juga membangun sinergitas dalam penanganan Covid-19 serta upaya percepatan vaksinasi massal di wilayah Provinsi Sulut,” singkat Irjen Pol Mulyatno.

Dalam audiensi yang berlangsung di ruang kerja Kapolda Sulut, turut dihadiri beberapa Pejabat Utama Polda Sulut dan Pejabat Kejaksaan Tinggi Sulut. Audiensi singkat tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama. (Adrian)

Manado,Sulutnews.com – Kapolda Sulut, Irjen Pol Mulyatno menerima kunjungan audiensi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sulawesi Bagian Utara, Erwin Situmorang, pada Senin (17/01/2022) siang.

Dalam audiensi yang berlangsung di ruang kerja Kapolda Sulut, turut dihadiri beberapa Pejabat Utama Polda Sulut dan Pejabat Kanwil DJBC Sulawesi Bagian Utara.

Audiensi diawali dengan perkenalan diri Kakanwil DJBC Sulawesi Bagian Utara, serta bertukar pengalaman tentang tugas dan jabatan yang pernah diemban sebelumnya.

Erwin Situmorang mengatakan, tujuan kunjungan ini selain untuk bersilaturahmi juga untuk memperkuat sinergitas antara lembaga di bawah naungan Kementerian Keuangan RI dengan Aparat Penegak Hukum (APH) di daerah.

“Kami terus melakukan koordinasi untuk mencegah terjadinya penyelundupan dan perdagangan ilegal, serta untuk mengamankan penerimaan negara,” kata Erwin Situmorang.

Sementara itu Irjen Pol Mulyatno menyambut baik kunjungan audiensi ini.

Irjen Pol Mulyatno menegaskan, Polda Sulut dan jajaran siap bersinergi dengan Kanwil DJBC Sulawesi Bagian Utara.

“Pada intinya kami siap bekerjasama dalam pencegahan penyelundupan dan perdagangan ilegal, bahkan termasuk juga meningkatkan pengawasan di Provinsi Sulut terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19,” pungkas Irjen Pol Mulyatno. 

Kunjungan singkat namun penuh keakraban tersebut diakhiri dengan sesi pertukaran cendera mata. (Adrian)

MANADO, Sulutnews.Com - Menatap pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2024 mendatang sejumlah tokoh politik mulai bergeliat untuk mencoba peruntungan sekiranya dapat menjadi kontestan. Mereka tidak masuk melalui Partai Politik yang sudah ada, namun membentuk Partai Politik (Paerpol) baru yang saat ini telah didaftarkan di Badan Kesatuan Bangsa dan Poĺitik. Terkait hal ini Kepala Kesbangpol Sulawesi Utara Ferry Sangian membenarkan jika sudah ada 5 Partai Politik yang telah mendaftar sebagai parpol peserta Pemilu.

" Meski sudah resmi mendaftar namun belum bisa ditetapkan sebagai Parpol peserta Pemilu 2024 mendatang, karena harus melewati beberapa tahapan termasuk tahapan ferifikasi," ungkap Sangian disela Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I DPRD Sulu, Senin (17/1/2022).

Lima parpol baru yang disebut telah mendaftar telah melengkapi berkas dan semua sudah diserahkan dan sementara berproses untuk kemudian dilaksanakan Verifikasi faktual sebagai salah satu syarat lolos tidaknya parpol peserta Pemilu." Prinsipnya kami menerima semua parpol yang baru mendaftar namun ini masih akan melewati beberapa tahapan," tegas Sangian, sambil menegaskan untuk tahapan Pemilu akan dimukai bulan Mei 2022.(josh tinungki)

5 Parpol baru yang telah mendaftar di Badan Kesbang Provinsi Sulut diantaranya
1. Partai Gelora Ketua DPW Jefry J Makalegi,
2. Partai Cinta Damai Ketua DPW Frangky Longdong, SE
3. Partai Nusantara Ketua DPD Herry Tongkukut.
4. Paetai Emas Ketua DPD Douwe D Kereh
5. Partai Umat Ketua DPW Djainudin Damopolii

Boltim, Sulutnews.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dalam waktu dekat ini akan turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi daftar penerima Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2022.

Hal tersebut, dikatakan oleh Kepala Dinas (Kadis) Dinsos Boltim, Drs Imran Golonda, saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Senin 17 Januari 2022.

Kadis mengatakan, tim akan turun untuk melakukan verifikasi kembali, karena daftar penerima yang ada di DTKS itu, dalam tiap tahun itu ada perubahan.

“Seperti ada penerima yang sudah meninggal atau lain sebagainya secara otomatis keluar dari daftar, sehingga jika ada pengusulan pengganti maka Sangadi akan melakukan rapat untuk pengajuan kembali lewat Dinsos sesuai kriteria yang masuk dalam persyaratan,”jelas Kadis.

Lanjut dia, sama seperti tahun sebelumnya, total anggaran bantuan PKH untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Boltim sebesar 6,7 Miliar yang bersumber dari APBN melalui Kementerian Sosial.

“Anggarannya langsung dari pusat ke rekening masing-masing penerima. Kami disini hanya memfasilitasi sekaligus pengawasan terkait data penerima. Anggaran untuk tahun ini berkisar Rp 6,7 Miliar. Bantuan ini diberikan per 6 bulan. Masing-masing penerima sebesar 200 ribu per bulannya,imbuhnya.

Diketahui, PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

PKH adalah program reguler tahunan tak terkecuali tahun 2022 yang masuk dalam pos perlindungan Program Pemulihan Ekonomi Nasional. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), resmi mengeluarkan pengumuman tentang Persyaratan usul penetapan NIP Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab Boltim tahun 2021. Senin 17 Januari 2022.

Surat pengumuman bernomor 800/B.03/P-CPNSD/25/I/2022 tersebut, merupakan tindaklanjut surat Pengumuman Bupati Boltim tentang Hasil Seleksi Penerimaan CPNS Pemkab Boltim tahun 2021.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Penerimaan CPNS yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Sonny Warokka itu, memuat berbagai hal terkait persyaratan dan kelengkapan dokumen usul penetapan NIP CPNS Boltim.

Selengkapnya, berikut isi surat pengumuman Nomor 800/B.03/P-CPNSD/25/I/2022: lampiran pengumuman (Ayla)

Tahuna, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, merespon peringatan dini yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dari stasiun Meteorologi maritim Bitung.

Dalam peringatan dini tersebut dikatakan waspadai banjir pesisir atau (rop) akibat fase bulan purnama terhitung dari hari ini 17 sampai 20 Januari 2022, terjadi pasang air laut maksimum yang lebih siknifikan terjadi di wilayah pesisir Utara dan Timur Sangihe.

Juga dalam peringatan itu agar masyarakat waspada terhadap gelombang tinggi akibat fenomena alam tersebut.

Menyikapi hal itu, pemerintah melalui sekretaris daerah Herry Wolf mengatakan, agar masyarakat tidak mengabaikan setiap informasi yang di keluarkan oleh BMKG bila perlu mengudate informasi setiap saat agar mengetahui perkembangan cuaca di wilayah kepulauan Sangihe.

"Pemerintah tentu mendorong masyarakat agar tetap waspada bila perlu harus update informasi terbaru terkait perubahan cuaca" kata Wolf.

Menurutnya, wilayah kepulauan Sangihe memang cuacanya sewaktu-waktu berubah jadi perlu informasi dini agar masyarakat khususnya para nelayan dapat mengakses dan mengetahui perkembangan cuaca sehingga terhindar dari musibah.

Selain itu kata Wolf, banjir rop sering terjadi di wilayah kepulauan Sangihe dan fenomena ini menjadi hal biasa air bisa naik sampai menggenangi jalan termasuk area pasar Towoe. "Ini sering terjadi di Sangihe akan tetapi kita tetap waspada" kunci Wolf. (Andy Gansalangi)