Manado,sulutnews.com – Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) dua Pejabat Utama dan enam Kapolres jajaran Polda Sulut, Rabu (6/7/2022) pagi, di ruang Tribrata Mapolda.

Jabatan-jabatan yang diserahterimakan antara lain, Dirintelkam dan Kabid Keuangan Polda Sulut, kemudian Kapolres Bolmong, Kapolres Bolmong Utara, Kapolres Kotamobagu, Kapolres Minahasa Tenggara, Kapolres Kepulauan Sitaro, dan Kapolres Kepulauan Talaud.

Jabatan Dirintelkam Polda Sulut, diserahterimakan dari Kombes Pol Budhy Herwanto kepada Kombes Pol Albert Sarita Marulam Sihombing, dan Kabid Keuangan dari Kombes Pol Mulyono kepada Kombes Pol Titik Wahjuningsih.

Sedangkan untuk enam jabatan Kapolres jajaran yaitu, Kapolres Bolmong diserahterimakan dari AKBP Nova Irone Surentu kepada AKBP Slamet Ramelan. Kemudian Kapolres Bolmong Utara dari AKBP Wahyu Purwidiarso kepada AKBP Areis Aminnulla, dan Kapolres Kotamobagu dari AKBP Irham Halid kepada AKBP Dasveri Abdi.

Selanjutnya, Kapolres Minahasa Tenggara dari AKBP Rudi Hartono kepada AKBP Feri Renaldo Sitorus, Kapolres Kepulauan Sitaro dari AKBP Hansjen Ratag kepada AKBP Iwan Permadi, dan Kapolres Kepulauan Talaud dari AKBP Dasveri Abdi kepada AKBP Dandung Putut Wibowo.

Upacara sertijab diawali dengan pembacaan Keputusan Kapolri tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Dilanjutkan pengambilan sumpah jabatan kepada para pajabat baru didampingi rohaniwan, serta penandatanganan berita acara serah terima jabatan.

Sementara itu Kapolda Sulut sesaat usai memimpin kegiatan mengatakan, sertijab bagi anggota Polri adalah hal yang biasa dan dilakukan untuk penyegaran ataupun kebutuhan organisasi Polri.

“Sertijab, di satu sisi terjadi tour of area maupun tour of duty agar masing-masing pengalaman sebagai anggota Polri itu diberikan kesempatan untuk menduduki berbagai jabatan agar semakin profesional, semakin etis dan humanis, serta semakin meningkatkan kemampuan leadership-nya,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Irjen Pol Mulyatno pun mengucapkan terima kasih kepada para pejabat lama atas kinerja, dedikasi, dan loyalitas selama ini, serta turut mendoakan supaya mendapat kesuksesan di tempat tugas yang baru.

“Dan bagi para pejabat baru, agar tetap semangat di dalam memberikan pengabdian dan melaksanakan tugas-tugas pokok Polri demi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara,” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Upacara sertijab turut dihadiri Wakapolda dan para Pejabat Utama Polda Sulut. Usai sertijab tersebut, dilanjutkan sertijab Pengurus Bhayangkari Daerah Sulut dan Bhayangkari Cabang. Rangkaian kegiatan diakhiri dengan pisah sambut, di Ruang Catur Prasetya Mapolda Sulut.

Penulis: ARP

Tomohon,Sulutnews.com - Tim URC Totosik resmi berganti  nama setelah  kembali memperoleh Piagam penghargaan dari Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito SIK MH Dalam Upacara Peringatan HUT Bhayangkara Ke 76 yang di laksanakan di Kompleks Menara Alfa Omega kelurahan Paslaten kecamatan Tomohon Timur kota Tomohon pada (5/7/22).

Saat ini nama Tim URC Totosik  sudah dikenal cukup lama oleh masyarakat sudah di ganti nama  oleh Kapolres Arian menjadi Tim Khusus Anti Bandit (TEKAB 35).

Saat menyerahkan penghargaan, Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito SIK MH menyampaikan Banyak selamat kepada Tim TEKAB 35 atas dedikasinya mengamankan kota Tomohon dan semoga terus memberikan pelayanan yang prima dalam menjaga keamanan di wilayah hukum polres Tomohon.

”Banyak selamat dan selalu memberikan pelayanan yang prima bagi keamanan masyarakat kota Tomohon” Ucap Kapolres Arian.

Sementara itu Katim TEKAB 35 Aipda Yanny Watung menyampaikan banyak Terima kasih kepada pimpinan kami yaitu Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito SIK MH, Waka polres Tomohon Kompol Ferdinand Ruru, kabag Ops Kompol Temmy Toni, serta jajaran polres yang selalu menopang akan pelaksanaan tugas dan terlebih kepada masyarakat di wilayah hukum polres Tomohon yang selalu memberikan informasi setiap ada terjadi tindak pidana di wilayah hukum Polres Tomohon.

“Terima kasih kepada yang terhormat. Kapolres Tomohon, Waka Polres Tomohon, Para Kabag, Para Kasat, Para Kapolsek beserta seluruh personil Polres Tomohon yang telah memberikan apresiasi terhadap kinerja kami selama ini, Terima kasih juga kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon dan masyarakat Kecamatan Sonder serta masyarakat Kecamatan Tombariri yang selama ini membantu kami dalam pelaksanaan tugas menjaga Kamtibmas yang ada” Tutur Yanny Watung.

Adapun penghargaan diberikan Kapolres kepada Tim Khusus Anti Bandit (TEKAB 35) Lantaran dinilai berhasil mengungkap kasus menonjol di wilayah hukum polres Tomohon antara lain kasus pencurian motor yang terjadi di wilayah hukum polres Tomohon.

Penulis: ARP

Semarang,Sulutnews.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa pihaknya siap untuk terus mengawal seluruh kebijakan dari Pemerintah dalam mewujudkan visi Indonesia Emas di tahun 2045 mendatang. Ia juga berkomitmen untuk memegang teguh amanat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dijadikan pedoman pelaksanaan tugas kedepannya.

Hal tersebut disampaikan Sigit saat menyampaikan sambutan dalam Upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-76 di Akademi Kepolisian (Akpol), Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022).

"Polri juga akan mendukung dan mengawal seluruh kebijakan Pemerintah dalam mewujudkan transformasi ekonomi menuju Indonesia Maju, Indonesia Emas 2045," kata Sigit.

Dihadapan Presiden Jokowi, pejabat negara dan tamu undangan lainnya, Sigit pun mengungkap makna tersembunyi dibalik penentuan Tema HUT Bhayangkara ke-76 tahun ini. Adapun tema yang diusung adalah 'Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh'.

Semangat dari tema itu, dikatakan Sigit, yakni sebagai wujud dukungan dari Polri terhadap fokus kebijakan Pemerintah dalam melakukan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan dukungan reformasi struktural untuk mewujudkan transformasi ekonomi.

"Sebagai upaya pemulihan ekonomi tersebut maka pemerintah harus menjaga kondisi perekonomian, dengan menerapkan strategi pemulihan ekonomi melalui kegiatan antara lain, hilirisasi industri, penyiapan 18 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, melanjutkan pembangunan infrastruktur serta program food estate yang tersebar di seluruh Indonesia untuk meningkatkan pemerataan pertumbuhan ekonomi, menciptakan ketahanan pangan dan energi," ujar Sigit.

Demi semakin mengoptimalkan dukungan tersebut, Sigit memaparkan bahwa, Polri juga juga telah membentuk satgasus, mulai dari pencegahan korupsi, satgas kawal investasi, satgas anti-mafia tanah. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk memastikan pencegahan terjadinya potensi kebocoran pendapatan negara, serta mendorong iklim kemudahan dan kepastian berinvestasi. Bahkan, terkait kebijakan ketahanan pangan, polisi telah membentuk satgas pangan.

Selanjutnya, Sigit menyampaikan, Polri juga terus mengawal kebijakan Pemerintah soal gerakan nasional bangga buatan Indonesia. Yang dimana hal itu, untuk menjaga pertumbuhan ekonomi dalam negeri dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Terkait hal ini, Korps Bhayangkara menempati di urutan ketiga soal realisasi tertinggi Pemanfaatan dan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Lebih dalam, Sigit juga menyatakan, saat ini, Polri terus melakukan optimalisasi pemanfaatan teknologi Indonesia dalam rangka memberikan pelayanan terbaik serta prima terhadap masyarakat Indonesia hingga titik terjauh. Penggunaan teknologi itu untuk mengurangi proses interaksi yang berpotensi penyimpangan serta meningkatkan PNBP melalui Polri.

Terkait pelayanan, kata Sigit, kini kepolisian juga fokus terhadap kelompok rentan seperti perempuan, orang tua, anak, lansia, dan kelompok disabilitas. Bahkan, Pusdokkes Polri juga telah dikembangkan untuk semakin mendukung peningkatan layanan kesehatan kepada masyarakat dan anggota Polri.

Dari segala upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, Sigit menuturkan bahwa, berdasarkan survei Litbang Kompas pada akhir Juni menunjukkan bahwa 83,8 persen masyarakat menilai pelayanan kepolisian kepada masyarakat sudah baik.

"Polri juga berupaya mewujudkan satu data Polri untuk membangun sistem yang terintegrasi melalui pemanfaatan Artificial Inteligence dan big data kepolisian untuk mewujudkan pemolisian prediktif dan pelayanan kepolisian berbasis teknologi," ucap eks Kabareskrim Polri itu.

Selanjutnya, dari segi reformasi birokrasi, Sigit mengungkapkan, Polri pada tahun ini masih mampu mempertahankan capaian positif soal laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI selama sembilan kali berturut-turut.

Dalam hal pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, Sigit menegaskan, Polri saat ini terus mengedepankan upaya pencegahan sesuai dengan pola pemolisian prediktif. Dalam hal ini, penegakan hukum dilakukan dengan prinsip-prinsip keadilan restoratif utamanya terhadap hal-hal yang mencederai rasa keadilan masyarakat kecil atau pencari keadilan lainnya.

Meski begitu, Sigit menekankan, Polri tidak akan ragu ataupun segan melakukan tindakan tegas terhadap seluruh tindak pidana kejahatan yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia serta terhadap kejahatan yang meresahkan dan merugikan masyarakat.

"Dengan tetap melakukan penegakan hukum yang tegas sebagai ultimum remedium dengan berpedoman pada keadilan dan kemanfaatan hukum serta menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM)," tutup mantan Kapolda Banten tersebut.

Penulis: ARP

Tomohon, Sulutnews.com - Memeriahkan HUT Bhayangkara tahun 2022 di wilayah hukum Polres Tomohon, salah satu event bergengsi bertajuk Bhayangkara Offroad-76 bakal hentak Kota Tomohon.

Puluhan offroader dari puluhan club otomotif di Sulawesi Utara kans menunjukan keterampilan dan kemahiran dalam olahraga extreme itu.

Apalagi dalam kompetisi ini dirangsang dengan hadiah menarik semisal uang pembinaan puluhan juta, trophy Kapolda Sulut serta hadiah utama 1(unit) sepeda motor.

Kapolres Tomohon AKBP Arian P.Colibrito SIK,MH selaku penanggungjawab kegiatan, Senin (4/7) ikut membenarkan atas kesiapan pelaksanaan yang telah disiapkan panitia pelaksana.

"Rencana pelaksanaan kegiatan terus disiapkan dan dimatangkan panitia penyelenggara, yang pasti kegiatan ini juga ikut mendorong dunia pariwisata di Kota Tomohon termasuk di Sulawesi Utara lewat giat Offroad", kata Kapolres.

Ditambahkan lagi, "Untuk class yang akan diperlombakan dalam Bhayangkara Offroad-76 kali ini, antara lain class Winch, Non Winch, MUD Racing (Upper dan FFA) serta class tambahan lainnya", jelas Colibrito penggiat Offroad.

Kegiatan ini juga mendapat suport Pemerintah Kota Tomohon serta stakeholder IOF Kota Tomohon dan Sulut.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Edwin Roring SE,ME yang adalah Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Pemkot Tomohon, ikut membenarkan atas kesiapan pelaksanaan event Bhayangkara Offroad-76 Polres Tomohon.

"Ya kesiapan sudah hampir rampung dan waktu pelaksanaan sesuai jadwal sejak 12 - 17 Juli 2022, sedangkan teknisnya juga telah diatur IOF selaku pemilik regulasi dalam event", kata Sekdakot itu.(/Merson)

Tomohon, Sulutnews.com - Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH didampingi Ketua TP PKK Kota Tomohon drg Jeand'Arc Senduk-Karundeng melakukan audiensi dengan Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Tomohon yang bertempat di Ruang Walikota Sekertariat Daerah kota Tomohon, selasa, (5/7/2022)

Dalam pertemuan tersebut, Walikota dan pihak BNI membahas tentang program Smart City dan memberikan edukasi kepada masyarakat demi mewujudkan pemulihan ekonomi dan membuat Kota Tomohon sebagai kota Digitalisasi.

“Pihak BNI tentu akan mendukung program ini, karena pastinya akan memberi dampak dalam peningkatan ekonomi untuk kemajuan masyarakat pada umumnya”, ujar Walikota Senduk.

Hadir juga dalam audiensi ini, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon, Drs Gerardus Mogi.(/Merson)

Bolmut, Sulutnews.com - Pada upacara dan ucapan syukur Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022 di halaman Mapolres Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), dalam rangkaian kegiatan mewawancarai dua purnawirawan Polri Kompol (Purn) Hi. Teddy Pontoh dan Brigadir Pol (Purn) Denny Kaaba. Selasa (05/07/2022).

Dialog tentang presisi merupakan konsep program yang dibentuk oleh Kapolri. Presisi adalah singkatan dari prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan. Menurut Kapolri, pendekatan ini bisa membuat pelayanan lebih terintegrasi, modern, mudah, dan cepat.

Mengusung jargon Presisi yaitu (prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan), ada 16 program prioritas Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Lewat akun instagram Divisi Humas Polri, berikut 16 program unggulan tersebut.

- Penataan Kelembagaan.
- Perubahan Sistem dan Metode Organisasi.
- Menjadikan SDM Polri Yang Unggul di Era Police 4.0.
- Perubahan Teknologi Kepolisian Modern di Era Police 4.0.
- Pemantapan Kinerja Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.
- Peningkatan Kinerja Penegakan Hukum.
- Pemantapan Dukungan Polri Dalam Penanganan Covid-19.
- Pemulihan Ekonomi Nasional.
- Menjamin Keamanan Program Prioritas Nasional.
- Penguatan Penanganan Konflik Sosial.
- Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Polri.
- Mewujudkan Pelayanan Publik Polri Yang Terintegrasi.
- Pemantapan Komunikasi Publik.
- Pengawasan Pimpinan Dalam Setiap Kegiatan.
- Penguatan Fungsi Pengawasan.
- Pengawasan Oleh Masyarakat Pencari Keadilan (Public Complaint).

Kompol (Purn) Hi. Teddy Pontoh sebagai Ketua Persatuan Keluarga Besar Purnawirawan Kepolisian Negara Republik Indonesia (PP Polri) Kabupaten Bolmut yang memiliki semangat juang "Sekali Bhayangkara Tetap Bhayangkara" dan "Sekali Peluang Terus Berjuang". Kita ikut bertanggung jawab dan berkewajiban dalam mensukseskan program pembangunan nasional, sehingga terwujud tujuan kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu masyarakat yang adil dan makmur baikateril dan spiritual.

"Dari pencanangan program presisi dari Kapolri sudah tepat. Membagi pengalaman saya dalam jabatan Kapolsek Urban Kotabunan Kabupaten Boltim dan Kapolsek Urban Kaidipang Kabupaten Bolmut, dalam penerapan kepemimpinan dan manajerial agar masyarakat merasa aman dan nyaman, ketika masyarakat melihat setiap pos jaga masuk ke kantor Polsek, ada beberapa anggota polisi yang duduk dalam durasi 1x24 jam. Sehingga selama saya menjabat sebagai Kapolsek, para tokoh adat dan tokoh agama datang mengucapakan terima kasih, terutama kenakalan remaja yang sering ngebut dengan knalpot racing dan miras sudah dapat tercegah, " ungkap Teddy Pontoh.

Dari manajemen kebersihan kantor Polsek dan kerapihan para anggota saya terapkan dengan bijaksana. Setiap permasalahan sengketa yang mengganggu Kamtibmas kita libatkan lembaga adat Dan Badan Musyawarah Desa dalam penyelesaian sengketa perdata.

Hal senada disampaikan Brigadir Pol (Purn) Denny Kaaba, alumni Sekolah Pendidikan Polisi Karombasan Manado Polda Sulutteng Tahun 1978/1979.
Sebagai Polisi baru pada bulan Januari 1979 mendapat tugas baru di Polres Bolmong Kotamobagu s/d 1989. Bulan Agustus 1989 mendapat tugas baru di Polsek Bolangitang selama 27 tahun 11 bulan dan tidak pernah pindah sampai akhir tugas purnabhakti tanggal 1November 2016.

" 26 kali pergantian Kapolsek, 23 kali pergantian Kapolres, 30 kali pergantian Kapolda dan 16 kali pergantian Kapolri dan sementara saya tugas di Polsek Bolangitang pada tahun 2008, saya mengikuti sayembara membuat Lambang Daerah Bolmut, Alhamdulillah mendapat juara menjadi pencipta Logo Lambang Daerah Kabupaten Bolmut," ungkap Denny Kaaba.

Pengalaman saya bidang Kamtibmas pada tahun 2011 diberikan tugas Ditibgjat Polsek Bolangitang sebagai Kanit Binmas selama 6 tahun dan inti tugas saya sebagai bersifat Pembinaan Masyarakat yakni dalam FORUM MAPALUS KAMTIBMAS KHUSUS di wilayah hukum Polsek Bolangitang Barat serta Bolangitang Timur, 38 desa. Dari kriteria program presisi sudah saya laksanakan dengan konsisten dan berhasil guna dalam penyelesaian yang belum berstatus pidana, saya bersama Forum Mapalus Kamtibmas duduk bersama dengan Aparat Desa untuk tujuan penyelesaian suatu masalah yaitu musyawarah mupakat kekeluargaan.

Masyarakat senang ketika setiap permasalahan sengketa harta warisan, kawin lari, percobaan pemerkosaan, pencurian ringan, pengrusakan barang, pelemparan rumah, penganiayaan ringan, pencemaran nama baik, penipuan ringan, cek cok rumah tanga dan masalah tanah/ perdata dan masih banyak lagi dan itu diselesaikan dengan musyawarah kekeluargaan.

Pada tahun 2020 bulan Nopember, saya dipercayakan oleh Pemda Bolmut Dinas Pendidikan sebagai juri penilai di Lomba sayembara BATIK BOLMUT bersama dengan penilai lainya dari Akademi Budaya Provinsi Gorontalo, Pemandu Wisatawan Bolmut dan menghasikan karya Batik Bolmut baru yang menjadi seragam ASN Pemkab Bolmut.

Pada akhir wawancara, Denny Kaaba mewakili purnawirawan Polri Bolmut menyampaikan pesan spiritual.

"Terima kasih setinggi-tingginya kepada Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiarso dan Ketua Bhayangkari Bolmut atas anjangsana ke setiap rumah purnawirawan Polri. Selamat menjalankan tugas yang baru untuk Mas Wahyu di Polda Jateng, semoga kita ketemu lagi jika masih umur panjang, kita doakan Mas Wahyu Purwidiarso sebagai Kapolda Sulut, Insyaallah Aamiin... (/Gandhi Goma).

Bolmut, Sulutnews.com - Kadis Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengungkapkan Kabupaten Bolmut ditetapkan menjadi prioritas Kawasan Produksi Pangan. Olehnya dari hal itu dalam penataan Dan Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2023 untuk 3 kabupaten di Provinsi Sulut; pertama, Kabupaten Bolmut, kedua, Kabupaten Bolmong, dan ketiga Kabupaten Minahasa Utara. Selasa (05/07/2022).

Selanjutnya dana alokasi khusus di bidang pertanian tematik Kawasan Sentral Industri Pangan untuk tahapan-tahapan pengajuan usulannya dalam proses.

"Hari ini sedang diselesaikan dan dirampungkan usulannya sampai besok tanggal 06 Juli 2022. Selanjutnya akan diverifikasi Bapelitbang Bolmut kemudian akan di upload pada kementerian pertanian. Setelah itu kita mendapat gambaran dari usulan tersebut, dapat disetujui pemerintah pusat," ungkapnya.

Hal tersebut termasuk hibah lahan/lokasi. Materi sosialisasi menjadi satu syarat diterimanya usulan ini, karena berangkat dari pengalaman selama ini ketika ada program kemudian lokasinya tidak clear and clean akan ditolak.

Manfaat buat masyarakat petani diarahkan untuk sarana prasarana seperti jalan produksi, jalan usaha tani, kemudian jaringan irigasi.

Seperti diketahui, Dinas Pertanian Bolmut membawahi Bidang Peternakan. Ada renovasi dan Pembangunan Pos Kesehatan Hewan, pembangunan industri olahan pakan ternak unggas, pakan ternak silasi untuk sapi terdiri dari konsentrat rumput, jerami padi dan jerami jagung dan diusulkan ada pabrik pakan olahan ternak sapi di dekat lokasi triple helix Kecamatan Bolangitang Timur Desa Biontong.

"Hal ini patut kita seriusi, karena dalam Rancangan Menu Dana Alokasi Umum (DAK) Fisik dalam penugasan Tahun 2023, Kabupaten Bolmut akan menjadi Sentral Pengembangan Food Estate atau Perkebunan Makanan Ternak, dan akan membuka peluang tenaga kerja baru. Alokasi dana yang kita ajukan sekitar enam belas miliar lebih untuk menerapkan pengembangan pertanian dan industri peternakan sapi," tutup Kadis Pertanian Bolmut. (/Gandhi Goma).

Tomohon, Sulutnews.com - Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH bersama Wakil Walikota Wenny Lumentut SE ikut dalam Upacara Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-76, selasa (5/7/2022).

Untuk Kota Tomohon, HUT Bhayangkara dilaksanakan di Menara Alfa Omega Pusat Kota Tomohon, dengan mengikuti secara virtual upacara yang disiarkan secara langsung dari Akademi Kepolisian, Semarang Jawa Tengah.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo selaku inspektur upacara dalam sambutannya menyampaikan selamat hari Bhayangkara ke-76.

Presiden mengapresiasi atas kerja keras Polri, walaupun ada banyak tugas yang berat seperti penanganan covid 19, tentunya masih dalam penanganan yang serius, disamping itu Polri harus memastikan Kamtibmas agar lebih kokoh, Polri harus lebih maju dalam menangani kejahatan dan lain sebagainya.

Walikota Tomohon dalam sambutannya menyampaikan selamat dan mengatakan melalui momentum HUT ke-76 Bhayangkara saat ini, kita patut memberi apresiasi dan terima kasih atas sinergitas yang sudah terjalin untuk mempertahankan NKRI serta mewujudkan kehidupan masyarakat yang sadar hukum, pula ditengah pandemi covid-19 melanda Indonesia, termasuk Kota Tomohon anggota Polri tetap siaga, sabar dan setia dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya ditengah-tengah masyarakat.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon, menyampaikan selamat HUT ke-76 Bhayangkara Kepolisian Negara Republik Indonesia bagi anggota Polri di Kota Tomohon dan dimanapun berada”, ujarnya.

HUT Bhayangkara saat ini, dilaksanakan juga syukuran didalamnya penyerahan hadiah pemenang kejuaraan menembak dan berbagai lomba lainnya dalam rangka HUT Bhayangkara tahun 2022.

Ikut dalam kegiatan, Kapolres Tomohon AKBP Arian Colibrito SIK MH bersama Ketua Bhayangkari Kota Tomohon Dina Arian, Kajari Tomohon Alfonsius Gebhard Loemau SH MH, Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah SE bersama Wakil Ketua Drs Johny Runtuwene DEA, Danramil Tomohon Kapten Inf Juris Sahese mewakili Dandim 1302 Minahasa, Kepala BIN Korwil Tomohon Letkol Ahmad Firgaus, Ketua TP PKK Kota Tomohon drg Jeand'Arc Senduk - Karundeng, Ketua Pengkot Perbakin Tomohon juga sebagai anggota DPRD Ir Miky J L Wenur MAP, jajaran Polri bersama jajaran Pemkot Tomohon.(/Merson)

Tomohon,Sulutnews.com - Berbekal rayuan maut, remaja di Minahasa nekat melakukan pencabulan terhadap pacarnya yang masih di bawah umur. Selama 6  kali, ditempat yang berbeda.

Dikonfirmasi pada Selasa (5/7/2022) malam, Kapolres Tomohon Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito SI.K MH melalui Kasat Reskrim AKP. Denny Tampenawas, Sos membenarkan hal tersebut. “Pria ini AR (16) diamankan polisi karena diduga telah melakukan persetubuhan terhadap korban yang masi dibawa umur (16).

Dijelaskan Kasat Reskrim Kejadian ini bermula saat Korban dijemput oleh Pelaku disalah satu warung yang berada di Kelurahan Walian Kecamatan Tomohon Selatan, dimana keduanya diketahui memang ada hubungan pacaran.

"Selanjutnya korban bersama dengan pelaku berboncengan dan mengarah ke kompleks perkebunan Wawo yang berada di Kelurahan Walian Kecamatan Tomohon Selatan.

Saat itu pada sekitar pukul 21.00 Wita korban bersama dengan terduga pelaku mampir disalah satu gubuk atau pondok yang terletak di area perkebunan wawo, dimana pelaku melancarkan aksinya dengan menyetubuhi korban yang diawali dengan bujuk rayu.

Lanjut Dijelaskan Kasat Reskrim sebelum melancarkan aksinya itu, terduga pelaku meyakinkan korban bahwa ia (terduga pelaku. Red) akan bertanggung jawab terhadap korban, hingga akhirnya korban pun rela disetubuhi oleh terduga pelaku.

Perbuatan terduga pelaku tersebut ia lakukan sudah lebih dari 6 (enam) kali di tempat tersebut dengan hari tanggal yang berbeda.

"Dan atas perbuatan tersebut saat ini orang tua korban MRP (46) selaku saksi Pelapor merasa keberatan dan berharap agar supaya perbuatan pelaku dapat diproses sesuai dengan hukum yang berlaku, ucap Kasat Reskrim.

Saat menerima laporan tersebut dikatakan Kasat Reskrim Tim Buser Polres Tomohon yang dipimpin langsung oleh Bripka Bima Pusung langsung menindaklanjuti laporan tersebut dan mengamankan terduga pelaku pada hari Selasa (5/7/2022).

Saat diinterogasi korban yang didampingi oleh orang tua korban menceritakan seluruh kronologi kejadian, beserta identitas dari pelaku, setelah memperoleh identitas pelaku Tim Resmob langsung melakukan pengembangan dengan mencari keberadaan pelaku.

Selang beberapa jam Tim Resmob berhasil memperoleh informasi bahwa pelaku saat itu sedang berada salah satu  Kecamatan tepatnya di kabupaten Minahasa.

Tidak menunggu lama Tim Resmob langsung bergerak ke rumah Pelaku dan berhasil mengamankan pelaku tanpa perlawanan, selanjutnya mengamankan pelaku ke Mapolres Tomohon guna proses lebih lanjut.

“Saat ini terduga pelaku sudah diamankan di Mapolres Tomohon untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tandas Kasat Reskrim Polres Tomohon.

Penulis: ARP

TALAUD, Sulutnews.Com - Anggota DPRD Sulut Sherly Tjanggulung menyampaikan apresiasi yang tinggi atas capaian keberhasilan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Talaud, hal ini diungkapkan Tjanggulung sehubungan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke 20 Kabupaten yang berbatasan dengan negara Philipina itu pada Selasa (5/7/2022).Menurutnya Kabupaten Talaud dibawah kepemimpinan Bupati DR dr Elly Engelbert Lasut, ME mendapatkan hal yang luar biasa sehingga dapat menjawab apa yang didambahkan oleh masyarakat.

" Kerinduan masyarakat untuk menikmati jaringan internet yang dulu sangat sulit, kini bisa dijawab dengan dibangunya 28 menara oprator seluler Telkomsel yang menjangkau wilayah kepulauan yang menjadi pintu gerbang Indonesia di bagian utara ini," ungkap Tjanggulung

Sebagai wakil rakyat yang saat menjadi Anggota Komisi III DPRD Sulut, Tjanggulung juga menyampaikan capaian program digitalisasi dalam pelaksanaan berbagai kegiatan pemerintahan." Kabupaten Talaud mulai bergerak maju dari ketertinggalan dan ini semua atas kerja keras Pemerintah yang didukung oleh stakeholder serta segenap masyarakat," kata Tjanggulung.

Pembangunan Rumah Sakit diwilayah Kabupaten Talaud akan segera dilakukan seperti di Pulau Miangas akan di bangun Rumah Sehat dan di Pulau Kabaruan, selain iPemerintah Kabupaten Kabupaten Talaud telah melobi pihak PLN untuk membangun mesin generator untuk menjawab krisis Listrik karena daya yang tersedia tidak mencukupi kebutuhan listrik masyarakat.

Dalam kaitan peringatan HUT ke 20 Kabupaten Talaud, Pemerintah Kabupaten menggelar upacara yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati dengan Inspektur Bupati DR. dr Elly Engelbert Lasut, ME yang dalam sambutannya menyampaikan kondisi Aman, Damai, Bahagia, dan Sejahtera kiranya terus dilestarikan ."Penting dalam perayaan ini adalah kesederhanaan sehingga kita bisa melakukan yang terbaik buat Masyarakat di Kabupaten Talaud," kata Lasut.

Pesan yang juga disampaikan yakni tiga hal yang penting yaitu membangun Sumber Daya Manusia dalam memperhatikan Pendidikan dengan pemberian Bea Siswa, Peningkatan Infrastruktur Kesehatan, meningkatkan pembangunan infrastruktur seperti Pemasangan Lampu Jalan, Pembangunan perpustakaan Daerah, Pembangunan SPBU di kecamatan Tampaama, Pembuatan Jalan dari Desa Apan sampai kecamatan Rainis,, akan menjadinprogram prioritas yang wajib dilaksanakan.(josh tinungki)