Indri Rambi

Indri Rambi

 

Mitra,Sulutnews.com - Camat Djelly Kawengian dan Anggota Dewan (Angdew) Dennij Porajow kompak melepas rombongan pawai HUT RI ke 77 di kecamatan Pasan, Rabu (17/8/22).

 

Sesuai pantauan media ini, Terlihat Camat Pasan Djelly Kawengian dan Anggota dewan Dennij Porajow bersama sama memegang dan mengangkat tongkat menandakan melepas pawai yang diawali oleh pasukan pengibar bendera (Paskibra).

 

Turut menyaksikan dalam pelepasan simbolis kali ini juga sekretaris kecamatan pasan stella pogaga serta perwakilan TNI.

 

Mitra,Sulutnews.com - Bupati James Sumendap SH, mengajak seluruh generasi muda ikut serta mengisi kemerdekaan, hal tersebut di ungkapkan bupati saat  menjadi Inspektur Upacara (IRUP) Hari Ulang Tahun Republik Indonesia) (HUT RI) ke 77, Rabu (17/8/2022) di lapangan Ompi Ratahan.

Bupati dalam arahan, mengatakan era teknologi yang terus berkembang, diharapkan tidak melunturkan semangat kemerdekaan para generasi muda. Momentun HUT kemerdekaan ini, Sumendap mengajak generasi muda di Minahasa Tenggara mulai dari SD, SMP, SMA dan seluruh kemampuan kepemudaan, untuk bangkit lebih kuat. “Generasi muda agar ikut serta dalam mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif guna mewujudkan pembangunan bangsa, khususnya di Minahasa Tenggara,” tukas Sumendap.

Dikatakan Sumendap, generasi muda sepatutnya bersyukur atas perjuangan para pendahulu yang berkorban merelakan jiwa maupun raganya demi Ibu Pertiwi. “Ada banyak tantangan yang sedang dihadapi bangsa, salah satunya covid19. Mari kita berkomitmen untuk Pulih Lebih Cepat dari kondisi ini, kemudian Bangkit menjadi Lebih Kuat,” pungkas Sumendap.

 

Mitra,Sulutnews.com - Pemerintah kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terus berupaya mempertahankan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) terkait pengelolaan keuangan, kali ini lewat pemeriksaan laporan keuangan (LK) SKPD oleh Inspektorat Mitra.

 

Kepala Inspektorat Mitra Marie Makalow, mengatakan pemeriksaan kali ini yakni program rutin inspektorat dalam mengantisipasi pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) oleh BPK RI.

 

" Pemeriksaan telah di mulai dan tim sudah di bagi ke semua SKPD untuk melakukan pemeriksaan," ujar makalow (10/8/2022).

 

Makalow juga meminta seluruh SKPD untuk proaktif dalam pemeriksaan inspektorat kali ini terlebih penyiapan administrasi yang di minta harus diperhatikan.

 

" Tentu dengan adanya pemeriksaan kali ini, dalam menghadapi pemeriksaan BPK kedepannya SKPD sudah tidak kesulitan karena sudah dipersiapkan sebelumnya dan fokus kali ini pada LK dan persoalan aset di SKPD," pungkasnya.

RATAHAN - Bukan sekedar ancaman atau isapan jempol belaka, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) dipimpin Frangky Wowor akhirnya harus mengambil langkah tegas dengan menertibkan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang tidak mengikuti aturan, belum lama ini.

 

 

 Wowor memastikan alasan ditutupnya sejumlah KSP dikarenakan belum mengantongi rekomendasi operasional dari Pemerintah Minahasa Tenggara dalam hal ini pihaknya. Meski lanjut Wowor KSP sudah terdaftar di provinsi namun aturan daerah juga wajib ditaati.

 

 

 

 

“Meskipun KSP ini terdaftar di Provinsi, tapi Mitra juga ada aturan yang harus dipenuhi oleh setiap pelaku usaha. KSP yang kami tertibkan saat ini belum mengantongi rekomendasi,” tutur Wowor di hadapan pengurus salah satu KSP yang di tutup.

 

 

 

Wowor juga menyatakan pada intinya Pemkab Mitra tidak pernah menghambat setiap pelaku usaha untuk berkembang di Mitra, akan tetapi harus sesuai mekanisme yang ada.

 

“Untuk sementara koperasi ini dihentikan dahulu operasionalnya sambil memenuhi rekomendasi di selesaikan,” ucapnya.

 

 

 

Sementara, pihak KSP Fajar Indah dihadapan jajaran DKUKMPP Mitra memang mengaku belum mengantongi rekomendasi, meskipun sebelumnya sudah sempat di proses. Tetapi karena dampak Covid sehingga proses terhenti.

 

 

 

 

“Kami akan informasikan dengan atasan kami terkait hal ini. Tentunya kami akan melanjutkan proses yang sempat terhenti,” terang perwakilan dari KSP Fajar Indah.

 

 

 

 

Dikesempatan yang sama juga wowor membeberkan akan terus melakukan penertiban bagi koperasi yang beroperasional di Mitra, terlebih didapati adanya Koperasi asal kabupaten tetangga yang membuka cabang di kabupaten Mitra.

 

 

 

“Kami tentunya akan berlaku adil dalam penertiban , ini juga dalam rangka tertib administrasi yang ada, ini juga menjadi tanda awas bagi koperasi lainnya agar memenuhi setiap persyaratan kalau mau berusaha di Mitra,” Pungkas Wowor didampingi Kepala Bidang Koperasi, Adry Kawengian. (***)

 

 

 

MITRA, Sulutnews.com– Waktu dekat Kepala Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Drs. Ascke Benu, M.Si akan adakan Identifikasi dan Ferivikasi vaktual kepada 153 Organisasi Masyarakat (Ormas).

 

Disaat ditemui sejumlah awak media ruang kerja Benu mengatakan, tujuan identifikasi dan Ferivikasi vaktual terkait dengan kejela san dari para ORMAS yang ada di Kabupat en Minahasa Tenggara.

 

“Kami akan memeriksa kejelasan dari Orm as yang ada di Mitra, sesuai data yang kami punya saat ini ada sekitar 135 Ormas. Jadi kesemuanya akan kami adakan pemeriksaan” ujar Kaban Kesbangpol Selasa 7 Juni 2022.

 

Dirinyapun berharap, kepada 153 ORMAS yang ada di Kabupaten Mitra agar segera mungkin menyelesaikan administrasi sesuai dengan ketentuan regulasi.

 

“Jika ORMAS tidak mampu menyelesaikan ketentuan sesuai dengan regulasi, kami akan memberikan surat peringatan. Bila masih tetap mengindahkan surat, kami akan mengambil tindakan tegas,” pungkas Benu.

 

MITRA, Sulutnews.com -  Wakil Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Drs. Jesaja Jocke Legi menghadiri sekaligus membuka Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II dan Golongan III formasi tahun 2019, bertempat di Balai Diklat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa 14 Juni 2022.

 

Perlu juga di ketahui, sebanyak 137 CPNS yang diri dari, Golongan II sebanyak 29 orang, golongan III sebanyak 108. Adapun tenaga teknis sebanyak 23 orang, tenaga Guru sebanyak 67 orang, tenaga kesehatan sebanyak 47 orang peserta Latsar. Dengan waktu pelaksanaan 18 hari on campus, 30 hari masa aktualisasi, 3 hari ujian aktualisasi.

 

Dalam sambutan Bupati Kabupaten Mitra James Sumendap, SH, MH, yang dibacakan oleh Wakil Bupati Drs. Jesaja Jocke Legi menyampaikan, Latsar merupakan salah satu pengembangan kualitas aparatur. Disamping itu juga, Latsar bertujuan untuk membentuk PNS yang Profesional.

 

“Latsar ini diselenggarakan bukan sekedar memenuhi persyaratan Administratif atau formalitas belaka. Namun saya berharap, para peserta Latsar akan dapat membawah dampak yang riil bagi peningkatan para ASN,” ujar Legi.

 

Wabup juga berharap, para peserta Latsar agar mampu berkontribusi besar terhadap kelancaran serta kebijakan sampai pada Implementasinya dalam berbagai sektor pembangunan.

 

“PNS dituntut profesional dan serta bisa memberikan pelayanan berkualitas, serta mampu memenuhi standard kopetensi. Saya juga berharap agar seluruh peserta Latsar untuk mengikuti setiap materi dengan serius dan disiplin,” pungkas Wabup.

 

Ditambahkannya, melalui pendidikan dan pelatihan dasar ini juga ada peningkatan pemahaman terhadap visi, misi dan arah pembangunan Kabupaten Mitra yang nantinya dapat secara riil.

 

“Pada kesempatan ini, saya menitipkan sebanyak 137 CPNS dari Kabupaten Mitra kepada BPSDM Provinsi Sulut dilatih sesuai dengan kurikulum dan metode pelatihan yang berlaku. Kepada para peserta Latsar selamat mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar semoga berjalan dengan baik,” tutup Legi.

 

Sementara itu, Kepala BPSDMD Provinsi Sulut Drs.Marhaen R.Tumiwa ,M.Pd dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada Bupati Mitra karena berkomitmen dalam menganggarkan dana sehingga dapat terlaksana kegiatan ini.

 

“Latsar ini bukan sekedar program sebagai formalitas untuk memenuhi kriteria CPNS menjadi PNS, tetapi sebagai program dalam pemenuhan kompetensi CPNS. Serta untuk mengisi bagaimana program latihan menja di pembentukan mental karakter dalam me menuhi kompetensi baik teknik managerial, digital, nasionalis, administrasi pemeritahan sebagai sosok ASN profesional, memenuhi standar ASN yang berakhlak dan mampu berkolaborasi dalam tugas sebagai ASN

Pemersatu NKRI,”ujar Singkat Tumiwa.

 

Adapun yang ikut dalam acara Pembukaan Latsar CPNS tahun 2019 diantaranya, Wakil Bupati Drs. Jesasa Jocke Legi, Kepala BPSDMD Provinsi Sulut Drs.Marhaen R.Tumiwa ,M.Pd, Kepala BKPSDM Kabupatrn Mitra Rine Komansilan, S.Pd, MAP. 

Manado,Sulutnwews.com-Wakil Ketua DPRD Sulut, James Arthur Kojongian menerima kunjungan Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Senin (13/06/2022) di Kantor DPRD Sulut.

 

Pertemuan ini dihadiri Ketua Komisi 1 Razky Mokodompit dan Cristo Lumentut. Kojongian mengemukakan, merasa senang atas kedatangan Anggota DPRD Kabupaten Mitra.

 

“Kami minta maaf karena banyak teman-teman yang tidak ada karena ada tugas ke luar daerah seperti PDIP dan Partai Nasdem,”ungkapnya.

 

Ia pun menjelaskan, terkait pertanyaan tadi untuk penetapan APBD 2021 semuanya dilakukan secara tepat waktu. Bahkan sampai paripurna semuanya dilakukan dengan tepat waktu.

 

Di sisi lain, sebagai catatan untuk APBD Tahun 2023 setelah pandemi ikon Sulut untuk pariwisata akan digairahkan kembali.

 

“Beberapa waktu lalu Pemprov telah menerima investor dari Singapura dan China yang datang mengetahui pengemasan olahan seperti VCO agar dijual dengan standar yang lebih baik,”ungkapnya seraya menambahkan apabila dikelola dengan baik perekonomian akan berjalan dengan normal kembali.

 

Sementara itu, Razky Mokodompit mengatakan, untuk APBD Tahun 2022 fokus untuk peningkatan dan perbaikan ekonomi.

 

Lanjutnya, fase endemi saat ini harus dijaga agar masyarakat dapat meningkatkan perekonomian diantaranya menggairahkan kembali sektor pariwisata.

 

Di sisi lain Anggota DPRD Sulut, Cristo Lumentut mengemukakan, DPRD Sulut akan mengeluarkan Perda inisiatif Cap Tikus.

 

“Semoga Perda ini ditetapkan dengan cepat sehingga akan mendukung perekonomian masyarakat di Sulut,”ujarnya.(*)

 

MITRA, Sulutnews.com– Wakil Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Drs. Jesaja Jocke Legi mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara virtual dari Kantor Bupati, Rabu 1 Juni 2022. Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 tahun ini dipusatkan di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan mengusung tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”.

 

Dalam pidatonya, Presiden Republik Indon esia (RI) Ir. Jokowidodo mengajak seluruh anak-anak bangsa untuk bersama-sama membumikan Pancasila, serta mengaktualisasikan nilai-nilai luhur pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

 

“Walaupun Pancasila sudah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antarnilai-nilai, dan rivalitas antarideologi,” ujar President.

 

Ditambahkannya, Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi lanskap kontestasi ideologi. Revolusi Industri 4.0 menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, dalam berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara.

 

“Ketika konektivitas 5G melanda dunia, maka interaksi antar dunia juga akan semakin mudah dan cepat. Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideolog- ideolog transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, ke seluruh kalangan, dan ke seluruh usia, tidak mengenal lokasi dan waktu.

 

Karena itu, kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi ini. Menghadapi semua ini perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama Revolusi Industri 4.0.

 

“Saya mengajak kepada seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan,” ajak President.

 

Wakil Bupati yang didampingi Sekertaris Daerah Mitra David H Lalandos, AP, MM, Asisten III Ir. Elly Sangian, Kejari Amurang diwakili oleh Kasi Intel Aldy Slesviqtor Hermon, SH, MH, Kepala Kesbangpol Mitra Aske Benu, M.Si sekaligus penanggung jawab pelaksanaan upacara Kesaktian Pancasila tahun 2022, bersama seluruh Kepala SKPD di Kabupaten Mitra. 

 

RATAHAN - Akan dimulainya Operasi Patuh Samrat, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) termasuk didalamnya jajaran Polres Minahasa Tenggara langsung menindaklanjuti dengan melakukan gelar apel pasukan gabungan diikuti unsur TNI dan Pemkab Mitra dalam hal ini Satpol-PP, bertempat di halaman Kantor DPRD Mitra, Senin (13/6/2022).

Sambutan Kapolda Sulut, Irjen Pol Mulyatno dibacakan Kapolres Mitra, AKBP Rudi Hartono mengatakan apel gelar pasukan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel serta sarana pendukung sehingga operasi bisa berjalan optimal dan berhasil.

"Diketahui, tingkat kecelakaan secara keseluruhan di Sulut dalam bulan terakhir tahun 2022 turun 14 persen jika dibanding dengan bulan sebelumnya. Disisi lain juga untuk angka penyebaran covid di Sulut semakin terkendali," kata Kapolres sembari mengingatkan bagi jajarannya lebih optimal dalam tugas dan disiplin protokol kesehatan.

Lanjut Kapolres masih dalam sambutan Kapolda, Operasi Patuh Samrat ini akan dilaksanakan selama 14 hari kedepan, dimulai tanggal 13 sampai dengan 26 Juni 2022.

"Sasaran kami segala bentuk gangguan penyebab kemacetan dan masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalulintas dan masyarakat yang belum memahami tentang (over di mention dan over loading) khusus kendaraan angkutan barang yang sangat berpotensi terjadi kecelakaan," tegasnya.

Dalam operasi kali ini juga Polri melalui Polda Sulut didalamnya Polres Mitra, prioritaskan kegiatan yang mampu mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri khususnya Polisi Lalu Lintas (Polantas).

 

"Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan petugas di lapangan saat menjalankan tugas diantaranya, melakukan deteksi dini serta pemetaan, melaksanakan Binlu kepada masyarakat tentang tertib berkendara, memberikan edukasi dan penerangan untuk menambah kesadaran masyarakat kemudian melakukan tindakan Gakkum dengan menilang elektronik (E-TELE) secara statis dan mobile," terang Hartono.

 

Diakhir sambutan Kapolda melalui Kapolres mengarahkan serta menekankan pentingnya menerapkan pedoman untuk keberhasilan tugas dilapangan.  

 

"Selalu bertaqwa kepada kepada Tuhan Yang Mahakuasa melalui doa, jalin kerjasama yang aktif antar institusi negara, jaga keselamatan satuan serta wujudkan pelayanan aparat yang humanis dan bersih dari korupsi," tukas Hartono. (***)

 

 

RATAHAN - Baru-baru ini Minahasa Tenggara di kunjungi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI melalui Direktur Pengembangan Destinasi II, Wawan Gunawan bersama jajaran serta mengapresiasi percepatan pengembangan kawasan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). 

 

 

Kedatangan jajaran Kemenparekraf Sandiaga Uno ke daerah ini dalam rangka melakukan kunjungan sosialisasi pengelolaan daya tarik wisata yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mitra Camp Peter dan Sarah Bay pasir putih Kecamatan Pusomaen.

 

 

 

Dalam sosialisasi, Wawan Gunawan mengatakan, Ini salah satu komitmen dari instansi pihaknya untuk mengembangkan potensi destinasi wisata di seluruh Indonesia.

 

 

 

"Apa yang telah dilakukan pihak Pemkab Mitra saya rasa sudah tepat. Bagaimana memberikan informasi terkait potensi wisata di daerah baik itu potensi wisata alam ataupun wisata budaya buatan itu kami rasa sangat luar biasa. Kuncinya disini yaitu, bagaimana komunikasi itu terbangun," ujar Wawan.

 

 

 

Lanjut Wawan memuji pariwisata Minahasa Tenggara, karena dirinya merasa ada aura yang luar biasa eksotik yang dapat meminta dan menambah ekonomi daerah.

 

 

 

"Bagaimana ini bisa menjanjikan sebuah atraksi, tidak di apa-apa juga sudah luar biasa. Apa lagi kalau sudah di sentuh, apa lagi kalau disini sudah dibuat destinasi yang berkualitas, berintegrasi, dan berkelanjutan. Kuncinya disini ada di Komunikasi," puji Wawan.

 

 

 

Masih dalam suasana sosialisasi, dirinya mendorong bahwa Kabupaten Mitra harus siap dalam memajukan potensi wisata. Sebab komitmen Bupati dan Wakil Bupati selaku kepala daerah menetapkan lokasi ini sebagai lokasi prioritas pariwisata.

 

 

 

"Contohnya pengembangan kawasan wisata pantai pasir putih (saat ini) dimana Pemkab Mitra harus lebih fokus menata potensi wisata. Sebab Kalau tidak fokus percepatan pariwisata pasti lambat bergerak," kata Wawan. 

 

Namun ketika bapak Bupati menetapkan salah satu destinasi prioritas di Mitra, lanjutnya, dalam artian disini semua SKPD harus didorong ke salah satu destinasi. Ini akan sangat membantu serta memudahkan sinergitas pemerintah pusat dan daerah.

 

 

 

"Kita mulai bangun dari sekarang spot wisata yang ada di Mitra untuk lebih dikenal masyarakat luas dengan pemandangan alam yang tak kalah bersaing dengan Cappadocia salah satu destinasi wisata di Negara Turkey yang mendunia saat ini," tutur Wawan.

 

 

 

Sementara, Wakil Bupati Mitra Drs. Jesaja Jocke Legi yang diikuti oleh peserta yaitu Kepala Kecamatan, Hukum Tua dan Pengelola Desa Wisata serta Stakeholders Pariwisata dalam kegiatan tersebut memberikan apresiasi yang tinggi atas ke pedulian dari Kemenparekraf bagi pariwisata dan ekonomi di Mitra untuk mendorong lebih maju lagi dalam mengelolah.

 

 

 

"Mewakili Bupati, saya berharap dengan apa yang dibekali Dirjen Dinas Pariwisata dan perekonomian kreatif akan sangat bermanfaat guna percepatan dunia Pariwisata di Kabupaten Mitra," ucap Legi.

 

 

 

Sementara itu, kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Mitra Johana Untu mengucapkan, terima kasih atas kunjungan dari Dirjen pengembangan Destinasi II Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI DR. Wawan Gunawan, S.Sn, MM serta Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulut Henry Kaitjili SE yang diwakilkan Oleh Kabid Pengembangan Industri Pariwisata Fany Matheus.

 

 

 

"Kiranya apa yang telah disampaikan oleh Kemenparekraf RI dan Dinas Pariwisata Provinsi akan kami tindaklanjuti kedepan nantinya, ini merupakan satu modal untuk menuju pariwisata Mitra mempunyai reputasi dan berprestasi. Seperti slogan Mitra membangun reputasi yang berprestasi," tukasnya. (***)