March 2022

Kotamobag,Sulutnews.com - Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Utara Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir, S.I.K, M.T.C.P mengunjungi Polres Kotamobagu sementara di gedung eks UDK Selasa (15/3/2022).

Untuk di ketahui kedatangan Wakapolda Sulut ini adalah untuk mengecek pembenahan Mako Polres Kotamobagu sementara serta mengecek pelayanan masyarakat yang dilaksanakan di gedung eks UDK ini.

Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid, SIK menyambut kedatangan Wakapolda bersama Walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara saat akan meninjau bangunan Polres Kotamobagu sementara.

Wakapolda Sulut memeriksa setiap ruangan dan mengecek kesiapan administrasi di masing-masing bagian, satuan dan seksi.

Dalam kesempatan kunjungan ini, Wakapolda mengucapkan terima kasih kepada Walikota Kotamobagu yang telah membantu menyediakan bangunan Polres Kotamobagu sementara berikut fasilitas penunjang untuk operasional Kepolisian.

Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid, SIK melalui Kasi Humas Iptu I Dewa Dwiadyana menyampaikan bahwa kunjungan Wakapolda ini merupakan kunjungan kedua kalinya setelah sebelumnya pada Senin (7/3/2022) lalu, untuk melihat langsung Mako Polres yang terbakar serta Mako Polres Kotamobagu sementara di gedung eks UDK jalan Ahmad Yani Kotamobagu.

“Kunjungan Wakapolda Sulut ke Polres Kotamobagu sementara adalah untuk mengecek pembenahan serta kesiapan pelayanan kepada masyarakat juga kelengkapan administrasi serta memberi arahan kepada seluruh pejabat utama Polres Kotamobagu terkait pelaksanaan tugas. (Adrian)

Published in Kotamobagu

Manado,Sulutnews.com - Pascakebakaran Mako Polres Kotamobagu, pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan normal.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno, beberapa saat usai mengunjungi lokasi kejadian, pada Kamis (3/3/2022) petang.

“Saya selaku Kapolda Sulut menjamin bahwa, tugas-tugas Polri untuk memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat maupun penegakan hukum, untuk sementara masih berjalan normal meskipun ada sedikit kendala. Tetapi pada prinsipnya masih berjalan dengan normal,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Hal itu terlaksana, lanjutnya, berkat dukungan dan bantuan dari Pemkot Kotamobagu, Kodim, masyarakat, serta pihak-pihak lainnya.

“Kami telah berkoordinasi dan bekerjasama dengan Wali Kota Kotamobagu juga Dandim serta masyarakat, yang sangat antusias membantu pascakebakaran. Jadi kita optimis, supaya tugas-tugas Polri tidak terganggu,” jelas Irjen Pol Mulyatno.

Terkait olah TKP, tambah Irjen Pol Mulyatno, akan dilakukan oleh Tim Labfor Polri Cabang Makassar dibantu Tim Inafis Polda Sulut, rencananya pada Jumat (4/3) pagi.

“Tentunya kita akan sama-sama untuk melakukan penyelidikan, pendalaman, juga olah TKP,” kunci Irjen Pol Mulyatno.

Diketahui, musibah kebakaran Mako Polres Kotamobagu yang berlokasi di Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara (Sulut) ini, terjadi pada Kamis (3/3) dini hari, sekitar pukul 03.30 WITA.

Selain mendatangi TKP, Irjen Pol Mulyatno dan rombongan juga melihat langsung kondisi eks gedung civitas UDK, yang akan dijadikan sebagai kantor sementara Kapolres dan staf, termasuk untuk pelayanan.

Turut mendampingi Kapolda yakni, Irwasda beserta beberapa Pejabat Utama Polda Sulut, Kapolres Kotamobagu dan jajaran, Dandim 1303/Bolmong serta Wali Kota Kotamobagu.
(Adrian)

Published in Kotamobagu

Manado,Sulutnews.com – Mako Polres Kotamobagu yang berlokasi di Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara (Sulut), terbakar pada Kamis (3/3/2022) dini hari, sekitar pukul 03.30 WITA.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, membenarkan hal tersebut.

“Kronologi kejadian berdasarkan keterangan personel piket, sekitar pukul 03.25 WITA api disertai kepulan asap muncul dari arah gudang belakang, dan sudah mengarah ke gedung utama,” ujarnya, di sela-sela mendampingi Kapolda Sulut meninjau lokasi kejadian, pada Kamis malam.

Lalu sekitar pukul 03.30 WITA, kobaran api pun cepat membesar di bagian depan bangunan, hingga membakar bangunan atau ruangan-ruangan lainnya.

Tak berselang lama, Kapolres Kotamobagu bersama para Pejabat Utama tiba di Mapolres dan langsung mengevakuasi para tahanan ke Polsek Kotamobagu.

Selanjutnya sekitar pukul 03.45 WITA, mobil Dinas Pemadam Kebakaran Pemkot Kotamobagu tiba di TKP dan langsung melakukan pemadaman.

“Totalnya ada empat unit mobil Pemadam Kebakaran Pemkot Kotamobagu dan 1 unit mobil AWC kepolisian yang turut memadamkan api, dibantu warga. Sekitar pukul 05.00 WITA, api berhasil dipadamkan, dan dilanjutkan dengan pendinginan,” terang Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Lebih lanjut Kombes Pol Jules Abraham Abast menerangkan, pascakebakaran petugas kepolisian sudah menutup lokasi guna kepentingan olah TKP yang rencananya dilakukan pada Jumat (4/3) pagi.

“Olah TKP dan pemeriksaan lokasi kebakaran akan dilakukan oleh Tim Labfor Polri Cabang Makassar dibantu Tim Inafis Polda Sulut, pada Jumat pagi, setelah api dipastikan sudah benar-benar padam dan tidak ada bara api lagi,” jelasnya.

Meski terjadi musibah kebakaran, sambung Kombes Pol Jules Abraham Abast, pelayanan Polres Kotamobagu untuk masyarakat tetap berjalan dengan memanfaatkan beberapa ruang yang ada.

“Saat ini sudah mendapat dukungan dari Pemkot, Wali Kota Kotamobagu sudah menyiapkan eks gedung civitas UDK sebagai kantor sementara Kapolres dan staf, termasuk untuk pelayanan. Rencananya Jumat pagi personel Polres Kotamobagu kerjabakti di eks gedung civitas UDK untuk persiapan sebelum ditempati,” tuturnya.

Sementara itu terkait penyebab kebakaran, Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, dugaan sementara karena korsleting listrik.

“Namun untuk mengetahui penyebab pasti dan sumber titik api, masih menunggu hasil olah TKP Tim Labfor Polri Cabang Makassar dibantu Tim Inafis Polda Sulut. Sampai saat ini berdasarkan hasil pemeriksaan, tidak ada korban jiwa. Sedangkan kerugian material masih dalam pendataan lebih lanjut,” ucapnya.

Kombes Pol Jules Abraham Abast juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Kotamobagu, Kodim 1303/Bolmong, masyarakat, dan seluruh pihak lainnya atas dukungan dan bantuan terkait musibah kebakaran ini.

“Kemudian kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak menduga-duga bahkan menyebarkan informasi yang tidak benar terkait musibah kebakaran Mako Polres Kotamobagu,” pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast. (Adrian)

Published in Kotamobagu