Sport,Sulutnews.com - Manajer Real Madrid Carlo Ancelotti menulis ulang buku sejarah Liga Champions saat gol babak kedua Vinicius Junior memastikan kemenangan 1-0 melawan Liverpool di Paris untuk mengamankan rekor kesuksesan ke-14 bagi Real dan menjadikan Ancelotti pelatih pertama yang memenangkan empat Piala Eropa.

Namun meski gol Vinicius menjadi momen yang menentukan, Real berutang kemenangan kepada kiper Thibaut Courtois, yang melakukan serangkaian penyelamatan penting sepanjang pertandingan. Mantan penjaga gawang Chelsea itu menggagalkan upaya Mohamed Salah dan Sadio Mane selama tahap awal, mendorong tembakan Mane ke tiang saat Liverpool berusaha memanfaatkan awal yang cerah untuk permainan. Courtois melanjutkan penampilan heroiknya di babak kedua,

Kiper timnas Belgia itu jatuh bangun menjaga kesucian gawang Los Blancos untuk meraih trofi UCL ke-14 merela

Thibaut Courtois menjadi protagonis kemenangan 1-0 Real Madrid atas Liverpool, Minggu (29/5) dini hari WIB, dan mencetak rekor baru di final Liga Champions Eropa.

Kiper timnas Belgia tersebut sukses menjaga kesucian gawang Los Blancos dari serangan bertubi-tubi The Reds sepanjang 90 menit ketika menghadapi pasukan Jurgen Klopp.

Berkat penampilan gemilang Courtois di belakang, sebiji sumbangan dari Vinicius Junior di menit ke-59 pun sudah cukup untuk mempersembahkan trofi UCL ke-14 buat Real Madrid.

Liverpool memang memdominasi jalannya pertandingan sejak menit pertama, melimitasi pergerakan sang lawan sampai-sampai Los Blancos tidak mampu menciptakan satu tembakan pun di babak pertama.

Meski demikian, satu momen brilian hasil kerja sama Federico Valverde dan Vinicius Junior mampu melahirkan satu gol buat pasukan Ancelotti di babak kedua.

Tertinggal, Mohamed Salah cs terus menggempur dan menggempur, hingga mencatatkan sembilan tembakan akurat. Namun semua usaha tersebut mentah di hadapan Courtois, yang kini menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak di final Liga Champions (sembilan) sejak pengambilan data pada 2003/04, menyalip Alisson di final 2019 dan Edwin van der Sar di final 2011 (keduanya delapan).

Meski Real Madrid keluar sebagai juara Liga Champions lima kali dalam sembilan tahun terakhir (2014, 2016, 2017, 2018, 2022) ini adalah Si Kuping Besar pertama Courtois sepanjang kariernya.

Pasalnya, kiper 30 tahun itu baru bergabung dengan Madrid di awal musim 2018/19 ketika dibeli dari Chelsea, semusim setelah Los Blancos juga mengalahkan Liverpool di final Liga Champions 2017/18.

Selain merengkuh trofi paling bergengsi untuk klub Eropa, Courtois juga telah menjuarai dua La Liga, satu Supercopa de Espana, serta satu trofi Piala Dunia Antarklub. 

Dengan memenangkan pertandingan ini, Real membalas kekalahan mereka di final Piala Eropa 1981 melawan Liverpool di ibukota Prancis dan juga memperpanjang rekor kemenangan luar biasa mereka dalam kompetisi tersebut. 14 Piala Eropa Real sekarang dua kali lebih banyak dari AC Milan, yang berada di peringkat kedua dengan tujuh gelar. Liverpool tetap berada di urutan enam setelah terakhir kali memenangkan kompetisi pada 2019. Dan Ancelotti sekarang mengungguli Bob Paisley dari Liverpool dan Zinedine Zidane dari Real sebagai pelatih paling sukses dengan memenangkannya untuk keempat kalinya. Pelatih asal Italia itu memenangkan dua gelar bersama AC Milan, pada 2003 dan 2007, sebelum menambah dua lagi bersama Real pada 2014 dan sekarang 2022.

Penulis: ARP

Sport,Sulutnews.com - Hasil final Liga Champion tadi malam antara Real Madrid vs Liverpool berakhir dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Vinicius Jr. pada Minggu, 29 Mei 2022 di Stade de France, Perancis. Kemenangan ini membuat Los Blancos mengukuhkan diri sebagai tim dengan gelar UCL terbanyak, sejumlah 14 kali.

Serangan balik yang luar biasa dari Real Madrid membuat mereka menang 1-0, termasuk performa bersejarah dari Courtois dengan sembilan penyelamatan sepanjang pertandingan.

Awalnya Liverpool mendominasi wilayah dan tembakan sangat jelas selama babak pertama, mengalahkan Los Blancos dengan sepuluh tembakan berbanding satu.  Mereka menekan dalam 4-3-3 yang biasanya terkoordinasi dengan baik, dan mencegah Real menyelesaikan bola panjang atau berhasil membangun dari belakang.

Sementara itu, Real sama sekali tidak bisa menjebol permainan penguasaan bola.  Upaya menekan yang lemah lembut dengan mudah diatasi oleh bek tengah Liverpool, yang bisa lolos ke Thiago dengan mudah.  Thiago kemudian dapat menemukan penyerang—Díaz, Mané, Salah—dengan operan-operan menegangkan yang mampu menembus garis-garis tekanan terbuka Real.

Namun, Real masih memiliki beberapa situasi di mana mereka bisa melewati lini depan Liverpool, dengan Valverde dan Vinicius berada di belakang bek sayap Liverpool. 

Saat situasi seperti itu menghasilkan peluang paling nyata bagi Real di babak pertama menjelang akhir: umpan ke Benzema menyebabkan kesalahan antara Konaté dan Alisson yang berujung pada gol yang dianulir oleh VAR.

Di awal babak kedua, tempo permainan melambat namun Liverpool terus mendominasi dan menghasilkan tembakan.  Namun, Mendy, Carvajal, Militão, dan Casemiro terus menjauhkan bahaya dari kotak penalti.

Pada menit ke-58, semua penderitaan Real akhirnya digantikan dengan momen serangan besar: rangkaian serangan yang hebat antara Modri ​​dan Carvajal menghasilkan laju Fede yang luar biasa ke sepertiga akhir lapangan.  Apakah Fede ingin melakukan operan atau tembakan, hanya dia yang tahu, tetapi yang terpenting adalah bola berhasil melewati semua pemain bertahan Liverpool dan masuk ke kaki Vinicius untuk mencetak gol.

Setengah jam berikutnya melihat lebih banyak serangan Liverpool, termasuk peluang besar dari Salah dan Jota yang dihentikan dengan brilian oleh Courtois.  Namun, Real Madrid bisa dibilang memiliki penampilan terbaik mereka musim ini dalam mempertahankan kotak, membersihkan sebagian besar bahaya yang masuk ke dalam kotak.  Real Madrid bisa saja mencetak gol kedua dalam beberapa situasi, termasuk serangan balik besar dari Ceballos, dan bola mati di mana Casemiro melewatkan umpan terakhir.

Secara keseluruhan, performa bertahan Real Madrid, tendangan Courtois, dan permainan serangan balik mereka telah membawa tim meraih trofi Liga Champions ke-14. 

Uniknya, dalam konteks laga di Perancis, ini adalah pembalasan Los Blancos atas The Reds.

Pasalnya, pada 1981, Madrid kalah 1-0 dari Liverpool dalam laga di Parc des Princes.

Real Madrid yang merasakan final UCL pertama mereka sejak 2018, turun dengan formasi 4-3-3. Pelatih Carlo Ancelotti mengandalkan kombinasi Karim Benzema dan Vinicius Junior, dengan Fede Valverde menempati posisi sayap kanan, bertarung dengan Andy Robertson.

Sementara itu, Liverpool juga memakai pola 4-3-3. Pilihan Jurgen Klopp untuk trisula di depan adalah Mo Salah, Sadio Mane, dan Luis Diaz. The Reds terbukti tampil lebih dominan daripada Real Madrid sepanjang babak pertama. Bukan cuma karena mereka unggul penguasaan bola hingga 51,7 persen. Liverpool juga mampu melepaskan 10 percobaan, berbanding 1 milik Madrid.

Namun, peluang yang banyak terhambur percuma. Ini termasuk aksi Mo Salah menyambut bola silang Trent Alexander-Arnold (15'). Berselang 6 menit, Sadio Mane melepaskan tembakan yang diblok Courtois, lantas membentur tiang gawang. Los Blancos selamat dari tekanan.

Real Madrid sempat memberikan kejutan pada menit 44, ketika dari sebuah kemelut, Karim Benzema sang top skor UCL musim ini bisa membobol gawang Liverpool. Namun, berdasarkan intervensi VAR, terbukti Benzema terlebih dahulu offside saat menerima bola dari Fede Valverde.

Setelah babak pertama yang tidak ideal, Real Madrid justru mampu lebih berkembang pada paruh berikutnya. Menit 59, Valverde mengirimkan umpan silang datar yang membelah pertahanan Liverpool. Vinicius Junior mencuri kesempatan untuk mencetak gol ke-22-nya di semua kompetisi musim ini.

Jurgen Klopp bereaksi dengan masuknya Diogo Jota. Ini disusul dengan Roberto Firmino dan Naby Keita. Namun, kombinasi Salah-Firmino yang dilanjutkan aksi Robertson (81') dihentikan Courtois. Madrid bermain sangat efektif, sedangkan Liverpool seperti menemui jalan buntu.

Kesempatan lain diperoleh Mo Salah ketika ia bisa mengungguli Ferland Mendy. Namun, tembakannya digagalkan Courtois (83'). The Reds melakukan segala cara untuk mencari gol balasan, hanya lawan mereka kali ini adalah Real Madrid. Pertahanan baja Los Blancos tidak dapat ditembus kubu Anfield hingga laga berakhir.

Berdasarkan statistik Whoscored, sepanjang laga Liverpool melepaskan 24 tembakan (9 tepat sasaran), sedangkan Real Madrid hanya 4 percobaan (2 tepat sasaran).

"Namun, yang istimewa dari Los Blancos adalah penampilan Thibaut Courtois yang diberi rapor 9,2. Ia juga dinobatkan sebagai man of the match dalam final UCL kali ini. Courtois tercatat melakukan 9 penyelamatan.

Keberhasilan Real Madrid mengalahkan Liverpool menunjukkan betapa ajaibnya Los Blancos di UCL musim ini. Hal tersebut dapat terlihat dari cara pasukan Carlo Ancelotti menaklukkan lawan demi lawan, terutama di fase gugur. Selain itu, sejak 8 besar, Madrid selalu menyingkirkan wakil Liga Inggris, dimulai dari Chelsea, Manchester City, dan terakhir Liverpool.

Kemenangan Real Madrid 1-0 atas Liverpool ini membuat Los Blancos berhak merasakan 3 gelar pada tahun 2022. Pasalnya, Los Blancos sebelumnya memenangi Liga Spanyol 2021/2022 dan Supercopa de Espana ke-38.

Sebaliknya, bagi Liverpool, mimpi mereka untuk mencicipi 3 gelar harus berakhir. The Reds sebelumnya punya kesempatan menjadi quadruple winners usai memenangi Piala Liga Inggris (Carabao Cup) dan Piala FA. Namun, kubu Anfield lantas kehilangan gelar juara EPL dan Liga Champions.

Penulis: ARP

Jakarta,Sulutnews.com – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., mendukung peningkatan Kerja Sama Militer dan modernisasi alutsista TNI AD dengan AD Australia. Hal tersebut disampaikan saat menerima kunjungan kehormatan Panglima Divisi I Angkatan Darat Australia Major General Scott Winter di Mabesad, Jakarta, Jumat (27/5/2022).

Kedatangan Panglima Divisi I Angkatan Darat Australia yang didampingi Atase Pertahanan Australia, Brigjen Matt Campbell, Atase AD Australia Kolonel Stephen Daley, Komandan Resimen Sersan Mayor Divisi 1 AD Australia Peltu Michael Landy dan Spesialis Sinyal Ruby Hoye, ke Mabesad disambut hangat oleh Kasad, Wakasad, Irjenad, Koorsahli Kasad dan para Asisten Kasad.

Dalam pertemuan antara Kasad dengan Panglima Divisi 1 Angkatan Darat Australia membahas tentang peningkatan kerja sama militer antara AD Australia dengan TNI AD terkait modernisasi alutsista melalui kerja sama pengadaan Alutsista Strategis, peningkatan profesionalisme dan kemampuan tempur prajurit melalui Latihan Bersama meliputi Army To Army Staff Talks, Subject Matter Expert Exchange (SMEE), Junior Officer Combat Instructor – Indonesia (JOCIT-I) dan kegiatan latma lainnya. 

Di samping itu, kedua belah pihak juga membahas tentang kunjungan Kasad ke Australia yang awalnya direncanakan pada bulan April 2022 terpaksa harus ditunda dikarenakan kegiatan Kasad bersama Presiden Republik Indonesia yang tidak bisa ditinggalkan termasuk rencana kunjungan Asintel Kasad ke Australia dalam rangka studi banding pada institusi pendidikan dan pelatihan intelijen AD Australia yang tertunda akibat dampak pandemi Covid-19.

Dalam lawatannya ke Indonesia dari tanggal 24 s.d.27 Mei 2022,   Panglima Divisi I Angkatan Darat Australia berkesempatan menutup Latihan Junior Officer Combat Instructor – Indonesia (JOCIT-I) di Pusdikif Pussenif Cipatat, melakukan kunker ke Dankodiklatad di Bandung serta melakukan kunjungan kehormatan ke Pangkostrad di Mako Kostrad, Jakarta.

Penulis: ARP

Tomohon,Sulutnews.com - Pengurus Kota Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Tomohon, terus memantapkan persiapan gelaran iven Kejuaraan Menembak Kota Tomohon, dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76. Yang nantinya dihelat di tanggal 1-3 Juli mendatang.

Dikatakan Ketua Panitia Kejuaraan Menembak Kota Tomohon HUT Bhayangkara ke-76 AKP Slamet, guna suksesnya pelaksanaan kegiatan,  pihaknya meminta dukungan penuh dari seluruh pihak. Termasuk di dalamnya seluruh sponsor dan donatur.

"Rapat malam hari ini selain membahas teknis pelaksanaan lomba. Panitia juga memetakan potensi dari sponsor yang ada di Kota Tomohon. Besar harapan kami tentunya, demi suksesnya kegiatan di bulan Juli mendatang. Kiranya seluruh pihak, termasuk di dalamnya pemerintah dan forkopimda Kota Tomohon.

Dapat bersama-sama dengan panitia menyukseskan kegiatan ini," ungkap Slamet,

Didampingi Sekretaris Panitia Cavin T Y Wondal, S.T. di sela rapat yang digelar di Kediaman Ketua Perbakin Tomohon Ir Miky J L Wenur MAP, Kelurahan Walian, Sabtu (28/5).

Dukungan tersebut tentunya, diyakini Kasat Intel Polres Tomohon ini, selain mampu memaksimalkan Kejuaraan Menembak Kota Tomohon. Tentunya dapat mendorong lahirnya, bibit-bibit atlet menembak di Kota Sejuk. Apalagi, Cabor Menembak, masuk dalam olahraga yang digemari di Kota Bunga. 

"Cabor Menembak masuk dalam olahraga favorit di Kota Tomohon. Tentunya berharap dengan maksimalnya kegiatan, selain menyemarakkan HUT Bhayangkara ke-76. Nantinya dapat melahirkan bibit-bibit atlet menembak muda dan profesional," tukasnya yang juga diamini Ketua Perbakin Tomohon Ir Miky J L Wenur MAP. 

Terpisah, Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito SIK MH mengatakan, pihaknya siap mendukung penuh lomba. 

Sembari berharap, semoga melalui lomba ini dapat menjadi sarana berbagi pengalaman bagi para pencinta olahraga menembak, sehingga dapat meningkatkan kualitas olahraga menembak. 

"Polres Tomohon siap mendukung penuh. Harapannya kiranya melalui kegiatan ini, bakat dan potensi para petembak sekaligus menyalurkan hobi dapat diakselerasi," ujar Kapolres.

Adapun dalam rapat sebelumnya, panitia nantinya akan melombakan beberapa kelas diantaranya, 25 Meter Benchrest Open Turnamen,  10 Meter Air Rifle Pump Hunting (Local Tomohon), 10 Meter Air RIfle Pump Hunting (Pejabat TNI/POLRI se-Kota Tomohon. Serta 25 Meter Benchrest Silhouette Pejabat Forkopimda Plus se-Kota Tomohon.

Penulis: ARP

Tomohon, Sulutnews.com - Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E menghadiri dan menyampaikan sambutan pada acara Halal bi Halal & Silaturahmi, bertempat di Masjid Agung Al - Mujahidin Matani Tomohon, Sabtu (28/5/2022).

Wakil Walikota mengucapkan banyak terima kasih atas kegiatan ini dan kami memberikan apresiasi yang tinggi karena halal bi halal dan silahturahmi ini adalah salah satu manifestasi dari orang beriman,orang percaya untuk menghargai sesama makhluk ciptaan Tuhan.

“dengan adanya  halal bi halal dan silahturahmi ini kita lebih di rekatkan apalagi kita di Kota Tomohon ini kota Religius  kita jaga kerukunan  Umat beragama. Jagalah kerukunan karena kota Tomohon telah menjadi salah satu  10 kota Toleran di Indonesia, pada kesempatan ini kami mengingatkan  jangan karena perbuatan seorang oknum kita generalisir agama tertentu, Agama apapun tidak pernah mengajarkan  kejahatan semua  agama mengajarkan kebajikan untuk menghargai sesama umat ciptaan Tuhan yang paling Mulia. Mari kita jaga kota Tomohon, kota Religius agar supaya hidup rukun dan damai dapat tercipta dengan demikian Ekonomi dapat berputar Efek multiplier dapat terasa diseluruh masyarakat kota Tomohon dengan demikian akan ada peningkatan pendapatan dan peningkatan kesejahteraan buat seluruh masyarakat Kota Tomohon”, urai Walikota.

Acara Halal bi Halal turut dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Dr. Praseno Hadi, MM, AK., Ketua Baznas Sulawesi Utara Abid Takalamingan, S.SOS, M.H., Ketua Yayasan Al - Mujahidin Abdul Mahmud, S.E, A.K., Ketua Biro Perekonomian Sulawesi Utara Lukman Lapadengan, Imam masjid Agung Al - Mujahidin Sutardi AK, BA., Forkopimda Kota Tomohon, tokoh AgamaAgama dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(/Merson)

Lampung,Sulutnews.com - Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH  menghadiri rangkaian acara dan menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-22 APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) yang dilaksanakan pada kamis - minggu, 26 - 29 mei 2022 di Hotel Novotel Lampung.

Walikota Senduk menyampaikan selamat ulang tahun APEKSI ke-22, dan berharap kedepannya kerja sama lewat Asosiasi ini akan terus eksis dalam setiap pengembangan program pembangunan di tiap daerah didalamnya Pemerintah Kota.

“Melalui momentum saat ini dan dengan mengacu pada tema HUT APEKSI saat ini, dalam kolaborasi antar Pemerintah Kota di Indonesia kita yakini bersama dan optimis bahwa proses pemulihan dan kebangkitan dalam berbagai bidang termasuk sektor ekonomi ditiap daerah akan berjalan sesuai harapan” ujar Walikota Tomohon.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh APEKSI kerja sama dengan Pemerintah Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Saat ini APEKSI genap usia ke-22 tepat pada 25 mei 2022, dan perayaan HUT APEKSI kali ini bertemakan ‘'Kebangkitan Ekonomi Melalui Kolaborasi Multi Pihak''. Acara HUT dilaksanakan dengan berbagai agenda yakni Syukuran HUT, Seminar Nasional, Expo UMKM dan ada juga side event atau acara pendamping yaitu workshop Nasional, sepeda santai, kunjungan wisata dan sentra UMKM.

Dalam acara puncak syukuran APEKSI ke-22, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Dr H Suhajar Diantoro MSi mewakili Menteri Dalam Negeri dalam sambutannya menegaskan bahwa apa yang terus digaungkan oleh Presiden kaitan dengan budaya kerja kita dalam pemerintahan, intinya yakni berorientasi kepada pelayanan kepada masyarakat, pola relasi antara hubungan antara pemerintah dengan rakyat sudah sangat jauh berubah, sehingga hal ini harus mencerminkan bahwa rakyat sesungguhnya adalah diatas dan kita pemerintah adalah pelayan rakyat.

“Semoga syukuran HUT ini dapat memberi motivasi kepada kita semua didalamnya para Walikota untuk terus melaksanakan tanggung jawabnya serta terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat” ungkap Suhajar.

Pembangunan di daerah sesungguhnya adalah membangun masyarakat menuju masyarakat pembangunan, masyarakat membangun adalah masyarakat mandiri, masyarakat yang mampu mengendalikan masa depannya sendiri.

Diakhir sambutannya ditutup dengan pantun ‘jadilah pemimpin bersenjatakan kata-kata, pemimpin rakyat menyejukan hati, terima kasih kepada seluruh Walikota yang telah bersusah payah memajukan Negeri'.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI Dr H Bima Arya Sugiarto, juga sebagai Walikota Bogor menjelaskan tujuan dilaksanakan kegiatan ini diantaranya untuk mendapatkan pembelajaran dan inspirasi praktis baik pemerintah daerah dalam melakukan kolaborasi proses pembangunan, untuk memperkuat peran APEKSI dalam mengangkat profil Asosiasi serta para anggota.

Pada kegiatan ini Walikota Tomohon didampingi oleh Kabag Prokopim Christo Kalumata, S.STP, Kabag Umum Semuel Roeroe, S.STP.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Unsur Pemerintah Provinsi Lampung, Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana bersama unsur Forkopimda Bandar Lampung, para Walikota anggota APEKSI, para mitra strategis APEKSI/Pemerintah Daerah bersama unsur Organisasi Perangkat Daerah terkait dari tiap Kota.(/Merson)

Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E Menghadiri Peresmian Gedung  The Prime Aesthetic and Anti Aging Tomohon, bertempat di Walian satu, Tomohon Selatan Rabu, (28/5/2022).

Khadim Ibadah peresmian Pdt. Dr. Len Matoke,spsma. Owner Prime Clinic Tomohon dr. Oktavian Tamon, M.Biomed(AAM),Acara Peresmian ini di tandai dengan pengguntingan Pita dan pelepasan balon oleh Wakil Walikota dan dokter prime klinik.

Dalam sambutannya Wakil Walikota mengatakan bahwa Kami pemerintah kota Tomohon menyambut baik segala bentuk  usaha yang ada di kota Tomohon karena dengan adanya kegiatan-kegiatan ekonomi pasti ada efek Multiply kepada pemerintah maupun masyarakat di kota Tomohon, Pemerintah akan mensupport kegiatan-kegiatan ekonomi yg bersifat legal.

Kami pemerintah kota Tomohon mengucapkan banyak selamat dan semoga sukses, Tuhan Yesus memberkati kita semua, Tuhan Yesus memberkati Kota Tomohon.

Turut hadir Wakapolres Tomohon Kompol Ferdinand Runtu dan para undangan.(/Merson)

Rote Ndao,Sulutnews.com - Advokat Dr. Togar Situmorang seorang pakar Hukum Pidana telah ditunjuk PT Keranjang untuk menanganin proses hukum sebagai Tergugat dijenjang Kasasi pada Mahkamah Agung RI dan telah diputus serta Relaas Pemberitahuan Putusan Kasasi telah diterima di Law Firm Dr. Togar Situmorang  Jumat ini (27/5/2022)  dengan No. 8/Pdt-Sus-PHI /2021/Pn.Dps.

Dr. Togar Situmorang,.SH.,MH.,MAP.,CMed., CLA,. atas Relaas Putusan Kasasi tersebut sangat puas dimana amar yang telah diterapkan sangat menggembirakan dan sangat menunjukan kwalitas para Hakim di Mahkamah Agung RI begitu sangat Bijak dan Mulia sehingga sangat memuaskan para pihak baik Penggugat atau Tergugat (PT. Keranjang).

Menurut Togar, Amar Kasasi Mahkamah Agung RI diterima kedua belah pihak selambat lambatnya 30 Hari dari putusan dan berkas perkara diterima Pengadilan Tingkat Pertama. Merujuk Pasal 46 ayat 1 Undang Undang Nomor 14 Tahun 1985 Tentang Mahkamah Agung disampaikan secara tertulis dan secara lisan melalui Panitra Pengadilan Tingkat Pertama yang telah memutus perkaranya dalam waktu 14 hari sesudah putusan atau penetapan pengadilan yang dimaksud diberitahukan kepada pemohon. Pasal 53 dan Pasal 57 ayat 4 UU MA para pihak memiliki Hak untuk menerima Salinan putusan MA atau putusan Kasasi dan yang berkewajiban memberikan salinan putusan Kasasi adalah Pengadilan Tingkat Pertama terang Advokat Kondang yang punya kantor berjaringan di berbagai daerah seperti Jakarta, Bali, Bandung.

Kata Advokat sekaligus Pengamat Kebijakan Publik Dr. Togar Situmorang  atas  Amar dalam Kasasi tersebut telah menerima dimana utama Dalam Amar tersebut Memperbaiki Amar putusan Pengadilan Hubungan Industri pada Pengadilan Negeri Denpasar Nomor 8/Pdt. Sus-PHI/ 2021/Pn Denpasar, Tanggal 21 Juli 2021 dan selain itu dana untuk membayar Penggugat dari Tergugat ( PT. Kranjang ) dirubah jauh berkurang dari awal yang diputuskan sebelumnya .

Menurut Dr. Togar Situmorang, sebagai Kuasa Hukum Tergugat PT Keranjang merasa puas dalam upaya Kasasi tersebut dan berharap Penggugat wajib mentaati Hasil Relaas Kasasi yang Penggugat Lakukan dan dimana disebutkan ada juga Amar tentang Surat Perjanjian Paruh Waktu bertentangan dengan Hukum sehingga Jelas prilaku pihak dalam permasalahan hukum ini.

Judex debet judicare secundum allegate et probota “ seorang hakim harus memberikan penilaian berdasarkan fakta dan pernyataan,” ungkap Dr. Togar Situmorang,SH,MH,MAP, CMed,CLA.

Lebih lanjut kata dia, Permasalahan Hukum ini terkait amar Putusan Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri Denpasar telah dapat dijalan dan diselesaikan dengan baik sehingga perusahaan agak sedikit lega dan semoga perusahaan dalam menjalankan permasalahan hukum dapat bertindak bijak dan Law Firm DR. TOGAR SITUMORANG siap membantu sebagai Legal Corporate perusahaan dalam menjalankan aktifitas bisnis mereka,” tutup Togar Situmorang yang memiliki kantor beralamat di Bali Jl. Gatot Subroto Timur No.22 Denpasar, Jl. Raya Gumecik Gg Melati No.8, By Pass Prof. IB Mantra, Ketewel, Jl. Teuku Umar Barat No.10, Krobokan, dan Jakarta Jl. Pejaten Raya No. 78, Pejaten Barat, Ps Minggu serta  Bandung Jl. Terusan Jakarta No.181 Ruko Harmoni Kav.18, Antipani Bandung.

Reporter : Dance Henukh

Manado,Sulutnews.com – Usai meletakkan batu pertama pembangunan Mako Polres Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno melakukan silaturahmi ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, Sabtu (28/5/2022) siang.

Kunjungan silaturahmi tersebut dirangkaikan dengan penyampaian materi Wawasan Kebangsaan oleh Irjen Pol Mulyatno kepada jajaran Pemkab Boltim di antaranya, para kepala dinas, guru, ASN, camat, dan sangadi (kepala desa). 

“Wawasan kebangsaan adalah cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara, akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Irjen Pol Mulyatno mengawali paparannya, di Aula Kantor Bupati Boltim.

Dalam kesempatan ini, Irjen Pol Mulyatno menekankan Empat Konsensus Dasar Bangsa. Yaitu, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Nilai-nilai kebangsaan pada hakikatnya, adalah nilai-nilai yang disepakati dan dipandang baik, yang secara intrinsik melekat pada diri setiap warga negara, berupa norma dan etika yang terkandung dan menjadi ciri kepribadian bangsa Indonesia yang bersumber dari Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, NKRI, dan Bhinneka Tungal Ika,” jelas Irjen Pol Mulyatno.

Makna Pancasila bagi bangsa Indonesia, lanjutnya, ada tiga. Yakni sebagai pandangan hidup, landasan filosofis bangsa, dan dasar negara/ideologi.

Sebagai pandangan hidup, Pancasila digali dari bumi pertiwi, mengakar sebagai butir-butir mutiara, bukan unsur artifisial. Kemudian sebagai landasan filosofis bangsa, Pancasila merupakan hasil perenungan mendalam, mendasari nilai bangsa yang “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Dan sebagai dasar negara, Pancasila telah disepakati menjadi penuntun bersama Pemerintahan NKRI dan menjadi sumber dari segala sumber hukum,” terang Irjen Pol Mulyatno.

Sedangkan nilai-nilai Pancasila yaitu, nilai religius, nilai kekeluargaan, nilai keselarasan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.

Irjen Pol Mulyatno kemudian menerangkan tiga nilai yang terkandung dalam UUD Negara Republik Indonesia 1945. Yakni, nilai demokrasi, nilai kesederajatan, dan nilai ketaatan hukum.

Terkait Konsensus Dasar Bangsa ketiga yaitu NKRI, Irjen Pol Mulyatno menjelaskan, ada tiga nilai yang terkandung di dalamnya. Yaitu, nilai kesatuan wilayah, nilai persatuan bangsa, dan nilai kemandirian.

“Kemudian Konsensus Dasar Bangsa yang keempat adalah Bhinneka Tunggal Ika, marilah kita lebih menumbuhkan nilai-nilai kebersamaan bangsa kita yang majemuk. Perbedaan adalah karunia Tuhan Yang Maha Esa, wajib kita terima dan syukuri. Mari kita satukan tekad integritas menuju Indonesia maju,” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya, Bupati Boltim, Kapolres Boltim beserta tokoh masyarakat, dan para Pejabat Utama Polda Sulut. Rangkaian kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama.

Penulis: ARP

Bitung,Sulutnews.com – Tim 2 Resmob Polres Bitung mengamankan 1 dari 2 pria pelaku penganiayaan dengan menggunakan senjata tajam (sajam) yang terjadi pada Sabtu (21/5/2022) malam, di Girian Bawah, Girian, Bitung.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast membenarkan hal tersebut.

“Satu pelaku yang diamankan berinisial RA (27), warga Kecamatan Girian. Ditangkap pada hari Jumat (27/5) malam, di wilayah Bitung. Sedangkan satu pelaku lainnya masih dalam pengejaran,” ujarnya, Sabtu (28/5/2022) pagi.

Kombes Pol Jules Abraham Abast menerangkan, kedua pelaku menganiaya Chairil (36), warga Girian Bawah, sekitar pukul 23.40 WITA.

“Kedua pelaku berada di lokasi acara ulang tahun dan sudah dalam keadaan mabuk miras. Tanpa sebab yang jelas, keduanya menghampiri korban yang saat itu berdiri di luar lokasi acara. Teman pelaku lalu memukul wajah korban dengan tangan kosong,” jelasnya.

Korban pun membalas dengan pukulan, hingga terjadi perkelahian dengan teman pelaku. Melihat hal tersebut, RA berusaha melerai namun korban memukul dagu dan mata RA.

“RA mencabut pisau badik dari pinggang lalu menikamkannya ke arah perut korban, namun korban berhasil menghindar sehingga pisau tersebut terjatuh. Terjadi aksi saling dorong hingga RA dan korban terperosok ke dalam selokan,” terang Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Saat itu pula, teman pelaku mengambil pisau badik tersebut lalu menikam punggung korban. Korban lalu melarikan diri dan dikejar kedua pelaku namun tidak tertangkap.

“Korban dilarikan keluarganya ke RSUD Manembo-Nembo Bitung lalu menjalani rawat jalan. Korban melapor ke Polres Bitung beberapa saat usai kejadian,” pungkasnya.

Saat ini pelaku bersama barang bukti sebuah pisau badik sudah diserahkan ke Penyidik Polres Bitung untuk diproses sesuai hukum yang berlaku.

Penulis: ARP