Frengky Balu korban tenggelam di perairan Australia tiba di Rote.

Written by  Robby Dance Henukh May 01, 2022

Rote Ndao,Sulutnews.com - Frengky balu Nelayan yang  selamat dalam peristiwa tenggelamnya KM Kuda Laut pada 18 Maret 2022, hari ini, Minggu (1/5/2022) tiba di Bandara DC Saudale Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Untuk diketahui, Frengki merupakan salah satu dari 3 orang yang selamat peristiwa tengelamnya KM Kuda Laut, dan terdampar di Australia, frengki dirawat di Australia, dan dikembalikan ke Indonesia berkat kerjasama Duta Besar Indonesia di Australia dan Kerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTT, demikian diungkapkan  Sekretaris  Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Rote Ndao  Jerigus F. Mooy, S.Pi di bandara  D C saudalae kabupaten Rote Ndao, Minggu, (01/05/2022)  Sore

Musibah tenggelamnya KM Kuda Laut di perairan Australia pada 18 Maret 2022 lalu menyebabkan sembilan orang anak buah kapal hilang dan tiga orang selamat.

Jerigus F. Mooy, S.Pi Sekretaris Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rote Ndao, " Hari ini kita kedatangan saudara kita Frengki Balu sebagaimana peristiwa pada Maret bulan lalu , ada kejadian sekitar 12 orang yang tenggelam di perairan Australia dan pada tanggal 20 tepat pada hari pertama saudara kita yang 3 orang itu dipulangkan tepat pada tanggal 20 April dan kemudian pada hari ini karena yang tertinggal ada 1 orang yaitu Frengki Ballu pada hari ini kita jemput di bandara .

Junus Modok Kepala desa hundihuk ,kami berterima kasih kepada pemerintah Australia kemudian pemerintah KBRI karena sudah memfasilitasi sampai di Indonesia dan juga di fasilitasi oleh kementrian perikanan diteruskan pada pemerintah provinsi NTT kemudian pada hari ini saudara Frengki Ballu dipulangkan ke kabupaten Rote Ndao dan kabupaten Rote Ndao menerima dengan keadaan yang sehat dan pada hari ini kita serahkan kepada orang tua melalui kepala desa hundihuk .

" Kami orang tua menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Australia , pemerintah pusat , pemerintah provinsi , pemerintah kabupaten Rote Ndao dalam hal ini dinas kelautan dan perikanan Rote Ndao .

Kami berterima kasih banyak kepada pemerintah dalam hal ini kedutaan negara Australia yang telah melakukan kepulian kemanusiaan antara menyelamatkan ketiga anak anak kami yaitu Himelki giri , Albert kannut dan juga Frengki Ballu yang hari ini telah dipulangkan dan sampai disini dengan keadaan selamat dan telah diterima oleh pemerintah dalam hal ini  dinas perikanan dan kelautan dan telah diserahkan ke pemerintah desa dan juga diterima oleh pihak keluarga dengan sehat. "Tandas nya.

Reporter : Dance henukh