Covid Renggut Satu Warga Desa Adipala

Written by  Sugeng Apr 18, 2021

Cilacap,Sulutnews.com - Covid 19 belum berakhir, dikabarkan sorang warga asal Desa Adipala, SA (71) meninggal akibat terpapar virus tersebut yang telah memicu penyakit paru-paru dan jantung yang dideritanya, yang akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada jumat, (16/04/202)  pukul 17.30 WIB di RSUD Cilacap.

Terkait hal tersebut, Tim Satgas Covid Kecamatan Adipala melaksanakan monitoring terhadap pemakaman SA di Tempat pemakaman Umum ( TPU ) Sumpilan Desa Adipala, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Sabtu (17/4).

Tampak hadir, Kasi Trantib Kecamatan Adipala Heri Setyadi,  S. Sos, Kades Desa Adipala Ir. Subandono, Babinsa Koramil 08/Adipala Pelda Mashud. S,  Babinkamtibmas Desa Adipala Aiptu Syamsu Setyawan, PKM  Adipala 1 Sajianto. S. Kep, Tim Medis PKM Adipala, Tim Gugas Covid 19 Desa Adipala dan perwakilan pihak Keluarga.

Dalam kesempatan itu, Babinsa Adipala Pelda Mashud.S menuturkan kronologi penanganan SA selama menjalani perawatan medis.

"Pada hari Sabtu 10 April 2021 SA mengeluhkan sakit sesak napas, esoknya pukul 06.30 Wib, almarhum dibawa ke Balai Pengobatan ( BP ) Raja Husada  Adiraja. Pada hari, Minggu, 11-04-2021, sekira pukul 08.00 Wib, atas permintaan BP. Raja husada dan atas persetujuan  keluarga Almarhum kemudian di rujuk ke RSUD Cilacap," tuturnya.

Lebih lanjut, Pada hari  Senin, 12-04-2021, selanjutnya, pihak RSUD Cilacap melaksanakan tes SWAB Covid 19 dan hasil SWAB keluar dan SA dinyatakan Positif Terkonfirmasi Covid 19.

"Nah, pada hari Jum'at, 16-04-2021 pukul 17.30 WIB pasien dinyatakan meninggal dunia dgn diagnosa dokter terkonfirmasi positif Covid 19 dgn penyakit penyerta paru paru dan jantung. Pada pukul 11.00 WIB Jenazah tiba di TPU Sumpilan kemudian langsung dimakamkan oleh tim Pengusung jenazah dari pihak keluarga, dan kami selaku Satgas melakukan Monitiring agar prosesi pemakaman berjalan sesuai Protokol Kesehatan," jelasnya.

Adapun langkah langkah yang diambil yaitu mendatangi rumah duka dan berkoordinasi dengan pihak keluarga bersama dengan Pemdes Adipala dan Tim Satgas Covid 19 tingkat Kecamatan dan  Desa Adipala.

"Tim Satgas juga melakukan Screening terhadap keluarga almarhum dalam penanganan pemakaman secara Protokol Covid-19. Memberikan pemahaman terhadap keluarga duka dan masyarakat tentang protokol pemakaman sebagai antisipasi dan pencegahan penyebaran Covid 19, serta memberi  himbauan isolasi mandiri kepada pihak keluarga," pungkasnya.(/Sugeng)