Hasil Muktamar Muhammadiyah ke-48 tahun 2022.

Written by  Gandhi Goma Nov 20, 2022

Solo, Sulutnews.com - Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Dr. Ir. Saeroji, M.Si, dalam pelaksanaan ke 48 di solo, berjalan sesuai rencana, aman, tertib, terkendali. Sidang pleno, pertanggungjawaban pengurus PPM periode 2015-2020, diterima tanpa syarat/ catatan oleh seluruh peserta muktamar. Senin (21/11/2022)/ 26 Rabiul Akhir 1444 H.

“Pemilihan PPM  berjalan dengan sangat demokratis, sangat menimplementasikan nilai-nilai Pancasila,  terutama sila ke 4 dalam hal memilih pemimpin mekanisme permusyawaratan/ perwakilan, sistem/ metode pemilihannya dengan apl.elektronik vote, mungkin di Indonesia baru pada Muktamar ini pemilihan menggunakan metode demikian, sangat aman, efektif ( mudah dan cepat), mumgkin dapat di adopsi untuk pemilihan pemimpin di semua level.” Ungkap Saeroji.

Seperti dikutip dari situs resminya, Muktamar Muhammadiyah adalah permusyawaratan tertinggi di Muhammadiyah. Muktamar adalah momen silaturahmi dan kolaborasi warga persyarikatan se-Indonesia bahkan dunia. Muktamar Muhammadiyah juga bertujuan untuk memperingati Milad Muhammadiyah yang diperingati pada tanggal 18 November setiap tahunnya.

Ada dua muktamar yang dilaksanakan tahun ini, yaitu Muktamar Muhammadiyah dan Muktamar 'Aisyiyah. Muktamar Muhammadiyah 2022 mengusung tema "Memajukan Indonesia Mencerahkan Semesta". Sementara untuk tema Muktamar 'Aisyiyah ke-48 adalah "Perempuan Berkemajuan Mencerahkan Peradaban Bangsa".

Adapun agenda Muktamar Muhammadiyah ke-48 adalah mulai dari penyampaian laporan dan program hingga pemilihan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Berikut ini adalah informasi hasil Muktamar Muhammadiyah ke-48.

Daftar 13 Anggota Terpilih Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Hasil Muktamar Muhammadiyah ke-48 telah diumumkan. Muktamar ini menghasilkan salah satunya daftar anggota pengurus PP Muhammadiyah untuk periode berikutnya yakni periode 2022-2027. Sebagaimana dilansir situs resminya, berikut ini hasil Muktamar Muhammadiyah ke-48:

Pemilihan Anggota PP Muhammadiyah Periode 2022-2027 dinyatakan selesai pada Sabtu (19/11/22) malam. Pemilihan berlangsung selama kurang lebih 3,5 jam. Pemilihan ini menghasilkan 13 Anggota Terpilih PP Muhammadiyah.

Berikut 13 Anggota Terpilih Pimpinan Pusat Muhammadiyah :

Haedar Nashir : 2203

Abdul Mu'ti : 2159

Anwar Abbas : 1820

Busyro Muqoddas : 1778

Hilman Latief : 1675

Muhadjir Effendy : 1598

Syamsul Anwar : 1494

Agung Danarto : 1489

Saad Ibrahim : 1333

Syafiq A Mughni : 1152

Dadang Kahmad : 1119

Ahmad Dahlan Rais : 1080

Irwan Akib : 1001

Ke-13 anggota terpilih PP Muhammadiyah pun kemudian bermusyawarah untuk menentukan ketua umum (Ketum) Muhammadiyah untuk masa jabatan 2022-2027. Ketum Muhammadiyah terpilih juga sudah diumumkan pada akhir sidang Muktamar ke-48 Muhammadiyah.

Berdasarkan hasil Muktamar Muhammadiyah ke-48, Haedar Nashir kembali terpilih menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyahperiode 2022-2027. Sementara itu, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah dijabat oleh Abdul Mu'ti.

"Diserahkan kepada pimpinan baru yang kami sebutkan tadi Prof Haedar dan Prof Abdul Mu'ti," kata panitia Muktamar PP Muhammadiyah A Dahlan Rais dalam siaran YouTube tvMU Channel, Minggu (20/11).

Acara kemudian dilanjutkan serah terima jabatan dari pengurus PP Muhammadiyah periode 2017-2022 ke pimpinan periode 2022-2027.

Haedar mengatakan bahwa posisinya sebagai ketua umum hanya sejengkal dikedepankan. "Saya selaku ketua umum posisinya hanya sejengkal didepankan dan seinci ditinggikan, tapi prinsip kepemimpinan adalah kepemimpinan kolektif kolegial dan sistem persarikatan," kata Haedar.

Haedar mengatakan akan menjalankan amanat sesuai dengan program yang telah disusun. Arah program itu, kata dia, lebih kepada proses transformasi yang dinamis.

Selain itu, Muhammadiyah, kata Haedar, mengemban tugas untuk menyebarluaskan pandangan Islam berkemajuan. Dia berharap Islam berkemajuan dapat membawa rahmat.

Haedar Nashir mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak karena Muktamar Muhammadiyah ke-48 telah berjalan dengan lancar.

"Lebih khusus kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden RI, para menteri kabinet Indonesia Maju dan lembaga-lembaga negara, para pimpinan lembaga negara serta para pihak yang kemarin ikut hadir dalam pembukaan muktamar yang luar biasa partisipasi dari pada warga persarikatan," kata Haedar dalam siaran YouTube tvMu Channel, Minggu (20/11/2022).

Pada Muktamar ini, Abdul Mu'ti juga kembali terpilih sebagai Sekretaris Umum (Sekum). Haedar juga mengucapkan terima kasih kepada Mu'ti.

Abdul Mu'ti mengatakan dirinya memang lebih cocok menjadi pendamping di baris kedua (second line) Haedar Nashir.

"Soal bagaimana saya mendampingi Pak Haedar, ya saya, saya memang lebih tepat menjadi second line daripada Pak Haedar. Tingginya saja juga tinggi Pak Haedar," kata Mu'ti.

Mu'ti mengatakan bahwa Haedar Nashir memiliki ilmu yang lebih luas. Mu'ti menyebut kembali terpilihnya sebagai Sekum adalah amanah untuk bekerja lebih baik lagi. Haedar Nashir kemudian menimpali pernyataan Mu'ti itu. Haedar menyebut bahwa Mu'ti lebih lincah daripada dirinya.

 (**/Gandhi Goma).