Jawa Barat

Jawa Barat (96)

Karawang,Sulutnews.com - Puluhan wartawan yang tergabung dalam berbagai organisasi turun ke jalan. Mereka berunjukrasa di depan kantor Pemkab Karawang, Rabu 21 September 2022.

Aksi itu digelar terkait dengan kasus dugaan penculikan dan penganiayaan dua wartawan oleh oknum pejabat Pemkab Karawang yang menjadi pengurus Askab PSSI Karawang berinisial AA.

Mereka menuntut Bupati dan Wakil Bupati Karawang untuk segera bersikap atas kasus dugaan penganiayaan dua jurnalis di Karawang. Pasalnya, terduga pelaku merupakan oknum pejabat penting di lingkungan Pemkab Karawang.

Dalam unjukrasa itu, mereka melakukan orasi secara bergantian dan melakukan aksi tabur bunga sebagai bentuk keprihatinan atas kasus dugaan penganiayaan yang menyebabkan korbannya dua jurnalis di Karawang.

Para awak media juga melakukan aksi treatikal mengguyurkan air mineral ke spanduk aksi, sebagai ilustrasi kejadian di TKP. Yaitu dimana salah satu korban dipaksa untuk meminum minuman keras (miras) dan air kencing oleh terduga pelaku.

Koordinator aksi, Hartono menyampaikan, para wartawan menuntut agar Bupati dan Wakil Bupati segera ikut bersikap atas kasus ini, di luar proses penyelidikan yang sedang dilakukan Polres Karawang.

Disampaikannya, kasus dugaan penganiayaan terhadap dua wartawan Karawang ini sudah diluar nilai-nilai batas kemanusiaan. Karena selain dipukuli, korban juga dipaksa meminum meminum air kencing.

Di akhir aksi, para awak media menegaskan, selain akan mengawal proses hukum yang masih berjalan di Polres Karawang, mereka juga akan berkirim surat ke Polda Jabar dan Mabes Polri untuk menuntut, agar pihak kepolisian segera menetapkan tersangka atas kasus dugaan penganiayaan dan penculikan dua jurnalis di Karawang ini.

Sementara sebelumnya, pada Selasa malam, 20 September 2022, penyidik Satreskrim Polres Karawang telah melakukan olah TKP peristiwa yang dialami korban, di sekretariat Asosiasi Futsal Kabupaten Karawang (AFK), komplek Stadion Singaperbangsa Karawang, dengan menghadirkan kedua korban.(*/Parmin)

Jabar,Sulutnews.com - Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen Maruli Simanjuntak mengukuhkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai warga kehormatan keluarga besar Kostrad.

Penyematan baret dan brevet warga kehormatan Kostrad terhadap Kapolri tersebut dilaksanakan usai Upacara penutupan latihan standardisasi prajurit Kostrad di Pantai Palangpang Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa, 13 September 2022.

"Hari ini adalah hari istimewa. Karena pada saat pelantikan penutupan latihan ini Bapak Kapolri berkenan untuk menjadi keluarga besar Kostrad. Beliau juga akan kita sematkan kualifikasi cakra," kata Maruli.

Maruli menjelaskan, pengukuhan warga kehormatan tersebut lantaran, Kapolri Jenderal Listyo Sigit merupakan sosok yang memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi dalam memberikan pengabdian terbaik kepada Bangsa dan Negara Indonesia.

"Kebetulan saya mengenal beliau, saya yakin dengan integritas dan dedikasi beliau untuk pengabdian kepada bangsa dan negara. Oleh karena itu saya atas nama keluarga besar Kostrad mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bapak Kapolri untuk menjadi keluarga besar Kostrad," ujar Maruli.

Menurut Maruli, Kostrad dan Polri merupakan ujung tombak dalam rangka menjunjung dan mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Indonesia. Mengingat, TNI dan Polri terus bersinergi dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mempertahankan kedaulatan bangsa.

"Saya ingatkan lagi, TNI-Polri ujung tombak persatuan dan kesatuan. Maka hal ini, terus kita pelihara. Bukan hal baru kita bekerjasama dengan kepolisian baik di perkotaan, maupun kita hadapi separatisme. Kita kerja sama, berjalan bertahun-tahun dan berjalan dengan baik," tegas Maruli.

Usai dikukuhkan menjadi warga kehormatan keluarga besar Kostrad, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya lantaran mendapatkan penyematan tersebut.

"Hari ini saya selaku Kapolri, sangat bangga bisa menyaksikan langsung latihan standardisasi yang hari ini ditutup. Dan Alhamdulillah hari ini saya selaku Kapolri mendapatkan kehormatan luar biasa, dimana pak Pangkostrad dan seluruh jajaran Kostrad memberikan penghargaan untuk saya selaku Kapolri menjadi warga kehormatan Kostrad," kata Sigit dalam kesempatan yang sama.

Menurut eks Kabareskrim Polri itu, dengan adanya pengukuhan tersebut merupakan wujud nyata dari terbentuk dan terjaganya sinergitas serta soliditas antara TNI-Polri, yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

Selama ini, kata Sigit, TNI khususnya Kostrad dan Polri terus bersinergi dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman terhadap seluruh rakyat, bangsa dan negara Indonesia, dari segala bentuk gangguan maupun ancaman yang ada. 

"Selama ini kami telah bertugas bersama-sama TNI khususnya Kostrad banyak membantu di dalam melaksanakan tugas-tugas yang dilaksanakan oleh kepolisian. Kita bersama-sama menghadapi musuh-musuh negara, gangguan kamtibmas yang akan mengancam masyarakat baik di kota, gunung-gunung, di perbatasan dan daerah-daerah terpencil," ujar Sigit.

Oleh karena itu dalam kesempatan ini, Sigit menginstruksikan kepada seluruh jajaran kepolisian di seluruh Indonesia untuk terus menjaga dan meningkatkan kekompakan, sinergitas serta soliditas terhadap TNI maupun Kostrad.

"Saya perintahkan kepada seluruh jajaran Polri dimanapun bertugas yang selama ini bersama dengan rekan-rekan Kostrad, untuk terus menjaga kekompakan, tingkatkan sinergitas dan soliditas sebagai keluarga besar. Sakitnya Polri adalah sakitnya Kostrad. Demikian pula senangnya Polri adalah senangnya Kostrad. Siapa yang menjadi musuh Polri adalah musuh Kostrad. Dan siapa yang menjadi teman, dan sahabat Polri adalah teman dan sahabat Kostrad. Cakra," ucap Sigit dengan dibalas teriakan cakra oleh keluarga besar Kostrad.

Lebih dalam, Sigit memastikan, TNI dan Polri akan terus berjuang bersama-sama dalam menjaga kewibawaan negara serta melindungi dari segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

Menurut Sigit, sinergitas, soliditas dan berjalan beriringan bersama dengan TNI harus selalu ditanamkan dalam sanubari prajurit kepolisian Indonesia dalam menjalankan tugasnya.

"Itu tolong tanamkan dalam sanubari seluruh rekan-rekan. TNI-Polri, Kostrad dan Polri selalu menjaga kewibawaan negara dari ancaman kedaulatan dan siapapun yang merongrong. Yang akan menjadi musuh negara, siapapun yang akan mengganggu kamtibmas itu adalah musuh-musuh kami. Sahabat kami adalah, rakyat, masyarakat yang harus selalu kita lindungi, bangsa, negara dan kedaulatan negara yang harus selalu kita kawal dan kita jaga," tutup Sigit. (**/ARP)

Bandung,Sulutnews.com – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman meresmikan Pussenarhanud Sport Center Cimahi (PSCC) bertepatan pada peringatan hari olahraga Nasional ke-39 tahun 2022, yang belokasi di Mapussenarhanud, Cimahi, Jumat (9/9/2022).

Adapun Sport Center ini menyediakan berbagai fasilitas olahraga, seperti ruang fitness, ruang senam, tenis meja, jogging track, lapangan bulutangkis, futsal, basket, tenis, voli, sepakbola dan lapangan tembak. Dengan fasilitas yang modern dan representatif ini diharapkan dapat digunakan oleh Prajurit dan keluarganya, sekaligus dimanfaatkan oleh masyarakat Cimahi sebagai taman rekreasi olahraga (sport tourism).

Dalam sambutannya Kasad mengajak seluruh Prajurit, PNS dan keluarganya termasuk elemen masyarakat untuk membangkitkan olahraga dan menjadikan olahraga sebagai budaya bangsa Indonesia.

“Jadikan olahraga sebagai budaya bangsa kita. Manfaatkan sarana olahraga untuk meningkatkan prestasi di ajang nasional maupun internasional, termasuk menjaga generasi muda agar terhindar dari kontaminasi hal-hal negatif,” pungkas Jenderal Dudung.

Dirinya berpesan agar Sport Center ini dapat dijaga dan dipelihara sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Usai peresmian, Jenderal Dudung meninjau sarana olahraga dan melaksanakan olahraga bersama di Pussenarhanud Sport Center.

Turut Hadir dalam acara peresmian tersebut Walikota Cimahi Letkol Inf (Purn) Ngatiyana, S.A.P., Danpussenif, Wadan Kodiklatad, Pangdam III/Siliwangi, Danseskoad, Danpussenarhanud dan para Danpussen jajaran Kodklatad, serta tamu undangan lainnya. (**/ARP)

Jabar,Sulutnews.com - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman bersama Menhan RI, Kasal dan Kasau mendampingi Wakil Presiden RI Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin yang menjadi Inspektur Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2022 di Lapangan Terbang Suparlan, Pusdiklatpassus Batujajar Bandung, Jawa Barat (Jabar), Kamis, (8/9/2022).

Sebelum mengikuti penetapan tersebut, 1.500 dari 2.974 Komcad bersifat sukarela (voluntary) ini mengikuti Pendidikan Latihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) di empat Lembaga Pendidikan TNI AD yaitu Rindam II/Swj, Rindam VI/Mlw, Rindam XIV/Hsn, dan Pusdik Kowad. Sedangkan Komcad lainnya mengikuti Latsarmil di Kodikmar TNI AL, Pusdiklat Pasgat TNI AU, dan Universitas Pertahanan.

Dalam sambutannya, Wapres RI mengatakan bahwa sistem pertahanan merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah negara untuk menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah serta melindungi keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman.

“Terlebih di lingkungan strategis internasional dan nasional yang dinamis dan diliputi ketidakpastian seperti sekarang ini, maka pertahanan dan daya tangkal nasional mutlak untuk kita perbuat, antara lain melalui bela negara oleh seluruh warga negara sebagaimana diamanatkan pada pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Dasar 1945,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Wapres, tantangan dan ancaman yang makin beragam dan sulit diprediksi menjadi faktor pendorong bagi negara Indonesia untuk menata kekuatan nasional dalam rangka memperkokoh Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) yang melibatkan sumber daya nasional mencangkup sumber daya manusia, sumber daya alam dan sumber daya buatan yang disiapkan sejak dini serta terpadu dan menyuluruh. Salah satu perwujudannya adalah penguatan komponen cadangan sumber daya manusia yang berasal dari rakyat.

“Saya memandang, komponen cadangan merupakan strategi antisipatif agar kita siap menghadapi ancaman dan gangguan terhadap kehidupan bangsa. Selain itu, komponen cadangan juga merupakan salah satu ikhtiar bangsa untuk mempersiapkan kekuatan rakyat, sekaligus champion di berbagai bidang yang memiliki dan menunjukkan kecintaan terhadap tanah air,” ujarnya.

Usai pelaksanaan upacara, Kasad bersama Menhan RI, Kasal dan Kasau juga mendampingi Wapres RI menyaksikan defile, demonstrasi dan pameran industri pertahanan dalam negeri yang memamerkan produk-produk anak bangsa yang digunakan oleh TNI-Polri, serta komponen cadangan. (**/ARP)

Bandung,Sulutnews.com – Konflik komunal rentan terjadi di Indonesia mengingat bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam golongan, kelompok, suku dan agama yang jika tidak ada perekat yang kuat untuk menyatukan perbedaan itu, maka Indonesia akan mudah tercerai berai dipengaruhi dan diintervensi kekuatan dari luar.

Hal tersebut diungkap Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman  di hadapan Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Digreg) XLIX Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI tahun 2022 dalam rangka memberikan pembekalan kepada Pasis tersebut di Grha Widya Adibrata Sesko TNI, Bandung, Jumat (22/7/2022)

“Bentuk pengaruh luar bisa berupa budaya luar yang diikuti masyarakat kita terutama generasi mudanya dan adanya upaya memasukkan paham dari luar yang tidak sesuai dengan kondisi bangsa kita untuk mempengaruhi pola pikir kita. Ini semua akan membuat Indonesia rentan terjadi konflik komunal,” ujar Jenderal Dudung.

Dalam pembekalan tersebut Kasad menyampaikan tentang pokok-pokok kebijakannya dalam mengantisipasi perkembangan di lingkungan strategis untuk menambah pengetahuan dan wawasan kepada Pasis Dikreg Sesko TNI yang nantinya setelah menyelesaikan pendidikan akan melaksanakan tugas selanjutnya yang lebih kompleks.

Kasad mengilustrasikan perang Rusia dan Ukraina yang belum usai sampai saat ini memberikan gambaran telah terjadi perang berlarut di mana kekuatan besar tidak mampu mengakhiri perang secara keseluruhan.

“Ini membuktikan perang berlarut yang menjadi doktrin perang kita dengan sistim pertahanan dan keamanan rakyat semesta masih riil sampai saat ini, namun dihadapkan dengan perkembangan teknologi masih diperlukan revisi terhadap doktrin perang kita,” terang Dudung.

Di akhir pembekalannya, Kasad berpesan agar Pasis Dikreg Sesko TNI tidak membicarakan masa lalu, tetapi melakukan yang terbaik saat ini secara maksimal, serta bisa meraih cita-cita setinggi mungkin.

Penulis: **/ARP

Bandung, Sulutnews.com – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E, M.M., memimpin sidang Panitia Penentu Akhir (Pantukhir) Tingkat Pusat Penerimaan Calon Taruna dan Taruni Akademi Militer (Akmil) Tahun Anggaran 2022 di Grha Yudha Wastu Pramuka Pussenif, Kodiklatad Bandung.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (22/7/2022)

Kadispenad menjelaskan, calon Taruna dan Taruni yang mengikuti Pantukhir tingkat pusat tersebut berjumlah 473 orang terbagi 444 calon Taruna dan 29 calon Taruni yang nantinya akan terpilih 320 calon Taruna dan 20 calon Taruni untuk mengikuti sidang integratif Mabes TNI pada akhir Juli ini.

“Penerimaan calon Taruna dan Taruni Akmil merupakan bagian dari sistem pembinaan personel dalam rangka memilih sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul sebagai generasi penerus dan kader pemimpin TNI AD di masa datang,” terang Tatang.

Brigjen Tatang menegaskan, bahwa proses seleksi calon Taruna dan Taruni Akmil ini dilaksanakan secara obyektif dan transparan, serta harus sesuai standar yang sudah ditentukan secara bertahap mulai dari seleksi tingkat daerah sampai seleksi tingkat pusat.

Penulis: **/ARP

Bandung,Sulutnews.com - Dalam rangka menyambut Hari Bakti TNI Angkatan Udara Ke-75 Tahun 2022, Seskoau turut berpartisipasi dalam aksi sosial donor darah di Gedung Andromeda Lanud Sulaiman, Margahayu, Bandung, Selasa (19/7/2022).

Dikutip Kamis (21/7), Danseskoau Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., beserta Ketua PIA Ardhya Garini CBS Seskoau Ny. Wanti Minggit Tribowo yang turut hadir dalam kegiatan sosial ini yang diadakan TNI Angkatan Udara Bakorda Bandung bekerja sama dengan PMI Kota Bandung dan Leons Club di mana dari data yang diperoleh kurang lebih sebanyak 379 personel TNI Angkatan Udara Bakorda Bandung yang mendaftar dan berhasil mengumpulkan 285 kantong darah.

Aksi donor darah ini, selain media berbagi dan peduli terhadap sesama juga sebagai ajang silaturahmi di antara personel TNI Angkatan Udara yang berdinas di wilayah Bandung, seperti Seskoau, Kopasgat, Koharmatau, Dislitbangau, Lafiau, RSAU dr. M. Salamun, Lanud Husein Sastranegara, Lanud Sulaiman, dan Wingdiktek, Hadir pada kegiatan donor darah tersebut Dankoharmatau Marsda TNI Eddy Supriyono, S.E., M.M., Dankopasgat Marsda TNI Taspin Hasan, S.A.P., M.Si., Kadislitbangau Marsma TNI Susanto, S.T., Wadan Koharmatau Marsma TNI Joseph Rizki Prabowo, S.T., M.I.Pol., Wadan Kopasgat Marsma TNI Budi Sumarsono, S.A.P., Danlanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb I Gusti Putu Setia Dharma serta Danlanud Sulaiman Kolonel Pnb Muhamad Mukhson. (ARP)

Foto: Puspen TNI

Bogor,Sulutnews.com - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ke-1 Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) dibuka oleh Ketua Dewan Penasehat (PIKI) dan dihadiri oleh Pengurus DPP, DPD dan para pemateri dan undangan,di Kinasih Resort & Conference Bogor, Sabtu, (09/07/2022).

Ketua Umum DPP PIKI Badikenita Sitepu dalam sambutanya mengatakan, Rakernas kali ini mengambil tema "Tegakkanlah Keadilan" seperti dikutip dari Kitab Amos 5:15. Saya berharap dengan semangat tema sentral kali ini kita bisa menjalankan Organisasi sesuai tema yang merupakan arahan visioner untuk bisa mengimplementasikan kebijakan umum organisasi dan tentu menjalankan program yang lebih kreatifitas untuk merealisasikan garis besar haluan organisasi" Ujar Sitepu.

Dengan berjalanya Organisasi secara sehat bisa menjadi pemicu semangat agar semua komponen pengurus PIKI baik pusat maupun daerah untuk lebih kritis juga  menyikapi apa yang sedang terjadi saat ini di Tanah Air

" Saya berharap PIKI dapat terus melayani di tengah berbagai persoalan bangsa secara aktif dan kritis. PIKI ke depan agar menjawab panggilan ke-kristenan di tengah bangsa secara aktif dan kritis " tambah Anggota DPD RI

Sementara itu Ketua Dewan Penasehat Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia Baktinendra Prawiro,Usai membuka secara langsung Rakernas mengatakan. meski 2 tahun ini bangsa tengah menghadapi wabah Covid-19, tapi masih saja terjadi persoalan-persoalan yang cukup memprihatinkan, seperti yang terjadi di beberapa daerah di Nusantara.

“Kita melihat intoleransi masih terjadi, bahkan kelihatan semakin mengalami peningkatan. Kekerasan dan pembunuhan masih terjadi dimana mana. begitupun masih ada sebagian kaum minoritas yang seakan menjadi tamu di negeri sendiri." tegas Baktinendra Prawiro.

Baktinendra menambakan nilai-nilai luhur Pancasila yang universal saat ini tengah mengalami distorsi pemahaman dan interpretasi, sehingga hakekatnya tidak lagi menjadi sumber dari segala sumber hukum,bahkan sumber dari segala kebijakan ekonomi, sosial dan politik serta panduan utama dalam kehidupan bermasyarakat.

“Dalam situasi dan kondisi saat ini saya Ingin menegaskan sekali lagi bahwa kebenaran dan keadilan itu masih ada, kebenaran dan keadilan  akan meninggikan derajat bangsa. Dan kita harus mempertahankan kebenaran itu dan menyebarluaskan tentu melakukannya,” Kata dia.

“PIKI terpanggil bersama lembaga keumatan lainnya untuk tetap hadir dan turut ambil bagian membrikan kontribusi konstruktif di tengah pergumulan bangsa,” papar dia.

“Karenanya PIKI bersama seluruh lembaga keumatan Kristen dan komponen bangsa tetap berjuang demi NKRI yang utuh dan berdaulat, masyarakat yang rukun dan aman dalam menjalani hidupnya dengan tatanan kehidupan Bhinneka Tunggal Ika dan Ideologi Pancasila dan UUD 1945,” pungkasnya.

Ketua Tim Kerja Rakernas 2022, Benyamin Patondok mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir negeri kita dan dunia dilanda pandemic yang memberikan dampak besar dalam kehidupan kita , tentu termasuk dampak terhadap organisasi. sehingga pelaksanaan sempat beberapa kali tertunda. semoga dengan Pandemi yang berangsur membaik bisa memberikan harapan dan optimisme baru bagi kita dalam menatap hari depan. 

Rakernas kali ini kita lakukan secara hybrid, meski sebagian besar peserta onsite di tempat ini, juga kita langsungkan di ruang virtual dan disiarkan secara langsung yang dihadiri oleh DPP PIKI 2020-2025, serta Dewan Kehormatan, Dewan Penasehat, Dewan Pakar, utusan (18 DPD). Terima kasih untuk semua dukunganya." Ujar Benyamin.

Sekjen DPP PIKI Audy WMR Wuisang mengatakan Rakernas ke-1 2022 ini akan berlangsung di Hotel Kinasih Resort & Conference, Bogor, pada tanggal 09 -10 Juli 2022.

Kami berharap dalam Rakernas ini kita bisa melakukan konsolidasi organisasi, garis besar program,pokok-pokok pikiran serta tentu menghasilkan rekomendasi yang baik untuk organisasi dan tentu buat bangsa .

"Kiranya dalam Rakernas ini kita dapat menghasilkan berbagai kontribusi positif bagi organisasi."  Tutup Wuisang.(/Mercys)

Karawang,sulutnews.com – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E, M.M., mendukung sepenuhnya program ketahanan pangan yang dicanangkan Pemerintah dengan menjadikan sektor pertanian sebagai program strategis nasional untuk mewujudkan swasembada pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bentuk dukungan Kasad tersebut berupa kebijakan yang disampaikan kepada satuan jajaran TNI AD agar menciptakan lahan kosong menjadi lahan produktif yang bisa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian untuk meningkatkan produksi pangan, sekaligus mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi krisis pangan.

Kebijakan Kasad tersebut telah diimplementasikan Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak melalui pengolahan lahan kosong milik Kostrad seluas 37 hektar yang berlokasi di Dusun Sadariwan, Desa Kedungjaya, Kecamatan Cibuaya, Karawang melalui kerja sama penggarapan lahan pertanian padi dengan warga masyarakat setempat.

Kasad hadir ke Dusun Sadariwan, Desa Kedungjaya disamping untuk melaksanakan panen bersama di lahan pertanian milik Kostrad yang sebelumnya merupakan lahan tidur, sekaligus untuk melihat sejauh mana respons satuan jajaran TNI AD yang sudah mendapat perintah untuk mengimplementasikan Tujuh Perintah Harian Kasad khususnya pada butir kelima, dimana TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat, apaun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi, Sabtu (2/7/2022).

“Saya ingin melihat bagaimana satuan-satuan mengimplementasikan perintah saya untuk membantu masyarakat yang terdampak masalah ekonominya paska Covid-19,” ujar Jenderal Dudung.

Kegiatan panen padi bersama Kasad tersebut menggambarkan adanya peran serta TNI AD dalam membantu masyarakat untuk meningkatkan produksi pangan, khususnya padi melalui pengawalan dan pendampingan kepada para petani dalam penggarapan lahan.

“Kegiatan panen padi bersama ini telah menunjukkan adanya kebersamaan rakyat dengan TNI AD dalam upaya menyukseskan salah satu program Pemerintah untuk menciptakan ketahanan pangan nasional. Karenanya TNI AD akan selalu hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun kesulitan itu dan bisa memberikan solusi,” ujar Dudung.

Untuk mendukung program ketahanan pangan di wilayahnya, Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana mengatakan, bahwa Pemda Karawang menghapuskan pajak 100 persen kepada petani lokal agar bisa membantu petani memperoleh kesejahteraannya, serta perbaikan infrastruktur seperti irigasi dan jalan untuk meningkatkan perekonomian petani, termasuk perbaikan traktor bajak sawah dibebaskan dari biaya.

Pada kesempatan panen bersama ini, Kasad didampingi Bupati Karawang dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana menyerahkan tali asih berupa beras hasil panen lahan setempat kepada masyarakat Dusun Sadariwan, Desa Kedungjaya dan anggota Kostrad yang penyerahannya dilakukan secara simbolis.

Penulis: ARP

Bogor, Sulutnews.com - "Ternyata Penghapusan tenaga honorer jadi isu paling penting bagi seluruh Kepala Daerah", demikian dikatakan Mentri Dalam Negri RI Tito Karnavian dalam sambutannya pada Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia di Hotel Pullman Ciawi Bogor Jawa Barat, Sabtu 18 Juni 2022.

Selain isu penghapusan tenaga honorer, mendagri juga singgung tentang banyaknya usulan kepala daerah terkait bagi hasil pertanian dan perkebunan, Iklim Investasi,  Pepengelolaan Tambang, Hak Kepala Daerah, sejumlah perijinan yang diterbitkan pemerintah pusat dan isu Perpres No 33 Tahun 2020.

Tito menegaskan bahwa Kementrian yang dipimpinnya adalah merupakan induk semang bagi seluruh kepala daerah di Indonesia. Tito yg juga selaku Penasihat Apkasi menegaskan bahwa kementriannya akan membuka pintu yg lebar atas seluruh sumbang saran dari Kepala Daerah yang menjadi bawahan sekaligus mitranya.  Segala saran dan usulan kepala daerah  akan sangat kita pertimbangkan, imbuhnya.

Bupati Sergai selaku Kordinator Wilayah Apkasi Sumatera Utara sangat intens menyuarakan hasil Rekomendasi Rakerwil Apkasi Sumut 19 Mei yg lalu. Dalam Rakernas tersebut Darma Wijaya menyampaikan Rekomendasi  hasil Rakerwil yaitu diantaranya, Penerimaan P3K diserahkan kepada  Pemerintah Daerah dan penggajiannya dimasukkan dalam Dana Alokasi Umum,   Bagi Hasil Perkebunan bagi Daerah, Peninjauan Ulang terhadap Perpres no 33 Tahun 2020, Penerbitan ijin  SPBU dengan Rekomendasi Pemerintah Daerah terlebih dahulu, Penggunaan Dana Perimbangan ,  Peningkatan Efektifitas SIPD, kerjasama BPN dan Kemendagri terkait Pembuatan Zona Nilai Tanah,serta usulan straegis lainnya. Dalam sesi penutupan, Darma Wijaya menyempatkan berkomunikasi dengan Menteri Investasi Bahlil Lahadahlia terkait peningkatan Investasi di Tanah Bertuah Negeri Beradat, Segala bentuk Komunikasi Strategis terus dilaksankn guna mensukseskan Pembanagunan di Serdang Bedagai yang merupakan Janji Politiknya.

Dalam Rakernas tersebut disampaikan sejumlah Rekomendasi hasil Rakerwil masing masing wilayah. 

Hadir dalam Rakernas Tersebut  Mentri Investasi Bahlil Lahadahlia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,  Ketum Apkasi   Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Sekum Apkasi Adnan Purichta Ichsan, Korwil Apkasi se Indonesia ,  Bupati Bogor dan puluhan Bupati lainnya.

Usai Rakernas, Darma Wijaya optimis rekomendasi Apkasi Wilayah Sumut yanh dihimpun dengan Reomendasi Apkasi wilayah lainnya yang dirangkum menjadi Rekomendasi Rakernas Apkasi akan diterima Pemerintah Pusat. Menurutnya Pemerintah Pusat dan Daerah harus singkron sehingga pemerintahan berjalan lancar  dan Maju.

Dalam Rakernas tersebut bupati turut didampingi Wakil Bupati H Adlin Tambunan, Sekda H M Faisal Hasrimy, Asisten Pemerintahan Umum Nina Deliana Hutabarat, Kadis Kominfo Akmal serta beberapa OPD terkait.(/Daniel)