Mayjen TNI dr. Budiman Hadiri Thainesia Military Medicine di Thailand

Written by  Adrianus Pusungunaung May 28, 2022

Jakarta,sulutnews.com - Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI dr. Budiman, Sp. BP-RE (K), M.A.R.S., menghadiri pertemuan Thailand Indonesia (Thainesia) Military Medicine ke 6, yangbertempat di Swissotel Bangkok Thailand (27/5/2022).

Thainesia Military Medicine merupakan kerjasama di bidang kesehatan antara TNI dan Royal Thai Armed Forces (RTARF) yang diselenggarakan setiap tahun di mana kedua Pusat Kesehatan Angkatan Bersenjata kedua negara saling melakukan kunjungan dan menandatangani perjanjian bilateral.

Pertemuan pertama kali yang digelar tahun 2015 silam di Jakarta telah menghasilkan penandatanganan Perjanjian Koordinasi antara Kapuskes TNI kala itu dengan the Military Medicine Coordination Center, Command Center, Royal Thai Armed Forces Headquarters.

Dimana pada perjanjian tersebut dinyatakan bahwa kedua belah pihak menyetujui untuk saling berkoordinasi dan bekerja sama dalam bidang Kesehatan Militer hingga saat ini.

Usai pertemuan tersebut, Mayjen TNI dr. Budiman dalam keterangannya pers nya menjelaskan bahwa dalam pertemuan kali ini kedua belah pihak sepakat memelihara dan mengembangkan koordinasi kesehatan secara bilateral dalam kerangka Thainesia High Level Committee (HLC) dan Thainesia Joint Coordinated Operations and Execises Sub-Committee (JCOESC) agreements.

"Program kerjasamanya meliputi pendidikan dan latihan di bidang kesehatan militer seperti pertukaran personel kesehatan militer yang disepakati bersama, tukas Mayjen TNI dr. Budiman.

Adapun beberapa agenda pertemuan yang berlangsung dari tanggal 24 s.d. 27 Mei 2022 ini Kapuskes TNI beserta delegasi melaksanakan Courtesy Call ke Kedutaan besar RI untuk Thailand, kunjungan ke fasilitas kesehatan dan pertukaran informasi terkait Medical di masing masing negara.

Penulis: ARP