Jakarta

Jakarta (908)

Jakarta,Sulutnews.com – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., mendukung peningkatan Kerja Sama Militer dan modernisasi alutsista TNI AD dengan AD Australia. Hal tersebut disampaikan saat menerima kunjungan kehormatan Panglima Divisi I Angkatan Darat Australia Major General Scott Winter di Mabesad, Jakarta, Jumat (27/5/2022).

Kedatangan Panglima Divisi I Angkatan Darat Australia yang didampingi Atase Pertahanan Australia, Brigjen Matt Campbell, Atase AD Australia Kolonel Stephen Daley, Komandan Resimen Sersan Mayor Divisi 1 AD Australia Peltu Michael Landy dan Spesialis Sinyal Ruby Hoye, ke Mabesad disambut hangat oleh Kasad, Wakasad, Irjenad, Koorsahli Kasad dan para Asisten Kasad.

Dalam pertemuan antara Kasad dengan Panglima Divisi 1 Angkatan Darat Australia membahas tentang peningkatan kerja sama militer antara AD Australia dengan TNI AD terkait modernisasi alutsista melalui kerja sama pengadaan Alutsista Strategis, peningkatan profesionalisme dan kemampuan tempur prajurit melalui Latihan Bersama meliputi Army To Army Staff Talks, Subject Matter Expert Exchange (SMEE), Junior Officer Combat Instructor – Indonesia (JOCIT-I) dan kegiatan latma lainnya. 

Di samping itu, kedua belah pihak juga membahas tentang kunjungan Kasad ke Australia yang awalnya direncanakan pada bulan April 2022 terpaksa harus ditunda dikarenakan kegiatan Kasad bersama Presiden Republik Indonesia yang tidak bisa ditinggalkan termasuk rencana kunjungan Asintel Kasad ke Australia dalam rangka studi banding pada institusi pendidikan dan pelatihan intelijen AD Australia yang tertunda akibat dampak pandemi Covid-19.

Dalam lawatannya ke Indonesia dari tanggal 24 s.d.27 Mei 2022,   Panglima Divisi I Angkatan Darat Australia berkesempatan menutup Latihan Junior Officer Combat Instructor – Indonesia (JOCIT-I) di Pusdikif Pussenif Cipatat, melakukan kunker ke Dankodiklatad di Bandung serta melakukan kunjungan kehormatan ke Pangkostrad di Mako Kostrad, Jakarta.

Penulis: ARP

Jakarta,Sulutnews.com - Dalam rangka menyambut HUT Ke - 76 Polisi Militer Angkatan Darat (Pomad) Tahun 2002 dengan Motto "Pomad yang Responsif dan Berintegritas", Detasemen Polisi Militer (Denpom) III/3 Cirebon, menggelar karya bakti dan bakti sosial (baksos) bertempat di Keraton Kanoman Kota Cirebon.

Dandenpom III/3 Cirebon Letkol Cpm Bambang Budi Mulyana dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/5/2022), memimpin langsung kegiatan karya bakti dan bakti sosial serta pemberian sembako kepada warga sekitar, pengemudi becak dan kaum dhuafa.

" Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan Kemanunggalan TNI dengan rakyat khususnya Denpom III/3 Cirebon dengan masyarakat sekitar, "  ucap Dandenpom III/3 Cirebon.

Lebih lanjut Dandenpom III/3 Cirebon berharap dengan kegiatan yang yang  dilaksanakan ini mendapat ridho dari Allah SWT, serta dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat sekitar, sehingga diharapkan Polisi Militer Angkatan Darat bisa menjadi Pomad yang responsif dan berintegritas serta siap mendukung tugas pokok TNI AD.

Ditempat yang sama di Keraton Kanomanz Gita,  atas nama Pengurus dan keluarga keraton mengucapkan terima kasih kepada personel  TNI khususnya Denpom III/3 Cirebon yang telah melaksanakan karya bakti yang sangat dirasakan langsung manfaatnya.

"Semoga berkah dan semoga bapak TNI khususnya personel Denpom III/3 Cirebon dan jajarannya selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dalam menjalankan tugas dan Semoga TNI AD semakin jaya serta semakin diintai rakyat, " ungkap Gita.

Bambang mengungkapkan, selain melaksanakan kegiatan kaya bakti membersihkan Keraton Kanoman,  pihaknya juga berupaya membangun silaturahmi dengan masyarakat sekitar.

"Pada kegiatan ini kami menyiapkan 120 paket sembako serta melibatkan personel berjumlah 80 orang terdiri dari Denpom III/3 Cirebon, Persit Kartika Chandra Kirana Denpom III/3 Cirebon, Ormas Pemuda Pancasila Kota Cirebon, Ormas Macan Ali dan unsur masyarakat lainnya, " pungkasnya.

Penulis: ARP

Jakarta,Sulutnews.com - Asisten Operasi  Kepala Staf Angkatan Darat (Asops Kasad)  Mayjen TNI Ainurrahman beserta rombongan mengunjungi Pasukan Garuda Batalyon Mekanis (Yonmek) TNI Konga XXIII-P/UNIFIL 2022 di United Nations Post (UNP) 7-1, Aadchit Al-Qusayr,  Lebanon Selatan pada Rabu (25/05/2022).

Kedatangan Mayjen TNI  Ainurrahman di UNP 7-1 disambut langsung oleh Deputy Commander (DCO) Sector East, Dansatgas Force Headquarters Support Unit (FHQSU) Dansatgas Sector East Military Police Unit (SEMPU), Dansatgas Force Protection Company (FPC), Dansatgas Force Commander Civilian Military Coordination (CIMIC), Dansatgas Military Community Outreach Unit (MCOU), Dansatgas Level II Hospital serta seluruh prajurit yang tergabung dalam Kontingen Garuda. Kunjungan ini merupakan bentuk dukungan moril dari pimpinan TNI AD kepada prajurit TNI yang sedang bertugas menjaga perdamaian di wilayah Lebanon Selatan.

Dalam kunjungan tersebut Asops Kasad menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa  bangga kepada seluruh prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas FPC, FHQSU, CIMIC, MCOU, SEMPU, Hospital Level II, serta Indobatt atas dedikasi dan pengabdiannya dalam misi menjaga perdamaian dunia. "pertahankan kondisi  ini hingga selesai tugas",  singkat Asops Kasad.

Selama kunjungan, Asops Kasad didampingi oleh Waasops Kasad Bid. Siapsat Brigjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., Paban V/Duk Ops Sopsad Kolonel Inf Leo Agung Priyo Soembodo, Paban VII/Ops LN Sopsad Kolonel Inf Polsan Situmorang, S.E., M.K.P., Asops Kasdam XVI/Ptm Kolonel Inf Rusdian Parma, S.I.P., Danbrigif 27/Nusa Ina Kodam XVI/Ptm Kolonel Inf Agus Widianto, serta Pabandya-2/Wasops LN Spaban V/Ops LN Sopsad Letkol Inf Andri Hadiyanto, M.Han.

Penulis: ARP

Jakarta,sulutnews.com - Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI dr. Budiman, Sp. BP-RE (K), M.A.R.S., menghadiri pertemuan Thailand Indonesia (Thainesia) Military Medicine ke 6, yangbertempat di Swissotel Bangkok Thailand (27/5/2022).

Thainesia Military Medicine merupakan kerjasama di bidang kesehatan antara TNI dan Royal Thai Armed Forces (RTARF) yang diselenggarakan setiap tahun di mana kedua Pusat Kesehatan Angkatan Bersenjata kedua negara saling melakukan kunjungan dan menandatangani perjanjian bilateral.

Pertemuan pertama kali yang digelar tahun 2015 silam di Jakarta telah menghasilkan penandatanganan Perjanjian Koordinasi antara Kapuskes TNI kala itu dengan the Military Medicine Coordination Center, Command Center, Royal Thai Armed Forces Headquarters.

Dimana pada perjanjian tersebut dinyatakan bahwa kedua belah pihak menyetujui untuk saling berkoordinasi dan bekerja sama dalam bidang Kesehatan Militer hingga saat ini.

Usai pertemuan tersebut, Mayjen TNI dr. Budiman dalam keterangannya pers nya menjelaskan bahwa dalam pertemuan kali ini kedua belah pihak sepakat memelihara dan mengembangkan koordinasi kesehatan secara bilateral dalam kerangka Thainesia High Level Committee (HLC) dan Thainesia Joint Coordinated Operations and Execises Sub-Committee (JCOESC) agreements.

"Program kerjasamanya meliputi pendidikan dan latihan di bidang kesehatan militer seperti pertukaran personel kesehatan militer yang disepakati bersama, tukas Mayjen TNI dr. Budiman.

Adapun beberapa agenda pertemuan yang berlangsung dari tanggal 24 s.d. 27 Mei 2022 ini Kapuskes TNI beserta delegasi melaksanakan Courtesy Call ke Kedutaan besar RI untuk Thailand, kunjungan ke fasilitas kesehatan dan pertukaran informasi terkait Medical di masing masing negara.

Penulis: ARP

Jakarta,Sulutnews.com- Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerima paparan lanjutan terkait dukungan yang diberikan kepada Satgas Maritime Task Force TNI di Konga.

Paparan yang disampaikan Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI, Marsda TNI Benedictus Benny K merupakan hasil koordinasi dengan Asisten Logistik Kasal, terkait dukungan perawatan dan operasional kapal dan helikopter yang digunakan dalam satgas MTF.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Jumat (27/5/2022). Komandan PMPP memaparkan sejumlah kebutuhan yang sudah didata berkaitan dengan pengadaan sparepart dan juga perawatan berkala baik untuk helikopter maupun kapal.

Panglima TNI Andika Perkasa kemudian memberikan arahan dan masukan terkait hal tersebut.

Sambil berharap semua perawatan baik helikopter maupun kapal bisa dilakukan secara professional dan terukur sesuai dengan Standar Operating Procedure yang ada, yang dikeluarkan oleh pabrik.

"Hal ini dilakukan agar seluruh perawatan berkala bisa dicatat dan ditelusuri jika sewaktu-waktu hal tersebut diperlukan, Ucap Panglima TNI

Selanjutnya dalam pengajuan yang baru ini, Panglima TNI juga memberikan arahan agar lebih teliti dalam memasukan item yang diajukan. Dikatakan Panglima TNI Seluruh kebutuhan operasional dan perawatan harus betul-betul diajukan secara rinci, agar bisa masuk dalam MoU dengan pihak UN, tandasnya.

Penulis: ARP

Jakarta,Sulutnews.com - TNI Angkatan Darat terus menjalin hubungan bilateral dengan AD negara sahabat dalam berbagai bentuk interaksi sebagai upaya peningkatan profesionalisme prajurit. Komandan Kodiklatad, Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A. menerima kunjungan kehormatan Panglima Divisi 1 AD Australia Major General Scott Winter di Makodiklatad, Rabu (25/5).


Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodiklatad, Kamis (26/5/2022), tiba di Lapangan Makodiklatad, Major General Scott Winter yang didampingi oleh beberapa stafnya disambut oleh Dankodiklatad dan disuguhkan tayangan video dokumenter pelaksanaan latihan JOCIT-I yang baru saja ditutup. Sebelum mengunjungi Kodiklatad, Major General Scott Winter baru saja menutup kegiatan latihan Junior Officer Combat Instructor – Indonesia (JOCIT-I) di Pusdikif Pussenif Cipatat bersama-sama dengan Danpussenif, Letjen TNI Arief Rahman, M.A.

Dalam pertemuan Dankodiklatad dan Panglima Divisi 1 AD Australia terdapat sejumlah diskusi mengenai beberapa hal di antaranya pembangunan fasilitas latihan, perencanaan Latma Super Garuda Shield, peningkatan kerja sama latihan dan pelatih militer, peningkatan inovasi teknologi melibatkan institusi sipil serta wacana kerja sama bidang doktrin militer.

Kegiatan dilanjutkan dengan jamuan makan malam oleh Dankodiklatad yang juga dihadiri beberapa pejabat utama Kodikatad.

Penulis: ARP

Jakarta,Sulutnews.com - Sertar  Taruna (Sertar) Tri Bawono Nugroho menjadi Taruna AAU pertama yang mendapat kesempatan belajar di Akademi Angkatan Udara Amerika Serikat United State Air Force Academy (USAFA)

Taruna werving 2020 asal Jakarta ini, sejak Juni 2021 akan menempuh pendidikan di USAFA dengan masa pendidikan 4 tahun.

"Program ini menjadi bagian dari penguatan kerjasama TNI AU dan US Air Force.

Dirilis dari data Tentara Nasional Insonesia (TNI) Angkatan Udara, Rabu (25/5/2022), Sebelum mengikuti pendidikan di USAFA, Sertar Tri Bawono terlebih dahulu mengikuti sejumlah tes, yaitu Bahasa Inggris, SAT, Fitness Test, Interview dan English Coprehensive Level.

Awal kedatangan di USAFA, Sertar Tri Bawono juga harus menjalani Basic Cadet Training selama enam bulan.  Setelah itu pada 26 Juni 2021, Sertar Tri Bawono baru mengikuti pendidikan penuh bersama Taruna USAFA lainnya.

Dalam kunjungan ke USAFA, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A., sempat menemui dan melakukan dialog dengan Sertar Tri Bawono Nugroho.

Kasau juga memberikan arahan dan dorongan semangat agar Sertar Tri Bawono dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik dan dapat mengharumkan nama Indonesia di USAFA.

Penulis: ARP

Jakarta,Sulutnews.com - Deputy Secretary General Of The United Nation, Mrs Amina J Mohhamed menyambangi 91 Command Center di Bali, dalam rangka meninjau fasilitas dan fitur yang tersedia dalm mendukung pengamanan GPDRR dan sistem manejemen monitoring bencana alam, gempa bumi dan tsunami.

Kepala Divisi Humas Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan bahwa, dalam kesempatan itu, Deputi Sekjen PBB dipaparkan soal fasilitas dan fitur di Command Center ITDC yang dibangun Polri sudah lengkap dalam mendukung pengamanan event Internasional, kegiatan masyarakat serta kepariwisataan.

"Serta fungsi Command Center bisa dialihkan sebagai sistem manajemen dan monitoring serta penanggulangan bencana alam , gempa bumi dan tsunami apabila terjadi di Bali," kata Dedi kepada awak media, Rabu (25/5).

Dedi menekankan, dalam mendukung penanggulangan kebencanaan di Bali, kepolisian membangun sinergitas dan kerja sama antar stakeholder dengan tujuan membentuk sistem manajemen penanganan kebencanaan dan sistem Pengamanan terpadu.

"Melengkapi sarana prasarana yang disesuaikan dengan kebutuhan. Membuat SOP bersama melalui TTX dan TFG," ujar Dedi.

Kemudian, kata Dedi, kepolisian bersama pihak terkait lainnya, melakukan pelatihan dan simulasi bersama dalam penguatan koordinasi dan kerjasama antar instasi dan stakeholder.

Setelah meninjau dan mendengarkan langsung pemaparan kepolsiian, Deputi Sekjen PBB mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kesiapan Polri untuk pengamanan GPDRR serta kesiapan dukungan teknologi Command Center yang sangat lengkap untuk antisipasi pengamanan dan kebencanaan. 

"Sehingga PBB akan menjadikan 91 Command Center ITDC sebagai contoh pembuatan fasilitas Command Center sistem penanganan kebencanaan di negara-negara di dunia dibawah UNDRR," tutupnya.

Penulis: ARP

Jakarta,Sulutnews.com – Oknum anggota TNI yang diduga terlibat dalam kasus kerangkeng manusia di rumah Bupati Langkat mulai diproses hukum.  Ada lima oknum anggota TNI yang sudah ditetapkan sebagai tersangka pelaku penyekapan ditahan di Instalasi Tahanan Militer Polisi Militer Kodam (Pomdam) I/Bukit Barisan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna sehubungan dengan beredarnya berita tentang penahanan terhadap lima orang oknum anggota TNI terkait dengan kasus kerangkeng manusia, Selasa (24/5/2022).

“Benar, telah dilakukan penahanan terhadap lima orang oknum anggota TNI  yang telah ditetapkan penyidik sebagai tersangka untuk pelimpahan berkas hasil penyidikan ke Oditurat Militer Medan,” terang Kadispenad.

Kadispenad menjelaskan, bahwa saat ini penyidik Pomdam I/Bukit Barisan masih terus bekerja memproses hukum kelima oknum anggota TNI tersebut. Siapapun nanti yang terbukti terlibat di dalam persoalan kerangkeng manusia tersebut, pasti akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Kelima orang yang sudah dilimpahkan ke Oditurat Militer Medan masing-masing berinisial SG, AF, LS, S dan MP, ”ujar Brigjen Tatang.

Kadispenad menegaskan, bahwa Kasad tidak akan mentolerir setiap pelanggaran hukum yang melibatkan anggotanya. Jika sampai terjadi anggota terlibat pelanggaran hukum, tetap akan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

Penulis: ARP

Jakarta,Sulutnews.com - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., mengapresiasi atas prestasi yang diraih para prajurit TNI AD yang berjuang membela bangsa dan negara dalam ajang pesta olahraga se-Asia Tenggara (SEA Games) ke-31 di Hanoi Vietnam dengan menyumbangkan 9 medali emas, 13 medali perak dan 5 medali perunggu bagi kontingen Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna di Mabesad, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Dikatakan Kadispenad, atas torehan prestasi yang diraih oleh para prajurit TNI AD yang menyumbangkan medali bagi kontingen Indonesia dalam kancah pesta olahraga se-Asia Tenggara (SEA Games), Kasad Jenderal Dudung Abdurachman selaku pimpinan TNI AD merasa bangga dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para atlet yang berasal dari Prajurit TNI AD baik pria maupun wanita yang telah berjuang dengan gagah berani mempertaruhkan harkat dan martabat bangsa sehingga mendapatkan prestasi yang mengharumkan nama baik TNI AD khususnya kehormatan bangsa dan negara.

Pada ajang bergengsi tingkat Asia Tenggara yang digelar dua tahunan tersebut, terdapat 27 prajurit TNI AD yang memperkuat Kontingen Indonesia yang terdiri dari 23 Atlet dan 4 Official. Ke-23 prajurit TNI AD ini diterjunkan pada Cabang Olahraga (Cabor) Menembak, Dayung, Atletik, Karate, Judo dan Renang.

Dari 23 atlet tersebut 18 diantaranya berhasil menyumbangkan medali bagi kontingen Indonesia.

"Prestasi yang membanggakan ini, dapat menjadi contoh dan motivasi bagi prajurit TNI AD lainnya. Bukan hanya di cabang olahraga saja, namun juga berprestasi di bidang lain yang dapat mengharumkan nama baik TNI AD, bangsa dan negara,” kata Tatang.

Lebih lanjut Tatang mengungkapkan, hal ini sebagai bukti bahwa para atlet TNI AD mampu mengimplementasikan dengan baik Tujuh Perintah Harian Kasad yang salah satunya menyatakan Jati diri TNI AD sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional. Kehadiran prajurit TNI AD juga senantiasa memberikan dampak pada lingkungan dan dirasakan manfaatnya untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Sebagaimana diketahui pesta olahraga se-Asia Tenggara (SEA Games) ke-31 yang berlangsung di Hanoi Vietnam ditutup secara resmi pada hari Senin tanggal 23 Mei 2022. Pada ajang tersebut kontingen Indonesia menempati urutan ketiga dari sebelas negara di kawasan Asia Tenggara dengan peraihan medali sejumlah 69 emas, 91 perak dan 80 perunggu.

Adapun para atlet (Prajurit TNI AD) yang meraih medali di SEA Games ke-31 Vietnam sebagai berikut :

1. Serda Fathur Gustafian (Puspalad) 2 Emas dan 1 Perak Cabor Menembak.

2. Sertu Andri Agus Mulyana (Rindam III/Siliwangi) 2 Emas Cabor Dayung.

3. Serda Sulfianto (Kodam XIV/Hasanuddin) 2 Emas Cabor Dayung.

4. Serda (K) Dewi Laila Mubarokah (Puspalad) 1 Emas dan 1 Perak Cabor Menembak

5. Lettu Inf Totok Tri Martanto (Kopassus) 1 Emas Cabor Menembak.

6. Serma Dewa Putu Yadi Suteja (Rindam IX/Udayana) 1 Emas Cabor Menembak.

7. Sertu (K) Dessyinta Banurea (Pusziad) 2 Perak Cabor Karate.

8. Sertu (K) Sharon Verlina Ririhena (Pusziad) 1 Perak dan 1 Perunggu Cabor Karate.

9. Sertu (K) Nurul Fajar Fitriyati (Pussenarmed Kodiklatad) 1 Perak dan 1 Perunggu Cabor Renang.

10. Sertu (K) Adylia Safitri (Ditkuad) 1 Perak Cabor Menembak.

11. Sertu Wira Sukmana (Pomdam Jaya/Jayakarta) 1 Perak Cabor Menembak.

12. Letda Inf Agus Prayogo (Pussenif Kodiklatad) 1 Perak Cabor Atletik.

13 Sertu (K) Ni Kadek Anny Pandini (Jasdam IX/Udayana) 1 Perak Cabor Judo.

14. Sertu Sandy Firmansyah (Pusziad) 1 Perak Cabor Karate.

15. Sertu (K) Huswatun Hasanah (Puspalad) 1 Perak Cabor Tinju.

16. Sertu Rudi Febriade (Secapa AD) 1 Perak Cabor Atletik.

17. Sertu (K) Ressa Kania Dewi (Pussenarmed Kodiklatad) 2 Perunggu Cabor Renang.

18. Serka Atjong Tio Purwanto (Kodam V/Brawijaya) 1 Perunggu Cabor Atletik.

Penulis: ARP