Jabar,Sulutnews.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung tempat kejadian perkara kejadian bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat.

Dalam tinjauannya, Sigit menegaskan bahwa telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran kepolisian untuk mengusut tuntas peristiwa bom bunuh diri tersebut.

"Tentunya ini semua akan didalami. Sehingga kita minta kepada seluruh rekan-rekan, untuk bisa membantu kami dan tim agar bisa menuntaskan kejadian secara maksimal. Seluruh tim dan satgas sudah diperintahkan untuk bergerak," kata Sigit di Mapolsek Astana Anyar, Rabu, 7 Desember 2022.

Menurut Sigit, hingga saat ini ada 11 orang menjadi korban dalam peristiwa tersebut. Terdiri dari sembilan  anggota kepolisian dan satu masyarakat yang mengalami luka-luka serta satu personel polisi meninggal dunia.

"Saat ini kita terus melakukan pendalaman. Terkait proses olah TKP sedang berlangsung tentunya dari olah TKP kita akan melakukan proses pencarian terhadap kelompok yang terafiliasi dengan pelaku yang ada di TKP," ujar Sigit.

Terkait pelaku, Sigit mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan sidik jari dan Face Recognition terduga pelaku bom bunuh diri identitasnya adalah, Agus Sujatno alias Agus Muslim.

"Yang bersangkutan pernah ditangkap karena peristiwa bom Cicendo dan sempat dihukum empat tahun di bulan September atau Oktober 2021 lalu yang bersangkutan bebas," ucap Sigit.

Disisi lain, Sigit juga menyatakan bahwa, terduga pelaku bom bunuh diri tersebut juga terafiliasi dengan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bandung, Jawa Barat.

"Saat ini tim terus bekerja menuntaskan peristiwa yang terjadi," tutur Sigit.

Lebih dalam, kata Sigit, dari hasil penyelidikan sementara ditemukan adanya barang bukti bertuliskan penolakan terhadap pengesahan KUHP baru yang ditemukan dari barang bukti terduga pelaku.

"Kemudian Di TKP kita temukan ada belasan lembar kertas yang bertuliskan protes atau  penolakan terhadap rancangan KUHP yang baru saja disahkan dimana didalamnya membahas masalah zinah dan sebagainya," tutup Sigit. (**/ARP)

Bandung,Sulutnews.com - Polisi mengatakan, ada 11 orang yang menjadi korban dalam peristiwa bom bunuh diri di Markas Kepolisian Sektor Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Inspektur Jenderal Polisi Suntana mengatakan, sebanyak 10 orang merupakan anggota polisi dan satu orang warga sipil yang sedang melintas di sekitar lokasi kejadian.

Sedangkan pelaku bom bunuh diri dipastikan tewas di lokasi.

"Ada 11 orang menjadi korban, terdiri 10 anggota Polri dan satu warga sipil. Satu orang anggota Polri meninggal dunia atas nama Aiptu Sofyan," kata Suntana kepada wartawan di sekitar Mapolsek Astanaanyar.

Kapolda menjelaskan peristiwa bom bunuh diri itu terjadi sekitar pukul 08.00 WIB saat anggota Polsek Astanaanyar sedang melaksanakan apel pagi.

Pelaku memaksa mendekati anggota polisi yang sedang melaksanakan apel. Kemudian pelaku sempat dihalau masuk oleh beberapa anggota polisi.

"Dan dia mendekat, pelaku tetap berkehendak mendekati anggota, lalu mengacungkan sebuah pisau, tiba-tiba terjadi ledakan," kata Suntana.

Kapolda pun memohon waktu untuk bisa mengungkap kejadian bom bunuh diri tersebut karena saat ini polisi masih fokus memastikan lokasi maupun lingkungan sekitar Mapolsek Astanaanyar steril.

"Sesudah ini mohon waktu, polisi akan melaksanakan olah TKP (tempat kejadian perkara) berupa pemeriksaan lokasi, pemeriksaan termasuk sidik jari, untuk memastikan identitas dari pelaku bom bunuh diri," katanya. (**/ARP)

Solo,Sulutnews.com – Syarif Bastaman, lulusan Barington University Amerika Serikat, dipercayakan mengurus organisasi PB GABSI sebagai Ketua Umum oleh peserta kongres ke-26 Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (PB-GABSI). Syabas-sapaan akrabnya akan memimpin PB GABSI untuk periode 2022-2026.

Syabas terpilih secara aklamasi dalam musyawarah peserta kongres se-Indonesia yang digelar di Loji Gandrung, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

"Terimakasih atas kepercayaan seluruh pengda GABSI se-Indonesia, muda-mudahan amanah ini akan kami tunaikan. Saya siap membangun GABSI lebih baik lagi, terutama dalam pembinaan prestasi atlet" tutur Syarif usai ditetapkan sebagai ketua umum, Sabtu, (03/12).

Peserta kongres memberikan suara penuh kepada Syarif Bastaman untuk menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Miranda Goeltom.

“Pak Syarif bukan orang baru di GABSI. Ia merupakan atlet dan sempat menjadi pengurus pusat dan aktif di GABSI,” ujar Abdul Hadi Ketua Pengprov GABSI Jateng.

Dilain pihak, terpilihnya Syabas tidak lepas dari dukungan para atlit dan juga pengurus yang ikut dalam kegiatan Kejurnas dan Kongres Bridge ke 58 di Solo yang dimulai 24-04 Desember 2022.

“Harapan besar kemajuan Bridge di Indonesia secara umum dan khususnya di daerah-daerah akan menjadi pekerjaan rumah yang harus dikerjakan oleh Ketua PB Gabsi terpilih. Semoga akan lebih baik lagi kedepannya,” ujar sejumlah atlit nasional dan daerah yang ikut ambil bagian dalam Kejurnas di Convention Hall Terminal Tirtonadi.

(Catatan: Michael Tumiwang)

Surabaya,Sulutnews.com - Komandan Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir (Danmenbanpur 2 Mar) Kolonel Mar Firman Gunawan, S. E. memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Batalyon Zeni 2 Marinir dari Letkol Mar Eko Puji S, M.M, S.H,. M.Tr.Opsla., kepada Letkol Mar Samsul Arif, M.Han., di Lapangan Apel Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Karangpilang Surabaya, Selasa (6/12/2022).

Dalam amanatnya Danmenbanpur 2 Mar menyampaikan bahwa serah terima jabatan adalah sesuatu yang wajar untuk meningkatkan performa organisasi, dimana secara alamiah akan terjadi proses regenerasi kepemimpinan yang diharapkan dapat membawa ide-ide baru dan mampu menciptakan langkah-langkah yang kreatif dan inovatif dalam menghadapi perkembangan situasi yang sangat dinamis.

"Sedangkan secara spiritual serah terima jabatan adalah bentuk puji syukur kita kepada Tuhan YME atas segala hasil kerja yang telah dicapai sekaligus sebagai pernyataan diri untuk terus mampu berkarya dengan optimal dimanapun berada.

Kepada Letkol Mar Eko Puji Suryanto saya ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya atas pengabdian, dedikasi dan loyalitas selama menjabat sehingga banyak pencapaian maupun prestasi yang telah dicapai dan tak lupa juga saya mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru semoga selalu dapat meraih kesuksesan.

Sambungnya, untuk pejabat baru lanjutkan kebijakan yang memberikan dampak positif bagi kemajuan satuan, bina terus kemampuan prajurit yang profesional dan modern serta berkemampuan untuk melaksanakan tugas  pokok dan tugas-tugas tambahan yang menjadi tanggung jawab Batalyon Zeni 2 Marinir, " kata Danmenbanpur 2 Mar mengakhiri amanatnya.

 
Sebelum menjadi  Komandan Batalyon Zeni 2 Marinir Letkol Mar Samsul Arif, M.Han., berdinas di Komando Pendidikan Angkatan Laut (Kodiklatal) sebagai Komandan Sekolah Perwira Pusat Pendidikan Bantuan Tempur. Sedangkan Letkol Mar Eko Puji S, M.M, S.H,. M.Tr.Opsla., setelah ini akan menempati jabatan yang baru sebagai Perwira Logistik Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir. (**/ARP)

Jakarta,Sulutnews.com - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi memberikan apresiasi kepada Polri yang telah mengungkap peredaran aplikasi pinjaman online (Pinjol) yang berada di Manado, Sulawesi Utara

Dia pun mendukung kepolisian untuk terus mengembangkan pengungkapan perusahaan aplikasi pinjol ilegal di seluruh Indonesia yang meresahkan masyarakat.

"Saya mengapresiasi Polda Metro Jaya yang mengungkap peredaran aplikasi pinjaman online yang berada di Manado, Sulawesi Utara. Aparat kepolisian jangan sampai berhenti dan puas diri," kata Andi Rio, di Jakarta, Senin (5/12/ 2022).

Dia mengatakan, kapolri sudah membuktikan dengan menjalankan petunjuk dan arahan Presiden Jokowi pada acara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Virtual Innovation Day 2021 terkait maraknya aksi penipuan pinjol dan tindak pidana keuangan digital.

Dia pun meminta Polri jangan hanya berhenti mengungkap kasus pinjol yang berada di Manado, karena sudah banyak masyarakat yang dirugikan.

Menurut dia, kondisi ekonomi pada masa pandemi Covid-19 membuat gejolak terhadap perekonomian di masyarakat. Namun, di sisi lain, perkembangan digital dan situasi ekonomi dimanfaatkan pelaku usaha pinjol ilegal untuk meraih keuntungan.

"Pelaku pinjol ilegal merayu masyarakat melalui akses kemudahan persyaratan dan pencairan namun berujung pada pesakitan," katanya lagi.

Dia mengatakan perusahaan pinjol ilegal telah meresahkan masyarakat karena diduga melakukan tindak kejahatan berupa psikis, pencurian data pribadi, dan teror. Karena itu dia meminta Polri jangan ragu memberantas pinjol ilegal.

Sebelumnya, Penyidik Subdirektorat Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pinjaman daring (pinjaman online/pinjol) ilegal yang berada di Manado, Sulawesi Utara.

"Sebanyak dua orang ditetapkan jadi tersangka. Mereka adalah A sebagai petugas 'debt collector', pengancam korban dan G sebagai pimpinan dari pinjol ilegal tersebut," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Auliansyah menjelaskan dalam penggerebekan tersebut petugas turut mengamankan sebanyak 40 karyawan perusahaan pinjaman daring ilegal tersebut.

Penggerebekan tersebut dilakukan pada Selasa 29 November 2022 di Manado, dengan bantuan dari Polda Sulawesi Utara.

Adapun pasal yang dipersangkakan terhadap A dan G yang adalah Pasal 30 juncto Pasal 46 dan atau Pasal 32 jo Pasal 48 dan atau Pasal 29 jo Pasal 45B dan atau Pasal 27 ayat (4) jo Pasal 45 ayat (4) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pihak kepolisian akan terus mengembangkan pengungkapan tersebut untuk membongkar seluruh operasi pinjaman daring ilegal tersebut.

Perusahaan tersebut diketahui mengoperasikan empat aplikasi pinjaman daring ilegal yakni PinjamanNow, AkuKaya, KamiKaya dan EasyGo. (**/ARP)

Jakarta,Sulutnews.com - Hari Pers Nasional (HPN) setiap tahunnya diselenggarakan pada tanggal 9 Februari, didasari dengan lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia di Kota Solo, Jawa Tengah, dan telah ditetapkan sebagai Hari Lahir Pers Indonesia sesuai Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Untuk Peringatan HPN tahun 2023 mendatang ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN adalah kota Medan, Sumatera Utara.

Ketua HPN, H Mirza Zulhadi mengatakan bahwa penyelenggaraan HPN di kota Medan mendatang, tetap mengagendakan beberapa program seperti seminar pers.

"Seminar Pers nantinya akan kita rancang semacam 'Seruan Medan' lah, yang mengetengahkan pers Indonesia itu seperti apa, kedepan baiknya seperti apa. Selain itu akan ada seminar olahraga yang materinya tentang PON, dimana Medan dan Aceh menjadi tuan rumah. Nantinya kita bicarakan persiapan dua kota itu serta persiapan tempat pertadingannya, bagaimana. Itulah dua seminar yang utama," ungkap Mirza Zulhadi usai rapat Panpel HPN di Kantor PWI Pusat, Senin (5/12).

Dikatakannya, selain itu, seperti tahun sebelumnya, penyelenggaraan HPN juga akan ada pameran pers.

"Pameran pers nantinya ditampilkan pers dari masa ke masa berujung pada Metaverse. Kita akan mencoba menggambarkan metaverse itu seperti apa sih, dunia virtual itu seperti apa. Nah selain itu, juga akan diadakan konvensi yang membicarakan masa depan dunia jurnalisme dan masa depan media. Itu dari Dewan Pers pematerinya," ujar Mirza Zulhadi.

Mirza Zulhadi yang juga Sekjen PWI Pusat ini menjelaskan, selain seminar dan kovensi, ada yang baru diketengahkan di HPN 2023 Medan tersebut, yakni akan digelarnya pertemuan Confederation of ASEAN Journalist (CAJ).

"CAJ akan digelar di HPN 2023 nanti karena Presiden CAJ dari Indonesia, yakni Ketua PWI Pusat sendiri, Pak Atal S Depari. CAJ nanti akan melakukan dialog internasiol dengan mengundang nara sumber dari Eropa dan Amerika. Acara ini nantinya akan dilaksanakan secara daring dan tatap muka," tutur Mirza Zulhadi.

HPN 2023 di Kota Medan, lanjut Mirza Zulhadi, juga akan diadakan bakti sosial, penanganan masalah stunting serta tur ke Danau Toba bagi peserta HPN 2023.

Namun tur ke Danau Toba bagi peserta HPN ini masih tentativ karena harus disesuaikan dengan jadwal," kata Mirza Zulhadi.(Mercys)

Serbajadi,Sulutnews.com - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya membuka kegiatan Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) yang dilaksanakan di TK Sehati, Desa Kwala Bali, Kecamatan Serbajadi, Senin (5/12/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyamp+aikan Indonesia merupakan negara maritim yang terdiri atas lebih dari 17 ribu pulau yang menjadikan sepeqrtiga wilayah Indonesia adalah wilayah perairan. Kondisi geografis ini, katanya, tentu menjadikan indonesia memiliki potensi sumber daya perikanan yang melimpah.

Namun di tengah besarnya potensi perikanan, menurutnya tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara maju dan negara berkembang lainnya. Ia mengungkapkan, tingkat konsumsi ikan Indonesia pada tahun lalu, baru mencapai 55,37 kg per kapita.

“Pada tahun 2022 ini, Pemerintah Indonesia menargetkan konsumsi ikan menjadi 58 kg per kapita per tahun. target ini masih sangat rendah apabila dibandingkan dengan tingkat konsumsi ikan per kapita di negara-negara dengan industri maritim yang maju. Sebut saja Jepang yang mencapai 100 kg per kapita/tahun, Singapura 90 kg per kapita, Malaysia 80 kg per kapita, dan Norwegia 75 kg perkapita,” ujarnya.

Darma Wijaya mengungkapkan, di Kabupaten Sergai tingkat konsumsi ikan daerah pada tahun 2021 yaitu 49 kg per kapita dan pada tahun 2022 ini, Pemkab Sergai menargetkan tingkat konsumsi ikan masyarakat per kapita menjadi 50 kg/ tahun.

Ia mengakui, target ini memang masih di bawah target nasional, namun menunjukkan tren yang terus meningkat, yang dilihat dari realisasi konsumsi ikan perkapita Sergai pada tahun 2017, yang masih 42 kg, dan tahun 2020, yakni 48 kg.

“Sebagai perbandingan, target konsumsi ikan Sergai ini masih di bawah tingkat konsumsi ikan perkapita di Provinsi Maluku yang mencapai 54 kg per tahun, namun di atas tingkat konsumsi ikan di Yogyakarta yang hanya 30 kg per tahun dan Bali yang cuma 25 kg/tahun,” tambah Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

Untuk mencapai target konsumsi ikan di Sergai, Bupati berujar pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan produksi perikanan dengan memaksimalkan potensi di sektor perikanan tangkap, perikanan budidaya, dan pengolahan hasil perikanan. Peningkatan produksi perikanan dari ketiga sektor tersebut, sebutnya, terus menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. Bahkan peningkatan produksi ini khususnya produksi ikan air tawar dan air laut telah memenuhi permintaan pasar terhadap ikan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan luar provinsi yang menjadikan Sergai sebagai salah satu lumbung ikan di Sumut.

“Namun seiring dengan peningkatan tersebut, diharapkan agar animo masyarakat dalam mengkonsumsi ikan juga harus meningkat. Hal ini yang terkadang luput dari perhatian pemerintah,” keluhnya.

Padahal sebagai sumber pangan, Bang Wiwik berpendapat ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Kandungan protein, asam lemak omega 3, dan omega 6 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan anak serta ibu hamil dan menyusui. Bagi anak, gizi pada ikan akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan perkembangan otak. Juga pada ibu hamil dan menyusui di mana ikan yang dikonsumsi akan berpengaruh secara langsung bagi kesehatan ibu dan janin juga pembentukan otak bagi janin.

Dikatakan oleh Bupati, upaya meningkatkan tingkat konsumsi nasional dan di daerah Sergai tentu tidak terlepas dari peran serta pemerintah dan masyarakat. Hal ini menurutnya menjadi tugas bersama, khususnya dalam penanganan gizi buruk yang masih menjadi permasalahan di Indonesia secara umum.

Untuk peningkatan konsumsi pangan masyarakat akan ikan ini, ia menyebut Pemkab Sergai melalui Dinas Kelautan dan Perikanan melakukan kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan yang disingkat “Gemarikan”. Kegiatan ini, jelasnya, tentu menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam mendukung kesehatan masyarakat dan penanganan kasus stunting atau gizi buruk pada anak-anak di Sergai.

“Setelah kegiatan ini, saya harapkan ada perubahan pada anak-anak, khususnya pada orang tua yang hadir saat ini untuk dapat membudayakan makan ikan di keluarga. Saatnya kita tunjukkan identitas negara kepulauan terbesar ini dengan prestasi-prestasi yang nyata yang kita mulai dari hal terkecil seperti memilih makanan sehat seperti ikan. Untuk itu, saya harapkan agar kita masyarakat Sergai, dapat mengambil peran dalam gerakan mengkonsumsi ikan ini, dan turut melakukan kampanye pentingnya mengkonsumsi ikan pada keluarga dan masyarakat,” papar Bupati lebih lanjut.

Terakhir ia mengajak seluruh pihak mewujudkan Sergai menjadi kabupaten yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan religius, dengan menciptakan masyarakat yang sehat, cerdas dan kuat, yang salah satunya dengan mengkonsumsi ikan.

Di kesempatan serupa Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya mengajak anak-anak yang hadir pada acara Gemarikan untuk senang makan ikan. Apalagi nantinya ada banyak ragam menu olahan ikan yang akan bersama-sama disantap, mulai dari baso ikan, naget ikan, pempek ikan, dan otak-otak ikan.

“Saya juga mengajak kepada orang tua dari murid-murid yang hadir untuk menumbuhkan budaya makan ikan. Kalau anak-anak susah makan ikan, bisa dibuat kreasi ragam olahan ikan. Misalnya anak-anak suka baso bakar, kita juga bisa membuat kreasi baso bakar dengan bahan baku ikan,” pesannya.

Ketua TP-PKK berpedapat, dengan kemudahan teknologi sekarang, resep dan cara membuat menu olahan ikan mudah untuk diakses, misalnya saja dengan memanfaatkan situs berbagi video Youtube.

“Tidak ada kata tidak bisa kalau belum kita lakukan, dan tidak ada kata terlambat kalau belum kita mulai. Ayo makan ikan, agar anak sehat, kuat dan cerdas,” tandas Rosmaida.

Acara Gemarikan ini dihadiri antara lain oleh Kadis Kanla Dr. Claudia Evinta Siregar, SKM, M.Kes, Kadis Perindag Roy CS Pane, AP, M.Si, Kadis Sosial Arianto, S.Pd, M.Si, dan Camat Serbajadi Syafruddin, SE, M.AP.(*/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Bupati Asahan H. Surya, BSc menandatangani pakta integritas netralitas ASN pada Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Senin (05/12/2022). Penandatanganan pakta integritas ini dipimpin langsung Gubsu Edy Rahmayadi dan diikuti seluruh Kepala Daerah se-Sumatera Utara serta disaksikan Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Ketua KPU Provsu, Pimpinan Partai yang ada di Provsu, Kapolda Sumatera Utara, perwakilan Forkopimda Sumatera Utara, Ketua Bawaslu Kabupaten Asahan, Ketua KPU Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

Dikesempatan ini Ketua Bawaslu Provsu, Syafrida R Rasahan mengatakan, penandatanganan ini merupakan bentuk komitmen Kepala Daerah untuk sama-sama melaksanakan Pemilu dan Pilkada Serentak dalam menjaga integritas dan netralitas. Menurutnya, kehadiran ASN adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan kenyamanan kepada semua pihak dengan melakukan ketidakberpihakan pada siapapun.  “Dengan adanya pakta integritas ini, diharapkan adanya komitmen bersama untuk menjaga integritas ASN agar tidak dilibatkan dalam kegiatan politik, yang nantinya akan merugikan ASN itu sendiri, “ ujar Syafrida.

Sementara Gubsu Edy Rahmayadi pada pidatonya mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak terlibat politik praktis. "ASN harus netral dalam Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024, hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN", ucap Edy. Edy juga mengatakan, tugas utama ASN adalah sebagai pelayan masyarakat. "Jadi sebagai ASN kita harus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, bukan kita yang harus dilayani masyarakat” tegas Edy Rahmayadi.

Edy juga menyampaikan tiga tugas pokok ASN yakni melayani masyarakat, menjalankan kebijakan umum dan menjalankan Undang-Undang, mulai dari Undang-Undang Dasar, aturan-aturan seperti Peraturan Daerah, Peraturan Gubernur maupun Peraturan Bupati atau Walikota.

Usai mengikuti rangkaian kegiatan tersebut, Bupati Asahan didampingi Kadis Kominfo Kabupaten Asahan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan akan mendukung Pakta Integritas ini, sebagai salah satu upaya untuk memastikan pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan serentak 2024 dapat berjalan sesuai dengan aturan. Lebih lanjut Bupati mengatakan, dirinya akan terus mengingatkan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan untuk menjaga netralitas saat pelaksanaan pemilu dan pemilihan serentak nantinya.

Bupati juga berharap kepada masyarakat Kabupaten Asahan agar dapat berperan aktif dalam pelaksanaan pemilu nantinya, dengan melaporkan kepada pihak terkait, jika ditemukan ASN yang tidak bersikap netral pada saat pemilu dan pemilihan serentak. "Mari bersama kita sukseskan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 ini dengan jujur dan adil, sehingga kita dapat merayakan pesta demokrasi dengan aman dan kondusif", ujar Bupati mengakhiri pembicaraannya.(*/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Bupati Asahan H. Surya, BSc dan Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan melepas lebih kurang 1.500 peserta gowes bersama guru Asahan dalam rangka HUT ke-77 PGRI. Pelepasan gowes ini dilakukan di Depan Rumah Dinas Bupati Asahan, Minggu (04/12/2022).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Drs. H. Supriyanto, M.Pd mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini untuk menyemarakkan HUT ke-77 PGRI dan menyatukan masyarakat dengan guru yang ada di Kabupaten Asahan.

Supriyanto juga mengatakan, jarak yang ditempuh dalam gowes ini lebih kurang 11 Km yang diikuti guru, para siswa, masyarakat dan Komunitas Gowes dengan jumlah hadiah lebih kurang 136 hadiah.

Dikesempatan yang sama Bupati Asahan mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Asahan mengucapkan selamat HUT ke-77 PGRI, semoga PGRI kedepannya dapat terus memperjuangkan guru-guru dan tenaga kependidikan lainnya supaya maksimal dalam menjalankan hak dan kewajibannya serta mampu menampung aspirasi para anggotanya.

Bupati juga mengatakan, kita semua pernah mengenyam pendidikan dibangku sekolah dan mendapatkan ilmu dari seorang guru. "Maka dari itu jangan pernah kita mengatakan kepada seorang guru bahwa mereka mantan guru kita, tetapi kita harus tetap mengatakan mereka guru kita, karena mereka yang sangat berjasa memberikan ilmu kepada kita sampai kita berhasil seperti saat ini", tegas Bupati.

Bupati juga mengucapkan, terima kasih kepada seluruh guru yang telah memberikan ilmunya kepada generasi bangsa ini tanpa mengharapkan pamrih, "semoga engkau tetap menjadi pelita dalam kegelapan dan karena engkau, masa depan yang cerah dapat ku raih", ucap Bupati mengakhiri pidatonya.

Kegiatan berlanjut dengan pencabutan kupon lucky draw dengan berbagai hadiah menarik di Alun-Alun  Kisaran yang menjadi lokasi finish dari gowes tersebut.

Terlihat Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Dandim 0208/Asahan, Kapolres Asahan, Ketua PN Kisaran, Mewakili Danlanal TBA, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus, Ketua DWP Kabupaten Asahan, Ketua PGRI Kabupaten Asahan beserta pengurus dan peserta gowes.(*/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin hadiri Malam Resepsi Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Al Jam'iyatul Washliyah ke- 92 yang diselenggarakan di Hotel Marina, Sabtu malam (3/12/2022). Tampak juga hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Asahan, mewakili dandim 0208/AS, Ketua Al Washliyah Sumut beserta pengurus, Ketua Al Washliyah Asahan, MUI Asahan, Ketua Tim Imtaq Kabupaten Asahan, Ketua FKUB Asahan, Dan seluruh warga Al Washliyah.

Dalam kegiatan yang dirangkai dengan pemotongan tumpeng dan upah upah oleh pengurus Al-Washliyah Kab. Asahan kepada tamu dan undangan, Ketua PD Al Washliyah Kabupaten Asahan, Syahrul Nasution awali sambutannya  dengan harapan agar melalui momentum HUT Al Washliyah tahun ini dapat menjadi tambahan semangat bagi seluruh warga Al Washliyah dalam menciptakan putra putri terbaik yang berakhlaqul kharimah. “mengepakkan sayap Pendidikan dan Dakwah untuk merawat akhlaq bangsa merupakan semangat seluruh warga kader Al Washliyah , sesuai dengan tema kita malam ini "menjaga persatuan merawat moral bangsa", ujar Syahrul.

Selanjutnya Syahrul berharap akan lahir ulama terkemuka yang akan membawa nama Al-Washliyah jauh lebih tinggi. Syahrul juga menawarkan beberapa konsep dalam program kerjanya antara lain membuat PKU, serta Pendidikan Kelas Khusus di Al-Washliyah untuk kaderisasi ulama. “akhirnya saya mengucapkan selamat ulang tahun ke 92 Jam'iyatul Wasliyah untuk kita semua dan semoga kita dapat menjadi bagian penting dalam membantu Pemkab Asahan mensukseskan visi misinya”, pungkas Syahrul.

Di tempat yang sama, Kapolres Asahan mengatakan Al Jam'iyatul Washliyah Kab. Asahan sebagai Ormas keagamaan selama ini telah turut mendukung dan berperan aktif bersama Polres Asahan di dalam menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. “kami berharap agar hal tersebut dapat terus berkesinambungan, karena kedepan tantangan persoalan bangsa akan semakin tinggi, terlebih tahun 2024 nanti, kita akan menyelenggarakan perhelatan akbar yaitu pesta demokrasi, untuk itu saya berharap, Al Washliyah dapat menjadi salah satu Ormas yang membantu meredam setiap gejolak yang berpotensi menimbulkan konflik dalam perhelatan tersebut”, ujar Kapolres.

Sementara Wakil Bupati Asahan mengawali sambutannya mengucapkan Selamat HUT Al Washliyah   yang ke-92. “sebagai salah satu organisasi intelektual muslim, Al Washliyah merupakan tempat berkumpulnya insan dan cendikiawan yang memiliki potensi pendidikan dan telah mengabdi dalam berbagai profesi pekerjaan, karenanya saya berharap kader dan simpatisan Al Washliyah dapat meningkatkan tanggung jawab dan kepedulian untuk turut mengatasi dan memberikan kontribusinya dalam membangun bangsa, khususnya di Kabupaten Asahan”, ujar Wabup.

Wabup juga mengungkapkan, Al-Washliyah harus bisa menjadi perawat kemajemukan dan penjaga NKRI dalam kesatuan nilai Islam. “untuk mewujudkan hal itu, dibutuhkan adanya kesamaan langkah, semangat solidaritas dan sinergi yang kuat antar anggota Al-Washliyah, sehingga Al-Washliyah dapat tampil sebagai garda terdepan sebagai perekat solidaritas dan sinergi bangsa terkhusus di Kabupaten Asahan”, urai Wabup. Menutup pidatonya Wabup berharap, Al Washliyah nantinya dapat berkontribusi dalam mewujudkan visi dan misi Pemkab Asahan yaitu mewujudkan masyarakat yang sejahtera, religius dan berkarakter.(*/Daniel)