Saatnya Menilai Kepemimpinan 2024 Di Saat Krisis

Written by  Merson Simbolon Jul 30, 2021

Manado, Sulutnews.com - Saat ini adalah momentum terbaik untuk menilai siapa calon pemimpin nasional yang layak melanjutkan kepemimpinan di 2024.

Pada saat bersamaan saat pandemi ini merupakan saat terbaik bagi calon pemimpin nasional untuk menunjukkan kenegarawanannya, namun demikian sangat disayangkan, banyak birokrat, tokoh parpol, tokoh hukum, bahkan kaum agamawan yang justru bertingkah sebaliknya, jauh dari sifat kenegarawanan yang dibutuhkan untuk menjadi pimpinan nasional.

2024 adalah waktu yang diberikan oleh Undang-Undang 10 Tahun 20216  untuk menentukan pemimpin baik Nasional maupun pemimpin daerah tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Wali Kota yang ditetapkan pada tanggal 1 Juli 2016, di mana nanti pilkada akan dilaksanakan secara serentak di bulan November Tahun 2024.

Pada Undang-Undang  7 Tahun 2017 dituliskan dengan jelas soal penjadwalan pemilu. Pasal 167 menekankan, Pemilu dilaksanakan setiap 5 (lima) tahun sekali, di mana hari, tanggal, dan waktu pemungutan suara pemilu ditetapkan dengan keputusan KPU. Pemungutan suara dilaksanakan secara serentak pada hari libur atau hari yang diliburkan secara nasional.

Para calon pemimpin daerah dan pemimpin nasional saatnya mempersiapkan diri untuk dinilai oleh masyarakat, bukan dengan menyalahkan setiap kebijakan pemerintah, mencerca, menghina, menghasut, setiap keadaan bahkan mencari cara untuk menjatuhkan presiden dengan mencari berbagai dalih dan dalil termasuk menggunakan agama untuk menyulut keadaan. Padahal seharusnya mereka justru memiliki kesempatan untuk menunjukkan kualitas kenegarawanannya, untuk berimpati menolong masyarakat yang kesusahan, sehingga memikat hati rakyat supaya cukup alasan untuk memilihnya di 2024.

Mereka lupa bahwa rakyat menilai dengan hati ketulusan calon pemimpinnya, lupa bahwa Tuhan sedang meridhoi anak-anak bangsa yang tulus bekerja untuk bangsanya untuk disiapkan menjadi pemimpin di 2024. Menyambut HUT Indonesia ke 76, Semoga bangsa kita mendapatkan pemimpin yang dapat membawa Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.(/Merson)

Last modified on Friday, 30 July 2021 14:09