[Keterangan Foto: Kiper timnas Belgia itu jatuh bangun menjaga kesucian gawang Los Blancos untuk meraih trofi UCL ke-14 merela] [Keterangan Foto: Kiper timnas Belgia itu jatuh bangun menjaga kesucian gawang Los Blancos untuk meraih trofi UCL ke-14 merela]

Courtois Adalah Kunci Mahkota Kemenangan Real Madrid

Written by  Adrianus Pusungunaung May 29, 2022

Sport,Sulutnews.com - Manajer Real Madrid Carlo Ancelotti menulis ulang buku sejarah Liga Champions saat gol babak kedua Vinicius Junior memastikan kemenangan 1-0 melawan Liverpool di Paris untuk mengamankan rekor kesuksesan ke-14 bagi Real dan menjadikan Ancelotti pelatih pertama yang memenangkan empat Piala Eropa.

Namun meski gol Vinicius menjadi momen yang menentukan, Real berutang kemenangan kepada kiper Thibaut Courtois, yang melakukan serangkaian penyelamatan penting sepanjang pertandingan. Mantan penjaga gawang Chelsea itu menggagalkan upaya Mohamed Salah dan Sadio Mane selama tahap awal, mendorong tembakan Mane ke tiang saat Liverpool berusaha memanfaatkan awal yang cerah untuk permainan. Courtois melanjutkan penampilan heroiknya di babak kedua,

Kiper timnas Belgia itu jatuh bangun menjaga kesucian gawang Los Blancos untuk meraih trofi UCL ke-14 merela

Thibaut Courtois menjadi protagonis kemenangan 1-0 Real Madrid atas Liverpool, Minggu (29/5) dini hari WIB, dan mencetak rekor baru di final Liga Champions Eropa.

Kiper timnas Belgia tersebut sukses menjaga kesucian gawang Los Blancos dari serangan bertubi-tubi The Reds sepanjang 90 menit ketika menghadapi pasukan Jurgen Klopp.

Berkat penampilan gemilang Courtois di belakang, sebiji sumbangan dari Vinicius Junior di menit ke-59 pun sudah cukup untuk mempersembahkan trofi UCL ke-14 buat Real Madrid.

Liverpool memang memdominasi jalannya pertandingan sejak menit pertama, melimitasi pergerakan sang lawan sampai-sampai Los Blancos tidak mampu menciptakan satu tembakan pun di babak pertama.

Meski demikian, satu momen brilian hasil kerja sama Federico Valverde dan Vinicius Junior mampu melahirkan satu gol buat pasukan Ancelotti di babak kedua.

Tertinggal, Mohamed Salah cs terus menggempur dan menggempur, hingga mencatatkan sembilan tembakan akurat. Namun semua usaha tersebut mentah di hadapan Courtois, yang kini menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak di final Liga Champions (sembilan) sejak pengambilan data pada 2003/04, menyalip Alisson di final 2019 dan Edwin van der Sar di final 2011 (keduanya delapan).

Meski Real Madrid keluar sebagai juara Liga Champions lima kali dalam sembilan tahun terakhir (2014, 2016, 2017, 2018, 2022) ini adalah Si Kuping Besar pertama Courtois sepanjang kariernya.

Pasalnya, kiper 30 tahun itu baru bergabung dengan Madrid di awal musim 2018/19 ketika dibeli dari Chelsea, semusim setelah Los Blancos juga mengalahkan Liverpool di final Liga Champions 2017/18.

Selain merengkuh trofi paling bergengsi untuk klub Eropa, Courtois juga telah menjuarai dua La Liga, satu Supercopa de Espana, serta satu trofi Piala Dunia Antarklub. 

Dengan memenangkan pertandingan ini, Real membalas kekalahan mereka di final Piala Eropa 1981 melawan Liverpool di ibukota Prancis dan juga memperpanjang rekor kemenangan luar biasa mereka dalam kompetisi tersebut. 14 Piala Eropa Real sekarang dua kali lebih banyak dari AC Milan, yang berada di peringkat kedua dengan tujuh gelar. Liverpool tetap berada di urutan enam setelah terakhir kali memenangkan kompetisi pada 2019. Dan Ancelotti sekarang mengungguli Bob Paisley dari Liverpool dan Zinedine Zidane dari Real sebagai pelatih paling sukses dengan memenangkannya untuk keempat kalinya. Pelatih asal Italia itu memenangkan dua gelar bersama AC Milan, pada 2003 dan 2007, sebelum menambah dua lagi bersama Real pada 2014 dan sekarang 2022.

Penulis: ARP