Olah Raga

Olah Raga (23)

Manado, SulutNews - Upacara Penghormatan Pemenang (UPP) digelar di Balai Kota Batu Malang Jatim. Walikota Batu Malang Dewanti menyerahkan langsung medali bagi pemenang cabang Olahraga Bridge dan catur yang dilaksanakan di Kota Batu.

Ketua PWI Sulut Vouke Lontaan dan Captain Tim Bridge Michael Tumiwang menerima pengalungan medali perunggu Kamis (24/11) pukul 19.00 Wib.

Huibert Pusung dan Jemmy Tugiman pasangan yang meraih medali untuk kontingen Sulut.

Diketahui, hingga berita ini ditulis medali perunggu juga diperoleh tim E-Sport PWI Sulut.

"Ini sebuah anugerah dari Tuhan. Karena pada nomor pasangan, lawan-lawan yang dihadapi sangat berat, seperti jawa barat, Lampung, Riau yang bermain lebih dari satu pasang. Tapi syukur semua bisa dilewati, " Ujar Captain Cabor Bridge Michael Tumiwang, wartawan UKW madya.

Sementata Ketua PWI Vouke Lontaan usai menerima medali mengungkapkan syukur atas hasil yang boleh diraih.

Disisi lain Ketua Siwo PWI, Herry Inyo RM, menyampaikan terima kasih atas hasil maksimal yang boleh dicapai. (*)

Malang,Sulutnews.com - Prestasi berhasil diukir tim e-Sport utusan Sulawesi Utara (Sulut) pada perhelatan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) ke-XIII di Kota Malang, Jawa Timur, yang berlangsung 21 November sampai 27 November 2022 di Cyber Mall Malang.

Tim PUBG Mobile PWI Sulut yang beranggotakan empat wartawan biro Minahasa yakni Jonly Kalumata, Christian Tangkere, Yovi Pakasi dan Jackson Kewas berhasil membawa pulang medali perunggu setelah menduduki peringkat ketiga dari 17 provinsi se-Indonesia yang ikut serta.

Atas keberhasilan ini, Ketua PWI Sulut Drs. Voucke Lontaan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada atlet e-Sport PUBG yang telah mengharumkan nama PWI Sulut di perhelatan Porwanas XIII Jatim tahun ini.

"Tentunya PWI Sulut sangat bangga, apalagi e-Sport adalah cabang olahraga yang baru pertama kali ini dipertandingkan di Porwanas, dan PWI Sulut melalui atlet e-Sport PUBG Mobile boleh mencatatkan prestasi dalam sejarah baru ini," ungkap Voucke.

Adapun selain kategori e-Sport, atlet PWI Sulut yang berhasil meraih prestasi yakni dari cabang olahraga Bridge yang berhasil meraih medali perunggu. (**/ARP)

Tomohon,Sulutnews.com - Atlet-atlet menembak Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) terus mengukir prestasi. Menyusul sukses mendulang emas pada ajang Kapolda Cup, anak-anak asuh Ketua Perbakin Kota Tomohon, Ir. Miky J.L Wenur MAP., kembali menorehkan prestasi membanggakan pada Kejurnas Menembak Jateng Oprn Kluster Bitung.

Foto: kanan, Majesty Lumenta, atlet menembak Tomohon peraih medali emas di Kejurnas Jateng Open Kluster Bitung, dan kiri, Anggi Moningka, atlet Tomohon peraih medali perunggu di Kejurnas Menembak Jateng Open Kluster Bitung.

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak yang digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 29-30 Oktober 2022 ini, kontingen Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Kota Tomohon meraih dua keping medali. Yakni,  masing-masing satu emas dan satu perunggu.

Medali emas disumbangkan dari nomor 10 Meter Air Pistol Women atas nama Putri Lumenta, sementara medali perunggu oleh Anggiee Moningka dari nomor 10 Meter Rifle Match Women.

Ketua Perbakin Kota Tomohon, Ir. Miky Junita Linda Wenur, MAP (MJLW) kepada Wartawan mengatakan, ke ikut sertaan para atlet menembak Kota Tomohon pada Kejurnas ini sekaligus sebagai ajang try out sebelum mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulut, November 2022 depan.

‘’Ini untuk mengukur sejauh mana kemampuan atlet kita untuk mengikuti Porprov,” kata MJLW kepada wartawan di Tomohon,  Selasa (01/11/2022).

Isteri Senator Ir. Stefanus BAN Liow, MAP (SBANL) ini mengungkapkan kebanggaannya karena ternyata dalam keikutsertaan di dua try out terakhir ini, para atlet menembak Kota Tomohon memberikan hasil memuaskan, tuturnya.

“Dengan meraih tiga  emas di Bolmong dalam ajang Kapolda Cup dan satu emas, satu perunggu di Kejurnas Jateng Open Kluster Bitung, menjadi modal kami dalam ajang Porprov Sulut nanti,’’ ujar MJLW didampingi Ketua Harian Servie  Mantiri dan Sekretaris Jachry Sigar SP.

Untuk itu, lanjut MJLW, try out  ini sekaligus ajang evaluasi mana yang masih perlu dibenahi dari kontingen menembak Kota Tomohon saat mengikuti Porprov nanti.

‘’Yang pasti, kita sudah siap dan meminta kepada para atlet untuk menjaga kondisi dan terus berlatih untuk memberikan hasil yang optimal pada Porprov 2022,’’ kata MJLW, yang dalam PON Papua lalu menjadi Ketua Kontingen Menembak Sulut yang  dalam sejarah pertama kali menyumbangkan medali untuk daerah Nyiur Melambai ini. (**/ARP)

Apakah anda pecinta olahraga? Atau mungkin pemula? Sepertinya tips memilih pakaian untuk olahraga pagi ini akan sangat membantu anda tetap nyaman meskipun harus berkeringat di pagi hari.

Memilih outfit untuk olahraga memang tidak bisa sembarangan. Karena saat anda berolahraga, tubuh akan memproduksi lebih banyak keringat dan membuat gerakan yang jauh lebih banyak.

Bahkan, sangat mungkin terjadi luka karena salah memilih pakaian olahraga. Benar. Hal ini dikarenakan pakaian olahraga memiliki potongan dan desain-desain khusus, yang diperuntukkan untuk kenyamanan penggunanya.

Mari kita simak, tips-tips memilih pakaian olahraga di pagi hari yang bisa anda lakukan.

Mau Olahraga? Ini Tips Memilih Pakaian yang Cocok

  • Gunakan Sepatu Sesuai Ukuran

Sepatu adalah benda penting yang anda perlukan saat berolahraga. Pastikan anda memilih dan menggunakan sepatu sesuai dengan jenis dan ukuran yang tepat.

Untuk mendapatkan sepatu dengan ukuran yang pas, anda bisa menggunakan kaos kaki saat mencobanya di toko dan pastikan membeli sepatu sesuai dengan fungsi yang anda butuhkan.

Seperti yang anda ketahui, sepatu untuk lari akan berbeda desainnya dengan sepatu basket. Jangan ragu untuk mengganti sepatu olahraga yang sudah usang bahkan rusak.

Hal ini dikarenakan sepatu-sepatu tersebut sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bahkan, anda bisa saja mengalami cedera di tumit hingga nyeri pergelangan kaki, jika memaksakan menggunakan sepatu olahraga yang sudah rusak atau tidak sesuai ukurannya.

  • Pilih Bahan Pakaian yang Nyaman

Tips memilih pakaian untuk olahraga pagi berikutnya adalah menggunakan pakaian yang menyerap keringat dengan baik. Pakaian olahraga yang berbahan dasar katun, umumnya memang mampu menyerap keringat dengan baik.

Sedangkan bahan polypropylene akan membuat suhu tubuh anda lebih terjaga karena mampu membantu proses penguapan keringat. Pakaian dengan bahan ini cocok anda gunakan saat jogging pagi.

  • Gunakan Pakaian yang Stretchable

Bahan pakaian yang stretchable akan mendukung gerak fisik anda selama berolahraga. Pakaian dengan bahan seperti ini juga sangat cocok untuk anda yang berhijab.

Pakaian olahraga memang sudah didesain sedemikian rupa agar penggunya tetap nyaman selama berolahraga, tapi anda tetap perlu mengenali jenis bahan yang digunakan untuk membuatnya.

  • Gunakan Underwear yang Tepat

Jika anda adalah seorang wanita, maka menggunakan sport bra saat berolahraga adalah hal yang penting. Hal ini dikarenakan sport bra memberikan kenyaman saat harus banyak mobilitas.

Selain itu, desain pada sport bra juga dibuat untuk meminimalisir adanya cedera maupun nyeri pada area payudara anda.

Pastikan anda menggunakan dan membeli sport bra yang asli. Karena sport bra tiruan tidak akan memberikan perubahan dan manfaat saat digunakan berolahraga.

Sama halnya saat memilih sepatu, memilih sport bra juga harus sesuai dengan ukuran tubuh anda agar fungsinya lebih terasa maksimal.

Untuk mendapatkan pakaian olahraga yang stylish, elegan dan tentu saja sporty, anda bisa berbelanja di Blibli. Blibli adalah marketplace yang memang sangat mengedepankan ketersediaan barang-barang ori dari berbagai brand ternama.

Salah satu produk pakaian olahraga yang bisa anda temukan adalah dari Adidas. Jangan khawatir, karena toko tersebut merupakan Official Store Adidas. Selain itu, Blibli sendiri juga cukup sering memberikan voucher brand deals dengan harga yang sangat bersahabat.

Demikianlah tips memilih pakaian untuk olahraga pagi yang bisa anda lakukan. Penggunaan outfit olahraga yang tepat, juga akan mempengaruhi kondisi mood anda, jadi memang sangat perlu untuk menggunakan pakaian yang memang mendukung kegiatan fisik yang satu ini. Selamat berolahraga.(*/Merson)

Sport,Sulutnews.com - Manajer Real Madrid Carlo Ancelotti menulis ulang buku sejarah Liga Champions saat gol babak kedua Vinicius Junior memastikan kemenangan 1-0 melawan Liverpool di Paris untuk mengamankan rekor kesuksesan ke-14 bagi Real dan menjadikan Ancelotti pelatih pertama yang memenangkan empat Piala Eropa.

Namun meski gol Vinicius menjadi momen yang menentukan, Real berutang kemenangan kepada kiper Thibaut Courtois, yang melakukan serangkaian penyelamatan penting sepanjang pertandingan. Mantan penjaga gawang Chelsea itu menggagalkan upaya Mohamed Salah dan Sadio Mane selama tahap awal, mendorong tembakan Mane ke tiang saat Liverpool berusaha memanfaatkan awal yang cerah untuk permainan. Courtois melanjutkan penampilan heroiknya di babak kedua,

Kiper timnas Belgia itu jatuh bangun menjaga kesucian gawang Los Blancos untuk meraih trofi UCL ke-14 merela

Thibaut Courtois menjadi protagonis kemenangan 1-0 Real Madrid atas Liverpool, Minggu (29/5) dini hari WIB, dan mencetak rekor baru di final Liga Champions Eropa.

Kiper timnas Belgia tersebut sukses menjaga kesucian gawang Los Blancos dari serangan bertubi-tubi The Reds sepanjang 90 menit ketika menghadapi pasukan Jurgen Klopp.

Berkat penampilan gemilang Courtois di belakang, sebiji sumbangan dari Vinicius Junior di menit ke-59 pun sudah cukup untuk mempersembahkan trofi UCL ke-14 buat Real Madrid.

Liverpool memang memdominasi jalannya pertandingan sejak menit pertama, melimitasi pergerakan sang lawan sampai-sampai Los Blancos tidak mampu menciptakan satu tembakan pun di babak pertama.

Meski demikian, satu momen brilian hasil kerja sama Federico Valverde dan Vinicius Junior mampu melahirkan satu gol buat pasukan Ancelotti di babak kedua.

Tertinggal, Mohamed Salah cs terus menggempur dan menggempur, hingga mencatatkan sembilan tembakan akurat. Namun semua usaha tersebut mentah di hadapan Courtois, yang kini menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak di final Liga Champions (sembilan) sejak pengambilan data pada 2003/04, menyalip Alisson di final 2019 dan Edwin van der Sar di final 2011 (keduanya delapan).

Meski Real Madrid keluar sebagai juara Liga Champions lima kali dalam sembilan tahun terakhir (2014, 2016, 2017, 2018, 2022) ini adalah Si Kuping Besar pertama Courtois sepanjang kariernya.

Pasalnya, kiper 30 tahun itu baru bergabung dengan Madrid di awal musim 2018/19 ketika dibeli dari Chelsea, semusim setelah Los Blancos juga mengalahkan Liverpool di final Liga Champions 2017/18.

Selain merengkuh trofi paling bergengsi untuk klub Eropa, Courtois juga telah menjuarai dua La Liga, satu Supercopa de Espana, serta satu trofi Piala Dunia Antarklub. 

Dengan memenangkan pertandingan ini, Real membalas kekalahan mereka di final Piala Eropa 1981 melawan Liverpool di ibukota Prancis dan juga memperpanjang rekor kemenangan luar biasa mereka dalam kompetisi tersebut. 14 Piala Eropa Real sekarang dua kali lebih banyak dari AC Milan, yang berada di peringkat kedua dengan tujuh gelar. Liverpool tetap berada di urutan enam setelah terakhir kali memenangkan kompetisi pada 2019. Dan Ancelotti sekarang mengungguli Bob Paisley dari Liverpool dan Zinedine Zidane dari Real sebagai pelatih paling sukses dengan memenangkannya untuk keempat kalinya. Pelatih asal Italia itu memenangkan dua gelar bersama AC Milan, pada 2003 dan 2007, sebelum menambah dua lagi bersama Real pada 2014 dan sekarang 2022.

Penulis: ARP

Sport,Sulutnews.com - Hasil final Liga Champion tadi malam antara Real Madrid vs Liverpool berakhir dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Vinicius Jr. pada Minggu, 29 Mei 2022 di Stade de France, Perancis. Kemenangan ini membuat Los Blancos mengukuhkan diri sebagai tim dengan gelar UCL terbanyak, sejumlah 14 kali.

Serangan balik yang luar biasa dari Real Madrid membuat mereka menang 1-0, termasuk performa bersejarah dari Courtois dengan sembilan penyelamatan sepanjang pertandingan.

Awalnya Liverpool mendominasi wilayah dan tembakan sangat jelas selama babak pertama, mengalahkan Los Blancos dengan sepuluh tembakan berbanding satu.  Mereka menekan dalam 4-3-3 yang biasanya terkoordinasi dengan baik, dan mencegah Real menyelesaikan bola panjang atau berhasil membangun dari belakang.

Sementara itu, Real sama sekali tidak bisa menjebol permainan penguasaan bola.  Upaya menekan yang lemah lembut dengan mudah diatasi oleh bek tengah Liverpool, yang bisa lolos ke Thiago dengan mudah.  Thiago kemudian dapat menemukan penyerang—Díaz, Mané, Salah—dengan operan-operan menegangkan yang mampu menembus garis-garis tekanan terbuka Real.

Namun, Real masih memiliki beberapa situasi di mana mereka bisa melewati lini depan Liverpool, dengan Valverde dan Vinicius berada di belakang bek sayap Liverpool. 

Saat situasi seperti itu menghasilkan peluang paling nyata bagi Real di babak pertama menjelang akhir: umpan ke Benzema menyebabkan kesalahan antara Konaté dan Alisson yang berujung pada gol yang dianulir oleh VAR.

Di awal babak kedua, tempo permainan melambat namun Liverpool terus mendominasi dan menghasilkan tembakan.  Namun, Mendy, Carvajal, Militão, dan Casemiro terus menjauhkan bahaya dari kotak penalti.

Pada menit ke-58, semua penderitaan Real akhirnya digantikan dengan momen serangan besar: rangkaian serangan yang hebat antara Modri ​​dan Carvajal menghasilkan laju Fede yang luar biasa ke sepertiga akhir lapangan.  Apakah Fede ingin melakukan operan atau tembakan, hanya dia yang tahu, tetapi yang terpenting adalah bola berhasil melewati semua pemain bertahan Liverpool dan masuk ke kaki Vinicius untuk mencetak gol.

Setengah jam berikutnya melihat lebih banyak serangan Liverpool, termasuk peluang besar dari Salah dan Jota yang dihentikan dengan brilian oleh Courtois.  Namun, Real Madrid bisa dibilang memiliki penampilan terbaik mereka musim ini dalam mempertahankan kotak, membersihkan sebagian besar bahaya yang masuk ke dalam kotak.  Real Madrid bisa saja mencetak gol kedua dalam beberapa situasi, termasuk serangan balik besar dari Ceballos, dan bola mati di mana Casemiro melewatkan umpan terakhir.

Secara keseluruhan, performa bertahan Real Madrid, tendangan Courtois, dan permainan serangan balik mereka telah membawa tim meraih trofi Liga Champions ke-14. 

Uniknya, dalam konteks laga di Perancis, ini adalah pembalasan Los Blancos atas The Reds.

Pasalnya, pada 1981, Madrid kalah 1-0 dari Liverpool dalam laga di Parc des Princes.

Real Madrid yang merasakan final UCL pertama mereka sejak 2018, turun dengan formasi 4-3-3. Pelatih Carlo Ancelotti mengandalkan kombinasi Karim Benzema dan Vinicius Junior, dengan Fede Valverde menempati posisi sayap kanan, bertarung dengan Andy Robertson.

Sementara itu, Liverpool juga memakai pola 4-3-3. Pilihan Jurgen Klopp untuk trisula di depan adalah Mo Salah, Sadio Mane, dan Luis Diaz. The Reds terbukti tampil lebih dominan daripada Real Madrid sepanjang babak pertama. Bukan cuma karena mereka unggul penguasaan bola hingga 51,7 persen. Liverpool juga mampu melepaskan 10 percobaan, berbanding 1 milik Madrid.

Namun, peluang yang banyak terhambur percuma. Ini termasuk aksi Mo Salah menyambut bola silang Trent Alexander-Arnold (15'). Berselang 6 menit, Sadio Mane melepaskan tembakan yang diblok Courtois, lantas membentur tiang gawang. Los Blancos selamat dari tekanan.

Real Madrid sempat memberikan kejutan pada menit 44, ketika dari sebuah kemelut, Karim Benzema sang top skor UCL musim ini bisa membobol gawang Liverpool. Namun, berdasarkan intervensi VAR, terbukti Benzema terlebih dahulu offside saat menerima bola dari Fede Valverde.

Setelah babak pertama yang tidak ideal, Real Madrid justru mampu lebih berkembang pada paruh berikutnya. Menit 59, Valverde mengirimkan umpan silang datar yang membelah pertahanan Liverpool. Vinicius Junior mencuri kesempatan untuk mencetak gol ke-22-nya di semua kompetisi musim ini.

Jurgen Klopp bereaksi dengan masuknya Diogo Jota. Ini disusul dengan Roberto Firmino dan Naby Keita. Namun, kombinasi Salah-Firmino yang dilanjutkan aksi Robertson (81') dihentikan Courtois. Madrid bermain sangat efektif, sedangkan Liverpool seperti menemui jalan buntu.

Kesempatan lain diperoleh Mo Salah ketika ia bisa mengungguli Ferland Mendy. Namun, tembakannya digagalkan Courtois (83'). The Reds melakukan segala cara untuk mencari gol balasan, hanya lawan mereka kali ini adalah Real Madrid. Pertahanan baja Los Blancos tidak dapat ditembus kubu Anfield hingga laga berakhir.

Berdasarkan statistik Whoscored, sepanjang laga Liverpool melepaskan 24 tembakan (9 tepat sasaran), sedangkan Real Madrid hanya 4 percobaan (2 tepat sasaran).

"Namun, yang istimewa dari Los Blancos adalah penampilan Thibaut Courtois yang diberi rapor 9,2. Ia juga dinobatkan sebagai man of the match dalam final UCL kali ini. Courtois tercatat melakukan 9 penyelamatan.

Keberhasilan Real Madrid mengalahkan Liverpool menunjukkan betapa ajaibnya Los Blancos di UCL musim ini. Hal tersebut dapat terlihat dari cara pasukan Carlo Ancelotti menaklukkan lawan demi lawan, terutama di fase gugur. Selain itu, sejak 8 besar, Madrid selalu menyingkirkan wakil Liga Inggris, dimulai dari Chelsea, Manchester City, dan terakhir Liverpool.

Kemenangan Real Madrid 1-0 atas Liverpool ini membuat Los Blancos berhak merasakan 3 gelar pada tahun 2022. Pasalnya, Los Blancos sebelumnya memenangi Liga Spanyol 2021/2022 dan Supercopa de Espana ke-38.

Sebaliknya, bagi Liverpool, mimpi mereka untuk mencicipi 3 gelar harus berakhir. The Reds sebelumnya punya kesempatan menjadi quadruple winners usai memenangi Piala Liga Inggris (Carabao Cup) dan Piala FA. Namun, kubu Anfield lantas kehilangan gelar juara EPL dan Liga Champions.

Penulis: ARP

Mitra, Sulutnews.com - Gelaran Trail Adventure di Sulawesi Utara ditahun 2022 kembali berlangsung dan diawali dengan ajang jelajah lereng manimporok persembahan GMIM Musoma Tosuraya Barat, Kecamatan Ratahan (19/2/2022).

Ratusan peserta langsung membanjiri ivent perdana kali ini, salah satunya gadis cantik asal Wioi bernama lengkap CHARIN Chantika Wagiu yang berhasil menaklukan jalur yang dipersiapkan panitia penyelenggara. 

Gadis cantik berusia 16 tahun dan sementara duduk di bangku kelas XI SMA 1 Ratahan,Putri tercinta pasangan Christian Wagiu dan Charla Tangkuman memang dikenal sudah malang melintang di arena Trail Adventure Sulut dibeberapa tahun belakangan. Mengendarai kendaraan Honda CRF, tidak membuat gadis cantik ini untuk kalah bersaing dengan para lelaki untuk menaklukan jalur yang dipersiapkan.

Sesuai data yang diterima CHARIN Chantika Wagiu menjadi salah satu dari tiga wanita yang menjadi peserta kali ini dan dewi fortuna masih memihak kepadanya dengan berhasil meraih undian peserta Wanita. 

Bercita cita menjadi seorang Tentara, Charin mengatakan ikut trail adventure hanya sekedar menyalurkan hobby dikarenakan menyukai tantangan dan bersyukur mendapat suport penuh orang tua dan keluarga

" cita cita jadi tentara, ikut begini hanya untuk fun dan menyalurkan hobby, memang awal orang tua tidak setuju tapi akhirnya diperbolehkan, " ungkap Cucu Jehezkiel Tangkuman,yang dikenal orang sebagai pribadi penurut dan berbakti kepada orang tua.

Manado,Sulutnews.com - Tim Atlet Paralayang Fasida Sulawesi Utara melaksanakan peninjauan lokasi untuk safety training (SIV) di bukit Selena, Palu, Selasa (31/08/2021).

Instruktur paralayang Sulut, Nixon Andries Ray menjelaskan, bentuk kegiatan ini berupa simulasi untuk menghadapi keadaan darurat atau jika terjadi situasi ekstrim terhadap profil glider Paralayang.

“Bisa berbentuk full stall, negative spin, asymmetric collapse, symmetric collapse, spiral dives dan lain-lain. Sehingga peserta dilatih untuk bisa menangani kondisi-kondisi tersebut agar tetap aman. Semua manuver akan dilakukan diatas air (laut) dan utk safety akan disiapkan dua buah Speedboat Rescue, life jacket untuk seluruh peserta, paramedis dan ambulance”, jelas Nixon Andries Ray.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka peninjauan dan persiapan kegiatan latihan bersama dalam bentuk SIV (Simulation d'Incident en Vol) atau Safety training. Rencana kegiatan SIV akan digelar pada tanggal 9 September sampai 13 September 2021 di Bukit Selena, Palu.

FASI Sulteng menginisiasi kegiatan pelatihan SIV ini. Peserta awalnya hanya dikhususkan bagi komunitas Paralayang Sulteng dan Sulawesi Utara saja. Namun peminat datang dari berbagai daerah diluar pulau Sulawesi. Sehingga, peserta dibatasi hanya dua puluh Atlet, demi menjaga kualitas program SIV.

Sementara itu, Komandan Lanud Sam Ratulangi Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo, S.H., selaku Pembina FASIDA Sulut memastikan akan mendukung secara penuh peningkatan keamanan, keselamatan dan prestasi atlet Paralayang Sulut. Hal ini sejalan dengan program FASI Pusat yang diketuai oleh Kepala Staf Angkatan Udara agar Lanud dapat mensupervisi dan mensupport berkembangnya olahraga FASI di daerah-daerah.

Turut mendampingi Instruktur sebagai satu tim, adalah Aji Natanael Pinto, Richardo Polii, Steven Wohon, serta drone pilot Daniel.(*/Sus).

Tokyo,Sulutnews.com - Indonesia berhasil meraih medali pertama di Paralimpiade Tokyo 2020 dari cabang para angkat berat. Pada cabang ini lifter kebanggaan merah putih Ni Nengah Widiasih akhirnya memastikan medali perak untuk Indonesia dari kelas 41 kg putri.

Prestasi Ini merupakan hasil terbaik yang diraih lifter Ni Nengah Widiasih yang akrab disapa Widi, setelah melewati perjuangan panjang latihan yang tidak pernah lelah.

Lifter asal Bali itu, Kamis (26/8) hari ini, membuktikan kepantasannya bersaing dengan sembilan lifter dunia lainnya hingga akhirnya mempersembahkan medali perak untuk Indonesia.

Foto:  Ni Nengah Widiasih bersama Ibu Ruthy Bambang Waskito 

Berlomba di Tokyo International Forum, Widi berhasil melakukan dua kali angkatan 98 kg yang menjadi angkatan terbaiknya. Peraih medali perunggu Paralimpiade Rio 2016 itu unggul tipis atas lifter Venezuela, yang meraih medali perunggu Fuentes Monasterio yang mencatat angkatan terbaik 97 kg.

“Puji Tuhan, Widi berhasil meraih medali perak bagi Indonesia. Inilah penampilan dan hasil terbaik yang diberikan Widi kepada bangsa dan negara,” ucap Senny Marbun, Ketua NPC Indonesia.

Harapan lain diutarakan Senny atas keberhasilan Widi menyumbangkan medali perak. “Saya berharap medali perak ini menjadi pembuka jalan dan motivasi bagi atlet lain,” tambah Senny.

Sementara itu untuk medali emas, dipastikan menjadi miliki lifter Tiongkok, Guo Lingling. Guo Lingling bahkan berhasil memecahkan rekor dunia dengan mencatat angkatan terbaik 108 kg.

Widi sendiri sebelumnya ditargetkan bisa kembali membawa pulang medali perunggu dari Tokyo seperti yang dilakukannya di Rio 2016 silam. Namun, dengan raihan medali perak itu, Ni Nengah Widiasih tidak hanya mewujudkan tekad dan harapannya untuk menjadi lebih baik dari prestasi sebelumnya di Rio, dia bahkan juga berhasil melewati beban target yang diberikan pemerintah.

Ini merupakan medali pertama Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020. Tentunya diharapkan keberhasilan Widi meraih medali perak akan menular dan menjadi pelecut semangat bagi rekannya yang lain untuk berjuang memberikan kemampuan terbaik mereka. (**/Adrian)

Mitra,Sulutnews.com - Tonny Hendrik Lasit (THL) Selaku Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Indonesia Off Road (IOF) Sulawesi Utara (SULUT) Resmi Mengukuhkan Pengurus Cabang (Pengcab) IOF Minahasa Selatan Periode 2021-2025, di Wisma Laurens Lindangan, (17/7/2021).

Kali ini THL berkesempatan melantik langsung Claudio Lumowa sebagai ketua IOF Minsel ditandai dengan penyerahan Pataka IOF dengan penerapan Protokol kesehatan ketat.

“Selamat kepada pengurus yang baru, semoga apa yang sudah menjadi visi misi dan aturan yang ada di IOF bisa kita jalankan dengan baik dengan selalu mengutamakan protokol kesehatan dan mari kita tunjang seluruh program pemerintah dimasa pandemi Covid 19 ini”, sambut Tonny Lasut.

sementara, Ketua terpilih berharap agar supaya dimasa kepemimpinannya para anggota dan senior bisa menunjang serta mengarahkan selalu untuk menjalankan visi misi IOF Minsel kedepan.

“Terima kasih atas kepercayaan ini, semoga kedepan dalam menjalankan visi misi serta kegiatan IOF Minsel mendapat tuntunan serta masukan dan suport yang positif dari para senior terlebih seluruh pengurus dan anggota agar supaya apa yang sudah direncanakan itu bisa terwujud dengan baik”, harap Lumowa.

Lumowa juga menambahkan, “dimasa pandemi ini sebagai warga negara yang baik kita harus taat dengan selalu menjalankan protokol kesehatan agar supaya terhindar dari wabah Covid 19 yang belum tahu kapan berakhir. Semoga pandemi ini cepat berakhir agar supaya kita bebas untuk melaksanakan agenda kerja dan kegiatan serta even IOF kedepan.”

Lanjut Lumowa, mengingat situasi pandemi serta cuaca ekstrim sekarang ini, seluruh kegiatan kita fokus dalam bhakti sosial dan penghijauan sekaligus menunjang program dari pemerintah, tutup Lumowa.

Turut hadir dalam pelantikan IOF Pengcab Minsel, perutusan yang mewakili mengingat masa pandemi Covid 19, pengurus Pengda Sulut, Sekretaris Dirk Lengkong, Bendahara, Kabid Organisasi Rilly Lihu, Dewan Pengawas Pengda Sulut Jimmy Wongkar (Opa), Ketua Pengcab Manado dan ditandai dengan penanaman Pohon (Rilis IOF/Indri).