Makin Diminati, Perawatan Pria Menjadi Tren Masa Kini

Written by  Parmin Simbolon Jan 18, 2022

Jakarta, Sulutnews.com - Indonesia merupakan salah satu negara dimana tren skincare dan perawatan diri berkembang dengan sangat pesat. Perawatan diri dan per-skincare-ran tidak hanya dilakukan oleh wanita saja, namun kini pria pun mulai mengikuti tren perawatan diri untuk menunjang penampilan yang baik, menambah nilai menarik, dan menjadi tren masa kini.

Memiliki kulit yang lebih kasar dan keras dibandingkan wanita, tentu membuat pria menghadapi serangkaian tantangan berbeda dalam merawat diri dan memerlukan perawatan ekstra. 

Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir tren perawatan pria atau yang biasa disebut Men's Grooming meningkat lantaran tingginya pengaruh Korea yang menunjukan hasil nyata dan sempurna pada kulit dan wajah pria dimedia sosial. Karena hal ini perawatan diri pada pria semakin diperhatikan dan industri perawatan diri pria makin berkembang. 

Dewasa ini, merawat diri menjadi hal penting, jika tidak dirawat baik kulit dan wajah akan menjadi kusam dan cepat mengalami keriput. Berikut ini perawatan yang sebaiknya dilakukan oleh pria, yaitu perawatan kulit cerah. Perawatan kulit cerah dapat dilakukan dengan menggunakan skincare harian seperti menggunakan facial wash, toner, pelembab, sunscreen, serum, maupun shaving cream.

Perawatan rambut rontok juga menjadi concern bagi pria. Selain karena faktor usia, masalah rambut rontok terus menerus akan menyebabkan seseorang mengalami kepitakan. Perawatan yang bisa dilakukan adalah memenuhi kebutuhan nutrisi rambut maupun melakukan transplantasi rambut. 

Penting bagi pria memperhatikan masalah mata panda. Mata panda dapat membuat penampilan terlihat tidak fresh dan dapat mengurangi rasa percaya diri. Perawatan menghilangkan mata panda bisa dilakukan dengan menggunakan masker mentimun diarea mata sebagai relaksasi atau menggunakan produk eye cream dari berbagai brand. 

Menurut data hasil riset Euromonitor yang dilakukan ditahun 2020 menunjukan bahwa kesadaran pada perawatan kulit dan wajah pada pria akan terus meningkat, hal ini terlihat dari meningkatnya pembelian produk skincare.

Bahkan data statista menunjukkan ditahun 2020 industri perawatan pria Indonesia telah mencapai Rp 7,9 triliun. 

Secara global, pasar perawatan pria diperkirakan akan mencapai $70,5 miliar pada tahun 2021 naik dari $60,1 miliar pada tahun 2018 dan pada tahun 2024 diperkirakan akan bernilai $81,2 miliar. 

Feriani Chung, selaku Chief Marketing Officer mengatakan, “Apa yang ditemukan oleh Euromonitor juga sejalan dengan hasil riset ZAP Beauty Index 2021 bahwa hampir 100% wanita sangat mendukung pria melakukan perawatan ketampanan dan menggunakan skincare.”

Dari hasil data tersebut menunjukkan bahwa banyak pria yang mencari produk perawatan pribadi untuk merawat diri mereka. Seiring bertambahnya kebutuhan akan produk perawatan pribadi memicu banyak layanan jasa perawatan untuk pria, salah satunya MEN/O/LOGY by ZAP Clinic, merupakan klinik perawatan khusus pria yang pertama di Indonesia.

“Saat ini memang perawatan diri tidak kenal gender. Sudah banyak pria yang aware dengan diri mereka demi menjaga penampilan mereka dan kesehatan kulit. Meningkatnya tren perawatan pria juga memicu inovasi menology untuk mengeluarkan berbagai produk dan treatment-treament khusus pria yang berkualitas” ucap Feriani Chung, Chief Marketing Officer ZAP Clinic.(Parmin)