Tekan Kasus Kekerasan Seksual, Polres Tomohon Ciptakan Program SADAR

Written by  Adrianus Pusungunaung Sep 02, 2022

Tomohon,Sulutnews.com - Guna menekan angka kekerasan seksual yang lagi Marak di Kota Tomohon, Kepolisian Resor (Polres) Kota Tomohon menggagas program SADAR (Sayang Anak dan Perempuan Remaja).

Bertempat di Mapolres Tomohon, Kamis (1/9/2022), Waka Polres Tomohon Kompol Ferdinand Runtu SH, kepada Media ini menerangkan, Program SADAR digagas untuk meminimalisir terjadinya tindakan-tindakan pidana salah satunya kekerasan seksual.

"Program SADAR ini dicanangkan oleh Kapolres Tomohon Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Arian Primadanu Colibrito SIK MH, tujuannya melakukan tindakan Pre-emtif dan Preventif atau turun langsung kelapangan, dengan sasaran Sekolah dan Kelurahan," kata Waka Polres Tomohon.

Lebih lanjut dijelaskan Waka Polres, Tindakan Pre-emtif merupakan tindakan kepolisian untuk melaksanakan tugas kepolisian dengan mengedepankan himbauan dan pendekatan kepada masyarakat dengan tujuan menghindari munculnya potensi-potensi terjadinya permasalahan sosial dan kejahatan di masyarakat.

"Tindakah Pre-emtif Polri ini dilakukan dengan komunikasi yang bersifat persuasif dan mengajak masyarakat untuk melakukan hal yang seharusnya dilakukan dan tidak melakukan hal-hal yang dilarang menurut aturan dan norma sosial kemasyarakatan.

"Begitu juga dengan tindakan Preventif, Tindakan preventif merupakan tindakan Polri yang dilakukan dengan tujuan untuk mencegah tindakan-tindakan masyarakat agar tidak mencapai ambang gangguan dan menjadi gangguan nyata. Tindakan preventif ini dilakukan dengan cara mencegah secara langsung terhadap kondisi-kondisi yang secara nyata dapat berpotensi menjadi permasalahan sosial dan tindakan kejahatan." Kata Waka Polres Ferdinand Runtu.

Di samping itu juga Polres Kota Tomohon mengajak seluruh elemen masyarakat dapat menyikapi permasalahan yang terjadi belakangan ini.

"Perlu ada kesadaran dari seluruh masyarakat bahwa permasalahan ini adalah tanggung jawab kita bersama, lebih khusus peran orang tua sangat penting," Imbuh Waka Polres Tomohon. (ARP)

Last modified on Friday, 02 September 2022 09:26