Polda Sulut Tangkap 4 Pelaku Jaringan International Skiming BSG

Written by  Adrianus Pusungunaung Jul 22, 2022

Manado,Sulutnews.com - Kepolisian Daerah Sulawesi Utara melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) baru - baru ini berhasil mengungkap jaringan internasional kasus skimming  yang terjadi di 26 gerai Mesin ATM Bank SulutGo (BSG).

Saat di ungkap 4 tersangka berhasil dibekuk oleh Pihak kepolisian Polda Sulut, Masing - masing mereka adalah Martin Ivanov Stanichev dan Valentin Kostadino WNA asal Bulgaria dan Carlie alias CW warga kota Ambon, Ari alis ALS asal Surabaya. 

Kepada Wartawan Jumat (22/7/2022) dijelaskan Direskrimsus kombes Pol Nasriadi yang memimpin langsung penangkapan ini.

Para tersangka ditangkap di Wilayah Provinsi Bali dan di Kupang Nusa Tenggara Timur pada Rabu tanggal (20/7/2022) dan Kamis (21/7/2022). 

Saat penangkapan kami berbagi tugas dengan seluruh anggota subdit II Perbankan Ucap kombes Pol Nasriadi.

Kini pelaku sudah diamankan dan akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Polda Sulut, ujarnya.

Sebelumnya Direskrimsus kombes Pol Nasriadi memberikan himbauan terkait kejahatan skimming yang terjadi saat ini di Sulawesi Utara. 

Adapun modus skimming yang dilakukan oleh para pelaku yakni memasang alat di ATM dan dicolok, kemudian mereka melihat pinnya, dan membuka dengan ATM duplikat. 

"Jadi saya himbau kepada masyarakat ketika mengambil uang di ATM dan ada orang yang menawarkan jasa untuk perbaikan ATM rusak saya pastikan itu adalah penipu dan kalau perlu tangkap mereka," jelasnya.

Dan kalau ATM bermasalah silahkan memangil Satpam atau bisa melambaikan tangan ke arah CCTV. 

Dia pun menegaskan kepada seluruh perbankan, agar mengecek gerai-gerai ATMnya secara berkala. 

"Harus dicek jangan sampai ada barang-barang yang telah dimasukan, atau benda mencurigakan, seluruh perbankan timpalnya.

Penulis: ARP

Last modified on Friday, 22 July 2022 13:08