[Keterangan Foto: 3 tersangka beserta barang bukti kasus korupsi Dana Covid -19 yang di serahkan oleh Penyidik Tipidkor Polda Sulut] [Keterangan Foto: 3 tersangka beserta barang bukti kasus korupsi Dana Covid -19 yang di serahkan oleh Penyidik Tipidkor Polda Sulut]

Penanganan Korupsi Dana Covid-19 di Minut Belum Tuntas, Polda Sulut Buru Tersangka Baru

Written by  Adrianus May 24, 2022

Manado,Sulutnews.com - Penanganan Kasus Korupsi dampak ekonomi Covid-19 pada Dinas Pangan dan Setda Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Tahun Anggaran (TA) 2020 yang mengakibatkan kerugian keuangan negara lebih dari Rp61 miliar yang telah menyerat Tiga orang tersangka dipastikan tidak berhenti di situ saja.

Kombes Pol Nasriadi kepada sejumlah wartawan menegaskan, penyidikan perkara ini tidak hanya berhenti di sini.

“Akan ada tersangka-tersangka lain, artinya siapapun dia, mau mantan Bupati Minut berinisil VAP atau siapapun yang berhubungan dengan perkara ini, akan kita jadikan tersangka dan semua masih dalam proses.

"Jadi kasus ini masi berlanjut, sebab penyidik masi melakukan pengembangan terhadap tersangka - tersangka lain, ujarnya.

Dikatakan Kombes Pol Nasriadi
Dalam penanganan kasus tersebut, penyidik Ditreskrimsus Polda Sulut juga telah menyita sejumlah barang bukti, yakni dokumen pengadaan barang, dokumen pencairan keuangan, dokumen penyaluran bahan pangan kepada masyarakat dari semua perangkat pemerintah desa se-Kabupaten Minut.

Selain itu, satu unit mobil Honda HRV abu-abu bernomor polisi DB 1312 FJ (yang digunakan sebagai sarana mengambil dan menyimpan uang), juga satu bidang tanah yang berlokasi di Kelurahan Rap-rap, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minut, seluas 15.708 meter persegi dan sertifikat hak milik atas nama tersangka JNM.Terhadap ketiga tersangka, dikenakan pasal 2 dan/atau 3 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo pasal 55, pasal 56 KUHP

."Ancaman hukumannya pidana mati (pasal pemberatan karena perbuatan dilakukan saat bencana non alam) penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun, dan/atau denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.

Sebelumnya Penyidik Tipidkor Ditreskrimsus Polda Sulawesi Utara (Sulut) telah menyerahkan 3 tersangka beserta barang bukti kasus korupsi dana penanganan dampak ekonomi Covid-19 pada Dinas Pangan dan Setda Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Tahun Anggaran (TA) 2020 yang mengakibatkan kerugian keuangan negara lebih dari Rp61 miliar, ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut, Selasa (24/5/2022) pagi.

Tiga orang tersangka terdiri dari seorang perempuan berinisial JNM, pekerjaan ASN, warga Tikala, Manado, dan dua pria masing-masing berinisial MMO, pekerjaan ASN, warga Airmadidi, Minut, serta SE, pekerjaan swasta, warga Airmadidi.

Dirreskrimsus Polda Sulut Kombes Pol Nasriadi mengatakan, penyerahan tiga tersangka beserta barang bukti dilakukan setelah proses penyidikan selesai dan berkas perkaranya dinyatakan P21 atau lengkap oleh pihak Kejati Sulut.

"Kemudian pada hari ini (Selasa), penyidik melaksanakan tahap 2 yaitu penyerahan tersangka beserta barang bukti ke JPU Kejati Sulut," urainya.

Penulis: ARP