- Sulutnews.com - https://sulutnews.com -

Wali kota Dr Asripan Nani Ikuti Rapat Evaluasi tugas Pemerintahan Dan Kemasyarakatan

SN.com,Kotamobagu-Pj.Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani., M.Si., Ikuti Rapat Evaluasi Tugas Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan.Kamis (18 /4/2024) bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

Rapat Evaluasi Tugas Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan yang diikuti Pj. Wali Kota Kotamobagu tersebut dalam rangka melaksanakan ketentuan Ayat (2) Pasal 17 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati dan Penjabat Wali Kota yang menegaskan Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat melakukan Pembinaan dan Pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten / Kota yang dilaksanakan oleh Pj. Bupati dan Pj. Wali Kota.

Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, S.H., M.E., yang turut mendampingi Pj. Wali Kota Kotamobagu pada kegiatan tersebut.  Mengatakan wali kota menyampaikan terkait dengan perkembangan pembangunan di kota kotamobagu. “Hari ini, Pj. Wali Kota Kotamobagu, Bapak. Dr. Drs. Hi. Asripan Nani., M.Si., mengikuti Rapat Evaluasi, dimana pada kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota memaparkan kepada Tim Evaluator Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tentang berbagai hal yang terkait perkembangan dan Penyelenggaraan Tugas – tugas Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan di Kota Kotamobagu terutama 10 Indikator Prioritas, pada Periode Bulan Januari – Maret 2024,”. Ujar Sofyan

Lanjut sekot wali kota Kotamobagu mendapat apresiasi atas penyampaian wali kota terkait Dengan kesesuaian Dengan tujuan kemendagri.

“Tim Evaluator Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan apresiasi atas pemaparan yang disampaikan Pj. Wali Kota Kotamobagu, karena sudah sesuai dengan Template dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, serta berharap agar apa yang telah dilaksanakan dalam tugas – tugas Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan di Kota Kotamobagu dapat terus ditingkatkan,” imbuhnya

Sekot pun mengunfirmasihkan kalau pekan depan ada pemaparan dari wali kota Kotamobagu di Kemendagri.

“Pekan depan Pj. Wali Kota Kotamobagu juga direncanakan akan melaksanakan pemaparan terkait Tugas – tugas Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di Jakarta. ” Tandasnya Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Steve. H.A. Kepel., S.T., M.Si., para Pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, dan para Pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu.(“)

Oder Sombu Penjabat Bupati Rote Ndao Menerima Pengaduan Langsung Dari Masyarakat

Posted By Merson Simbolon On In NTT | No Comments

Rote Ndao,Sulutnews.com – Penjabat Bupati Rote Ndao implementasi Program  Penerimaan Pengaduan Langsung Masyarakat, sejumlah perwakilan warga dan tokoh masyarakat hadir langsung di kantor Bupati Rote Ndao menyampaikan permasalahan yang dihadapi, dalam forum resmi yang diagendakan setiap hari Kamis itu.

Berdasarkan surat Penjabat Bupati Rote Ndao telah diumumkan dengan Nomor:800/314/DKISP/2024, tanggal 5 April 2024 tentang Penerimaan Pengaduan secara langsung dari masyarakat terkait permasalahan, kendala dan hambatan dalam urusan Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan, dan Pelayanan Kemasyarakatan.

Penerimaan pengaduan tersebut dijadwalkan mulai dilaksanakan setiap hari Kamis dan hari ini (18/04/2024), dan seterusnya secara berkelanjutan setiap hari Kamis mulai pukul 08.00 sampai dengan 09.30 Wita, bertempat di Lobi Lantai 1 Kantor Bupati Rote Ndao.

Pertemuan dikantor Bupati Rote Ndao,hari ini Kamis (18/04/2024), Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu didampingi Sekretaris Daerah Jonas M. Selly, Asisten Administrasi Umum Jermi Haning, serta para pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao, dan Staf Khusus Penjabat Bupati, menerima perwakilan masyarakat yang mau menyampaikan persoalan yang dihadapi.

Dalam pertemuan tersebut, sejumlah perwakilan masyarakat menyampaikan berbagai informasi, di antaranya terkait pembanguan gedung PAUD, Polindes, penyaluran pupuk bersubsidi,  perbaikan rumah rusak akibat bencana Seroja, perluasan jaringan listrik, pemanfaatan air Pamsimas, serta penyaluran dana ganti rugi petani rumput laut yang terdampak tumpahan minyak Montara.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengapresiasi kehadiran perwakilan masyarakat dalam memanfaatkan forum Pengaduan Masyarakat tersebut karena merupakan langkah konkret Pemkab Rote Ndao dalam menanggapi setiap pengaduan yang masuk.

“Forum ini disediakan khusus untuk masyarakat menyampaikan laporan terkait permasalahan dan kendala yang dihadapi. Diharapkan akan menjadi sarana yang transparan, terbuka, dan responsif bagi masyarakat menyampaikan beragam informasi maupun kendala yang dihadapi terkait penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan,” ujar Penjabat Bupati Oder Sombu.

Penjabat Bupati Rote Ndao Sekda, para Asisten dan pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao, dan Staf Khusus Penjabat Bupati mendengar lansung pengaduan Masyarakat.

Selanjutnya,Pj Bupati Oder Maks Sombu, informasi dan pengaduan masyarakat langsung dijawab dan dicarikan solusi pemecahannya, dan semua pimpinan dan jajaran Perangkat Daerah menindaklanjuti sesuai bidang tugas masing-masing.

“Pemerintah akan tampung semua laporan masyarakat. Kalu bisa langsung dijawab, maka akan dijawab. Jika informasi belum sampai ke pemerintah, maka akan ditampung, diidentifikasi, dan segera dicari solusinya,” Jelas Bupati Sombu.

Reporter : Dance henukh

Pemasyarakatan Sehat Lapas Kelas IIA Curup Adakan Kegiatan Donor Darah

Posted By Merson Simbolon On In Bengkulu | No Comments

Rejang Lebong, Sulutnews.com – Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 Tahun 2024, Lapas Kelas IIA Curup adakan kegiatan Pemasyarakatan Sehat yang merupakan rangkaian kegiatan HBP Ke 60. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah Donor Darah, Kamis, 18 April 2024.

Dalam kegiatan ini Lapas, terutama klinik Lapas Kelas IIA Curup bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia  Kabupaten Rejang Lebong.

Kegiatan ini dibuka sendiri oleh bapak Kepala Lapas Kelas IIA Curup, Bapak Ronaldo Devinci selanjutnya langsung diserahkan kepada tim PMI Kabupaten Rejang Lebong untuk melaksanakan kegiatan donor darah. Donor darah sendiri sangat baik untuk kesehatan pribadi dan juga bermanfaat bagi sesama manusia. Dalam kegiatan ini dihasilkan 8 kantong darah yang bisa disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selain bertujuan sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke -60. Kegiatan ini juga bertujuan sebagai bentuk pengabdian kemanusiaan Lapas kelas IIA Curup untuk masyarakat.(*/Dinaro)

Festifal Mongulipot Di Hadiri Oleh Pj Bupati Ir Limi Mokodompit ,MM. Di Desa Mopait.

Posted By Syilvia Lasupu On In Bolmong | No Comments

Sulutnews Bolmong. Pj Bupati Ir Limi Mokodompit. MM. Menghadiri Festival Mongulipot Dan Halal Bi Halal Hari Raya Idul Fitri 1445 H Pemerintah Dan Masyarakat Desa Mopait Kecamatan Lolalayan, Bertempat Di Lapangan Olahraga Desa Mopait pada Hari Kamis 18/04/2024.Turut Hadir Dalam Acara Mongulipot, Ketua Dan Anggota DPRD Bolmong, Forkopimda, Kapolres Bolmong AKBP. Arianto Salkeri, SH. MH
. Dandim 1303 Bolmong, Letkol, INF. Fahmil Haris, S.IP. Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Staf Khusus Bupati, Forkopimcam Lolayan, Kepala Kantor Kementrian Agama Bolmong , Ketua Majelis Ulama Bolmong, Ketua Apdesi Bpk Felix Rapat, Ketua Dan Jajaran Pengurus Organisasi Keagamaan, Organisasi Kemasyarakatan Dan Organisasi Pemuda, Sangadi BPD Dan Perangkat Desa Se -Kecamatan Lolayan, sangadi Se-Kabupaten Bolmong. Puji Syukur Kita Panjatkan Kehadirat Allah SWT, Atas Limpah Berkah, Rahmat Dan Karunianya, Syukur Alhamdulillah, Hari Ini Kita Semua Masih Di Berikan-nya Nikmat Kesehatan, Kesempatan Dan Kekuatan, Bersama-Sama Bersiraturahmi Di Tempat Ini, Sehubungan Dengan Acara Festifal Mongulipot Yang Di Rangkaikan Dengan Halal Bi Halal Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Yang Di Laksanakan Oleh Pemerintah Dan Masyarakat Desa Mopait Kecamatan Lolayan. Melalui Acara Festival Kulipot Dan Halal Bi Halal Kali Ini, Kita Semua Saling Menyempurnakan Kemenagan Dan Kesucian Yang Kita Raih, Setelah Melaksanakan Ibadah Puasa Di Bulan Suci Ramadhan.

“Festival Mongulipot Merupakan Ide Kreatif Masyarakat Desa Mopait Sejak Tahun 2011,Dimana Festival Mongulipot Ini Bertujuan Untuk Memanifestasikan Kearifan Lokal Dan Momen Paska Hari Raya Idul Fitri, Dengan Mengangkat Kuliner Khas Bolaang Mongondow Yaitu Daun Kolipot, Yang Merupakan Daun Yang Harum Baunya, Di Senangi Oleh Semua Orang Mana kalah Di Pergunakan Manakala Di Pergunakan Sebagai Pembungkus Nasi Atau Makanan, Karena Beras Atau Makanan Yang Mulanya Yang Mulanya Tercerai Berai, Mampu Di Satukan Saat Di Masak Karena Di Bungkus Daun Kulipot Bi Halal Kali Ini Adalah Sebagai Sarana Untuk Mempererat Silaturahmi, Persaudaraan Dan Kebersamaan Antar Warga Masyarakat. Di Kesempatan Yang Penuh Baroqah Ini, Ada Beberapa Pesan Dan Harapan, Sekaligus Ajakan Yang Ingin Saya Sampaikan, “Saya Berpesan Kepada Camat Lolayan, Sangadi, BPD Dan Perangkat Desa, Bahkan Kepada Seluruh Masyarakat Desa Mopait, Untuk Tetap Melestarikan Dan Menjaga Tradisi Mongulipot, Karena Hal Ini Merupakan Salah Satu Bentuk Kearifan Lokal Masyarakat Bolaang Mongondow Lebih Khusus Masyarakat Desa Mopait.Sekaligus Juga Sebagai Wahana Silaturahmi Serta Sebagai Objek Wisata Kuliner Bagi Masyarakat Di Wilayah Bolaang Mongondow Raya.Kepada Seluruh Masyarakat Desa Mopait Bahkan Masyarakat Di Kecamatan Lolayan, Secara Khusus Saya Menyampaikan Ucapan Terima Kasih, Syukur Moanto Dan Penghargaan Yang Setinggi -tingginya, Karena Telah Melaksanakan Pesta Demograsi Pemilu Tahun 2024 Ini, Dengan Tetap Menjaga Persatuan Dan Kesatuan, Keamanan Dan Ketertiban, Serta Telah Menciptakan Suasana Kondusif Selama Berlangsungnya Tahapan Pemilu Sampai Pada Proses Pemungutan Dan Penghitungan Suara .

Semoga Dengan Suasana Kondusif Yaang Tercipta Tersebut Tetap Berlanjut Terus, Sampai Dengan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Di Bulan November Nanti,Sehingga Semua Kita Berharap Pilkada Di Bulan November Nanti Akan Terlaksana Dengan Tertib, Aman Dan Nyaman. Serta Menghasilkan Pemilu Kepala Daerah Yang Jujur, Adil, Dan Bermartabat. “Sebelum Mengakhiri Sambutan Ini, Saya Juga Ingin Menyampaikan Bahwa Tinggal Sebulan Lagi Jabatan Saya Selalu Pejabat Bupati Bolaang Mongondow Akan Segera Berakhir, Tepatnya Tanggal 22 Mei 2024 Nanti.” Dan Issya Allah Kalau Di Izinkan Oleh Gubernur Saya Akan Maju Di Pemilihan Kepala Daerah Bolmong pada Bulan November Nanti, Saya Juga Menyampaikan Permohonan Maaf Yang Sebesar-besarnya, Atas Segala Kekhilafan Dan Kekurangan Saya, Selama Memimpin Dan Memimpin Roda Pemerintahan Di Kabupaten Bolaang Mongondow Sejak Tahun 2022 Hingga Tahun 2024 ini, Karena Manusia Tidak Pernah Sempurna Dan Kesempurnaan Hanya Milik Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, ucapnya. (Syil).

261 Siswa SMK Negeri 5 Manado Siap Ikut UKK 22-26 April

Posted By Merson Simbolon On In Manado,Pendidikan | No Comments

Manado, Sulutnews.com. Kepsek SMK Negeri 5 Manado Drs Moudy Lumintang M.Si mengatakan, tahun ini sekitar 261 siswa kelas XII siap ikut Ujian Kompetensi Kejuruan ( UKK) pada 22 hinga 26 April pekan depan dengan pengawasan ketat dari internal sekolah dan eksternal.

Hal tersebut dikatakan Kepsek Moudy Lumintang kepada Sulutnews.com Rabu (17/4) disekolahnya saat memantau beberapa ruangan kelas yang menjadi lokasi UKK.

Menurut Lumintang sekolahnya baru akan mengikuti UKK pekan depan karena pihaknya akan melakukan pra UKK Kamis ( 18/4) dan mempersiapkan dengan baik semua sarana dan prasarana tempat pelaksanaan UKK. ” SMK harus begitu apalagi ada 9 jurusan yang akan kita uji dalam UKK nanti.Jadi dipersiapkan dengan baik” kata Lumintang.

Sembilan jurusan disekolahnya antara lain Manajemen Perkantoran dan Bisnis, Usaha Layanan Wisata, Akutansi , Teknik Komputer Jaringan, Teknik Audio, Dokumentasi Fisual, Rekayasa Perangkat Lunak, Kria Kayu dan Tekstil dan Layanan Kesehatan.” Kita persiapkan semua untuk diuji sembilan jurusan dalam UKK agar benar benar mendapat siswa yang berkompetensi dalam bidangnya” kata Lumintang yang juga mantan Kepsek SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 6 Manado.

UKK itu sangat penting bagi siswa karena kita akan menilai apakah siswa sudah berkompetensi sesuai jurusannya. Jadi sangat penting UKK karena itu siswa harus ikut. UKK ini bagian dari proses untuk menentukan lulus atau tidak. Ada juga penilaian lain teori yang sudah dilalukan lalu.” Jadi tingal UKK ini karena itu siswa harus siap dengan baik” kata Lumintang.

Menurutnya disaat dia menjadi Kepsek di SMK Negeri pertengahan tahun lalu baru tahun ini dia akan melakukan UKK. ” Saya optimis 261 siswa bisa lulus dan berkompeten karena sejak tahun lalu pihaknya terus lakukan perbaikan proses belajar mengajar dan tegakan disiplin baik guru dan siswa” kata Moudy Lumintang. Pantauan Sulutnews.com sejumlah ruang kelas sudah ditatata dengan baik untuk pelaksanaan UKK.

SMK Yadika 187 Siswa

Sementara itu Kepsek SMK Yadika di Talawaan Minahasa Utara Merry Sorongan S.Pd secara terpisah kepada Sulutnews.com Rabu (17/4) disekolahnya mengatakan, ada sekitar 187 Siswanya akan ikut UKK tahun ini dari enam jurusan yang ada. Namun sejak Selasa 16 April baru jurusan Teknologi Komputer Jaringan yang melaksanakan. Sementara yang lain pekan depan sesuai kesiapan industri seperti Perhotelan yang akan menguji para Siswanya.” Jadi kita sesuaikan waktu dari pihak Perhotelan dan industri lainnua” kata Kepsek yang juga Guru Matematika tersebut.

SMK Yadika yang merupakan SMK Swasta dengan siswa seluruhnya sekitat 500 lebih tetap kedepankan kualitas. Karena itu 187 Siswa yang ikut UKK tahun ini dipastikan akan lulus dengan kompetensi yang baik.” Kami tidak mau ketingalan dengan SMK yang lain. Lulusan kita sejak tahun tahun sebelumnya tetap tidak kalah bersaing” kata Kepsek Merry Sorongan yang juga Alumni Unima.

Dalam pengawasan UKK tetap ketat dan sesuai aturan baik dari guru internal sekolah dan pihak eksternal termasuk Perhotelan yang sudah ada kerjasama. Jadi kita ingin obyekrif UKK agar siswa lulus dengan kompetensi yang baik. (Fanny)

Gubernur Pastikan Pembangunan Awning Pedagang Zona 1 Pantai Panjang Dikebut

Posted By ilpi Tarmawan On In Bengkulu | No Comments

Bengkulu, Sulutnews.com – Gubernur Rohidin Mersyah bersama Dinas Pariwisata Provinsi Benģkulu dan beberapa instansi terkait menggelar rapat rencana pembangunan awning pedagang zona 1 yang berada di kawasan Pantai Panjang kota Bengkulu di Balai Raya Semarak, Rabu (17/4/2024).

Dalam keterangannya, gubernur peraih berbagai penghargaan tersebut mengatakan, Pemerintah Provinsi Bengkulu tahun ini akan melakukan pembangunan awning pedagang zona 1 Pantai Panjang yang meliputi Pasir Putih hingga muara jembatan dekat Bençoolen Mall.

“Tahun ini kita akan membangun awning untuk pedagang (Pantai Panjang) khusus zona 1 dari muara Pasir Putih sampai muara sungai dekat Bencoolen Mall,” kata Gubernur Rohidin.

“Nanti akan kita kelompokkan berapa orang pelaku UMKM, pedagang buah kita buatkan awning, kemudian makan siap saji juga dan kemudian pedagang baju batik pakaian kita kelompokkan serta beberapa kelompok usaha yang mengģunakan koñtainer sehingga di tahun ini anggarannya khusus penataan pedagang kawasan pantai.”

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Murlin Hanizar menambahkan ada sekitar puluhan awning yang akan dibangun pada tahun ini di kawasan zona 1 Pantai Panjang.

Total anggaran untuk pembangunan awning pedagang Pantai Panjang zona 1 tersebut ditaksir mencapai 600 juta rupiah.

“Rencananya berdasarkan masukan Pak Gubernuŕ nanti ada pedagang buah dan pakaian. Jumlah pedagang di zona 1 termasuk pedagang buah sekitar 76 hingga 86 sementara bangunan yang ada dari cipta karya kemarin hanya 24 jadi sisanya akan kita sesuaikan dengan bangunan cipta karya. Tahun ini anggaran sudah ada sekitar 600 juta. Kita optimis tàhun ini dibangun,” tutùp Murlin. (Tanto.G)

Pemkab Boltim Gelar Apel Kerja Usai Libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah

Posted By Merson Simbolon On In Advetorial,Boltim | No Comments

Boltim, Sulutnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Bolaang Mongondow Timur (Boltim), gelar Apel kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) usai libur cuti bersama lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah dirangkaikan degan Apel Korpri di lingkungan Pemkab.

Apel tersebut, di pimpin langsung oleh Bupati Boltim Dr. (C) Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. M. Si (SSM), bertempat di Lapangan Abang Modayag. Selasa 16 April 2024.

Foto : Tampak kegiatan Apel saat dimulai.

Bupati Boltim Sam Sachrul, dalam sambutannya mengucapkan syukur dan ucapan minal Aidin wal-idjin mohon maaf lahir dan batin.

“Alhamdulillah Kita berkumpul lagi di Apel Kerja perdana seluruh ASN. Maka dari itu atas nama Pemerintah, pribadi dan Keluarga, degan kerendahan hati Saya memohon maaf Ucapan minal aidzin walfaizin mohon maaf lahir dan batin, bagi Kita semua semoga kita senantiasa sehat dan diberkahi oleh Allah SWT,”Kata Bupati.

Foto: Tampak para staf khusus Bupati saat mengikuti Apel.

Lanjut Bupati, cuti bersama telah selesai usai kita melaksanakan Puasa sebulan dan idul Fitri. Maka kita sudah dilatih dan menemukan hikmah, ada sebuah energi baru, semangat baru dalam aktivitas dunia pekerjaan.

“Jadi bagi ASN saya tegaskan pentingnya Disiplin, Trimatra pengabdian seorang ASN. Bicara disiplin adalah bicara soal waktu ketaatan kepatuhan, keseriusan, mengintrospeksi diri masing – masing, jangan ada sifat menunda – nunda dalam pekerjaan,”Jelas Bupati.

Bupati juga menambahkan, bagi yang hadir hari ini, mereka yang di karuniai di berikan waktu untuk bersama dan bersilaturahmi. Ini adalah kali kedua kita apel di lapangan Abang Modayag. Bagi yang tidak hadir hari ini,”Dia tidak menghargai apa kesempatan yang saya berikan padahal ada ketambahan libur cuti bersama. Jadi yang tidak hadir ada sangsinya, nanti setiap kepala SKPD yang mengecek dan menindak disiplin ASN yang tidak hadir itu,”Tutup Bupati.

Usai apel, seluruh jajaran SKPD ASN dan perangkat Desa bersalaman silaturahmi degan Bupati, dan melanjutkan acara kegiatan Halal bihalal di Kecamatan Modayag.

Turut hadir dalam Apel tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda), Para Asisten, staf khusus Bupati, Camat, Sangadi dan Perangkat Desa. (Advetorial)

Bupati Franky Wongkar Buka Musrenbang RPJPD Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2025-2045

Posted By Merson Simbolon On In Minsel | No Comments

Minsel,Sulutnews.com – Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH., membuka secara resmi  kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2025-2045, bertempat di Aula Waleta Kantor Bupati Minahasa Selatan, Rabu, 17 April 2024.

Mewujudkan Minahasa Selatan sebagai daerah agrobisnis yang maju, sejahtera dan berkelanjutan menjadi rancangan Visi RPJPD Tahun 2025–2045 Kabupaten Minhahasa Selatan. Dalam mewujudkan visi ini haruslah didukung oleh seluruh Pemangku kepentingan (stakeholders).

Berikut ini merupakan misi pembangunan jangka panjang 20 tahun (RPJPD) Minahasa Selatan, antara lain :

  1. Mewujudkan transformasi sosial untuk membangun manusia yang sehat, cerdas, kreatif, sejahtera, unggul dan berdaya saing;
  2. Mewujudkan transformasi ekonomi untuk meningkatkan produktivitas melalui peningkatan inovasi iptek, ekonomi produktif ( termasuk industri manufaktur, ekonomi biru, pertanian, pariwisata, ekonomi kreatif, umkm dan koperasi, tenaga kerja, serta bumn), penerapan ekonomi hijau, trasnformasi digital, integrasi ekonomi domestik dan konektivitas global, serta pembangunan perkotaan sebagai pusat pertumbuhan;
  3. Mewujudkan transformasi tata kelola untuk membangun regulasi dan tata kelola yang berintegritas dan adaptif;
  4. Memantapkan supremasi hukum, stabilitas dengan memantapkan stabilitas ekonomi, politik, hukum dan keamanan;
  5. Memantapkan ketahanan sosial budaya dan ekologi dengan memperkuat ketangguhan individu, keluarga, komunitas masyarakt, pembangunan karakter, dan lingkungan yang menyeimbangkan hubungan timbal balik antara sosial budaya dan ekologi, serta mengoptimalkan modal sosial budaya untuk tahan menghadapi berbagai perubahan;
  6. Pembangunan kewilayahan diwujudkan untuk meningkatkan pemerataan dan keadilan pembangunan melalui penerjemahan agenda transformasi sosial, ekonomi dan tata kelola,  yang dilengkapi dengan landasan transformasi supremasi hukum, stabilitas ketahanan sosial budaya dan ekologi;
  7. Dukungan sarana dan prasarana yang berkualitas dan ramah lingkungan menjadi faktor kunci pengembangan sekaligus sebagai pilar pendukung agenda transformasi;
  8. Kesinambungan pembangunan untuk mengawal pencapaian indonesia emas yang diwujudkan melalui kaidah pelaksanaan yang efektif serta pembiayaan pembangunan.

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut adalah amanat dari undang – undang  dimana Pemerintah kabupaten Minahasa Selatan telah melakukan Ranwal RPJPD dengan Memulai dari Musrenbang di 167 desa dan 10 kelurahan kemudian dilanjutkan dengan Musrenbang Tingkat Kecamatan di 17 Kecamatan dan setelah melakukan konsultasi dengan Pemerintah Provinsi maka kita melaksanakan Musrenbang Kabupaten.

Lebih lanjut Bupati FDW menambahkan diharapkan pada Pelaksanaan Musrenbang Tingkat kabupaten kali ini semua dapat berperan aktif untuk kita bahas bersama tentang Visi dan Misi serta Program – Program Prioritas yang sesuai dengan kondisi di kabupaten minahasa selatan karena tujuan dari pembuatan RPJPD adalah sebagai pedoman untuk memberi arah pembangunan terhadap kebijakan dan isu – isu strategis jangka panjang di kabupaten minahasa selatan, dengan produk yang kita hasilkan ini akan didokumentasikan dan menjadi pegangan bagi para pemimpin – pemimpin di kabupaten minahasa selatan nanti ditahun 2025 – 2045.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Minahasa Selatan, Sekretaris Daerah bersama dengan para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Sekretaris Bappeda Provinsi Sulawesi Utara Bpk. James Kewas. M.Si, yang juga sebagai Narasumber, Forkopimda Kabupaten Minahasa Selatan, Sekretaris Kantor Pengadilan Agama Amurang, para Akademisi sebagai Narasumber : Bpk. Dr. Ir. Charles Ngangi, MS., dan Bpk. Dr. Valentino Lumowa, Ph.D, M.Fill, MS, SS., Tim Penyusun : Bpk. Prof. Charles Kepel, Bpk. Dr. Vecky Masinambow, Ibu Dr. Sherly Lumeno, ST, MT, dan Ibu Praysi Kaeng, ST., para Camat, para Staf Khusus Bupati, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN dan BUMD, Pimpinan Perusahaan, Perbankan dan Sektor Swasta, Pimpinan Organisasi Kemasyarakat dan Pemuda, Ketua FKUB Kabupaten Minahada Selatan, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.(*/Merson)

Safari Ketupat, Walikota Tomohon Bersama Jajaran Pemkot Tomohon Selaturahmi Kepada Umat Muslim Kampung Jawa

Posted By Merson Simbolon On In Adat Budaya,Religi,Tomohon | No Comments

Tomohon,Sulutnews.com – Walikota Tomohon Caroll J A Senduk,S.H didampingi ketua TP-PKK kota Tomohon drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon bersafari  dalam rangka Hari Raya Ketupat, Rabu, 17 April 2024.

Lebaran ketupat ini digelar tujuh hari setelah hari Idul Fitri tiba atau 7 Syawal, lebaran ketupat bertempat di Kelurahan Kampung Jawa, Tomohon Selatan dan berlangsung sangat meriah.

Walikota Tomohon bersafari sambil berjalan kaki dari rumah ke rumah dan memberikan ucapan selamat kepada umat muslim yang ada di Kelurahan Kampung Jawa.(*/Merson)

98 SMP Negeri dan Swasta di Kota Manado Siap Laksanakan UAS 22-26 April 2024

Posted By Merson Simbolon On In Manado,Pendidikan | No Comments

Manado, Sulutnews.com – Sekitar 98 SMP Negeri dan Swasta di Kota Manado siap laksanakan Ujian Akhir Sekolah ( UAS) pada 22 hinga 26 April 2024.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang ( Kabid) SMP Dinas Pendidikan Kota Manado Greace Sondakh S.Pd.M.Pd kepada Sulutnews.com baru baru ini dikantornya.

Kabid yang didampingi Kepala Seksi Kurikulum Lenda Lantang mengatakan, dalam UAS nanti pengawasan dilakukan ketat baik dari internal sekolah maupun eksternal. Dan semua sekolah yang menyiapkan sarana dan prasarana pendukung. Teknis pelaksanaan UAS menurut Kabid Greace Sondakh berbeda antara sekolah karena ada yang masih.pakai sistim manual ada yang pakai jaringan internet dan wifi seperti Googleform.” Jadi semua diserahkan kesekolah masing masih teknis pelaksanaan UAS, ” kata Kabid.

Siswanya ada ribuan dan paling banyak di SMP Negeri 1 sekitar 600 lebih dan yang lain dibawah dari 600.

UAS tahun ini tetap yang diuji 10 matapelajaran karena sudah tidak ada ujian nasional. Kabid optimis UAS tahun ini bisa lancar dan menghasilkan siswa yang berkualitas. UAS ini salah satu bagian prasarat kelulusan siswa kelas IX di 98 SMP Negeri dan Swasta. Artinya akan ada penilaian ujian semester awal dan juga terkait kehadiran dalam belajar.” Jadi ada rumusnya untuk mendapat nilai para siswa” kata Kabid.

Kepada orang tua siswa diharapkan untuk menjaga anak anak agar jangan sakit saat pelaksanaan UAS. Dan harus tetap belajar terus agar meraih prestasi yang baik dan bisa lulus.
Bagi siswa yang ada halangan tetap diberikan waktu untuk UAS susulan.

Optimis Lulus

Sementara itu Kepsek SMP Katolik Santa Monica Mapanget Mieke Kaligis S.Pd kepada Sulutnews.com secara terpisah baru baru ini mengatakan optimis 67 siswanya yang akan ikut UAS tahun ini bisa meraih prestasi yang baik. Pihaknya sudah siap laksanakan UAS dan sarana pendukung sudah siap termasuk kesiapan siswa untuk ikut.” Kami sudah siap laksanakan UAS” kata Kepsek.

10 matapelajaran yang akan diuji sudah diberikan sampaikan kepada siswa untuk giat belajar. Sebelumnya Kepsek SMP Negeri 1 Manado Drs Salmong Rosang MM mengatakan sekolahnya ada 600 lebih siswa akan ikut UAS tahun ini. (Fanny)