[Keterangan Foto: Kapolres Minut, AKBP Bambang Yudi Wibowo] [Keterangan Foto: Kapolres Minut, AKBP Bambang Yudi Wibowo]

Polisi Tangkap Dua Pencuri Kabel Tanam Lampu Jalan di Minut

Written by  Adrian Apr 20, 2022

Minut,sulutnews.com – Personil Unit 1 Jatanras Satreskrim Polres Minahasa Utara melakukan dua pencurian kabel tanam lampu penerangan jalan, baru-baru ini.

Penangkapan tersebut kemudian diulas oleh Kapolres Minut, AKBP Bambang Yudi Wibowo melalui konferensi pers, pada Selasa (19/4/2022) pagi, di Aula Tribrata Mapolres setempat.

AKBP Bambang Yudi Wibowo mengatakan, dua pelakunya adalah pria berinisial WM (21) dan perempuan berinisial FK (24), keduanya warga Kota Bitung.

“Pelaku WM berperan dalam kabel, sedangkan FK yang menyatukan situasi di sekitar TKP,” ujarnya, disertai Kasatreskrim dan Kasi Humas Polres Minut.

Pengungkapan kasus tersebut berdasarkan laporan pihak Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Minut pada tanggal 29 Maret 2022, yang kejadiannya pada 23 Maret 2022.

Lanjut AKBP Bambang Yudi Wibowo, laporan tanggapan tim dengan melakukan patroli di daerah rawan tindak pidana pencurian pencurian di wilayah hukum Polres Minut.

“Setelah patroli dan juga penyelidikan, tim kemudian menangkap kedua pelaku tersebut, yang mengaku telah beraksi di enam titik di wilayah yang berbeda,” jelasnya, di depan sejumlah media.

Dari enam aksi pencurian, lima aksi dilakukan secara bersama-sama oleh kedua pelaku, sedangkan satu aksi lainnya hanya dilakukan oleh WM.

“Jumlah kabel yang hilang dicuri kurang lebih 2.285 meter, dengan tipe nyy 2×4 mm dan nyy 2×2 mm,” terang AKBP Bambang Yudi Wibowo.

Modusnya, kedua pelaku beraksi pada hari dengan menggunakan gergaji besi untuk kabel. Keduanya membawa kabel menggunakan sepeda motor, lalu menyimpan hasil curian tersebut di hutan.

“Kabel hasil curian dijual oleh pelaku dalam bentuk sudah menjadi tembaga, dengan total total 98 kg seharga Rp9.310.000. Uang hasil penjualan lalu dibagi dua, WM mendapat Rp4.750.000 sedangkan FK mendapat Rp4.560.000,” rinci AKBP Bambang Yudi Wibowo.

Dalam bukti tersebut, tim juga barang berupa 1 buah gergaji besi oranye dan kabel listrik warna hitam dengan panjang kurang lebih 25,5 meter.

“Kedua pelaku dijerat pasal 363 ayat (1) ke-4 KUHP sub pasal 362 KUHP jo pasal 64 KUHP. Dengan ancaman pidana penjara paling lama 7 tahun,” pungkas AKBP Bambang Yudi Wibowo.

Penulis: ARP

Last modified on Wednesday, 20 April 2022 10:22