Pidana Keimigrasian Dijatuhkan Hukuman 4 Bulan Kepada WNA Amerika Serikat di Manado

Written by  Yayuk Wullur Oct 08, 2021

Manado,Sulutnews.com - Jekeps Luturmas (48thn) warga negara asing ((WNA) naturalisasi Amerika Serikat dengan sengaja memberikan data yang tidak sah dan keterangan yang tidak benar untuk memperoleh Dokumen Perjalanan Republik Indonesia bagi dirinya sendiri, perbuatan terdakwa Jekeps sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 126 huruf c Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Oleh Pengadilan Negeri (PN) Manado ia divonis empat bulan penjara pada 6 Juli 2021.

Sumber di Kejaksaan Negeri Manado (nama tak ingin disebutkan) memastikan, petikan hasil putusan sidang pada 6 Juli tersebut, baru diterimanya pada hari Rabu 6 Oktober 2021, dan memutuskan Jekeps akan mulai menjalani hukuman di Rutan Malendeng Manado pada 8 Oktober.

"Ia (Jekeps Luturmas) sebenarnya sudah bersedia dipenjara, tetapi karena petikan hasil sidang baru kami terima tanggal 6 Oktober eksekusi baru akan berlangsung hari ini Jumat 8 Oktober," kata sumber itu.

Karena sidang di PN berlangsung pada Masa Pandemik covid19, maka hukuman penjara Jekeps Luturmas hanya akan menjalani hukumannya hingga awal bulan Desember.

Dia akan dideportasi dan Jekeps berharap dapat segera merayakan hari natal 25 Desember bersama istri dan anak-anaknya di Amerika. (*/yuk).

Last modified on Friday, 08 October 2021 11:45