Ekonomi & Bisnis

Ekonomi & Bisnis (66)

Manado,Sulutnews.com - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Provinsi Sulawesi Utara atau yang juga disebut Bank Sulut Gorontalo (BSG) berulang tahun tanggal 3 Juni 2022.

Tahun 2022 ini, berbagai Iven bergengsi diadakan untuk memeriahkan moment usia ke-61 BSG.

Diantaranya Puncak Acara Peringatan HUT ke-61, pada Jumat (3/6) berlangsung di Jalan Sam Ratulangi No 9 Manado.

Tampak dalam perayaan HUT tersebut, Sekprov Sulawesi Utara Praseno Hadi, Jajaran Komisaris  Fransiskus Silangen, Marhani Pua, Max Kembuan dan Jajaran Direksi, Direktur Pemasaran Machmud Turuis, Direktur Umum, Joubert Dondokambey, Direktur Operasinal Louisa Parengkuan dan Direktur Kepatuhan Pius Batara.

Direktur Utama BSG Revino Pepah,SE, dikesempatan memberikan sambutan mengatakan tahun ini moment usia ke-61 BSG mengusung tagline “Di61talisasi untuk Pemulihan Ekonomi”.

Ia beralasan bahwa BSG kini merupakam bank pelopor pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19 melalui transformasi bisnis digital bagi masyarakat Sulawesi Utara.

"Diusianya yang ke 61, tentunya ini suatu usia yang cukup lama bagi BSG bertumbuh menjadi sebuah perusahaan perbankan yang terpercaya, maka tantangannya adalah mempertahankan eksistensinya," kata Revino Pepah.

Ini adalah era digilital untuk pemulihan ekonomi, banyak yang wajib dicapai bersama dalam rangka mewujudkan target perusahaan.

Sejak tahun 2021 BSG telah melakukan beragam pengembangan layanan digital antara lain upgrading layanan BSGtouch, ARIS, EDC, dan yang teranyar adalah Samsat Digital, serta lainnya yang memudahkan untuk melakukan transakai perbankan secara online dan realtime.

Tetapi harus dipahami, tambah Revino, pelayanan digitalisasi saat ini membuat persaingan perbankan sangat kompetitif, tak harus menjadikan BSG berpuas diri.

Demi memenuhi pelayanan yang cepat, mudah dan aman BSG jangan sampai ketinggalan dalam revolusi perbankan.

Memeriahkan usia ke 61 tahun BSG  menggelar juga banyak ivent meriah seperti BSG Open Tournament Bandminton, Celebrating BSG IG Reels Competettion, Open Tournament Volly Ball, Badminton Internal BSG, BSG Golf Open Tournament, Fun Bike Internal dan Keluarga BSG, Jalan Sehat, Tour De North Sulawesi dan juga puncak perayaan HUT BSG.

Pengumuman pemenang "BSG Reels Compotition" dilangsungkan pada Selasa (7/6) di Gedung Bumi Graha Bumber Manado.

Acara spesial ini diwarnai pula dengan pemasangan lilin HUT Ke-61 BSG yang dilakukan Dirut Revino Pepah, peniupan lilin dilakukan bersama Jajaran Direksi dan Komisaris yang hadir.

Juara pertama pembuat vidio BSG Reel Compotition" terbaik diraih Pegawai di Jajaran Divisi Pengembangan Bisnis (Divisi PB) dengan hadiah uang senilai Rp8juta rupiah. Sementara para pemenang di Iven lain guna memeriahkan moment HUT ke-61 BSG malam itu belum diumumkan. (*/yuk).

Jakarta,Sulutnews.com - Di tengah kondisi ekonomi yang masih terpengaruh dampak pandemi Covid-19,          PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (“Tugu Insurance”) berhasil mencatatkan peningkatan kinerja baik secara konsolidasian maupun induk di akhir tahun buku 2021 (audited) disertai tingkat Risk Based Capital (RBC) 405,13% yang berada jauh di atas ketentuan batas minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu sebesar 120%. Secara konsolidasian tercatat total aset Rp 20,19 Triliun atau meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 19,46 Triliun, sedangkan pada induk total asset tercatat Rp 13,09 Triliun naik dari Rp 12,47 Triliun. Sedangkan ekuitas konsolidasian meningkat dari Rp 8,46 Triliun menjadi Rp 8,79 Triliun, sedangkan ekuitas induk mencapai Rp 5,40 Triliun naik dari Rp 5,26 Triliun di tahun 2020.

Direktur Keuangan dan Layanan Korporat Tugu Insurance, Emil Hakim ditemui usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Selasa (17/5/2022) memaparkan bahwa sejalan adanya kenaikan 20% pada laba secara konsolidasian yakni Rp 327,23 Miliar, laba Tugu Insurance secara induk turut mengalami peningkatan yakni dari Rp 248, 21 Miliar naik menjadi Rp 251,48 Miliar. “Hingga periode 31 Desember 2021 pendapatan premi neto secara induk perseroan sebesar Rp 846 Miliar naik dibanding dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp. 603,25 Miliar, dengan dominasi kontribusi perolehan premi dari Class of Business Fire & Property, Aviation, Offshore, Engineering dan Marine Cargo. Adapun untuk pendapatan underwriting secara induk sebesar Rp 892,37 Miliar naik dibanding dari periode yang sama tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 717,07 Miliar” ucap Emil.

Adapun pada pelaksanaan RUPST kali ini Pemegang Saham telah memutuskan adanya perubahan susunan pengurus perseroan. “Melalui formasi atas perubahan pengurus perseroan ini, besar di harapkan dapat membawa Tugu Insurance makin bertumbuh kembang melalui berbagai pemikiran dan semangat yang dibawa oleh para pengurus baru,

serta mampu mengoptimalkan kemanfaatan kinerja perseroan kepada segenap Stakeholders” tambah Emil.

Hasil RUPST Untuk Perubahan Pengurus Perseroan

 

Jabatan

Nama

Presiden Komisaris dan Komisaris Independen

Dian Masyita *)

Komisaris

Amelia Kurniawan

Komisaris

Bagus Agung Rahadiansyah *)

Komisaris Independen

 Poerwo Tjahjono

Komisaris Independen

Adi Zakaria Afiff

Presiden Direktur

Tatang Nur Hidayat *)

Direktur Keuangan  dan Layanan Korporat

Emil Hakim

Direktur Teknik

Syaiful Azhar

Direktur Pemasaran Asuransi

Ery Widiatmoko

Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko

Budi P. Amir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(*/Merson)

Manado, Sulutnews.com. Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) termasuk salah satu pasar potensial mobil merek Hyundai. Buktinya Hyundai telah membuka kantornya yang megah di Kota Manado Kamis (19/5).

Dalam acara peresmian kantor Hyundai hadir Kepala Biro Ekonomi Pemda Sulut Lukman Lapadengan SE MSi, Sekretaris Kota Manado Dr M Lakat, dan Erwin Djajadiputra Sales Director PT Hyundai Motors Indonesia serta Sigit Wahyu Angoro Coo Gowa Modern Motors dan ratusan undangan.

Menurut Erwin Djajadiputra sebagai Sales Director PT Hyundai Motors Indonesia mereka masuk ke Manado Sulut karena daerah ini pasar potensial. Kami optimis mobil Hyunday bisa bersaing dengan mobil merek lain. Hyunday saat ini lebih berkualitas dan cukup baik mobilnya. Mereka juga melihat elonomi di Sulut mulai membaik pasca Pandemi Covid 19.

Hal yang lain juga dikatakan Sigit Wahyu Angoro sebagai COO Gowa Modern Motors. Harga mobil Hyundai bisa dijangkau.Hyundai masuk ke Sulut karena masyarakat Sulut  banyak suka mobil Hyundai. Sementara Sekretaris Kota Manado Dr M Lakat masuknya Hyundai ini pasti sangat baik karena terbuka lapangan kerja dan kontribusi terhadap pendapatan daerah akan naik.(Fanny)

Jakarta, Sulutnews.com – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mencatatkan kinerja positif di kuartal I 2022. Laba bersih setelah pajak (NPAT) Danamon meningkat sebesar 65% year-on-year, sementara laba operasional tumbuh sebesar 49% year-on-year.

“Dengan senang hati saya menyampaikan bahwa kinerja positif Danamon di kuartal I 2022 didukung oleh peningkatan sinergi dan kolaborasi dengan Adira Finance dan MUFG, serta peningkatan kapabilitas dan kemitraan digital yang kami lakukan secara berkelanjutan,” kata Yasushi Itagaki, Presiden Direktur PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Pertumbuhan Bisnis yang Berkelanjutan dan Kualitas Aset yang Sehat

Danamon terus bertumbuh di tengah pembatasan sosial (PPKM) akibat munculnya varian Omicron pada kuartal pertama tahun ini. Dengan menerapkan strategi pemilihan kredit yang berhati-hati, kredit pada segmen Enterprise Banking (EB) Danamon mencapai Rp61 triliun, meningkat 10% year-on-year (YoY). Pertumbuhan ini didukung oleh kolaborasi Danamon dengan jaringan MUFG dan fokusnya pada nasabah blue-chip dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada periode yang sama dan seiring dengan pulihnya sektor pembiayaan kendaraan bermotor, Adira Finance, anak perusahaan Danamon, mengalami peningkatan pada pembiayaan baru sebesar 33% dibandingkan kuartal pertama tahun lalu.

Juga pada kuartal I 2022, fokus Danamon pada pertumbuhan granular funding berhasil meningkatkan Giro dan Tabungan (CASA) sebesar 12% dengan rasio CASA mencapai 60,5%, naik dari 54,7% yang tercatat pada periode yang sama tahun lalu.

Kualitas aset Danamon juga terus menunjukkan peningkatan. Rasio Non-Performing Loan (NPL) coverage mencapai 209% pada kuartal I 2022, dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 177%. Di kuartal I 2022, rasio NPL gross juga membaik 50 bps menjadi 2,8% sementara persentase Loan at Risk (LAR), yang mencakup COVID restructured loans under forbearance sebesar 15,4%, membaik 60bps dibandingkan tahun sebelumnya.

Indikator keuangan ini berkontribusi pada profitabilitas Danamon yang ditandai dengan tren quarterly yang stabil dari Net Interest Margin (NIM) sebesar 7,9% sementara laba operasional tumbuh 49% year-on-year. Pada akhir kuartal I 2022, Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) Danamon mencapai Rp860 miliar, meningkat sebesar 65% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sinergi dengan Adira Finance dan MUFG Dukung Kebangkitan Industri Otomotif Indonesia

Kolaborasi dan sinergi antara Danamon, Adira Finance dan MUFG, mendasari partisipasi grup dalam Indonesia International Motor Show Hybrid 2022 (IIMS) yang baru saja selesai diselenggarakan di JIExpo dari 31 Maret hingga 10 April 2022. Produk Danamon yang ditawarkan di IIMS Hybrid 2022 berfokus pada KPM Prima (pembiayaan mobil dan motor) yang didukung oleh Adira Finance, untuk membantu nasabah mewujudkan impian memiliki atau upgrade kendaraan bermotor mereka dengan mudah. Selain itu, Danamon juga menyediakan solusi keuangan yang komprehensif guna membantu nasabah existing maupun potensial dalam mewujudkan kebutuhan finansial dan wealth creation mereka, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Prima, Kartu Kredit, Rekening Tabungan, Bancassurance, serta D-Bank PRO sebagai aplikasi mobile banking dan solusi digital terintegrasi.

Untuk pembiayaan otomotif, sekitar Rp300 miliar atau sejumlah kurang-lebih 2.000 pengajuan kepemilikan kendaraan roda empat dan roda dua telah diterima selama periode IIMS 2022 – jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan proses evaluasi yang terus berjalan. Selanjutnya, kerja sama dengan berbagai pengembang properti menghasilkan pengajuan kredit kepemilikan rumah (KPR) dengan total nilai properti sekitar Rp100 miliar. Danamon juga berhasil memperoleh lebih dari 3.000 pengajuan baru untuk rekening tabungan dan kartu kredit.

Dalam acara penutupan yang diadakan pada hari Sabtu, 9 April 2022 di panggung Infinite JIExpo, Danamon bersama Adira Finance dan didukung oleh MUFG juga meraih penghargaan Best Sponsor Booth dari Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS Hybrid 2022. Danamon, Adira Finance dan MUFG juga meraih rekor MURI untuk kategori 'Pameran Otomotif dengan Grand Prize Terbanyak'.

Bersama, Danamon, Adira Finance dan MUFG juga tetap berkomitmen pada fokus IIMS di bidang green transition, dan mendukung pengembangan bisnis yang berkelanjutan termasuk akses ke teknologi ramah lingkungan. Sementara Indonesia telah menetapkan sasarannya untuk mencapai net-zero emission pada tahun 2060, Danamon mengharapkan peningkatan ketertarikan dari berbagai perusahaan untuk berinvestasi di energi terbarukan Indonesia, dan siap memberikan dukungan yang diperlukan untuk mewujudkan hal ini.

Setelah IIMS Hybrid 2022, Danamon terus berkomitmen untuk melayani nasabah existing maupun potensial di segmen Consumer dan Wholesale Banking guna mendukung industri otomotif yang berkelanjutan di Indonesia.

Ekspansi Berkelanjutan dalam Kemampuan dan Kemitraan Digital

Dalam upaya perluasan jangkauan nasabah dan peningkatan pengalaman nasabah (customer experience), Danamon terus melakukan pengembangan di bidang digital melalui upaya peningkatan kapabilitas dan kemitraan dengan perusahaan teknologi keuangan (FinTech). Hal ini mencakup berbagai inovasi atas D-Bank PRO dengan meluncurkan D-Wallet untuk Android dan D-Save Online Onboarding. Dengan menekankan peningkatan pada aplikasi mobile banking Danamon dan solusi digital terintegrasi di kuartal I 2022, Danamon memperluas kemitraan baru dengan CekAja.com dan CariNih untuk program onboarding online, serta dengan Dana untuk program Application Programming Interface (API) onboarding dan direct debit.

Penghargaan dan Pengakuan

Pencapaian keuangan Danamon yang konsisten menggarisbawahi upaya Bank untuk menyediakan produk dan layanan keuangan yang berkualitas kepada para nasabahnya. Berbagai upaya ini telah mendapatkan penghargaan dari industri, termasuk 11th Infobank Digital Brand Awards oleh Infobank Media Group dan lembaga pemantauan media global, solusi intelijen dan wawasan Isentia, di mana Danamon memperoleh penghargaan di 10 kategori, khususnya peringkat pertama untuk Deposito, KPR, Mobile Banking dan Wealth Management Bank Umum Konvensional, peringkat kedua untuk Bank Umum Konvensional (KBMI 3 – Modal Inti Rp 14 triliun sd Rp 70 triliun), peringkat kedua Unit Usaha Syariah, Produk Tabungan dan Kartu Kredit oleh Bank Konvensional, dan peringkat ketiga untuk Internet Banking dan Kartu Debit Bank Umum Konvensional.

Pada bulan Maret, majalah First Indonesia menganugerahkan Indonesia CSR Excellence Award kepada Danamon untuk kategori perusahaan CSR Terbaik 2022, dan terbaik di bidang lingkungan tempat kerja, program CSR berbasis Budaya Digital, dan program CSR dengan fokus kepemimpinan. Pada bulan yang sama, Danamon juga mendapatkan sertifikasi Platinum Greenship dari Green Building Council Indonesia dan meraih posisi kedua dalam Pelaporan Transaksi Keuangan Mencurigakan yang melibatkan Green Financial Crime oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

“Kinerja dan pertumbuhan positif Danamon adalah hasil dari upaya berkelanjutan dan tanpa henti untuk mewujudkan brand promise Danamon, yaitu memberikan solusi keuangan agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka,” tutup Yasushi Itagaki.(/Merson)

Jakarta, Sulutnews.com - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) bekerja sama dengan PT BNP Paribas Asset Management (PT BNP Paribas AM) telah resmi meluncurkan reksa dana indeks baru, BNP Paribas IDX Growth30, sebagai alternatif solusi atas kebutuhan investasi nasabah Danamon. Produk ini mereplikasi penuh isi konstituen Indeks IDX Growth30 yang diluncurkan Bursa Efek Indonesia, yang mengukur kinerja harga saham dari 30 saham yang memiliki tren harga relatif terhadap pertumbuhan laba bersih dan pendapatan dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

“BNP Paribas IDX Growth30 adalah produk investasi yang selaras dengan brand promise Danamon agar nasabah dapat memegang kendali dalam mengelola dan mengendalikan kebutuhan dan tujuan finansial mereka. Produk ini menjadi salah satu opsi investasi bagi nasabah kami dengan kemudahan pemantauan kinerja yang sangat transparan, serta peluang untuk mengoptimalkan ataupun diversifikasi portofolio Nasabah. Waktu peluncuran produk kolaborasi antara Danamon dan PT BNP Paribas AM ini juga sangat tepat, karena dapat membantu nasabah kami menangkap momentum pertumbuhan dan berinvestasi dalam saham perusahaan-perusahaan berkinerja tinggi dengan likuiditas yang baik,” jelas Consumer Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Lanny Hendra.

Direktur PT BNP Paribas AM, Maya Kamdani turut menyambut baik, “Reksa dana indeks memberikan investor kemudahan dalam memantau pergerakan konstituen saham secara transparan dan efisien. Transparansi dan efisiensi inilah yang membuat reksa dana indeks ini menjadi kian populer di kalangan para investor pemula. Selain itu, penggunaan indeks IDX Growth30 sebagai acuan BNP Paribas IDX Growth30 ini juga membuka peluang bagi investor untuk menangkap peluang dalam menghadapi  siklus prekonomian Indonesia yang saat ini sedang memasuki fase pertumbuhan. Dengan hadirnya BNP Paribas IDX Growth30 di seluruh jaringan distribusi Danamon, kami berharap dapat memperluas akses bagi para investor untuk bersama-sama menikmati tema growth lewat reksa dana indeks ini.”

Dalam reksa dana indeks, proses screening dan stock picking sudah dilakukan oleh penyedia indeks, dalam hal ini adalah Bursa Efek Indonesia (BEI), melalui pendekatan likuiditas, kondisi fundamental, serta diversifikasi, sehingga menambah manfaat kepada investor dalam pengelolaan portofolio investasinya. Sementara, kemudahan dan transparansi dalam pemantauan kinerja, growth trends dan potensi partisipasi dalam new economy membuat reksa dana indeks menjadi salah satu solusi kebutuhan investasi yang menarik bagi investor yang ingin mulai berinvestasi di pasar modal dan juga sebagai diversifikasi portofolio

Produk BNP Paribas IDX Growth30 ini ideal bagi nasabah yang memiliki tujuan keuangan jangka menengah sampai jangka panjang serta memiliki pendapatan yang dapat disisihkan untuk investasi.(/Merson)

Manado, Sulutnews.com. Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Manado dan sekitarnya jangan panik saat kekurangan modal.

Ada Kredit Usaha Rakyat yang merupakan bantuan pemerintah bisa mengatasi masalah tersebut.

Salah satu bank yang dapat memberi pinjaman KUR adalah PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara dan Gorontalo atau BSG bisa cair hingga Rp50 juta tanpa harus memberikan jaminan tambahan kepada bank.

Akan tetapi, untuk pegajuan awal bank akan memberikan pinjaman sekitar Rp 5 sampai dengan 10 juta dengan tanpa jaminan.

BSG juga menyalurkan subsidi dari pemerintah dengan skema bunga 6  persen agar para UMKM merasa ringan dalam meminjam modal.

Hal ini ditempuh untuk meningkatkan partisipasi UMKM di perbankan yang selama ini sulit mendapatkan pinjamanan.

BSG merupakan bank daerah terbesar di Provinsi Sulawesi Utara yang dapatkan alokasi dana KUR dari pemerintah.

Pelaku UMKM yang butuh modal usaha bisa melayangkan permohonan pinjaman dengan dilengkapi Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan mengisi formulir yang disediakan oleh bank.

Khusus pelaku UMKM berdomisi di Kota Manado dapat hubungi Kantor BSG dengan alamat : Ruko Marina  Boulevard No.C6 Manado. Dan bagi yang berdomisili di luar wilayah Kota Manado segera hubungi Kantor BSG terdekat. (*/Yayuk)

Jakarta,Sulutnews.com Kinerja PT Federal International Finance (PT FIF) sepanjang tahun 2021 mengalami kenaikan yang positif didukung oleh operasional bisnis perusahaan serta pengelolaan kontrak customer dalam proses penagihan.

Berdasarkan laporan tahunan 2021, PT FIF membukukan peningkatan laba bersih sebesar 65,8%, yaitu senilai Rp 2,47 triliun pada tahun 2021 dibanding periode yang sama pada tahun 2020 yang hanya mencapai Rp 1,49 triliun. Sementara itu, , perbaikan kinerja ini juga tercermin dari pencapaian Non-Performing Financing (NPF) yang menjadi indikator sehatnya sebuah perusahaan pembiayaan, di mana PT FIF mencatatkan NPF sebesar 0,9% pada tahun 2021, membaik dibandingkan tahun 2020 dengan peresentase NPF sebesar 1,5%.

NPF merupakan indikator utama kinerja sebuah perusahaan pembiayaan yang merepresentasikan jumlah kontrak dengan kredit macet atau bermasalah dibandingkan total seluruh kontrak.

“Membaiknya kinerja PT FIF salah satunya didukung oleh proses pengelolaan kontrak dan penagihan yang sesuai dengan Regulasi yang berlaku baik dari peraturan pemerintah maupun Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku di perusahaan. Di sisi lain, PT FIF juga mengedepankan proses penyelesaian secara profesional dan juga terus melakukan perbaikan proses dengan memperkuat inovasi dan digitalisasi pada sistem yang ada,” kata Collection Remedial and Recovery Management Division Head FIFGROUP, Riadi Masdaya saat menyampaikan pemaparan materinya pada Rabu (23/03/2022) dalam kegiatan Diskusi Otomotif Kekinian (DISKOTIK) bertajuk “Bincang Hangat FIFGROUP Bersama FORWOT : Bagaimana Agar Cicilan Motor Tidak Bermasalah”.

Caption Foto : Diskusi Otomotif Kekinian melalui kolaborasi FIFGROUP bersama Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) bertajuk “Bincang Hangat FIFGROUP Bersama FORWOT : Bagaimana Agar Cicilan Motor Tidak Bermasalah” pada Rabu (23/02/2022), disambut antusiasme dengan lebih dari 300 peserta yang terdiri dari media dan internal FIFGROUP

Di tengah jumlah customer yang terus meningkat setiap tahunnya, kata Riadi, proses dan sistem pengelolaan kontrak dan penagihan menjadi salah satu faktor kesuksesan lancarnya pelunasan kredit pada perusahaan pembiayaan.

Riadi menjelaskan : “Dalam operasionalnya, sebagai langkah mitigasi munculnya kredit macet atau bermasalah, treatment yang dilakukan oleh PT FIF terbagi menjadi 2 proses, yaitu penagihan dan remedial. Perbedaan dari kedua proses tersebut adalah berdasarkan lamanya keterlambatan pembayaran angsuran yang dilakukan oleh customer.”

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk proses penagihan pada kontrak yang mengalami keterlambatan pada jangka waktu 30 hari paling lama, akan dilakukan proses reminder melalui telepon. Jika proses reminder masih tidak mendapatkan respon dari customer, lanjut Riadi, PT FIF akan menugaskan karyawannya untuk melakukan kunjungan penagihan.

Pada proses penagihan ini, ada 3 poin yang harus diperhatikan oleh customer, yaitu kepemilikan surat tugas, kepemilikan ID card, dan adanya surat somasi resmi dari PT FIF.

“Pada proses penagihan, setiap kunjungan yang dilakukan oleh karyawan akan disertakan surat somasi resmi untuk customer agar melakukan pembayaran,” kata Riadi.

Apabila selama dilakukan proses penagihan ini, customer masih tidak melakukan pembayaran hingga melebihi batas waktu di atas 30 hari. Kontrak tersebut akan masuk ke proses remedial, di mana PT FIF pada proses ini juga melaksanakan kerja sama dengan agent call resmi berbadan hukum khusus penanganan kontrak dengan keterlambatan di atas 30 hari, mitra advokat, dan mitra badan hukum jasa penagihan.

Kontrak ini pada umumnya akan menjadi cikal bakal dilakukannya proses eksekusi jaminan fidusia. Hal yang harus dipahami oleh masyarakat khususnya customer yang memiliki permasalahan dalam pembayaran angsuran, terdapat 3 kunci utama yang harus diperiksa oleh customer terhadap juru tagih.

“Saat customer menghadapi proses eksekusi jaminan fidusia oleh juru tagih, maka juru tagih wajib menunjukkan Sertifikasi Profesi Penagihan Pembiayaan Indonesia (SPPI) yang diterbitkan oleh Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Selain itu, juru tagih juga harus mampu menunjukkan surat penugasan resmi dan kepemilikan ID card, serta bukti bahwa unit terdaftar di aplikasi internal PT FIF. Hal ini yang jarang diperhatikan oleh customer, sehingga sering menjadi polemik di masyarakat,” kata Riadi.

Lebih lanjut, Riadi menjelaskan, “Biasanya customer sudah kaget atau shock duluan saat menghadapi situasi seperti ini. Bisa jadi orang yang melakukan eksekusi jaminan fidusia tersebut bukan karyawan atau mitra resmi perusahaan pembiayaan, tetapi oknum yang tidak memiliki legalitas dalam melakukan eksekusi jaminan fidusia. Di sinilah fungsi kami sebagai perusahaan untuk melakukan literasi dan inklusi kepada masyarakat.”

Pada dasarnya kami selalu terbuka bagi seluruh customer kami untuk bisa berdiskusi terlebih dahulu ketika terjadi permasalahan kredit. Selama customer dengan itikad baik datang ke kantor Cabang FIFGROUP dan kita akan carikan solusi terbaik bagi kedua belah pihak

“Harapannya, masyarakat tidak perlu takut lagi menghadapi oknum juru tagih yang tidak dapat membuktikan validitas statusnya sebagai karyawan atau mitra perusahaan pembiayaan. Namun, bagi customer yang sudah komitmen dalam melakukan pembiayaan, sebaiknya memperhatikan waktu pembayaran angsuran jangan sampai telat, sehingga tidak akan terjadi permasalahan di lapangan,” tutup Riadi dalam acara yang dipandu oleh Redaktur Otomotif Kantor Berita ANTARA, Alviansyah.

Kegiatan DISKOTIK kali ini merupakan program kolaborasi FIFGROUP dengan FORWOT yang dihadiri oleh lebih dari 300 peserta yang terdiri dari media dan karyawan FIFGROUP melebihi target yang dicanangkan sebanyak 100 peserta. Antusiasme ini juga dapat dilihat dari masuknya sejumlah pertanyaan dari peserta untuk bisa berdiskusi mengenai topik yang dibawa.(*/Parmin)

Jakarta, Sulutnews.com -  Menyambut bulan Ramadan 1443 Hijriah, portal berita teknologi Uzone resmi menggandeng aplikasi KESAN sebagai mitra konten Islami. Dengan Ramadan Corner, Uzone akan menampilkan ragam artikel Islami edukatif guna menunjang kebutuhan religi pembaca setianya selama Ramadan.

Jenis artikel yang akan disajikan mencakup pelopor muslim di bidang teknologi, tips Ramadan, self-help Islami, seri adab Rasulullah, dan kisah telandan Islami, yang eksklusif disajikan oleh KESAN untuk Uzone.

Usai menandatangani perjanjian kemitraan dengan KESAN, Direktur Bisnis PT Metranet  Faisal Yusuf menjelaskan alasan pihaknya menggandeng KESAN.

“Kesan adalah salah satu media rujukan terpercaya untuk lebih mengerti tentang Islam, dan Uzone.id merupakan media dengan jumlah pembaca usia muda yang sangat besar. Kolaborasi keduanya bukan semata-mata kebutuhan bisnis kami, tapi juga bisa bermanfaat untuk seluruh umat muslim di Indonesia,” ujar Faisal.

Sementara itu, CEO KESAN Hamdan Hamedan mengaku senang dengan adanya kemitraan ini.

“Kami bersemangat dengan kemitraan ini guna melebarkan sayap dakwah digital dan menjangkau lebih banyak pembaca.”

Aplikasi KESAN sendiri merupakan aplikasi Islami karya anak negeri yang menunjang ragam kebutuhan ibadah umat Islam dari mulai Al-Quran Digital, Jadwal Shalat, Arah Kiblat, Konsultasi Islami, hingga Halal-Friendly Marketplace. Aplikasi KESAN telah diunduh lebih dari 500 ribu kali di Google Play, Apple Store, atau di website KESAN (kesan.id).(*/Merson)

Jakarta,Sulutnews.com - Dengan prosentase pengguna internet di Indonesia yang hampir mencapai 80% dari total populasi, “digital brand analyze” menjadi keniscayaan dalam meramu strategi komunikasi bisnis. Siapa saja Brand-brand yang mampu mendominasi popularitas digital di kategorinya sepanjang satu tahun terakhir? Ini dia 19 Brand diantaranya!

Potensi ekonomi digital Indonesia yang sangat besar sudah tidak diragukan lagi. Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun pun telah mempercepat pertumbuhan ekonomi digital, yang didorong oleh peningkatan kegiatan ekonomi di ranah digital seperti belanja online dan pengiriman barang.

Seperti diungkapkan oleh Presiden RI Joko Widodo saat meresmikan Sea Labs Indonesia, Selasa (1/3/2022), di Gedung Pacific Century Place, SCBD, Jakarta, menyampaikan bahwa potensi ekonomi digital Indonesia ini di tahun 2025 diperkirakan 146 miliar US Dollar dan kontribusi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan naik delapan kali di tahun 2030, yaitu di angka Rp4.531 triliun.

“Ini sebuah angka yang sangat besar sekali. Dan, seluruh sektor digital juga mengalami pertumbuhan dua digit di tahun 2021,” ungkap Jokowi, seperti dikutip dalam keterangan resmi yang dirilis setgab.go.id.

Adanya tren ekonomi di ranah digital juga telah menjadi fokus sejumlah kalangan, salah satunya TRAS N CO Indonesia, perusahaan consulting terpercaya, yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia. Sejak awal kehadirannya, tahun 2015 lalu, perusahaan consulting ini sejak awal kehadirannya berfokus terhadap industri digital, telah merekam beragam aktivitas brand dalam mencapai kepopuleran di ranah digital.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengatakan, semakin pesatnya perkembangan digitalisasi sekarang ini, mengharuskan brand-brand untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan juga inovatif demi merebut hati masyarakat yang saat ini akrab dengan digitalitasi dan internet. Kondisi tersebut menuntut brand untuk dapat menghadirkan strategi promosi yang tepat di ranah digital, yang bertujuan menjadi terkenal di ranah digital.

“Tentunya brand dituntut untuk semakin kreatif lagi dalam membangun brand awareness mereka. Caranya, mereka dapat memperbanyak pemberitaan mengenai brand mereka di media, kemudian mereka juga harus membangun media sosial atau membuat official website. Sehingga brand tersebut akan semakin dikenal oleh masyarakat di ranah digital,” jelas Tri Raharjo.

Karena itu, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan IMFocus DigiMarketing Consultant, dan INFOBRAND.ID, menghadirkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award, sebuah penghargaan terhadap brand-brand populer di kategori produknya di dunia digital. Dimana untuk menentukan peraih penghargaan, dilakukan penilaian Indonesia Digital Popular Brand Index yang menggunakan tiga kriteria penilaian yakni; Search Engine Based, Social Media Bases, dan Website Based.

“Penilaian Indonesia Digital Popular Brand Index 2022 ini dilakukan pada bulan Desember 2021 – Februari 2022, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand teriset,” jelas Tri Raharjo.

Sementara itu, Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID menambahkan, Indonesia Digital Popular Brand Award merupakan sebuah penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet, sehingga unggul dan populer dibanding dengan brand lain. Penghargaan ini juga merupakan suara netizen dalam mencari, membicarakan simbol popularitas dan kepercayaan dalam memilih merek atau produk di internet.

Kedepannya, lanjut Susilowati Ningsih, pengukuran popularitas brand secara digital ini akan semakin menguasai market dan akan memberi gambaran terhadap pemilik brand bahwa telah terjadi perubahan marketing komunikasi serta revolusi teknologi informasi berbasis internet menjadi keniscayaan dalam membangun brand.

Adapun hasil data Indonesia Digital Popular Brand Index 2022, 15 kategori produk paling banyak diulas di halaman internet adalah; Marketplace (180,9 juta), SIM Card Prabayar (24,7 juta), Online Transportation (23,4 juta), Smartphone (17,6 juta), Laptop (17,4 juta), Low Cost Carrier (9,7 juta), TV LED (6,6 juta), Helm (5,7 juta), AC (4,9 juta), Home Theater (4,1 juta), Mesin Cuci (3,9 juta), Lipstik (3,6 juta), Bank (3,4 juta), Foundation (3,1 juta), dan Spring Bed (2,8 juta).

Dan untuk 15 kategori produk paling banyak dicari rata-rata per bulan antara lain; Marketplace (1,1 juta), Bank (554,1 ribu), Low Cost Carrier (449 ribu), SIM Card Prabayar (383,3 ribu), Helm (339,5 ribu), Toko Donut (317,1 ribu), Laptop (309,8 ribu), Multivitamin (281,1 ribu), Online Transportation (171,6 ribu), Obat Batuk (130,9 ribu), Obat Sakit Kepala (120,7 ribu), Obat Flu (105,2 ribu), Food Container (98,7 ribu), Micellar Water (98,4 ribu), dan Toner (98,2 ribu).

Sementara untuk peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2022 Fase 1 antara lain; Nusa untuk kategori Atap Fiber Cement, Nusaboard (Calcium Silicate Board), Citicon (Bata Ringan), Indosat (Simcard Prabayar), AICE (Es Krim), Softex (Pembalut Wanita), Richeese Nabati (Wafer), Avitex (Cat Tembok), Avian (Cat Kayu dan Besi), Fitbar (Snack Bar), Marcks (Face Powder), Salicyl (Bedak Gatal), Entrasol GOLD (Susu Bubuk Dewasa Berkalsium), Campina (Es Krim), Philips (Lampu Emergency & Saklar Listrik), AQUA Japan (Lemari Es), Vinilon (Pipa Air PVC), SHARP (Lemari Es, Ac, Mesin Cuci, Audio, Home Theater, Vacuum Cleaner), Oxone (Hand Blender), Bussan Auto Finance (LEASING MOBIL).(*/Merson)

Jakarta, Sulutnews.com - Berlokasi di kantor Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (asbanda), Komite Pelaksana Undian (KPU) SIMPEDA Asbanda kembali menggelar customer loyalty program berupa program Undian Nasional Tabungan Simpeda secara daring. Hal ini merupakan wujud dari komitmen Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia dalam memberikan apresiasi kepada para nasabahnya, khususnya nasabah Tabungan Simpeda. Sebagai Regional Champion, Bank Pembangunan Daerah yang berada dari Aceh sampai dengan Papua dalam konteks adaptasi kebiasaan baru atau new normal terus melakukan transformasi dan terus mengkampanyekan protokol kesehatan dalam setiap kegiatannya.

Undian Nasional Tabungan Simpeda yang dikemas dalam tajuk Panen Rejeki Bank BPD kali ini memasuki periode ke-2 Tahun XXXII-2022 dengan menyuguhkan total hadiah sebesar Rp 3 Miliar untuk 584 nasabah Tabungan Simpeda seluruh Indonesia. Dalam 1 Nasabah Tabungan Simpeda berkesempatan memenangkan hadiah utama sebesar Rp 500 juta,  kemudian hadiah kedua masing-masing Rp 100 juta ditujukan untuk 4 pemenang.

Panen Rejeki Bank BPD yang merupakan Undian Nasional Tabungan SIMPEDA milik Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia periode ke-2 tahun 32 – 2022 yang dihelat secara hybrid pada tanggal 24 Maret 2022 menyuguhkan fenomena yang berbeda dari periode-periode sebelumnya, yakni hadiah ke-2 yang diperuntukkan bagi 4 pemenang nasabah Tabungan Simpeda dengan masing-masing sebesar Rp 100 juta doborong oleh nasabah Bank Jatim. Kemudian hadiah utama senilai Rp 500 juta dimenangkan oleh nasabah Bank SulutGo (BSG).

Selanjutnya, hadiah ketiga masing-masing Rp 50 juta untuk 26 pemenang, hadiah keempat masing-masing Rp 5 juta untuk 26 pemenang dan hadiah kelima masing-masing  Rp 2,5 juta untuk 26 pemenang , kemudian hadiah keenam masing-masing Rp 2 juta untuk 52 pemenang, hadiah ketujuh masing-masing Rp 1,5 juta untuk 104 pemenang, serta hadiah kedelapan masing-masing Rp 1 juta untuk 345 pemenang, yakni nasabah Tabungan Simpeda yang tersebar di Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia.

Untuk dapat mengikuti program Panen Rejeki Bank BPD juga cukup mudah, hanya dengan membuka Tabungan Simpeda di bank Pembangunan Daerah (BPD) yang ada di masing-masing daerah, serta terus meningkatkan saldonya akan memiliki peluang besar memenangkan hadiahnya. Karena setiap kelipatan dari Rp 50.000,- saldo Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah, nasabah mendapatkan 1 nomor undian.

Sekilas Tabungan Simpeda

Ketua Umum Asbanda yang juga Direktur Utama Bank Jateng, Bapak Supriyatno mengungkapkan, bahwa Tabungan SIMPEDA sudah berusia 32 tahun di periode kedua tahun ini, merupakan salah satu produk pemersatu Bank Pembangunan Daerah seluruh Indonesia. Tabungan Simpeda sebagai produk penghimpunan dana masyarakat, dalam perkembanganya terus mengalami peningkatan.

Lebih lanjut Ketua Umum Asbanda menyampaikan bahwa, di tengah-tengah situasi yang belum benar-benar pulih, melalui Asbanda masih bisa melaksanakan Penarikan Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesua, meskipun kita laksanakan secara hybrid disiarkan secara live streaming melalui kanal youtube asbanda media center, cangkrukan asyik, maupun kanal youtube BPD seluruh Indonesia. Lebih jauh Ketua Umum Asbanda juga menyampaikan Bank Pembangunan Daerah yang berhasil menghimpun Tabungan Simpeda terbanyak, yakni Bank Jatim.

Terkait dengan posisi Tabungan Simpeda BPD se- Indonesia, Ketua Umum Asbanda menjelaskan bahwa, Pada Penarikan Undian Simpeda Periode 2 Th ke- 32 Tahun 2022 di Jakarta kali ini, jumlah penabung sampai dengan akhir Desember 2021 berjumlah 8.192.879 penabung dengan jumlah saldo Simpeda sebesar Rp 72,28 triliun. Dari sisi penabung terjadi kenaikan sebesar 7,64% atau naik sebanyak 581.257 penabung, sedangkan saldo Simpeda meningkat 14,67% atau naik sebesar Rp9,25triliun.

“Dapat kami sampaikan di sini, bahwa BPD yang paling banyak menghimpun Tabungan Simpeda sejak lebih dari 10 tahun terakhir, yaitu Bank Jatim, sampai dengan posisi Desember 2021 telah menghimpun Simpeda sebanyak ±Rp16,01 triliun atau sebesar 22,15% dari Tabungan Simpeda Nasional.” Jelas Ketua Umum Asbanda

Harapan dari Ketua Umum Asbanda adalah, dengan adanya Undian Nasional Simpeda ini, bagi yang mendapatkan Hadiah Undian Simpeda nanti akan sedikit membantu, khususnya dalam kondisi pamdemik seperti saatini.(*/Merson)