Legislator Sulut Gelar Sosbang Kepada Masyarakat

Written by  Mar 01, 2022

Manado,Sulutnews.com -- Sebagai Wakil Rakyat yang juga bertanggungjawab menciptakan rasa aman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara ditengah masyarakat, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara sejak 15-28 Februari 2022 turun ke Masyarakat menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang). sebagaimana amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 71 Tahun 2021.

Wakil Ketua DPRD Sulut Victor Mailangkay menggelar Sosbang wawasan kebangsaan di dapilnya yakni Kota Manado tepatnya di Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Jemaat Ranotana, Karombasan – Manado, Selasa (15/2/22).dalam Sosbang tersebut, DR. Johanes Victor Mailangkay SH MH didampingi narasumber DR. Merry Elisabeth Kalalo SH MH yang juga dekan Fakultas Hukum Unsrat periode 2008-2014 dan sebagai moderator Ellen Goni Tarunajaya ST MM.

Sosbang juga dilaksanakan oleh Anggota Fabian Kaloh  yang memberikan sosialisasi kepada jajaran pemerintah Kecamatan Aertembaga Kota Bitung Rabu 23/2/2022. Saat menjabarkan Wawasan Kebangsaan " Sebagai ASN prioritaskan dulu kerja, jangan belum kerja so minta imbalan. Kalau torang kerja baik deng cepat dengan sendirinya masyarakat akan senang. Bahkan dorang memberi ndak pikir pikir lagi karena cara kerja yang baik. Saya sudah melakukan itu selama 26 tahun sebagai ASN ,” kata Mantan Birokrat senior ini.

Sementara itu, Legislator DPRD Sulut Johny Panambunan, Senin (21/02/22) siang, menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan yang dipusatkan di Desa Paslaten Kecamatan ikupang Selatan Kabupaten Minahasa Utara

Pelaksanaan Sosbang di desa Paslaten ini dihadiri oleh Pemerintah setempat, tokoh agama dan masyarakat dengan tetap menerapkan protokol Covid 19 secara ketat mengingat situasi masih pandemi.

Bertindak sebagai Narasumber,  Akademisi Unsrat Eugenius Paransi, SH.MH yang memaparkan mengenai Wawasan Kebangsaan yang berharap semangat nasionalisme semakin mantap akan jiwa dan semangat kebangsaan.

"Dengan sosbang ini diharapkan masyarakat akan memiliki jiwa dan nilai nilai kebangsaan Indonesia, terutama dalam menghadapi berbagai ancaman yang dapat memecah persatuan dan kesatuan. Terlabih tegasnya masyarakat akan memiliki pemahaman yang jelas," ungkap politisi Dapil Minut-Bitung ini.

Pelaksanaan Sosbang juga dilaksanakan oleh Anggota Komisi I Hendry Walukouw di Desa Tatelu Kecamatan Dimembe Minahasa Utara yang memsosialisasikan wawasan kebangsaan kepada tukang ojek. Ini dianggap penting karena jasa tukang ojek bersentuhan langsung dengan masyarakat sehingga pemahaman wawasan kebangsaan penting untuk kembali diingatkan.

Juga Sosbang di laksanakan oleh Kerua Komisi III DPRD Sulut Berty Kapojos yang memaparkan soal pentingnya menjaga dan melestarikan  4 pilar kebangsaan ditengah- tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Teekait wawasan kebangsaan ada 4 tujuan nasional bangsa indonesia yang tercantum dalam alinea ke empat pembukaan UUD 1945 yaitu :

1.Yang melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia

2.Memajukan kesejahteraan umum

3 Mencerdaskan kehidupan bangsa

4.Melaksanakan ketertiban dunia, kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, yang teeus disosialisasikan oleh para wakil rakyat Sulut yang duduk di Lembaga politik DPRD Sulut.( Adv*Josh Tinungki)