Menu

Mode Gelap
Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

Hukrim · 30 Oct 2023 06:37 WIB ·

Dugaan Lenyapnya Puluhan Juta Rupiah Uang Tunai di Tangan Desa Ina Oe Yohanis Liu Mengguncang Publik


 Yohanis Liu, Pj Kepala Desa Ina oe. Foto/ Fesbook Yohanis Liu. Perbesar

Yohanis Liu, Pj Kepala Desa Ina oe. Foto/ Fesbook Yohanis Liu.

Rote Ndao,Sulutnews.com – Desa Ina Oe Yohanis Liu yang baru-baru ini menjadi sorotan atas teguran tegas dari Camat Rote Selatan terkait ketidaktertiban administrasi, kini menghadapi kontroversi baru yang mengguncang masyarakat. Uang tunai senilai puluhan juta rupiah diduga menghilang tanpa jejak dari kas desa.

Dugaan lenyapnya uang tersebut muncul setelah Camat Rote Selatan, Polce Maleakhi Manafe. S. Pd, melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) tahun anggaran 2023 di Desa Ina oe. Hasil monitoring yang dilakukan oleh tim kecamatan sebelumnya telah mengungkap sejumlah masalah administrasi di desa tersebut.

Sejumlah temuan kritis yang menjadi dasar peneguran kepada Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) Ina Oe, Yohanis Liu.

Yohanis Liu mencakup kurangnya transparansi dalam penggunaan dana desa, ketidak setoran pajak galian C senilai Rp. 2.183.277, dan ketidak jelasan dalam alokasi dana operasional.

Namun, masalah baru muncul ketika uang tunai senilai Rp. 40.267.233 yang seharusnya ada dalam kas desa tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Dugaan lenyapnya uang ini menjadi perhatian serius dan mengundang kecurigaan di masyarakat Desa Ina Oe.

Camat Rote Selatan telah memberikan sejumlah rekomendasi pembenahan kepada Pj Kepala Desa Ina Oe Yohanis Liu untuk memastikan pengelolaan anggaran desa yang lebih efisien dan transparan.

Namun, sekarang perlu ada tindakan lebih lanjut untuk mengungkap dugaan lenyapnya uang tunai tersebut dan memastikan akuntabilitas dana desa, (DD).

Situasi ini menunjukkan bahwa perlunya peningkatan pengawasan dan transparansi dalam pengelolaan dana desa, serta bahwa langkah-langkah perbaikan mendesak diperlukan untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan desa.

Reporter: Dance Henukh

Artikel ini telah dibaca 2,631 kali

Baca Lainnya

Upaya Menjembatani Pemahaman Antara Penegak Hukum Dengan Masyarakat, Polres Palopo Gelar Dialog Bersama Mahasiswa FIH UMB

11 July 2024 - 07:43 WIB

Hina Profesi Wartawan, Oknum Anggota DPRD Bengkulu Selatan Resmi Dilaporkan Ke Polda Bengkulu

10 July 2024 - 23:00 WIB

BPKP NTT Berkomitmen Ungkap Kasus Tipikor di Rote Ndao

4 July 2024 - 10:27 WIB

PWI Bentuk Satgas Anti Kekerasan Wartawan dan Galang Donasi, Ungkap Kasus Karo dan Labuanbatu

3 July 2024 - 20:51 WIB

9 Tahun Berbakti Dan Melayani Masyarakat NTT Jane Natalia Suryanto NTT Adalah Tempat untuk Dirinya Melayani

2 July 2024 - 16:37 WIB

Bungkam BPKP Provinsi NTT Untuk Kerugian Negara Kasus COVID-19 di Rote Ndao

28 June 2024 - 19:08 WIB

Trending di NTT