Menu

Mode Gelap
Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon

Manado · 4 Jun 2024 22:35 WIB ·

Dirjen PSDKP Pung Nugroho Saksono : Teman-Teman Wartawan Wajib Gas Awasi Kejahatan Ilegal Fishing


 Foto : Dari kiri ke kanan : Dirjen PSDKP Pung Nugroho Saksono, Menteri Sakti Wahyu Trenggono dan Sekprof Sulut Steve Kepel saat menghadiri Press Converence dalam rangka Kegiatan Rakernis Pengawas Perikanan di Meeting Room CC Novotel Manado, Selasa (4/6) Perbesar

Foto : Dari kiri ke kanan : Dirjen PSDKP Pung Nugroho Saksono, Menteri Sakti Wahyu Trenggono dan Sekprof Sulut Steve Kepel saat menghadiri Press Converence dalam rangka Kegiatan Rakernis Pengawas Perikanan di Meeting Room CC Novotel Manado, Selasa (4/6)

Manado,Sulutnews.com – Plh Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan Dan Perikanan (PSDKP) Kementrian Perikanan Dan Kelautan RI Pung Nugroho Saksono mengatakan bahwa pihaknya harus bisa melakukan pemberantasan kegiatan Ilegal Fishing di perairan Indonesia karena itu menjadi salah satu bagian dari tugasnya.

Pung Nugroho Saksono yang akrab disapa Ipung mendampingi Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono usai membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pengawas Kementrian Perikanan Dan Kelautan, Selasa (4/6) di Ruang Meeting Convention Center Novotel Manado, untuk selanjutnya menghadiri Press Converence.

Ia mengatakan bahwa pihaknya berharap wartawan ikut mengawasi pelaksanaan kegiatan operasi pengawasan kejahatan di laut dan perikanan.

“Saya harap teman-teman wartawan wajib gas untuk ikut dalam pengawasan operasi kejahatan Ilegal Fishing di Perairan Indonesia yang semakin canggih,” kata Ipung.

Dia mengatakan pula pihaknya telah menangani beberapa kasus ilegal Fishing diantaranya dengan kapal 870 Gross tone (GT) membekuk pelaku ilegal fishing yang dilakukan oleh kapal Kapal Motor MUS dan Kapal Motor RZ 03 berbendera Rusia di WPP 718 yang merupakan bagian dari zona III  Penangkapan Ikan Terukur.

Juga telah menghentikan aktifitas kapal keruk di Pelabuhan Kawasan Industri Lamongan Integrated Sharebase, berikutnya menggagalkan penyelundupan benih lobster di Palembang, Jambi dan Jakarta, serta menangani sejumlah nelayan di Kupang yang melakukan pelanggaran lintas batas ke negara Australia.

Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan Dan Perikanan (PSDKP) Kementrian Perikanan Dan Kelautan RI yang dipimpin Pung Nugroho Saksono merupakan direktorat penyelenggara Rakernis Pengawas Kementrian PK.

Rakernis ini memang sengaja digelar bersamaan dengan moment Peringatan “Hari Internasional Perlawanan Terhadap IUU Fishing” atau International Day for the Fight Against (UU Fishing, yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2024.

Mengandung arti bagi peserta Rakernis untuk dapat segera menumbuhkan semangat dan kapasitas dalam memerangi kejahatan di laut. Peserta Rakernis adalah pegawai di jajaran Kementrian PK, Pejabat Eselon II dan II di Dinas Perikanan Dan Kelautan se Indonesia, dan para Kepala UPTD Dinas Perikanan Dan Kelautan se Indonesia. (Tonny Lukas)

Artikel ini telah dibaca 1,385 kali

Baca Lainnya

Lomba Hapsa P/KB GMIM Selesai, Selasa Penyerahan Hadiah Pemenang

16 June 2024 - 22:40 WIB

Cabor Hapkido Diharapkan Jadi Penyumbang Medali Pertama Sulut di PON XXI/2024

16 June 2024 - 22:17 WIB

PON XXI/2024 Sesuai Jadwal, Steven Kandouw Minta Cabor Lebih Fokus

15 June 2024 - 18:46 WIB

Percepat Inklusi Keuangan Sulut Kanwil DJPB Bersinergi Dengan OJK Sulutgomalut

14 June 2024 - 23:52 WIB

Buka Lapangan Kerja Masyarakat Asli Karang Ria Manado Utara Dukung Reklamasi

14 June 2024 - 22:48 WIB

Menyambut HUT Ke-66 Kodam XIII/Merdeka, Pangdam Bersama PJU Kodam Main Bola Bareng Awak Media

14 June 2024 - 21:16 WIB

Trending di Manado