Menu

Mode Gelap
Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon Tamuntuan Bawa Bantuan Bencana Ke Kampung Laine HCB Tunaikan Janjinya, 28 Desember 2023, Kick-off UKW PWI Bantuan BUMN Dimulai di Aceh, NTT dan Sulut

Manado · 13 Feb 2023 23:09 WIB ·

Apresiasi Tujuh Tahun Kepemimpinan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw, Rocky Wowowr : Semua Untuk Masyarakat Sulut Hebat


 Apresiasi Tujuh Tahun Kepemimpinan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw, Rocky Wowowr : Semua Untuk Masyarakat Sulut Hebat Perbesar

MANADO, Sulutnews.com – Ketua Fraksi PDIP DPRD Sulut Rocky Wowor mengatakan Tujuh tahun memimpin Sulawesi Utara, pasangan Gunernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw berhasil menjadikan Provinsi Sulut semakin Maju dan Hebat. Itu terbukti dimana pembangunan infrastruktur tumbuh pesat, bahkan tren perekonomian daerah bergerak naik meskipun ditengah ancaman krisis global dan ini semua berkat kerja keras ODSK. Menurut Wowor sinergitas yang dibangun membujtikan kerja hebat yang diperlihatkan ODSK mendorong pertumbuhan pembangunan daerah di berbagai bidang.

” Tidak ada Gubernur dan Wakil Gubernur yang tetap saling mengisi membangun sinergitas dalam menuntaskan kerja Hebat mengukir prestasi, hingga mendapat apresiasi dari banyak pihak baik Pemerintah Pusat sehingga sederet penghargaan seperti Harmony Award Tahun 2021 dari Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB). Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (PPT) dengan kategori sangat baik.penghargaan BKN Award 2022, penghargaan Primaniyarta 2022 dari Presiden Joko Widodo, Penganugerahan Paritrana Award Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kategori Pemerintah Provinsi, dengan predikat the best. Penghargaan Bl Award 2022 dari Bank lndonesia. Penghargaan Pemerintah Daerah dengan Kinerja Terbaik dalam Melaksanakan Pembangunan melalui Program Regional Project Closing Workshop Infrastruktur Development Fund (RIDF).adalah bukti sukses ODSK,” ungkap Wowor.

Juga prestasi dari buah kerja keras Tujuh Tahun memimpin Sulut pasangan ODSK mendapatkan penghargaan Anugerah Meritokrasi 2022 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan predikat baik. Penghargaan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Pengarah Satgas Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), mendapatkan posisi terbaik II dalam kategori provinsi wilayah Kawasan Indonesia Timur yang dinilai optimal melakukan akselerasi digitalisasi. Kesepuluh, Penghargaan Ombudsman Rl sebagai peringkat Pertama Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dengan nilai 98,15 pada opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik.” Kepemimpinan ODSK selalu berjuang menjadikan Sulut mampu menunjukan keberhasilan hingga tingkat nasional,” ungkap Wowor.

Tak hanya soal penghargaan, ODSK juga mampu memperlihatkan kualitasnya sebagai Pemimpin disaat dunia dihantam pandemi Covid-19. Keduanya tak miskin inovasi hingga membuat Sulut tetap bertahan, bahkan menjadi daerah dengan pertumbuhan ekonomi terbaik.”Dengan mengusung tekad Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, perekonomian Sulut pada triwulan Il 2022 tumbuh positif siangka 5,93 persen, capaian Ini lebih tinggi dibandingkan capaian triwulan sebelumnya yang tercatat diangka 3,89 persen, sehingga capaian tersebut, menjadikan perekonomian Sulut lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang tumbuh 5,44 persen.” Upaya melakukan lobi menjalin kerja sama dengan pihak Luar Negeri adalah bukti nyata kehebatan ODSK menjaga stabilitas ekonomi Sulut dimasa Sulut,” kata Wowor.

Begitu juga tingkat pengangguran di Tanah Bumi Nyiur Melambai turun drastis. ODSK Tunjukkan bahwa lewat kerja bersama bisa menghadapi berbagai tantangan kondisi ketenagakerjaan Sulut. Pada periode laporan terus menunjukkan perbaikan di tengah peningkatan jumlah angkatan kerja,hal ini tercermin dari turunnya Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari 7,28 persen pada Februari 2021, menjadi 6,51 persen pada Februari 2022. Penurunan angka TPT ini, tidak terlepas dari proses pemulihan perekonomian ulut sepanjang triwulan IV- 2021 dan triwulan II/2022, yang telah mendorong meningkatnya kemampuan dunia usaha dalam melakukan penyerapan tenaga kerja.

Angka kemiskinan Sulut turun 11,2 ribu jiwa. Kondisi kesejahteraan di Sulut tercatat juga mengalami perbaikan, tercermin dari data terakhir tingkat kemiskinan yang menurun. Jumlah penduduk miskin di Provinsi Sulut pada Maret 2022 menurun sebesar 11,2 ribu jiwa dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Tak hanya itu, Tahun ini OD-SK buka penerbangan langsung Manado-Korea dan Manado-Jepang.

Juga Sektor Pariwisata yang di awal-awal kepemimpinan ODSK menjadi primadona sebelum akhirnya lesu saat diterpa pandemi Covid 19 kembali menunjukan asa-nya. Kebijakan di atas dinilai mampu untuk membangkitkan gairah pariwisata.“Kerjasama dan kekompakan ini akan terus terbangun. Karena memang dari awal saya dan Pak Wagub Steven Kandouw sudah berkomitmen untuk satu tekad dalam memajukan daerah. Semua elemen juga bersatu padu dengan kita untuk memajukan daerah,” kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey..(josh tinungki)

 

Artikel ini telah dibaca 1,269 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Realisasi Investasi di Sulut Tahun 2023 Mencapai Rp 10,17 Triliun Naik 64 Persen Dibandingkan Tahun 2022

21 February 2024 - 21:45 WIB

Presiden Joko Widodo Kunker Ke Sulut Pada 24 Pebruari 2024

21 February 2024 - 12:21 WIB

Bermasalah!! 4 TPS di Sulut Kembali Lakukan PSU

21 February 2024 - 08:20 WIB

Dianggap Bertanggungjawab Atas Dugaan Kecurangan Pemilu,Koalisi Masyarakat Sulut Pro Demokrasi,Tuntut Presiden Jokowi Turun Tahkta,

19 February 2024 - 12:09 WIB

Zulkifly Densi : Pelanggar Hasil Pemilihan Umum Diancam Pidana

18 February 2024 - 10:22 WIB

Prabowo Menang di TPS Andrei Angouw

14 February 2024 - 16:25 WIB

Trending di Manado