Menu

Mode Gelap
Walikota Tomohon Caroll Senduk Didampingi Sekot Edwin Roring Hadiri Dialog Publik “Masyarakat Bertanya Walikota Menjawab” Pelestarian Laut Dukung Peningkatan Pariwisata, Suzuki Indonesia Adakan Bersih-Bersih Pantai Bunaken Dengan Ratusan Pelajar Wagub Steven Kandouw Lantik Wounde Sebagai Penjabat Bupati Sangihe Breaking News Tamuntuan Pergi, Wounde Datang Kecamatan Tatoareng Kepulauan Sangihe Terancam Jatuh Miskin

Sulut · 6 Sep 2023 22:52 WIB ·

22 Sengketa Pemilu di Bawaslu Sulawesi Utara


 22 Sengketa Pemilu di Bawaslu Sulawesi Utara Perbesar

MANADO, Sulutnews.com – Potensi kerawanan Pemilu di Sulawesi Utara saat ini mulai muncul dengan beragam kegiatan dan ini diakibatkan oleh adanya pelanggaran terhadap ketentuan kepemiluan. Terkait hal ini, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulawesi Utara Donny Rumagit, STP, SH mengatakan, tahapan pelaksanaan Pemilu saat ini di penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPD, DPRD Provinsi Sulawesi Utara, DPRD Kabupaten Kota, dan Bawaslu telah menerima laporan pelanggaran sebanyak 22 laporan dan dari keseluruhan laporan sengketa 18 berakhir lewat mediasi sedangkan 4 laporan sengketa lanjut pada tahapan adjudikasi.

“Bawaslu telah bertindak sesuai kewenangan dengan melakukan penyelesaian sengketa, dan berharap kedepan tidak ada lagi laporan, karena semua pihak tidak melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan,” kata Rumagit.

Terkait penyelesaian sengketa Bawaslu Sulut menerima 8 permohonan sengketa. 7 berhasil di mediasi dan 1 sengketa lanjut adjudikasi. Bawaslu Kota Manado menerima 2 laporan sengketa1 berhasil di Mediasi dan 1 lanjut adjudikasi, sementarai Bawaslu Kota Bitung dari 2 laporan.sengketa yang masuk semuanya berakhir mediasi. Sementara itu Bawaslu Bolmong, Bolsel dan Minahasa masing- masing menerima 1 laporan sengketa dan selesai ditingkat mediasi. Juga Bawaslu Minsel dan Minut masing- masing menerima 2 laporan sengketa dan selesai di tingkat mediasi. Sedangkan Bawaslu Sangihe menerima 2 laporan sengketa, dan dari 2 laporan tersebut 1 laporan selesai ditingkat mediasi serta 1 laporan lanjut adjudikasi.(josh tinungki)

Artikel ini telah dibaca 1,126 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bahas Tahapan Pencalonan Kepala Daerah, KPU Sulut Gelar Rakor

15 July 2024 - 11:39 WIB

Bawaslu Sulut Evaluasi Pelaksanaan Coklit Pilkada Serentak 2024

15 July 2024 - 11:18 WIB

Zulkifly Densi Hadiri Rakernis Pelayanan Informasih dan Data Bawaslu RI

15 July 2024 - 11:07 WIB

Jadi Pembicara di Rakor Persiapan Pelaksanaan Pemilukada 2024, Ini Yang Disampaikan Erwin Sumampow

15 July 2024 - 11:00 WIB

Tampilkan Group Terbaik se Sulut, Lomba Masamper Piala Bergilir Ketua DPRD Sulut Hentak Jagat Sulut

13 July 2024 - 14:50 WIB

Goes To Campus KPU Sulut,di Fakuktas Syariah IAIN Manado

13 July 2024 - 13:28 WIB

Trending di Sulut