Kodim Sintang

Kodim Sintang (821)

SINTANG,Sulutnews.com - Hari semakin siang sudah saatnya Perpustakaan Apung pergi untuk menyambangi anak anak desa lain yang sudah menunggunya. Namun melihat Putra (7 th) asik membaca, Kopda Riyan, salah satu anggota Satgas TMMD yang mendampinginya tak tega menyampaikan maksud kepadanya untuk berpamitan.

Dengan pelan dan sabar Kopda Riyan menemaninya membaca. Disampaikan maksudnya untuk berpamitan diiyakan olehnya karena ada anak anak lain yang menunggu perpustakaan apung untuk bisa membaca sepertinya.

"Nanti kembali lagi ya om..," celetuk bocah yang masih duduk di kelas 1 SDN 41 Kebangak tersebut.

Sebelum berpamitan dengan anak anak dusun Kedangak, Kopda Riyan memberikan kenang kenangan berupa lagu nyanyian agar anak anak selalu ingat kedatangan Satgas TMMD ke dusunnya. Lagu yang dinyanyikannya seolah menyampaikan maksud untuk berpamitan. Tampak raut kesedihan menyelimuti wajah mereka ketika perpustakaan apung kembali berlayar. (1205/Sintang)

SINTANG,Sulutnews.com - Pimpin mengoperasionalkan Perpustakaan Apung Batas Negeri Kodim 1205/Sintang, Kopda Riyan W. menyampaikan maksud dan tujuan datangnya perpustakaan apung di Desa Kebangak Kecamatan Ketungau Tengah Kabupaten Sintang. Hal tersebut dilakukannya di hadapan para Perangkat desa dan para Guru SDN Kebangak, Senin (26/10/2020).

Dijelaskannya maksud dan tujuan hadirnya Perpustakaan Apung yang diinisiasi oleh Kodim 1205/Sintang tersebut tidak lain untuk menumbuhkan minat baca atau literasi pada Anak-anak usia dini agar mereka gemar membaca sehingga akan tumbuh menjadi generasi muda yang cerdas, berkarakter dan berwawasan kebangsaan.

" Ini tujuan kita datang ke desa ini untuk mengajak anak anak usia dini agar mereka semakin mencintai membaca karena dengan gemar membaca akan membuka jendela dunia, anak anak akan lebih banyak tahu dengan membaca aneka buku yang kita siapkan di dalam perpustakaan Apung Batas Negeri Kodim 1205/Sintang ini,": Jelas Kopda Riyan.

Apa yang dijelaskannya mendapat apresiasi dari semua pihak, tidak hanya Perangkat desa setempat, para Guru namun juga para wali murid yang datang mendampingi putra putrinya untuk menyambut Perpustakaan Apung Kodim 1205/Sintang. Menurut mereka, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi kelangsungan belajar anak anaknya di tengah Pandemi Covid-19 di mana sampai detik ini proses melalui tatap muka belum diperbolehkan.

" Kami mewakili Wali Murid tentunya sangat berterima kasih kepada TNI karena kegiatan ini sangat membantu para orang tua untuk mendampingi anak anaknya belajar karena di tengah pandemi Covid seperti sekarang ini, proses pendidikan secara tatap muka belum diperbolehkan oleh pemerintah. Perpustakaan ini menjadi pemicu anak anak untuk gemar membaca," tutur dari salah satu Wali Murid. (26/10/2020).(/Sugeng)

SINTANG,Sulutnews.com - Dalam pelaksanaan kegiatan membaca di Perpustakaan Apung Batas Negeri, Protokol Kesehatan dilakukan. Berbagai sarana sebagai salah satu mengantisipasi penularan Covid-19 disediakan diantaranya Tempat Mencuci tangan di sertai alat cuci seperti Galon yang berisi air bersih dan sabun serta Hands Sanitizer dan juga menyiapkan Thermo Gun serta masker.

Sebelum memasuki Perpustakaan Apung Batas Negeri Kodim 1205/Sintang, Prada Yugo, salah satu anggota Satgas TMMD 109/Sintang membagikan masker kepada Murid SDN Kebangak Desa Kebangak Kecamatan Ketungau Tengah. Sudah menjadi kebiasaan, para siswa yang sedari pagi datang, mengantri untuk mendapatkan dan memakai masker secara gratis.

"Ditengah Pandemi Covid-19, kita tidak boleh melupakan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, hal ini penting agar para siswa juga bisa lebih fokus dalam membaca buku yang kita sediakan ini. Saya juga melihat banyak diantara orang tua dan anakn anak sudah memakai maskernya sehingga saya menilai kesadaran mereka akan protokol kesehatan sudah ada,: tutur Prada Yugo.

Dalam kesempatan tersebut, Prada Yugo juga mengingatkan kepada semua yang hadir terutama anak anak untuk senantiasa menjaga kesehatannya agar terbebas dari virus corona dan tumbuh menjadi generasi bangsa yang dapat diandalkan. (1205/Sintang)

SINTANG,Sulutnews.com - Suhardi, Kepala Sekolah SDN 41 Dusun Kebangak merasa terbantu dengan hadirnya Perpustakaan Apung Batas Negeri Kodim 1205/Sintang karena para murid didiknya kini bisa kembali belajar. Walaupun proses belajar tidak secara tatap muka namun dengan bermacam aneka jenis buku yang disediakan, diharapkan kembali menumbuhkan minat baca anak didiknya yang sedikit terkendala akibat Pandemi Coviid-19.

Hal tersebut dikatakannya kepada Kopda Riyan, anggota Satgas TMMD 109/Sintang saat keduanya mengawasi murid didiknya membaca di dalam Perpustakaan Apung Kodim 1205/Sintang, Senin (26/10/2020).

Bagi Suhardi, belum diperbolehkannya proses belajar mengajar secara tatap muka oleh pemerintah yang diakibatkan karena pandemi Covid-19, membuatnya sedikit lega dengan hadirnya Perpustakaan Apung yang diinisiatif oleh Kodim 1205/Sintang. Walaupun dia beserta para gurunya telah melakukan tugasnya sesuai aturan dari pemerintah, namun tetap saja dia menginginkan proses belajar mengajak bisa kembali seperti sedia kala.

"Karena corona, kita belum boleh melakukan proses belajar mengajar dengan tatap muka namun kita juga berupaya keras agar para murid tetap bisa belajar di rumah.Kita sangat terbantu sekali dengan hadirnya perpustakaan keliling ini. Kita semua berharap Pandemi Covid-19 cepat berakhir sehingga proses belejar mengajar bisa kembali seperti sedia kala," tuturnya. (1205/Sintang)

SINTANG.Sulutnews.com - Tak cukup muat untuk menampung semua Murid SDN 41 Kebangak di dalam Perpustakaan Apung Kodim 1205/Sintang, sebagian siswa duduk dipinggir sungai untuk antri bisa masuk dan membaca buku di dalam perpustakaan apung. Tak kunjung selesai, Serda Suparsono akhirnya membagikan buku yang diambil di dalam perpustakaan dan selanjutnya dibagi kepada sebagian murid yang antri di luar, Senin (26/10/2020).

Meski sempat kewalahan mengikuti permintaan murid SDN 41 Kebangak yang sedang antri, namun tidak menjadi soal baginya. Satu persatu permintaan buku oleh anak anak SD tersebut dikabulkannya. Dia tak menyangka antusias anak SDN 41 Kebangak tersebut sungguh luar biasa. Mereka pada tak sabar untuk segera membaca buku yang mereka minta.

Tidak semua buku yang mereka minta ada, namun setelah kita bagikan, trernyata mereka juga senang membacanya. Tidak cuma buku pelajaran yang kita sediakan namun banyak buku cerita dan tentang lainnya yang kita sediakan sehingga anak anak senang membacanya," tutur Serda Suparsono.

Dini, salah satu murid SDN 41 Kebangak mengungkapkan perasaannya setelah membaca buku di dalam perpustakaan Apung Batas Negeri yang digagas Kodim 1205/Sintang. Kita semua merasa senang karena di dalam perpustakaan ini disediakan banyak buku cerita yang seru seru. Kita semua menikmati bisa membaca buku ini pak, semoga besok bisa ke sini lagi," ucapnya. (1205/Sintang)

SINTANG,Sulutnews.com - Melihat murid murid SDN 41 Kebangak yang fokus membaca, Sinta (28 th) mengajari anaknya yang bernama Putri (5 th) membaca dan menjelaskan beberapa gambar yang ada didalam buku bacaannya. Buku bacaan yang didapatkannya dari Perpustakaan Apung Kodim 1205/Sintang sangat cocok untuk dibaca dan diajarkannya kepada anaknya.

Menurut Sinta, buku buku bacaan yang disediakan Perpustakaan Apung Kodim 1205/Sintang, beraneka ragam dan banyak diantaranya yang belum pernah dibaca oleh anak anak sehingga anak anak yang datang penasaran dan keinginannya untuk lebih tahu isi bukunya begitu besar.

"Banyak ragamnya buku yang disediakan di dalam Perpustakaan Apung ini dan rata rata sangat disukai oleh anak anak. Selain berfariasi, didalam buku juga disertakan gambar dan penjelasannya jadi anak anak lebih mudah memahami buku yang dibacanya," tutur Sinta.

Semenjak pandemi covid-19, anak anak sudah lama tidak bisa mengikuti pelajaran secara langsung dari para gurunya sehingga kedatangan perpustakaan apung ini menjadi pengobat rindu mereka akan bangku sekolah. Kami berharap perpustakaan ini selalu datang di desa kami sehingga anak asnak kami lebih giat lagi belajarnya," pungkasnya. (1205/Sintang)

SINTANG,Sulutnews.com - Tidak hanya anak anak seusia SD saja yang antusias membaca buku buku yang tersedia di Perpustakaan Apung Batas Negeri Kodim 1205/Sintang namun anak-anak Paud dan seusianya juga beramai ramai mendatangi dan memilih buku kesukaannya di perpustakaan saat singgah di Dusun Kebangak.

Melihat hal tersebut, Anggota Satgas Serda Habel membimbing sekaligus mengajari anak anak untuk belajar membaca dan menerangkan gambar yang tertera didalam buku bacaannya. Dengan penuh kesabaran,hal tersebut dilakukannya didalam perpustakaan apung yang kini bersandar di tepi sungai Dusun Kebangak, Senin (26/10/2020).

Walaupun belum begitu pandai membaca, namun begitu mendapat penjelasan dari anggota TNI, anak anak tersebut nampak mulai mengerti. Pelan dan penuh kesabaran yang ditunjukan oleh anggota TNI membuat anak anak betah dan tidak mau beranjak dari tempat duduknya.

Melihat hal ini, kami semua merasa senang karena perpustakaan apung yang kita inisiasi ini diterima dan disambut antusias oleh warga Desa Tirta Karya, warga Desa Wira Yuda dan sekitarnya. Melihat keceriaan yang ditunjukan mereka, tidak tega rasanya kami beranjak dari tempat ini,"  tutur Serda Habel.

Menurut salah satu anggota Satgas yang masih tetap berada di wilayah sasaran TMMD tersebut, tugasnya untuk mengajak anak anak gemar membaca akan terus dilakukannya dengan menyambangi anak anak daerah perbatasan. Harapan demi harapkan terus ditumbuhkan agar semua keinginan dan cita cita mereka menjadi kenyataan. Dengan gemar membaca, akan membuka jendela dunia dan hal tersebut akan terwujud apabila membaca menjadi kegemaran mereka hingga tumbuh dewasa nantinya. (1205/Sintang)

SINTANG,Sulutnews.com - Sebelum berpamitan dengan anak-anak dusun kedangak Kopda Riyan memberi Nyanyian, Minggu (25/10/2020).

Kopda Riyan memberi Nyanyian agar anak-anak mengenang kedatangan satgas TMMD 109 / Sintang ke dusunnya.

Diajak menyanyi bersama-sama murid- murid SDN 42 Kedangak merespon dengan baik, suasana akrab pun tercipta disana.

"Tujuan saya memberikan nyanyian, agar anak-anak selalu teringat kepada kami, satgas TMMD 109 / Sintang," ujar Kopda Riyan. (1205/Sintang)

SINTANG,Sulutnews.com - Ibu Mila kepala sekolah TK Tunas Harapan selaku tutor Perpustakan Apung memberi kuis kepada murid-murid  SDN 41 Kebangak untuk mencairkan suasana, Minggu (25/10/2020).

Dan siapa yang berhasil menjawab kuis yang diberikan ibu Mila tersebuy akan di beri hadiah oleh anggota satgas TMMD 109/ Sintang.

Kuis tersebut membuat suasana menjadi cair, murid-murid SDN 41 Kebangak berebut untuk menjawab kuis.

"Saya senang tujuan datang ke SDN 41 Kebangak untuk memperkenalkan Perpustakaan Apung bisa mendapat respos bagus. Semoga kedepan juga masih mendapat respon yang bagus lagi," terang ibu Mila. (1205 / Sintang)

SINTANG,Sulutnews.com - Serda Suparsono membagikan buku Perpustakaan Apung kepada adik-adik, terlihat adik-adik semangat menerima buku tersebut, Minggu (25/10/2020).

Setelah mereka menerima buku tersebut dengan sabar mereka membacanya.

Adik-adik SDN 41 Kebangak gemar membaca karena mereka semua serius dalam membaca buku koleksi Perpustakaan Apung.

"Saya hanya berpesan kepada adik-adik untuk menjaga sangat semangat membaca," ujar Serda Suparsono. (1205/ Sintang)