Sulutnews.com

Sulutnews.com (693)

Pengkadan,Sulutnews.com - Tentara Nasional Indonesia dalam Program TMMD 110 Putussibau, dalam Bhakti TNI dalam mewujudkan  TNI Manunggal Membangun Desa ke 110 Kodim 1206/ Putussibau.

TMMD 110 Putussibau bukan hanya menitik beratkan sasaran fisik ,akan tetapi  juga sangat memperhatikan sasaran non fisik di antaranya adalah membangun generasi muda dalam Digital Corner yang memanfaatkan dan mendesain sumber daya alam yang ada ,Senin 5/42021.

Sasaran non fisik satgas TMMD 110 Putusaibau telah membentuk, membina,mengarahkan,mengajak kaula muda mudi  karang taruna Hulu pengkadan dalam pembuatan wisata urban digital corner si bukit manggis.

Kepala Desa Hulu pengkadan Maaran mengatakan telah di bangunnya bukit mangis menjadi salah satu tempat wisata urban digital corner oleh satgas TMMD 110 Putussibau bersama sama karang taruna.sampai dengan saat ini masih si kerjakan oleh para muda musi secara gotong royong sesuai desain dari satgas TMMD 110 Putussibau,Ungkapnya.

Sama sekali apa yang sisampaikan oleh  kepala pemerintahan Kecamatan  Pengkadan Tabri,S.E,M.A.P bahwa satgas TMMD 110 Putusibau ,telah mengajak pemuda pemudi ikut serta dalam memajukan Desanya dengan fasilitas Internes melaui medsos,dengan membuat temoat pariwisata dimana tempar tersebut memiliki jaringan sinyal internet sangat bagus yaitu bukit manggia yang berada di Dusun Suka Ramai,Imbuhnya.

"Camat Pengkadan juga menambahkan  sangat bangga dan mengucapkan ribuan terimaksih tak terkira ,dorongan ,motivasi ,pengajaran bagi muda mudi  karang taruna hulu pengkadan.terus maju karang taruna wujudkan impian dan jadikan kebanggaan bagi Kecamatan pengkadan.  ",Pungkas  Tabri,S.E,M.A.P Camat Pengkadan(Ddk/1206).

Pengkadan,Sulutnews.com – Komandan Satuan Tugas dalam Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Regtas ke 110 Kodim 1206/Psb Letkol.Inf.Jemi Oktis Oil ,S.I.P ,Akan tetapi gagasan ,ide ,inovasi dalam pembuatan wisata urban digital corner masih berlanjut dan saat ini sudah  80% pengerjaan.

Selaku pelindung Dansatgas TMMD dalam karang taruna wisata urban sigital corner ,terus mendukung dan mendorong karang taruna untuk tetap maju ,mandiri,berkreasi secara maksimal,Senin (05/4/2021)

Pembuatan wisata urban digital corner di Bukit manggis menjadi kenang kenangan dan peninggalan dari Satgas TMMD ,yang bertujuan untuk menyedikan fasilitas belajar bagi anak sekolah yang saat sekarang belajar secara online,dan mendorong bagi para pemuda mudi karang yaruna memajukan desanya melalui akun medsos internet.

Komandan Satuan Tugas TNI Membangun Desa Ke 110 Kodim 1206/Putussibau Letkol.Inf.Jemi Oktis Oil ,S.I.P selaku pelindung karang taruna Desa Hulu Pengkadan,mengatakan  terus mendorong dalam proses dan pembuatan wisata urban sigital corner.mengingat manfaat besar bagi pendidikan anak aekolah menggunakan jaringan internet atau online.Juga dapat memajukan desa dari manfaat bukit manggis yang memili jaringan internet dengan baik ,Ungkapnya.

"Dansatgas juga selalu memberikan Semangat dan motivasi bagi karang taruna ,untu terus berkarya ,inovatip dalam memajukan wisata urban digital corner. yang dapat menggangkat nama Desa Hulu Pengkadan dan menjadi ladang bagi pendapatan masyarakat,dengan demikian manfaat dalam mengatasi  permasalahan anak pelajar sekolah dapat teratasi dan karang taruna dapat mengolahnya dengan baik kedepannya" Pungkas Letkol Jemi Oktis Oil ,S.I.P Dansatgas TMMD 110.(Ddk/1206).

Pengkadan,Sulutnews.com – Satgas TMMD Regtas ke 110 Kodim 1206/PSB, di Dusun Tintin Kemantan, Desa Hulu Pengkadan, Kecamatan Pengkadan, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Sabtu, (05/04/2021)

Kepergian Satgas TMMD bagi Warga Desa Hulu Pengkadan begitu terasa . Setelah selesai menunaikan tugas TMMD anggota satgas Meninggalkan Mereka , Raut wajah begitu Kehilangan para anggota Satgas sangat Tampak jelas di Wajah warga desa Hulu Pengkadan. Setiap menceritakan Suasana kebersamaan bersama Satgas , Tanpa Terasa Mereka Berlinang Air Mata. Rasa Persaudaraan satgas dan warga begitu kental . Satgas Sudah di anggapnya Seperti Keluarga sendiri .

Sekarang Anggota Satgas sudah Pergi meninggalkan Desa Hulu Pengkadan . mereka kelihatan sedih , keberadaan satgas dalam waktu sebulan sangat begitu dekat dengan warga desa Hulu Pengkadan. sehingga di saat bepergian mereka selesai menunaikan tugas TMMD

begitu terasa kehilangan , seakan-akan warga ingin menahan para anggota Satgas tetap bersama mereka , apa daya anggota Satgas bukan Bagian keluarga mereka . tapi anggota Satgas sangat berarti bagi mereka warga Desa Hulu Pengkadan.

Kebersamaan Satgas dan Warga menjadi kenangan indah di Desa Hulu Pengkadan. Kepulangan Anggota Satgas ke kesatuan Membuat Suasana Kehilangan yang mendalam . mereka berada di Teras Rumah seolah-olah menunggu kembalinya satgas di tengah-tengah mereka , pengen rasanya suasana bersama Satgas terulang kembali. (Yhs/1206)

Hulu Gurung,Sulutnews.com - Di penghujung pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)  Regtas ke-110 Kodim 1206/Psb, kemanunggalan antara TNI Satgas dengan warga desa sasaran, semakin nyata. Senin (05/04/2021)

Kepala Desa Beringin, Abdulrahman, menyatakan, cukup senang melihat warganya begitu menyatu dengan para TNI anggota Satgas TMMD, hingga di penghujung pelaksanaan TMMD di desanya.

‘’Sebagai yang dituakan, saya benar-benar ikut bahagia melihat guyubnya warga saya dengan para anggota Satgas TMMD. Hal itu terjadi mulai awal pelaksanaan TMMD hingga di penghujung,’’ Jelasnya

Menurutnya, dengan adanya gelaran TMMD di desanya, para TNI anggota Satgas TMMD tidak saja hanya membangun sejumlah fisik di Desa Beringin dan Tintin Kemantan, melainkan menciptakan kebersamaan, menumbuhkan semangat gotong royong, dan mengajarkan banyak hal positif kepada warga Desa Tintin Kemantan Dan Desa Beringin.(Dny/1206)

Pengkadan,Sulutnews.com - Purna tugas Satgas TMMD Regtas ke-110 Kodim 1206/PSB Tahun 2021, di Desa Hulu Pengkadan, Kecamatan Pengkadan, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, sudah berakhir.Senin (5/04/2021).

Setiap pertemuan selalu ada perpisahan, ada yang datang dan juga ada yang pergi, itulah kehidupan yang di rasakan warga masyarakat Desa Hulu Pengkadan, dengan selesainya TMMD Regtas ke-110, kesedihan yang dirasakan warga begitu besar, karena anggota Satgas TMMD sudah kembali ke satuanya masing-masing, warga sudah menganggap seperti keluarga sendiri, jadi perasaan itu sudah wajar dan masuk.akal.

Praka Yohanes salah satu anggota penerangan Kodim di kegiatan TMMD Ke 110 ini berharap,”semoga apa yang sudah kami perbuat di desa ini, bermanfaat bagi warga masyarakat Desa Hulu Pengkadan, jangan terhanyut dalam kesedihan atas kepulangan kami, jadikan motivasi untuk maju berkembang dan lebih baik”,ucapnya.

“Kita sudah seperti keluarga, jadi terasa berat untuk melepas kepulangan bapak TNI, semoga persaudaraan ini abadi”,ucap Saipul Anwar salah satu warga Desa Hulu Pengkadan.(And/1206)

Pengkadan,Sulutnews.com – Dalam pelaksanaan program TMMD Reguler Ke-110 Kodim 1206/PSB anggota Satgas TMMD selalu menyempatkan waktunya untuk melakukan pendekatan terhadap masyarakat.

Diakhir penugasan anggota Satgas TMMD 110 ibu-ibu PKK dan Warga dusun lainnya melepas kepergian Satgas TMMD 110 di Dusun Tintin Kemantan, Desa Hulu Pengkadan, Kecamatan Pengkadan, Kabupaten Kapuas Hulu.Senin (5/04/2021)

Waktu Pelepasan ini, sisilia (45) yang mewakili ibu-ibu PKK menyampaikan kepada anggota Satgas TMMD mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI yang selama kurang lebih satu bulan anggota Satgas TMMD membangun Desa Hulu Pengkadan, mudah mudahan dengan adanya pembangunan melalui TMMD ini warga Desa  Hulu Pengkadan kedepannya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dengan adanya kegiatan ini,  Serda Usen di akhir penugasannya menjadi anggota Satgas TMMD Reguler 110 di Desa Hulu Pengkadan berpamitan ke pada ibu-ibu PKK di karenakan sudah berakhirnya kegiatan TMMD Reguler Ke-110 Kodim 1206/PSB.

“saya mohon pamit ibu-ibu dan terima kasih kami anggota Satgas TMMD selama satu bulan ini sudah di angap seperti keluarga sendiri.” tutup Serda Usen.(And/1206).

Pengkadan,Sulutnews.com - Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan, kata inilah yang pantas di ucapkan, saat Personil TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-110 TA. 2021 Kodim 1206/PSB meninggalkan Desa Hulu Pengkadan, Kecamatan Pengkadan, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Senin, (05/04/2021)

Pelepasan yang mengharukan ini membuat hampir semua orang yang hadir pada saat itu meneteskan air mata, bagaimana tidak, kehadiran anggota satgas TMMD ke-110 Kodim 1206/PSB selama kurang lebih sebulan ini membawa perubahan kemajuan bagi desa tersebut.

Dari TMMD bisa disimpulkan bahwa perbedaan bukanlah sesuatu yang harus permasalahkan, tapi dipersatukan sebagai simbol kekuatan, terbukti bahwa perbedaan profesi antara Satgas TMMD dan masyarakat Desa Hulu Pengkadan yang dibalut dengan kebersamaan dan kegotong royongan sehingga program membangun negeri ini bisa selesai tepat waktu.

Masran selaku Kepala Desa Hulu Pengkadan menyampaikan rasa haru, bahagia dan sedih dengan hal ini. “Semoga Allah SWT akan selalu melimpahkan rahmat kepada Bapak TNI sekalian, serta menjadikan semua ini sebagai ladang pahala yang terus mengalir, Sungguh kami tak mampu membalas jasa dan kebaikan bapak” ucapnya.

Masran menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya baik yang di sengaja atau tidak selama bergabung dalam kegiatan TMMD.” tidak ada yang bisa kami berikan, hanya Do’a semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, selamat jalan semoga sampai tujuan,” tandas Kepala Desa Hulu Pengkadan.

Sementara perwakilan Anggota Satgas Serda Hendro mengatakan bahwa perpisahan ini bukan akhir segalanya yang penting silaturahmi masih terjalin, “jangan putus komunikasi kita sudah menjadi saudara dan keluarga, kalau ada umur panjang dan kesempatan kami pasti kesini lagi, yang penting di siapkan kerupuk basahnya,” tandasnya memecah keharuan. (Erk/1206)

Kapuas Hulu,Sulutnews.com - Selepas penutupan kegiatan TMMD ke 110 tahun anggaran 2021 beberapa waktu lalu, menyisakan sekelumit cerita pada masyarakat Dusun Sukarami dengan Dusun Tintin Kemantan Desa Hulu Pengkadan, Kecamatan Pengkadan, Kabupaten Kapuas Hulu.

Warga masyarakat di dua dusun lokasi TMMD dilaksanakan ternyata menyimpan cerita kenangan tersendiri, khususnya bagi mereka yang rumahnya dihuni para prajurit Satgas TMMD.

Warga Dusun Tintin Kemantan, Saipul menuturkan, para Prajurit TNI yang mengikuti TMMD ini ada 5 orang tinggal dirumah saya sejak mereka datang dan penutupan TMMD kemarin. Keseharian mereka dari pagi hingga sore hari adalah mengerjakan apa yang telah diprogramkan dalam TMMD tersebut

"Saat malam tiba setelah makan malam bersama, para prajurit tersebut juga mengajari anak kami membaca dan menulis, serta mengaji Al Quran. Ternyata para prajurit itu ramah dan juga memiliki sopan santun yang baik selama tinggal bersama kami," ujar Saipul.

Bapak 52 tahun itu merasa senang juga bangga dengan hadirnya para prajurit Satgas TMMD selama bekerja di Dusun Sukarami dan Dusun Tintin Kemantan. "Dengan selesainya TMMD, kami merasa senang juga sedih karena harus berpisah dengan para prajurit yang sudah seperti keluarga kami sendiri," imbuhnya.

Semoga harap Saipul, apa yang telah dibangun di dusun kami dapat menjadikan kemudahan dalam beraktivitas, dan akan menjadi sebuah cerita indah esok hari bagi anak-anak kelak. (Erk/1206)

Kapuas Hulu,Sulutnews.com - Semua menjadikan cerita masa lalu yang menjadikan sebuah kenangan yang tidak bisa terlupakan, warga bersama anak-anak Desa Hulu Pengkadan Kecamatan Pengkadan merasa senang karena jalan yang selama ini dinantikan akhirnya terwujud.

5 hari berlalu Program TMMD Regtas ke-110 Kodim 1206/PSB, sudah selesai, kenangan bersama masyarakat tidak bisa hilang begitu saja, Surdi(43) sambil menengok anak kecil,"mana Pak TNI yang sering menggendong Rani(3),ucapnya, Rani pun kelihatan lesu Pak TNI yang dimaksud tidak kunjung kelihatan.

Kusno(35) sebagai bapaknya Rani mencoba menghibur dan juga menyampaikan kepada yang lainnya bahwa Pak TNI sudah pulang, tapi hatinya selalu disini bersama kenangan Rani, Arif(16) dan juga yang lainnya, dan tak lupa jalan baru yang sudah kita nikmati menjadikan suatu kenangan yang tidak bisa dilupakan.

Walaupun masih kecil Rani mengerti apa yang disampaikan bapaknya, nampak lesu sedikit berkurang, termasuk lainnya yang ada di situ mulai mengerti, bahwa mereka merasa kehilangan sekali dengan pulangnya Bapak TNI, begitu besar jasa mereka kepada warga Desa Hulu Pengkadan, imbuh Surdi. (Erk/1206)

Kapuas Hulu,Sulutnews.com - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Regtas Ke 110 tahun 2021 Kodim 1206/PSB telah ditutup tanggal 31 Maret 2021 Kemarin, dan seluruh prajurit Satgas sudah berpamitan meninggalkan lokasi di Desa Hulu Pengkadan, Kecamatan Pengkadan, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Senin, (05/04/2021)

Lokasi program TMMD yakni Desa Hulu Pengkadan meninggalkan sejuta kesan dan kenangan indah yang tertinggal dan akan terkenang selalu oleh masyarakat di sana.

Menurut warga keberadaan prajurit TNI selama pelaksanaan TMMD ke 110 di daerah mereka sungguh sangat bermakna dan bermanfaat banyak sudah pekerjaan fisik yang berhasil dilakukan seperti pembangunan pembukaan jalan, pembuatan jembatan serta gorong-gorong.

Kenangan lain yang juga mengesankan saat para prajurit menginap di rumah warga selama kegiatan TMMD sehingga para prajurit secara langsung aktif berbaur dalam kegiatan masyarakat bahkan ikut dengan warga berbincang-bincang seperti di rumah Keluarga Bapak Aidin (47).

Seperti yang diungkapkan Bapak Aidin, ia mengaku sangat senang dengan kedatangan bapak-bapak prajurit TNI.

“Semoga apa yang telah kami bantu dan kerjakan bersama Satgas dapat menjadi amal ibadah kita semua kelak, Amin,” tandasnya.

Warga berharap program ini dapat kembali hadir di tahun-tahun mendatang hal ini menunjukkan bahwa TNI telah Manunggal dengan rakyat dan semakin dicintai rakyat. (Erk/1206)