Linmas Wilayah Kecamatan Gandrungmangu Mendapat Pembinaan Dari Anggota TNI

Written by  Jul 30, 2020

Cilacap, Sulutnews.com - Dalam rangka meningkatkan peran anggota Linmas di masyarakat, Pemerintah Kecamatan Gandrungmangu menggelar kegiatan pembinaan yang diikuti oleh seluruh anggota Linmas desa wilayahnya. Kegiatan tersebut digelar di Pendopo Kecamatan Gandrungmangu, Kamis (30/7/20).

Dalam kegiatannya, menggandeng Aparat TNI dari Koramil 10 Gandrungmangu yang dalam hal ini di wakili oleh Bati Tuud Koramil Gandrung  Pelda Kharis Wahyudi dan Pelda Kusento. Kedatangan mereka untuk memberikan pelatihan PBB dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada Linmas dalam rangka kegiatan Pembinaan Linmas desa.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasi Trantib Bambang Suprayitno, S.IP, Danramil 10/Gandrungmangu yang di wakili Bati Tuud Pelda Kharis Wahyudi, Kapolsek Gandrungmangu Iptu Siwan, SH.MM, Babinsa Pelda Kusento, Bhabinkamtibmas Brigadir Bruri Ngintoro dan diikuti oleh 57 orang anggota Linmas.

Dalam kesempatan tersebut, Pelda Kharis Wahyudi menjelaskan bahwa selain tugasnya membantu masyarakat binaan, Babinsa jajaran Korami 10/Gandrungmangu juga melatih anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam rangka Pembinaan Pertahanan Wilayah (Binwanwil) dimana Babinsa memiliki tugas menjalin kemitraan dengan para anggota Linmas sebagai upaya mata dan telinga terhadap segala perkembangan yang terjadi di wilayah binaannya.

“Kita selenggarakan pelatihan ini untuk mendidik dan melatih disiplin para anggota Linmas. Mereka adalah mitra Babinsa, sehingga diharapkan ke depannya dapat diimplementasikan dalam kerja mereka di lingkungan masyarakat,' ungkapnya 

Selain daripada itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa korsa atau kebersamaan antar rekan sesama Linmas sehingga memiliki loyalitas yang tinggi atas tanggungjawab yang diembannya. Inilah gagasan yang akan menumbuhkan jiwa patriotisme serta cinta tanah air serta mempunyai jiwa bela negara kepada Bangsa dan Negara ini.

"Semoga kegiatan pelatihan ini bisa menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan. Sehingga akan tumbuh rasa kesadaran terhadap bangsa dan negara untuk ikut serta mewujudkan cita-cita mereka dalam memajukan dan menjaga NKRI", tandasnya.

Setelah memberikan materi Wasbang, Pelda Kharis dan Pelda Kusento langsung memberikan pelatihan PBB di halaman Kantor Pemerintahan Kecamatan Gandrungmangu.(Urip)