Print this page

Anggota DPR RI Hj.Teti S.Sos Meninjau Rice Mill Milik Roni di Desa Maos Kidul

Written by  Sugeng Jul 29, 2020

Cilacap, Sulutnews.com - Batituud Koramil 07/Maos Peltu Ahlan bersama forkopincam Maos mengawal anggota DPR RI Hj. Teti Rohatiningsih, S.Sos., saat melaksanakan peninjauan Rice Mill milik H. Roni di Desa Maos Kidul, Kecamatan Maos, Selasa (28/7/20).

Kegiatan tersebut dilakukan selepas melaksanakan kegiatan panen padi di wilayah tersebut. Dalam peninjauannya, Hj. Teti melihat langsung proses penggilingan gabah hingga akhirnya menjadi beras. Ditempat tersebut, dia mengatakan bahwa ditempat inilah gabah kebanyakan petani diproses menjadi beras sebelum akhirnya dijual atau dikonsumsi sendiri. Puas melihat, proses tersebut, Hj. Teti mengucapkan terima kasih kepada para petani dan pemilik rice mill yang telah membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan beras warga.

"Terima kasih atas usaha rice mill ini yang telah banyak membantu masyarakat dalam menyediakan beras untuk kebutuhan warga, baik itu beras medium maupun premium terlebih saat sekarang ini ada kemasan beras yang pas buat masyarakat tani," ungkapnya.

Memang proses gabah menjadi beras melalui tiga tahapan, diawali dengan gabah diproses dikupas dengan mesin pecah kulit atau disebut Heller yang menghasilkan beras pecah kulit dan sekam. Beras pecah kulit selanjutnya dimasukan kedalam mesin penyosoh atau Polisher sebanyak dua kali untuk dipoles atau diputihkan," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Peltu Ahlan mengatakan bahwasanya petani khususnya di wilayah Kecamatan Maos di nilai cukup makmur karena adanya dukungan alam yang bersahabat. "Contohnya ya warga Kecamatan Maos ini, selain panen padinya hasilnya baik dan memuaskan juga mampu memenuhi kebutuhan beras untuk lokal dan daerah lainnya," terangnya. .

 Dalan peninjauan tersebut, tampak sejumlah petugas dari dinas turut mendampingi. Mereka diantaranya dari Dinas Pertanian Cilacap Supriyanto, SP MP. Camat Maos Bintang Dwi Cahyono A.P., M.M, Danramil 07/Maos diwakili Peltu Ahlan, Kapolsek Maos Iptu Iwan Efendi, SH MM, Sekdes Maos Kidul dan Gapoktan wilayah Desa Maos Kidul.(/Urip)