Dampingi Pemeriksaan Kesehatan, Babinsa Himbau Pengelola Ponpes Darul Muttaqien Terapkan Protokol Kesehatan

Written by  Sugeng Jun 24, 2020

Cilacap, Sulutnews.com - Babinsa Kelurahan Lomanis Koramil 01/Cilacap Sertu Catur Pambudi mendampingi pemeriksaan Kesehatan yabg dilakukan Puskesmas Cilacap Tengah I kepada Santriwan/santriwati dan Pengelola Ponpes Darul Mutaqien yang dipimpin KH. Imam Mudaris yang berlokasi di Jln. Suasa RT 02 RW 03 Kelurahan Lomanis Kecamatan Cilacap Tengah Cilacap, Selasa(23/6/20).

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala Puskesmas Cilacap Tengah I Sri Rahayu, SKM, MM beserta 6 anggota, Lurah Lomanis yang diwakili H.Basiran, Babinsa Lomanis Sertu Catur Pambudi dan Bhabinkamtibmas Lomanis Aiptu Marsita.

Kegiatan tersebut menindaklanjuti surat dari Kadinkesprov Jateng Nomor 440/3998/4 tertanggal 8 Juni 2020 perihal Fasilitasi Pemeriksaan Kesehatan bagi Santri santriwati dan instruksi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap. Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh Tim Medis dari Puskesmas Cilacap Tengah I mengingat pesantren sudah mulai melaksanakan proses belajar mengajar setelah libur beberapa bulan akibat Pandemi Covid-19.

“ Memasuki  New Normal pesantren sudah memulai proses belajar mengajar. Tim Medis dari Puskesmas Cilacap Tengah I laksanakan  pemeriksaan kesehatan ke sejumlah santri yang akan kembali masuk ke Pesantren Darul Mutaqien sedangkan jumlah santri dan santriwati yang di periksa kesehatannya  yaitu laki laki 7 orang dan perempuan 3 orang sehingga total 10  orang santri." terang Kepala Puskesmas Cilacap Tengah I Sri Rahayu, SKM, MM .

Menurut keterangannya, dari hasil pemeriksaan seluruh santri untuk suhu tubuh normal semua namun Kepala Puskesmas Cilacap Tengah I Sri Rahayu meminta kepada pihak Pengelola atau Pengasuh Ponpes Darul Mutaqien untuk segera melapor apabila dalam beberapa hari ke depan ada yang  mengalami gejala gejala sakit.

Terkait hal tersebut, Babinsa Sertu Catur menghimbau dan meminta kepada pihak pesantren agar tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anturan pemerintah baik dalam pelaksanaan  Ibadah maupun selama proses belajar mengajar untuk mencegah penularan Covid-19 yaitu diantaranya dengan rajin mencuci tangan, jaga jarak dan memakai masker.

"Protokol kesehatan harus diterapkan. Tidak hanya di Ponpes Darul Mutaqien ini saja namun juga dilakukan di lembaga pendidikan lainnya agar mereka anak didik bisa dengan tenang menuntut ilmu tanpa khawatir akan penularan Covid-19." tandasnya. (Urip/01)