Dandim Cilacap Tinjau Latihan Menembak Prajurit TNI AL

Written by  Sugeng Feb 16, 2021

Cilacap,Sulutnews.com - Komandan Kodim (Dandim) 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, SIP meninjau latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) TW. I Tahun 2021 yang digelar Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cilacap bertempat  di Lapang Tembak Kodim, yang berlokasi di Desa Welahan, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (16/2).

Tampak hadir, Komandan Lanal (Danlanal) Letkol Laut (P) Bambang Marwoto, S.T.M.sc., Psc, Palaksa Lanal Letkol Laut (P) Wildan Ardiansyah beserta para perwira jajaran Lanal Cilacap, Danramil 08/Adipala) Kapten Inf Kadisan, Danramil Kesugihan Kapten Inf Sueb, Kapolsek Adipala AKP Selamet serta para prajurit Bintara dan Tamtama TNI AL selaku peserta latihan.

Dalam kesempatan itu, Dandim berkesempatan menjajal kembali kemampuan menembak senjata laras pendek (pistol) dalam latihan bersama prajurit TNI AL tersebut. Latihan ini juga sebagai bentuk kolaborasi dua matra yang selama ini duduk, berdiri, bersama dalam mendukung tugas kewilayahan sesuai kapasitasnya sebagai Satuan TNI di wilayah Kabupaten Cilacap.

Saat prajurit TNI AL menjajal kemampuan menembak mantan jebolan Gultor (Pasukan Anti Teror Kopassus) tersebut hasilnya memang sangat memuaskan, nilainya sangat tinggi diatas rata-rata prajurit yang mengikuti latihan tersebut.

Hal ini diakui Perwira Koordinator Latihan, Kapten Laut (P) Danar.P yang turut melihat  langsung lesan (sasaran) perkenaan hasil tembakan para peserta latihan.

"Memang luar biasa kemampuan prajurit Kopassus," ujarnya.

Sementara itu, Dandim Letkol Inf Andi Afandi menuturkan kemampuan menembaknya sedikit menurun dibandingkan dulu saat masih berada di Kopassus. Hal ini masih tergolong wajar, dihadapkan banyaknya tugas kewilayahan yang diembannya selaku Komandan Kodim serta jam latihan yang tak sepadat di Satuan Kopassus.

"Namun demikian kemampuan dasar sebenarnya masih terasah dengan baik, namun sebagai prajurit perlu adanya latihan dengan porsi yang lebih banyak agar kemampuanya semakin tajam," tuturnya.

Selain itu, Latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) jajaran TNI  baik Angkatan Darat maupun Angkatan Laut pada hekekatnya sama.  Muaranya adalah terciptanya kemampuan menembak prajurit yang sesuai standar nilai yang diharapkan TNI secara umum.

"Sebagai institusi TNI, Kodim dan Lanal Cilacap selalu berkolaborasi dengan Kepolisian dan Pemerintah Daerah dalam upaya mendukung pembangunan, dan saat ini kita juga bersama-sama membantu penanganan pandemi Covid-19," tutup Dandim.(/Sugeng)