Kodim_Cilacap

Kodim_Cilacap (648)

Cilacap, Sulutnews.com - Camat Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Rosikin, S.Sos, MM, berkunjung ke Desa Cilibang, desa yang menjadi pusat pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap.

Camat Jeruklegi didampingi Kades Cilibang, Purnomo Edy dan Anggota Satgas TMMD, Kopda Taufik, langsung mengunjungi beberapa rumah warga yang mendapatkan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) TMMD 106 Kodim Cilacap.

"Saya mau melihat rumah-rumah warga yang informasinya sudah jadi di rehab dalam Program RTLH TMMD 106 Kodim Cilacap," ungkap Rosikin.

Rosikin mengaku bangga dan terharu menyaksikan dan mendengarkan langsung kebahagiaan warga penerima bantuan  RTLH itu.

"Saya atas nama Pemerintah Kecamatan Jeruklegi, mengucapkan banyak terima kasih sekali kepada Jajaran Kodim 0703 Cilacap, yang telah membantu warga kurang mampu di Desa Cilibang," jelas Rosikin. (Pendim Cilacap)

Cilacap, Sulutnews.com - Ada cara unik yang dilakukan oleh Anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap, dalam mengajak para remaja menyukai kebersihan, kerapian dan keindahan.

Senin (21/10/2019) pagi, Serka Yatiman mengajak beberapa remaja untuk ikut membersihkan sampah-sampah di kawasan Obyek Wisata Pemancingan Krama Kenil.

Yatiman mengajak sejumlah remaja untuk memunguti sampah-sampah limbah dari bungkus makanan dan plastik di lokasi tersebut.

"Tahu tidak kalian, kebersihan adalah pangkal kesehatan," ucap Serka Yatiman.

Aksi remaja bersihkan sampah itu, cukup menjadi tauladan bagaimana hidup sehat dan gemar bersih, benar-benar dijalankan di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap pada kegiataan TMMD 106 Kodim Cilacap. (Pendim Cilacap)

Cilacap, Sulutnews.com - Tim Kesehatan TNI Kodim 0703 Cilacap diterjunkan untuk memantau kesehatan warga Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap, Senin (21/10/2019) pagi.

Tujuan pengecekkan kesehatan itu, untuk memantau perkembangan kesehatan warga dalam proses TMMD 106 Kodim Cilacap.

"Kami ditugasi untuk melakukan cek kesehatan warga Desa Cilibang. Dan hari ini kami datang lagi," Sertu Priyowanto, Seorang Bintara Kesehatan.

Marsono (57) warga Desa Cilibang, mengaku senang adanya Program Kesehatan oleh Satgas TMMD 106 Kodim Cilacap.

Dia pun minta dicek kesehatannya, karena Marsono mengaku sering mengalami kepala pusing tanpa sebab.

"Saya sering merasa pusing tiba-tiba. Saya minta di cek tensi darah saya, Pak," ujarnya. (Pendim Cilacap)

Cilacap, Sulutnews.com - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap 2019 yang dipusatkan di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, benar-benar komplit.

TMMD 106 Kodim Cilacap, selain memberikan sumbang sih berupa pembangunan fisik, seperti pengaspalan jalan desa, Rehab Mushola, Rehab Warga Kurang Mampu dalam Sasaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), TMMD 106 Kodim Cilacap kali ini juga memberikan pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM) berupa Pendidikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang).

Pendidikan Wasbang diberikan kepada Anak-anak Sekolah Dasar (SD) dan Siswa Sekolah Pendidikan Usia Dini (PAUD).

Senin (21/10/2019) siang, Sertu Mulyono, juga memberikan pengajaran Wasbang di SD Negeri Cilibang.

Bak seorang guru yang sedang mengajarkan materinya, dia berdiri di depan kelas sambil menggerakkan kedua tangannya. Terkadang, Sertu Mulyono,  juga mengenakan alat peraga boneka di tangannya untuk membantu dia mengajar.

" Kalian tahu apa Dasar Negara Indonesia ? Dan apa warna Bendera Kita ?" tanya Sertu Mulyono.

Dengan serentak belasan Siswa Sekolah PAUD menjawab dengan lantang.

"Pancasila adalah Dasar Negara Indonesia. Merah dan Putih adalah warna Bendera Indonesia," jawab Dita (9).

Sertu Mulyono langsung menyahut jawaban itu dengan cepat pula.

"Betul. Kalian semua anak-anak hebat," ucapnya sambil mengangkat jempol tangan kanannya.

Begitulah salah satu kegiatan Satgas TMMD 106 Kodim Cilacap di Lokasi TMMD di Desa Cilibang. TNI dan Warga Desa manunggal untuk mewujudkan pembangunan fisik dan non fisik di Desa Cilibang. (Pendim Cilacap)

Cilacap, Sulutnews.com - Saat sebuah truk mengangkut material pasir tiba di lokasi Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Parmin (58), warga RT 05 RW 03 Dusun Kaligintung, Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, dua orang Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap, langsung membantunya, Senin (21/10/2019).

Pratu Dede dan Prada Samsudin, Anggota Satgas TMMD dari Yonif 405, langsung membantu pekerja material menurunkan pasir dari atas bak truk.

"Sebentar jangan diturunkan dulu pasirnya. Saya mau naik ke atas bak," pinta Prada Samsudin.

Pratu Dede memilih dengan alat sekop menata material pasir yang sudah turun ke tanah.

Keduanya dengan sigap membantu agar ketersediaan material pasir untuk kebutuhan rehab rumah Parmin segera selesai. (Pendim Cilacap)

Cilacap, Sulutnews.com - Selain membantu dan bersama-sama bekerja, warga Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, keberadaan Satgas TMMD 106 Kodim Cilacap, juga terus menjalin komunikasi yang baik, Senin (21/10/2019).

Sertu Budi, malah sering melakukan kegiatan anjangsana ke rumah-rumah warga desa.

Kali ini dia berkunjung ke rumah Bu Marsini (56) warga Dusun Kaligintung RT 01 RW 03. Marsini kesehariannya adalah pembuat bahan tempe.

Kesempatan itu tak disia-siakan oleh Sertu Budi untuk membantu sambil belajar.

"Warga Desa Cilibang sangat kreatif dan menarik. Saya suka berada disini," ungkap Sertu Budi.

Dia juga mengaku suka dengan kegiatan menggoreng. Sebelum menggoreng dia membantu Marsini menyiapkan bumbunya.

"Saya suka menggoreng. Dan sebelumnya saya bantu menghaluskan bumbu untuk adonan tepungnya. Asik pokoknya," sergah Sertu Budi. (Pendim Cilacap)

Cilacap, Sulutnews.com - Keberadaan Satgas TMMD di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, membawa manfaat bagi warga desa setempat.

Betapa tidak, sejak dibukanya Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap, Satgas TMMD selalu bersama-sama warga menyelesaikan pekerjaan bersama.

Sertu Budi, salah seorang Anggota Satgas TMMD, langsung tergerak hatinya saat melihat Supri, Pemuda desa yang kewalahan menurunkan semen dari motornya, Senin (21/10/2019) pagi.

"Sini aku bantu. Pegangi sepeda motornya kamu, ya," ucap Sertu Budi.

Tak hanya diturunkan dari sepeda motor milik Supri, semen seberat 50 kilogram tersebut juga langsung diangkat dan diletakkan di teras rumahnya.

Satgas TMMD 106 Kodim Cilacap memang dikenal dekat dan akrab jalinan kekeluargaanya dengan Warga Desa Cilibang. (Pendim Cilacap)

Cilacap, Sulutnews.com - Pembangunan Jalan Usaha Tani sepanjang 450 meter dengan lebar 2,5 meter dalam program TMMD 106 Kodim Cilacap yang rencananya akan di tutup pada tanggal 31 Oktober 2019 sudah 95 persen diselesaikan. Warga pun masih nampak antusias membantu satgas TMMD hingga sebelum penutupan TMMD 106 Kodim Cilacap digelar.

Warga Dusun Kalirau bersama dengan TNI masih terus saling bahu membahu melaksanakan karya bhakti dalam pengerjaan program TMMD 106 Kodim Cilacap dengan cara bergotong royong .

“Sebentar lagi impian kami akan terwujud dengan adanya jalan usaha tani ini. Semua ini berkat bantuan baik moral maupun spiritual yang dilakukan oleh TNI dalam mewujudkan impian kami. Kami mengucapkan banyak terimakasih,” Kata Edi, Minggu (20/10/19) yang sedang melintasi lokasi pengerjaan jalan.

Ia melanjutkan, dirinya sebagai warga Desa Cilibang tak lupa mengucapkan terimakasih kepada pemerintah desa yang telah mengajukan program kepada pihak TNI sehingga pelaksanaan TMMD 106 Kodim Cilacap dapat berjalan dengan lancar.(Pendim Cilacap)

Cilacap, Sulutnews.com - Pembangunan jalan usaha tani sepanjang 450 meter dengan lebar 2,5 meter dalam program TMMD 106 Kodim Cilacap ini merupakan impian warga dalam meningkatkan ekonomi mereka, karena sebelumnya, jalan tersebut hanya berupa tanah liat dengan di selimuti batu-batu besar dan masih rusak, sehingga roda empat susah untuk melewati daerah tersebut. Apalagi pada saat musim hujan, tanah tersebut menjadilumpur yang lebih susah lagi untuk di lewati.

Namun kini, Minggu (20/10/19) mereka dapat bernafas lega karena jalan usaha tani tersebu sudah bisa dilewati.

Wargapun bahkan untuk menuju ke sawah untuk melakukan kegiatan bertani sudah tidak merasa terhalang lagi, lantaran jalan sudah hampir jadi.

“Dengan adanya program TMMD 106 Kodim Cilacap ini, impian warga mulai terwujud. Kami bangga dapat membantu pak TNI dalam pelaksanaan penyelesaian pembangunan TMMD 106 Kodi Cilacap ini,” kata Parno.

Sementara Sertu Risplianto sangat terharu karena warga desa Cilibang selalu aktif dalam pelaksanaan TMMD 106 Kodim Cilacap.(Pendim Cilacap)

Cilacap, Sulutnews.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap dalam pelaksanaan program fisik dan non fisik dilaksanakan secara bersamaan. Kehadiran prajurit Satgas TMMD sebagai penentu keberhasilan pembangunan sasaran TMMD Reg 106 Ta 2019 Kodim Cilacap ini, karena diharapkan dapat menjadi penggerak dan memotivasi kepada warga dalam melakukan pembangunan.

Serda Saptono, Minggu (20/10/19) mengungkapkan, dalam pelaksanaan pembangunan fisik RTLH di Desa Cilibang ini harus selesai sebelum pelaksanaan upacara penutupan dilaksanakan.

“Kami sangat senang dapat menggerakkan masyarakat untuk bersama-sama membangun bangsa bersama kita. Selain itu, semangat kami dalam menjalankan program kegiatan fisik dari TMMD, menjadikan kami memiliki kebersamaan dengan TNI,” ucapnya.

Dengan semangat kemanunggalan TNI dengan rakyat memang harus dikobarkan untuk menjalin persatuan dan kesatuan bangsa. Karena keberadaan prajurit Satgas TMMD 106 Kodim Cilacap ini membawa perubahan positif. (Pendim Cilacap)