Kodim_Cilacap

Kodim_Cilacap (1100)

Jakarta, Sulutnews.com - Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han) menyabet juara I Lomba Karya Jurnalistik TMMD Reguler ke-106 Tahun 2019 Tingkat Nasional kategori Dansatgas. Ketidakhadirannya yang sedang melaksanakan ibadah umroh, diwakili Kasdim Mayor Inf. Ahmad Rofik untuk menerima hadiah ini. 

Hadiah diserahkan langsung oleh Danpusterad Mayjen TNI Arif Rahman, M.A. kepada seluruh pemenang lomba bertepatan dengan Rapurna TMMD ke 40 tahun 2019 di  Balai Komando Kopassus Cijantung Jakarta Timur, Selasa (10/12).

Prestasi serupa sebelumnya juga pernah diraih Kodim 0703/Cilacap pada lomba karya jurnalistik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-97 tahun 2016 dimana saat itu meraih juara 2 Tingkat Nasional kategori Dansatgas. 

Dandim 0703/Cilacap melalui Kasdim Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian mengemukakan, raihan prestasi ini patut disyukuri, dijaga dan dipertahankan. Dandim juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh prajurit Kodim 0703/Cilacap, rekan-rekan wartawan dan juga awak media yang bekerja bahu membahu sehingga Kodim 0703/Cilacap bisa mendapat juara 1 tingkat nasional.

Pencapaian prestasi ini menurutnya juga tidak terlepas dari dukungan seluruh stakeholder yang terlibat kegiatan TMMD, termasuk di dalamnya para insan media. Dandim berharap, dukungan dan kerjasama yang sudah baik selama ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga kedepannya mampu menghasilkan prestasi yang lebih baik.

Lomba karya jurnalistik TMMD ke-106 tahun 2019 ini sendiri terdiri dari 4 kategori, yakni kategori wartawan elektronik, wartawan cetak/online, Pendam dan Dansatgas. Untuk kategori Pendam, juara I diraih Pendam XII/Tanjungpura dengan nilai 907, Pendam V/Brawijaya nilai 708 dan Pendam IV/Diponegoro dengan nilai 661. Untuk kategori Dansatgas juara I diraih Dandim 0703/Cilacap dengan nilai 76,304, juara II Dandim 0818/Malang dengan nilai 47,875 dan juara III Kodim 0724/Boyolali dengan nilai 30,300.(Pendim/Cilacap)

Cilacap, Sulutnews.com - Kota Cilacap tampak berbeda dari hari biasanya, suasana begitu ramai oleh warga yang berasal dari berbagai komunitas lokal maupaun daerah tetangga, hal ini bukan tak beralasan karena di jantung kota bercahaya tersebut ada satu magnet yang menarik mereka.

Dimana ada satu event yang spektakuler yaitu Sepeda Sehat, Jalan Sehat dan Senam Sehat dengan berbagai hadiah undian maupaun doorprize yang menarik dengan hadiah utama 3 unit sepeda motor dan 1 unit mobil. Ada sekitar 9000 peserta turut meramaikan event yang menyehatkan ini.

Event tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke-74 tahun 2019, dan juga hari Ibu tahun 2019 oleh Kodim 0703 Cilacap bekerjasama dengan Bank BRI, Bank Jateng dan Bank Gunung Slamet, yang didukung Luwak White Cofee serta Pemda setempat  yang bertempat di Lapangan Eks Batalyon 405 Cilacap, Minggu (8/12).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman, S.TP, M.Si beserta unsur Forkopinda, Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian, Pasiops Lanal Cilacap Kapten Laut (P) Didik, Kapolsek Cilacap Tengah AKP Aceng, Kepala BUMN, BUMD dan pimpinan Stakeholder wilayah Cilacap dan undangan lainya.

Kasdim yang hadir langsung dan turut mengikuti jalanya kegiatan, membenarkan adanya event akbar digelar oleh satuanya. Dia menegaskan bahwa kegiatan tersebut memang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD tahun 2019 melalui berbagai kegiatan yang positif dan menyehatkan.

"Dengan dilaksanakanya kegiatan ini, kita ingin menanamkan kepada warga masyarakat Cilacap dan sekitarnya agar gemar berolahraga, selain itu kita juga menanamkan pola hidup sehat dengan sepeda sehat, jalan sehat dan senam sehat, " ucapnya.

Lebih lanjut Kasdim mengucapkan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama, memberi dukungan dan turut berperan dalam kegiatan.

"Kami atas nama Kodim 0703 Cilacap mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat yang begitu antusias dan juga kami ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada seluruh instansi yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan penyelenggaraan event ini, "tutup Kasdim.(/Sugeng)

Cilacap, Sulutnews.com - Jelang pelaksanaan kegiatan Sepeda Santai, Jalan Sehat dan Senam dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2019, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0703/Cilacap Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian mengumpulkan seluruh Koordinator dan Anggotanya di Lapangan Ek Batalyon 405 Cilacap Jln. Jenderal Sudirman Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (7/12/2019)

Kegiatan ini merupakan puncak acara dari rangkaian yang digelar Kodim 0703/Cilacap untuk memeriahkan peringatan hari bersejarah bagi TNI AD, setelah sebelumnya telah melaksanakan kegiatan karya bakti dan Bhakti Sosial Pelayanan KB Kesehatan di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Cilacap.

Dijelaskan Kasdim Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian, kegiatan yang akan digelar pada hari Minggu (8/12) merupakan puncak peringatan Hari Juang TNI AD yang digelar Kodim 0703/Cilacap. Melalui kegiatan ini, diharapkan TNI akan semakin bisa bersinergi dengan masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap.

Untuk itu, kepada para Koordinator kegiatan, Kasdim berharap semua sudah dipersiapkan dengan maksimal baik keamanan route, tempat maupun kesiapan semua pihak yang terlibat sehingga endingnya nanti bisa berjalan dengan sukses dan lancar.

"Kegiatan ini melibatkan semua pihak baik Pemkab, Polres, Dishub dan juga Masyarakat untuk itu saya berharap hari ini kita maksimalkan seluruh persiapan, agar puncak kegiatan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD yang digelar Kodim 0703/Cilacap berjalan dengan aman dan lancar," Jelas Kasdim.

Untuk menyukseskan kegiatan ini, Kodim 0703/Cilacap menggandeng White Coffe. Dalam kegiatan ini nantinya juga akan menyediakan beberapa hadiah menarik seperti 1 unit Mobil Karimun Wagon R, 3 unit sepeda motor, TV, Kulkas, Kipas Angin dan beberapa hadiah menarik lainnya yang akan diundi dan dibagikan secara gratis.(/Urip)

Cilacap, Sulutnews.com - Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0703 Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian hadiri Sosialisasi Publik Pelaksana Early Work Pembangunan Proyek Refinery Development Master Plant (RDMP) Cilacap PT. Pertamina RU IV Cilacap Tahun 2019 yang di Gedung Patra Graha Jln. MT. Haryono Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (5/12/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kabupaten Cilacap Drs. Farid Maruf, ST, MM, Koordinator Proyek RDMP PT. Pertamina RU IV Cilacap Ari Dwi Koranto, Kepala Kesbangpol Cilacap Drs Sadmoko Danardono, Kasek PT Pertamina RU IV Cilacap Harpolo, Kasi Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Cilacap Wasi Aryadi, Pimpinan OPD,  para Camat dan Lurah dari Cilacap Tengah, Cilacap Utara dan Cilacap Selatan serta Tokoh Masyarakat.

Diawal sambutannya, Sekda Kabupatan Cilacap mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengkoordinasikan berbagai hal terkait sosialisasi Early Work Pembangunan RDMP PT. Pertamina RU IV Cilacap, sebagai salah satu upaya untuk membantu kemandirian Energi Nasional, khususnya pemenuhan kebutuhan BBM Nasional dan penghematan devisa dari penggunaan import BBM.

Melalui proyek ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Cilacap dalam penciptaan lapangan kerja, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), peningkatan perputaran ekonomi lokal dan peluang usaha.

"Secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Cilacap, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas rencana proyek ini, karena selain merupakan salah satu proyek strategis nasional sebagaimana ditetapkan dalam Perpres No. 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, melalui proyek ini diharapkan dapat semakin meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Cilacap, "Kata Drs. Farid Ma'ruf.

Dengan semakin besarnya Operasional PT. Pertamina (Persero), Farid berharap, akan semakin meningkatkan peran serta atau kontribusi nyata dalam pembangunan wilayah Kabupaten Cilacap, sehingga Cilacap akan semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera.

" Apabila hal tersebut dapat terwujud, maka dengan adanya proyek ini benar-benar merupakan kegiatan yang dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat." Tandasnya.

Diakhir sambutannya, Sekda Drs Farid Ma'ruf membuka langsung kegiatan Sosialisasi Publik Pelaksana Early Work Pembangunan Proyek Refinery Development Master Plant (RDMP) Cilacap PT. Pertamina RU IV Cilacap Tahun 2019.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan sosialisasi ini di moderatori Kasi Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Cilacap Wasi Aryadi, yang juga menghimbau kepada seluruh yang hadir agar setelah kegiatan ini selanjutnya dishare, disebarluaskan kepada masyarakat tentang bagaimana RDMP ini sampai tiba di Cilacap, mengapa perlu dibangun dan bagaimana dampaknya.

"Dan ujungnya, kita semua memberikan dukungan, suport agar proyek strategis nasional yang sudah ditetapkan Pemerintah ini dapat berjalan dengan kondusif, aman dan didukung oleh seluruh lapisan masyarakat," tegasnya.

Pada sosialisasi ini, Koordinator Proyek RDMP PT. Pertamina RU IV Cilacap Ari Dwi Koranto, memaparkan perencanaan pembangunan RDMP dimana Cilacap merupakan salah satu yang dipercaya pemerintah dalam proyek nasional ini. Di Indonesia ada 4 RDMP dan 2 GRR yang akan dibangun yaitu RDMP Dumai, Balongan, Cilacap dan RDMP Balikpapan. Sedangkan untuk GRR yaitu GRR Tuban dan GRR Bontang.

Pembangunan 4 RDMP dan 2 GRR ini diharapkan akan meningkatkan ketahanan dan kemandirian energi nasional serta memperkuat keberlangsungan bisnis hilir Pertamina. Selain itu dipaparkan tentang landasan proyek RDMP, kerjasama, Layout unit-unit utama proyek RDMP RU IV Pertamina, Layout pembangunan Sea Water Intake (SWI).(/Urip)

Cilacap, Sulutnews.com - Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0703/Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian   menyematlan baret dan brevet Raider kepada mantan siswa Pendidikan Raider Angkatan ke 25 tahun 2019 yang bertempat  di Lapangan Kesatrian Amirul Isnaeni, Daun Lumbung, Pusdiklatpassus Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (04/12).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Danpusdiklatpassus Kolonel Inf Agustinus Dedy Prasetyo, Komandan Sekolah Raider Letkol  Inf Budi Rahman, Kadepum Letkol Inf Sunardi, Kasdim Cilacap Mayor Inf Rofiq Alfian, Danden Pomal Cilacap Mayor Laut (PM) Okta Yudi, Kasat Sabara Polres Cilacap AKP AM. Suryo Probo, Kapolsek Cilacap Selatan AKP Darsono, SH, Dansubdenpom IV/1-1 Cilacap Kapten Cpm Tarjono, Camat Cilacap Selatan Hj. Anisa Fabriana, SH. Msi, KSOP Bpk Warjiono, orang tua siswa serta tamu undangan lainya.

Dalam kesempatan itu Komandan Pusat Pendidikan Latihan Pasukan Khusus (Danpusdiklatpassus) Kolonel Inf Agustinus Dedy Prasetyo mengatakan Pendidikan Raider Angkatan 25 tahun 2019 telah berhasil ditempuh oleh 295 siswa yang merupakan prajurit dari Batalyon Raider se-Indonesia.

"Untuk itu kita patut bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha kuasa, karena atas limpahan kasih karuniaNya, sehingga pada hari ini dapat melaksanakan Upacara Penutupan dalam keadaan tertib, aman dan lancar," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa keberhasilan para siswa dalam mengikuti pendidikan dapat menjadi bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dapat terus dikembangkan serta lebih menjadi dorongan untuk dapat meningkatkan semangat dan tekad dalam rangka menyiapkan diri guna menyongsong tugas tugas mendatang.

"Dengan penambahan kualifikasi Raider ini, maka para prajurit harus lebih siap dan mampu melaksanakan tugas khusus yang menjadi bagian dari perang atau pertempuran non konvensional. Hal tersebut sesuai dengan motto Prajurit Raider, yaitu mampu bergerak secara cepat, tepat dan senyap untuk mendekati, merebut dan menghancurkan sasaran," tegas Kolonel Inf Dedy.

Kasdim yang hadir dalam kegiatan tersebut juga turut menyematkan  baret dan brevet Raider kepada mantan siswa. Menurutnya bekal ilmu maupun keterampilan yang telah diserap selama mengikuti pendidikan di Pusdiklatpassus, diharapkan dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas kemampuan  sebagai seorang prajurit Raider yang kuat, efektif, efisien dan profesional.

 "Selamat atas keberhasilan kalian, kembangkan terus potensi diri di satuan dimana kalian bertugas, buktikan bahwa kalian adalah prajurit khusus yang mampu menjawab tantangan dan mengemban tugas yang diberikan oleh negara, " ucap Kasdim.(/Sungeng)

Cilacap, Sulutnews.com - Sambut Hari Juang TNI AD tahun 2019, Kodim 0703/Cilacap akan menyelenggarakan kegiatan sepeda santai, jalan sehat dan senam bersama. Demi suksesnya kegiatan ini,  Babinsa Koramil 09/Kawunganten terjun langsung ke desa binaan untuk mensosialisasikan kegiatan ini.

Hal itu sebagaimana dilakukan Babinsa Sidaurip Serma Sugiyanto, Babinsa Bojong Serka H. Maksudi, Babinsa Babakan Sertu Mulyanto serta Babinsa lainnya.

"Secara intensif, mereka terjun ke desa-desa baik yang di wilayah Kecamatan Kawunganten, Bantarsari maupun Kampunglaut", Kata Danramil 09/Kawunganten Kapten CPM Teguh Budiono saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (03/12).

Menurut Danramil, selain mensosialisasikan kepada para perangkat desa, para Babinsanya juga mensosialisasikan kepada semua komponen masyarakat di desa binannya.

" Dengan melibatkan semua komponen masyarakat, saya berharap pelaksanaan sepeda santai, jalan sehat dan senam dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Kodim 0703/Cilacap tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada hari Minggu 8 Desember 2019 di lapangan ex Batalyon 405 Cilacap, berjalan dengan sukses dan meriah," Jelasnya.

"Yang terpenting bagi kami adalah kedekatan antara TNI dan Rakyat tetap terus terjaga", Pungkas Kapten CPM Teguh Budiono.(/Sugeng/Urip)

Cilacap, Sulutnews.com - Kodim 0703/Cilacap menggelar Upacara Bendera awal bulan Desember tahun 2019 yang dipimpin oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian bertempat di halaman Makodim, Jln. Jenderal Sudirman No.D-1 Cilacap.

Bertindak selaku Perwira Upacara Kapten Cpm Agus Santoso, sementara Komandan Upacara dipercayakan kepada Kapten Inf Sueb yang sehari hari menjabat sebagai Komandan Koramil 06 Kesugihan. Upacara diikuti oleh seluruh prajurit baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS TNI yang ada di lingkungan Kodim 0703 Cilacap, Senin (02/12).

Dalam kesempatan itu Kasdim membacakan amanat Komandan Korem 071 Wijayakusuma  Kolonel Kav. Dani Wardhana, S.Sos, M.M, M.Han. Dia mengatakan bahwa pada upacara awal bulan desember 2019, kita diingatkan oleh peristiwa penting bersejarah yaitu Hari Juang TNI AD dan Hari Infanteri.

"Peringatan tersebut merupakan wujud rasa hormat dan penghargaan kita kepada para pahlawan, yang telah berkorban dengan segenap jiwa raga untuk mencapai kemerdekaan seperti yang kita nikmati sekarang ini," ucapnya.

Terkait hal tersebut Danrem mengajak kepada seluruh Prajurit dan PNS jajaran agar memaknai peringatan bersejarah ini, untuk terus introspeksi diri terhadap pelaksanaan tugas dan tanggung jawab, guna meningkatkan kinerja dan kualitas pengabdian yang lebih baik bagi masyarakat, bangsa dan negara.

"Pada bulan Desember ini program kerja (Progja) tahun 2019 akan segera berakhir. Untuk itu kita perlu melakukan evaluasi dan instrospeksi terhadap Progja dan bidang tugas yang telah kita kerjakan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui kendala, kelemahan, dan kekurangan, untuk kemudian melakukan perbaikan dan penyempurnaan pada program kerja tahun depan," jelas Danrem.(/Sugeng)

Cilacap, Sulutnews.com - Dukung dimulainya pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT), Babinsa Sarwadadi Koramil 09 Kawunganten Kodim 0703 Cilacap Serka Sodirin bersama Perangkat Desa Sarwadadi meletakan batu pertama pembangunan talud di lokasi pesawahan Dusun Sarwatulus RT 4 RW 3 Desa Sarwadadi Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah Minggu (01/12).

Kegiatan tersebut disaksikan PPL Pertanian Desa  Sumardi, Kepala Dusun Sarwatulus Fuad, Ketua Gapoktan Dadi Makmur Salim Barkah, S.Pd.I, Ketua P3A Desa Sarwadadi Ngato Hariri serta warga masyarakat setempat.

Sebelum meletakan batu pertama,  Amin Muzaki menjelaskan, pengembangan JUT di Dusun Sarwatulus ini memiliki banyak manfaat. Selain sebagai sarana mengangkut hasil panen, jalan tersebut juga bisa di gunakan oleh masyarakat untuk membawa jenazah ke TPU Dusun Sarwatulus yang kebetulan bersebelahan dengan lokasi persawahan.

Lebih lanjut Amin menjelaskan, dari total panjang talud yang direncanakan akan dibangun sepanjang 450 meter, 100 meter sudah terpasang talud beberapa tahun lalu. Tahun ini kita mendapatkan dana bantuan Pemerintah dari APBN-P Ditjen PSP Kementan RI TA. 2019 melalui Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap sebesar 100 Juta rupiah untuk pembuatan talud dengan total volume panjang 326 meter yang terbagi menjadi dua titik di kanan-kiri jalan denhan tinggi 1 meter dan ketebalan 30 cm," Jelasnya.

Dengan terus di kembangkannya JUT ini, atas nama pemerintahan Desa Sarwadadi, Amin Muzaki mengucapkan terimakasih dan hal ini akan terus ditindaklanjuti untuk kepentingan warganya.

"Kita terus berupaya agar jalan ini bisa semakin kuat dan bagus sehingga akses petani dalam mengangkut hasil panen semakin mudah serta masyarakat bisa memanfaatkan untuk kegiatan lainnya", ucap Amin Muzaki.

Sementara itu Babinsa Sarwadadi dalam laporannya mengungkapkan, inilah bentuk perhatian pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan semakin mudahnya akses petani dalam mengangkut hasil panen diharapkan biaya operasional semakin murah dan petani semakin banyak mendapatkan keuntungan.

Selain pengembangan JUT, pemerintah melalui dinas Pertanian juga terus membangun Jaringan Irigasi Tersier Usaha Tani (JITUT) di beberapa tempat, bantuan alsintan serta pendistribusian bantuan benih untuk petani.

"Selaku Babinsa saya berharap agar semua bantuan yang sudah di berikan bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta tercapai swasembada pangan khususnya Pajale", tandas Serka Sodirin.(/Sugeng/Urip)

Cilacap, Sulutnews.com - Kemampuan menembak merupakan satu tuntutan bagi prajurit TNI yang profesional, kemampuan itu tidak mungkin dapat dicapai tanpa adanya latihan yang terencana, terukur dan berkesinambungan.

Terkait hal tersebut Kodim 0703 Cilacap menggelar latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) TW. IV tahun 2019 bertempat di Lapang Tembak Kodim, di Desa Welahan, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (27/11), untuk meningkatkan kemampuan menembak prajuritnya.

Kegiatan diawali dengan apel pengecekan personel oleh Koordinator Materi Latihan Kapten Inf Tasino dan pengarahan oleh Komandan Latihan (Danlat) Kapten Inf Tugirun. Dilanjutkan pembagian gelombang menembak baik pistol maupun senapan, yang terdiri dari menembak koreksi dan menembak penilaian.

Selaku Komandan Latihan, Kapten Inf Tugirun tidak bosan-bosan menekankan kepada seluruh koordinator, pendukung maupun pelaku yang terlibat dalam latihan untuk selalu mengutamakan faktor keamanan baik sebelum, selama dan sesudah latihan.

"Pedomani prosedur tetap (Protap) selama latihan menembak berlangsung, semua protap wajib diikuti oleh pelaku dan pendukung latihan, "tegasnya.

"Keamanan adalah prioritas dalam latihan, yang mana hal ini dapat menjadi indikator keberhasilan dalam latihan menembak yang kita laksanakan. Ikuti seluruh mekanisme latihan mulai dari Daerah Persiapan (DP), Pemeriksaan Awal ( Rik Awal), saat menembak sampai Pemeriksaan Akhir (Rik Akhir) agar kegiatan latihan dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar seperti yang kita inginkan, "harap Tugirun.

Lebih lanjut Pasiops Latihan Kapten Cpm Agus Santoso yang turun langsung ke lapangan membenarkan adanya kegiatan latihan menembak di satuanya. Ia mengatakan bahwa kegiatan menembak senjata ringan Kodim 0703 Cilacap yang sedang dilaksanakan merupakan program latihan Triwulan IV tahun 2019 yang digelar selama 2 hari, yaitu Rabu-Kamis ( 27-28/11/2019).

"Latihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menembak seluruh prajurit, sehingga prajurit kita mampu mencapai target nilai standar minimal 80 untuk menembak senapan dan nilai 70 untuk menembak pistol," jelas Agus Santoso.(/Sugeng)

Cilacap, Sulutnews.com -  Bintang Dwi Cahyono. AP.MM didamping Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah Nur Putri Bintang, serta beberapa anggota Koramil Majenang mengunjungi kegiatan Bakti Sosial (Baksos) KB Kes 2019 yang digelar di Puskesmas Majenang II, Kamis (21/11/2019).

Rombongan Camat diterima oleh Kepala UPTD Puskesmas Majenang II Nunung Tri Susilowati. S.Si. T. Dikatakan Nunung bahwa kegiatan yang diselenggarakan tersebut adalah dalam rangka memperingati HUT KORPRI, PGRI, HKN, dan Hari Kesatuan Gerak PKK, jelas Nunung.

Lebih lanjut Nunung mengatakan, kegiatan ini dalam rangka akselerasi pencapaian target kerja bidang Keluarga Berencana (KB) dan kesehatan Puskesmas Majenang II memiliki wilayah 6 Desa.

"Dalam melaksanakan Program tersebut pada kenyataan terbukti bahwa kita menghadapi berbagai masalah yang menghambat tercapainya cita-cita untuk mewujudkan keluarga sejahtera yang seutuhnya " beber Nunung.

Nunung juga berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menekan angka stunting sejak masa kandungan dan memberikan penyuluhan kepada calon pengantin awal kehamilan, sehingga dapat terbentuk kualitas  Sumber  Daya  Manusia yang cerdas dan mandiri, pungkasnya.

Ditempat yang sama Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Majenang Nur Putri Bintang. SE, menyampaikan harapanya, agar Puskesmas Majenang II ini bisa lebih intensif melaksanakan kegiatan ini dengan merangkul berbagai elmen, seperti Dasa Wisma, kata Nur Putri.

Terkait Stunting, Nur Putri Bintang berharap kegiatan tang dilaksanakan oleh Puskesmas bisa menekan angka Stunting sejak masa kandungan, diharapkan dari pihak Puskesma dan kader PKK yang ada agar bisa memberikan penyuluhan kepada para calon pengantin sehingga dapat membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan mandiri, pungkasnya.

Diakhir kunjunganya ke Puskesmas Majenang II Camat menghimbau dan menyampaikan harapanya, semua unsur yang terlibat dalam kegiatan tersebut agar bisa menjaga kekompakan sehingga apa yang menjadi tujuan dan cita-citanya bisa tercapai dengan baik, kata dia.

" PKK tidak hanya menjadi suatu organisasi namun juga untuk membantu keluarga guna meningkatkan kesejahteraan, maju dan mandiri " tutup Bintang.(/Junaedi)