Lolowang Pimpin Rapat Pembahasan Minimalisasi Perdagangan Dan Konsumsi Daging Hewan

Written by  Prise Haryono Sep 20, 2019

Tomohon, Sulutnews.com - Sekretaris Daerah Ir.Harold V Lolowang, MSc,memimpin rapat dalam rangka meminimalisasi perdagangan dan konsumsi daging Hewan Penular Rabies (HPR) yaitu anjing, kucing dan monyet,Yang bertempat di Ruang Kerja Kadis Pertanian & Perikanan Steven A Waworuntu, SSTP, Jumat 20 September 2019.yang bertempat di Ruang Kerja Kadis Pertanian & Perikanan Steven A Waworuntu, SSTP, Jumat 20 September 2019.

Lolowang menginformasiakn juga kepada  masyarakat agar  harus tahu bahwa bahaya mengkonsumsi daging anjing yang dibawa dari luar Kota Tomohon seperti dari Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Selatan serta daerah sekitarnya. Konsumsi daging anjing berpotensi menyebabkab penyakit rabies pada manusia dan hewan.

Dan daging-daging anjing ini sebelum di bawa ke pasar Tomohon untuk diperdagangkan 90 %  sudah mati dan di taruh es untuk pengawetan dalam perjalanan beberapa hari ke Tomohon."ujar lolowang".

Jelasnya juga,Jadi proses pembusukan telah terjadi sehingga mengandung banyak bakteri yang tentu sangat

tidak baik untuk kesehatan alias rentan penyakit utamanya rabies. Hanya sekitar 10 % anjing dalam keadaan hidup tapi kesehatannya belum tentu terjamin karena bisa saja berpenyakit rabies.

Apalagi saat ini musim panas, jadi hewan-hewan ini lebih rentan penyakit dan tak layak untuk di konsumsi. Ada baiknya masyarakat mengurangi konsumsi daging RW atau tidak konsumsi Hewan Penular Rabies dari luar Tomohon untuk Kesehatan dan kecintaan pada hewan peliharaan."kata lolowang".

Rapat ini dihadiri oleh Dirut PD Pasar Noldy H Montolalu, SE, Kasat Pol PP Syske Wongkar, SPd, para Kabid,Kasubit dan Kasubag terkait serta mewakili Kabag Humas &.Protokol Kasubag Pemberitaan.(/Prise)