Berharap LKPD Tomohon Harus Responsif Dan Proaktif

Written by  Prise Haryono Apr 01, 2019

Tomohon, Sulutnews.com - Menurut informasi yang ada terkait dengan  adanya LKPD tahun anggaran 2018 pada pemerintah kota Tomohon, bahwa dari badan BPK akan melakukan pemeriksaan interim, Senin (1/4/2019).

Maka dari itu dari tim pemeriksaan,Wali Kota Tomohon Jimmy Eman SE Ak mengatakan bahwa ditahun 2018 Kota Tomohon memiliki 34 perangkat daerah. Pada tahun 2019 Kota Tomohon hanya memiliki 33 perangkat daerah minus Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan yang juga penting.

Dan dari Setiap kepala perangkat daerah harus  responsif dan proaktif, jika ada data atau dokumen yang dibutuhkan langsung ditindaklanjuti untuk diserahkan. “Merupakan  Komitmen agar bersama untuk mempertahankan Opini WTP bukan hanya bicara tetapi action, juga  mengharapkan banyak petunjuk dari Tim BPK”,ucap eman.

Melalui adanya informasi dari TIM BPK juga  mengatakan bahwa pada setiap tahunnya ada pemeriksaan yang sesuai protap BPK dengan tim berbeda-beda untuk menilai setiap pemerintah daerah.

Selain itu Tim akan turun ke lapangan, bendahara ketika dipanggil BPK untuk dimintai keterangan wajib hadir dan tak usah takut dan siapapun yang dipanggil BPK harus langsung datang.

BPK juga mengingatkan kembali agar selama pemeriksaan, pejabat yang nantinya tugas luar harus seizin BPK dan bagi bendahara-bendahara penerimaan dan pengeluaran ketika dipanggil untuk pengambilan sampel langsung datang saja menghadap tim dan ini bukan berarti ada penyimpangan. “Tomohon telah meraih WTP lima kali beruntun, jangan sampai terlena dan jangan sampai kejadian yang sama berulang-ulang terjadi di perangkat daerah. Oleh karena itu dari Tim BPK pula berharap agar pemerintah daerah setiap tahun semakin baik.(/Prise)