Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Mewakili Walikota Membuka Ujian Dinas Penyesuaian Ijazah

Written by  Merson Simbolon Jul 28, 2022

Tomohon,Sulutnews.com - Walikota Tomohon yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, S.E., M.E. menghadiri dan membuka kegiatan Ujian Dinas Tingkat I, Tingkat II dan Ujian Penyesuaian Ijazah Pemerintah Kota Tomohon. Dilaksanakan di Gedung CAT Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Tomohon, Kamis 28 Juli 2022.

Adapun peserta yaitu Ujian Dinas Tingkat I - 21 orang, Ujian Dinas Tingkat II - 14 orang dan Ujian Penyesuaian Ijazah 3 orang.

Sambutan Walikota Tomohon yang dibacakan Sekot Tomohon, menyampaikan sebagaimana tertuang dalam peraturan pemerintah no 12 tahun 2002 tentang kenaikan pangkat pegawai negeri sipil bahwa kenaikan pangkat bagi PNS merupakan salah satu cara untuk meningkatkan prestasi kerja dan pengabdian PNS kepada negara. secara tegas disebutkan bahwa kenaikan pangkat bukanlah hak, namun penghargaan yang diberikan oleh pejabat berwenang karena prestasi kerja yang diperolehnya sesuai dengan persyaratan dan peraturan yang berlaku.

“Agar kenaikan pangkat dapat dirasakan sebagai penghargaan, maka kenaikan pangkat diberikan secara adil dengan mekanisme yang berdasarkan asas kompetensi”, urai Walikota.

Terkait dengan hal tersebut pemerintah kota tomohon melalui BKPSDM kota tomohon melaksanakan ujian dinas tingkat i, dan tingkat ii serta ujian penyesuaian ijasah, hal ini dilaksanakan untuk memfasilitasi para PNS dalam rangka pengembangan karir dalam hal kenaikan pangkat dari golongan II/d ke golongan III/a, golongan III/d ke golongan IV/a dan penyesuaian ijasah.

“Melalui ujian dinas ini saudara-saudara akan dibekali dengan kemampuan yang bahannya tersaji dalam soal-soal yang akan diuji, tentu dengan ujian dinas ini saudara-saudara akan diukur sejauhmana kompetensi saudara dalam hal kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan kompetensi sosio kultural yang kesemuanya bertujuan untuk mengukur kemampuan saudara dalam mengejawantakan tugas pokok dan fungsi saudara, sesuai dengan pangkat golongan yang di miliki” tulis Walikota.

“Saya berharap saudara-saudara dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga kedepan pns kita semakin berkualitas sesuai dengan kompetensi masing-masing jabatan pada jenjang kepangkatan yang ada dan saya perlu tegaskan kepada saudara untuk mengikuti dengan serius, jangan berpikir bahwa ini hanya sebagai formalitas dalam kelengkapan kenaikan pangkat, tapi saya akan evaluasi hasil kerja saudara dengan meminta laporan hasil masing-masing peserta dari panitia pelaksana, sebagai bahan pertimbangan dalam pengajuan usul kenaikan pangkat”, katanya.

Dihadiri juga oleh Plt. Kepala BKPSDMD Kota Tomohon Albert Tulus, S.H., dan Sekretaris BKPSDMD Kota Tomohon Eden Kawung, S.Sos., M.M.Sip.(*/Merson)