Eman Hadiri Pembukaan Workshop Penyusunan Modul Pembinaan Kader Dan Temu Remaja PGI

Written by  Prise Haryono Feb 04, 2019

Tomohon, Sulutnews.com - Ibadah Minggu Dirangkaikan Dengan Pembukaan Workshop Penyusunan Modul Pembinaan Kader dan Temu Pembina Remaja Persekutuan Gereja-Gereja Di Indonesia (PGI).Minggu 4/2/2019.

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak selaku Ketua Panitia acara Temu Pembina Remaja PGI menghadiri ibadah pembukaan yang dilaksanakan di Gereja GMIM Nasareth Matani.

Walikota "Atas nama pemerintah Kota Tomohon, juga selaku Ketua Panitia pelaksana kegiatan ini, dengan penuh sukacita iman saya ucapkan selamat datang di Kota Tomohon, Kota Religius, Kota Tangguh (Kota Yang Tertib, Aman, Nyaman, Unggul Dan Hidup Rukun) kepada seluruh peserta workshop penyusunan modul pembinaan kader dan temu pembina remaja persekutuan gereja-gereja di indonesia (PGI). 

Mempersiapkan generasi muda gereja yang mampu mendedikasikan diri dan memberi dampak dalam pelayanan dan pengabdiannya bagi gereja, masyarakat dan bangsa dengan prinsip serta nilai-nilai kristiani yang oikumenis, merupakan salah satu fokus perhatian PGI, sebagaimana juga telah diamanatkan melalui sidang raya maupun sidang majelis pekerja lengkap (MPL). -PGI menyadari betul bahwa mempersiapkan orang muda kristen yang berintegritas, berkarakter Kristus dan mampu berkarya ditengah dunia yang semakin kompleks ini, bukanlah hal yang mudah. -Oleh karena itu dibutuhkan kerja keras dan kerja sama seluruh elemen gereja.

Salah satu upaya yang akan dilakukan selain melakukan berbagai pelatihan peningkatan kapasitas, dirasakan perlu menyusun modul  pembinaan yang oikumenis dan yang komprehensif sebagai suplemen tambahan guna menolong para pembina remaja dan pemuda dari gereja-gereja anggota PGI dalam mempersiapkan kader-kader terbaiknya. -Modul ini diharapkan dapat menjadi panduan dan penolong bagi para pembina remaja yang tersebar di gereja-gereja dalam mempersiapkan anak-anak usia remaja yang berkualitas dan berwawasan oikumenis yang kuat.

Selain itu, dengan modul ini diharapkan bahwa kesenjangan akibat rentang usia remaja tersebut tidak lagi membingungkan para pembina yang menangani usia remaja di gereja masing-masing.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini, yaitu:

  1. Penjaringan issue dan kebutuhan pembinaan remaja dari sinode-sinode gereja anggota PGi;
  2. Pembuatan modul pelatihan dan panduan pembinaan bagi remaja;
  3. Pembentukan forum komunikasi pembina remaja sinode-sinode gereja anggota PGI;
  4. Menyusun rencana kerjasama lintas sinode dalam rangka pembinaan remaja gereja.

Hasil yang diharapkan:

  1. Modul pelatihan pembinaan kader oikumene bagi remaja gereja;
  2. Panduan bagi pembina remaja dalam melakukan pelatihan peningkatan kapasitas remaja;
  3. Terbentuknya wadah komunikasi dikalangan pembina remaja sinode dalam mendukung kerja PGI dalam melengkapi remaja dan pemuda gereja.

Kegiatan ini diikuti oleh para pembina remaja dan pemuda sinode gereja-gereja. - Untuk waktu pelaksanaan, mulai dari tanggal 2 -5 februari 2019 di gereja GMIM Nazaret Matani, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. -Selanjutnya, pada tanggal 6 Februari, setelah selesai dilaksanakannya kegiatan ini, panitia menyiapkan city tour yaitu dengan mengunjungi beberapa tempat di kota tomohon sambil menikmati keindahan alam yang ada, yaitu: di  Menara Alfa Omega, Gereja Sion Tomohon, Taman Wale Kabasaran, Kantor Sinode Gmim, Bukit Doa Tomohon, Puncak Rurukan Dan Danau Linow.   

Besar harapan kami, kegiatan ini akan menambah manfaat bagi kepelayanan generasi muda khususnya pemuda/remaja gereja.-Walikota mengajak kepada seluruh peserta dan semua pihak yang terkait untuk dapat menyatu dan memberi diri mengambil bagian menopang seluruh rangkaian acara yang semuannya dipersembahkan hanya untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan.

Turut Hadir dalam ibadah ini Khadim Ketua BPMS GMIM Pdt. DR. Hein Arina, Ketua Biro Pemuda Remaja PGI Abdiel Fortunatus Tanias, SST,  Ketua Komisi Remaja Sinode GMIM Pnt. Dr. Michaela Paruntu, MARS, Ketua Forum Pembina Remaja PGI Pnt. Ir. Moudy Rondonuwu, M.T, Wakil Sekretaris Umum Majelis Pekerja Harian PGI Pdt. Krise  Angki Gosal, M.Th, Ketua BPMJ GMIM Nasaret Matani Pdt Smitha Goni – Manopo, S.Th, para ketua remaja se PGI dan se Sinode GMIM serta pendeta pelayan dan seluruh jemaat GMIM Nasaret matani.(/Prise)