Tomohon (Sulutnews.com). Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017 kembali memukau penggemar bunga di dunia. Selasa (8/8) bertempat di Kompleks Pusat Kota Tomohon, helatan bergensi Pemkot Tomohon ini dibuka dengan ditandai pemukulan tetengkoren oleh Deputy Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementrian Pariwisata RI, Hesty RekoHastuty, didampingi Wakil Gubernur Sulut Drs.Steven Kandouw, Walikota Tomohon Jimmy Eman,SE,Ak, Wakil Walikota Sherly Sompotan dan Kapolda Sulut.

Pelaksanaan TIFF diawali dengan atraksi penampilan Anggota polisi dari Kepolisian Daerah (Polda) Sulut dengan baju adat dari seluruh Indonesia. Atraksi ini cukup menarik perhatian pengunjung yang datang menonton di sepanjang jalan komplek Pusat Kota Tomohon. Atraksi inti yang tidak kalah menarik adalah pawai mobil bunga yang diikuti 11 negara partisipan, antara lain Belanda, Filipina, India, USA, dll, beserta partisipan dari utusan daerah penggemar bunga di Indonesia, perbankan, BUMN danswasta.

Pawai mobil bunga ini dimulai dari Stadion Parasamya dan Finis di Kompleks Kantor RindamTomohon, dengan sebelumnya peserta wajib melakukan atraksi penghormatan bagi tamu undangan di Tribun utama pelaksanaan TIFF 2017, untuk kemudian melangkah kelokasi finis.

Deputi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementrian Pariwisata RI, Hesty Astuti mengatakan, kementrian sangat mendukung TIFF 2017. ‘’Saya sangat bangga dan terharu TIFF masih memukau pengunjung dan pencinta bunga di tanah air dan luarnegeri. Semoga hal ini menjadi cambuk bagi Tomohon lebih tingkatkan pelayanan bidang pariwata semoga TIFF tahun depan semakin baik lagi,’’ katanya.

Sementara itu kepada wartawan usai acara TIFF, Walikota Tomohon didampingi Wakil Sherly Sompotan mengukapkan, TIFF 2017 sudah menjadi tantangan dan kehormatan negeri ini oleh sebab itu dari tahun ketahun diupayakan semakin baik dipersembahkan Tomohon bagi perkembangan sector pariwisata.

‘’TIFF 2017 khusus didesain tidak hanya menjadi kalender iven tahunan saja, namun disain untuk perkembangan sektor pariwisata, ekonomi, sosiologi dan teologia. Artinya dengan TIFF, semua sektor bisa berkembang dengan semangat nasionalis. Tomohon bukan hanya ada untuk warga Tomohon, namun Tomohon juga ada untuk warga Sulawesi Utara dan Indonesia,’’ kata Jimmy Eman,SE.AK serius.

Wakil Walikota Tomohon menambahkan TIFF 2017 diharapkan mampu mengeruk gemericik rupiah bagi warga Tomohon dan Pemkot Tomohon. ‘’Sayaperkirakan TIFF 2017 ditonton sekitar 10 ribu orang sejak dibuka tanggal 6-11 Agustus 2017,’’ katanya sambil tersenyum.

Helatan TIFF tidak hanya menampilkan pawai mobil hias bunga Krisan Lili dan Krisan pulo yang habitat tanamannya tumbuh banyak di pegunungan Tomohon saja, namun menampilkan pula Pemilihan Nona Bunga 2017 diikuti remaja putra dan putrid utusan kota/kabupaten se-Sulawesi Utara. Acara puncak yang tak kalah bergengsi adalah Resepsi Ulang Tahun Kota Tomohon yang diselanggarakan pada tanggal 10 Agustus 2017. Dijadwalkan, selain tamu-tamu dari luar negeri, duta besar partisipan, juga akan hadir Gubernur dan seluruh Muspida Sulawesi Utara. (yy/tl/*)