Jakarta, Sulutnews.com - Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tahun 2019 di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019).

Pada rapat tersebut dibuka langsung oleh  Presiden RI Joko Widodo,serta menyatakan bahwa Komunikasi sangat penting sekali untuk dibangun, ada masalah dibicarakan, hubungan harmonis seperti itu akan memengaruhi tensi di daerah, kalau ada masalah dan ada yang tidak rukun, satu saja akan menjadi masalah besar dalam menangani problem di daerah. Bupati/Walikota juga harus menjalin hubungan yang baik dengan Forkopimda.

Jokowi pun meminta kepada  Pemerintah Daerah dan jajaran dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah lainnya menjalin komunikasi yang harmoni.Hal ini diyakini sebagai salah satu upaya untuk menyinergikan dan mendukung program pembangunan.

Dan pada kesempatan tersebut juga Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan bahwa permasalahan yang dihadapi pemerintah saat ini tidak lepas dari peran pemerintah daerah.

penyelenggaraan pemerintahan di daerah sangatlah kompleks dan melibatkan berbagai unsur seperti DPRD, TNI, Polri dan Kejaksaan.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Perdagangan orang merupakan tindakan yang bertentangan dengan harkat dan martabat manusia serta melanggar HAM,hal tersebut disampaikan oleh Walikota Tomohon Jimmy F,Eman,Se,Ak,CA pada kegiatan  Gugus Tugas Pencegahan & Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT-PPTPPO) yang bertempat di DP3AD Kota Tomohon Selasa 12 November 2019.

Menjadi harapan  Walikota Tomohon yakni,dengan adanya kegiatan seperti ini harus memperkuat kebijakan & upaya-upaya yang sudah dilaksanakan pemerintah melalui kelompok-kelompok kerja yaitu, Perlindungan anak Berbasis Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)  dan Satgas Penanganan Masalah Perempuan  dan Anak (Sat Gas PPA)."kata eman".

Lanjut eman,hal tersebut sesuai dengan uu no 21 tahun 2007 tentang pemberantasan  tindak pidana perdagangan orang. UU ini mengatur pemenuhan hak korban berbasis HAM.

Dan perlindungan hukum terhadap masyarakat dapat tercapai dengan baik apabila dilakukan dengan penegakan hukum tersebut sama halnya dengan penegak hukum terhadap tindak pidana perdagangan orang atau human trafficking.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil ketua pengadilan tinggi Negeri Tondano Djainuddin Karanggusi, SH MH.

Kadis Pemberdayaan perempuan dan perlindungan Anak Kota Tomohon dr Olga Karinda M.Kes.

Mewakili Kajari Tomohon Dian Subdiana SH selaku Kasi Pidum Kejari Tomohon.Mewakili Kapolres Tomohon Only Yosepa selaku Kanit PPA Polres Tomohon.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Hak untuk memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis.

Hal tersebut di sampaikan Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE AK CA pada sambutannya dalam kegiatan Rapat Koordinasi Kehumasan Pemerintah Kota Tomohon,yang di laksanakan di Rumah Dinas Walikota Selasa(12/11/2019).

Dengan adanya kegiatan rapat ini sangatlah penting untuk menjalin koordinasi dan kerjasama antara bagian Humas dan Protokol dengan semua perangkat daerah yang ada di Pemerintah Kota Tomohon, untuk menyampaikan berita yang ada melalui Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Tomohon.

Dan mengetahui berita hoax dibuat demi tujuan keuntungan pribadi si pembuat berita. Solusi pemerintah dalam menyikapi/melawan hoax yakni pemerintah bisa mengambil peran kerjasama, tetapi juga sebagai wadah untuk integrasi dan sinkronisasi kegiatan pemerintah dalam pengelolaan komunikasi dan informasi publik.

Turut Hadir Narasumber Kepala Biro Protokol dan Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sulut Dance Lantang SPt MSi, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Tomohon John Kapoh SS MSi. Serta Peserta : seluruh perwakilan dari seluruh perangkat daerah di Kota Tomohon.(Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Sebanyak 20 siswa dari sekolah SMA Internasional  dari Hongkong Selasa 5 November mengunjungi SMA Negeri I di Kota Tomohon dalam rangka belajar adat dan budaya seperti tarian cakalele dan maengket dan budaya lainnya.

Kepala Sekolah SMA Negeri I Tomohon Dra Meyta Tambengi MM kepada wartawan mengatakan  banga atas kunjungan 20 siswa SMA dari Hongkong. "Ini kebangaan kami . Dan ini akan banyak manfaat bagi anak didik kami karena bisa juga ada anak-anak bisa sekolah lanjut ke Hongkong."Kata Tambengi

Selama beberapa jam para siswa berbaur satu sama lain. Dan terlihat keakrapan dan gembira Siswa dari Hongkong belajar tarian dan pakai parang untuk latihan tarian Cakalele. Para Siswa SMANegeri I banyak menguasai bahasa inggris sehinga tidak kaku. Palbo salah satu siswa dari Hongkong kepada wartawan merasa banga datang ke Tomohon untuk belajar budaya dan seni.(/Fanny)

Tomohon, Sulutnews.com - Walikota Jimmy F eman SE,Ak,CE menjadi inspektur upacara dalam mempringati hari Pahlawan 10 november 1945 yang di laksanakan diLapangan Stadion Babe Palar tomohon, 10/11/2019.

Walikota Tomohon bacakan sambutan Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara menyatakan bahwa Setiap Hari Pahlawan kita diingatakan kembali pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Dan Peristiwa  perang ini mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

Dan melalui peringatan hari Pahlawan ini diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. Menjadi Pahlawan Masa Kini sesuai tema hari pahlawan tahun ini, hal ini dapat dilakukan oleh siapapun dan sebagai warga Negara Indonesia dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Dengan menjadi diri sendiri kita sebagai Pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi.

Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hari sanubari segenap insan masyarakat Indonesia."ajak eman".

Turut hadir dalam upacara ini, ketua DPRD Kota Tomohon Jemmy J. Sundah, SE, Kapolres Tomohon diwakili Kapolsek Tomohon Selatan Iptu Widodo, Kajari Tomohon diwakili kasie Tindak Pidana Khusus Kejari Tomohon Deri Rahman, SH, Dandim 1302 Minahasa diwakili Kasdim 1302 Minahasa Mayor Inf. Feky Welang, Kakan Kemenag Tomohon diwakili Kasie Bimas Kristen Pdt. Nova Maleke, S.Th, M.Pd, jajaran pemerintah Kota Tomohon, jajaran TNI/Polri, Tokoh Agama serta seluruh ASN dan Nakon Pemerintah Kota Tomohon.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Dalam meningkatkan komitmen peran dari semua lapisan masryarakat yang terkait pada dampak kependudukan di masa yang akan datang serta prilaku isu masyarakat tentang kependudukan melalui  Dinas kependudukan dan catatan sipil menyelenggarakan Rapat koordinasi di bidang kependudukan dan Keluarga Berencana  di laksanakan di anugerah hill, Senin, 11 November 2019.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs. O. D. S. Mandagi membuka kegiatan serta membacakan sambutan mengatakan bahwa Pada rapat koordinasi tersebut sangat diperlukan dalam upaya mendekatkan pelayanan penyebaran informasi dan sosialisasi yang dibutuhkan oleh  masyarakat demi terciptanya Kota Tomohon yang bebas dari dampak permasalahan kependudukan yang kompleks.Dan berharap dalam rapat ini juga dapat menciptakan wawasan berpikir yang luas melalui ceramah dan diskusi."ucap mandagi".

Turut Dihadiri oleh kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Tomohon Trisye Polii, S.Pd., dan Para Lurah se- Kota Tomohon.Narasumber Wakapolres Tomohon Kompol. Dessy Bolang, S.Pd. dan Asisten Kesejahteraan Rakyat.(/Prise)

Tomohon,Sulutnews.com - Mempringati hari pahlawan tanggal 10 november 2019 Akademi angkatam laut (AAL)tingkat IV angkatan 65 serta praktek Jala Yudha Tahun 2019 menggelar kegiatan Kirab Kota Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL,telah di laksanakan di kota Tomohon,dengan titik start kirab di kompleks depan Cool Supermarket dan finish di kompleks pusat Kota Tomohon.Kamis 7/11/2019.

Wakil walikota Syerly adelin sompotan mengatasnamakan pemerintah dan masyarakat memberikan apresiasi yang setinggi -tingginya dan berterima kasih kepada pihak TNI AL, yang telah memilih  kota Tomohon dalam kegiatan tersebut.

Lanjutnya,berharap para Taruna/Taruni AAL saat ini dapat melaksanakan praktek Jala Yudha dengan baik sehingga dapat memperoleh hasil yang memuaskan sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Semoga para generasi muda calon-calon pemimpin masa depan bisa menjadi pelaut-pelaut handal, tangguh dan mampu menjaga serta mengamankan wilayah laut Nusantara dengan baik."kata SAS.

Pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut Brigjen TNI Marinir Endi Supardi SE menyampaikan bahwa;

Melalui kegiatan ini tentu Kota Tomohon akan semakin mendunia dan terkenal karena nantinya kegiatan Taruna AAL ini akan di muat dalam majalah TNI dan dibagikan ke setiap kedutaan yang ada.

TNI AL Mengajak juga  putra putri di Kota Tomohon untuk masuk tarun taruni AAL.

Dan pemuda-pemudi Tomohon dapat mendaftar sebagai taruna / taruni TNI AL. Karena lewat Kegiatan ini dapat  memotivasi orang tua siswa/siswi untuk mendorong anak-anak mereka dapat sekolah dan belajar giat dan tekun untuk masa depan yang lebih baik. Sekaligus dapa5 juag meningkatkan kreasi dan kreatifitas."kata supardi".

Selain itu juga kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka praktek Jala Yudha Tahun 2019, dan wajib untuk dilaksanakan.

Terima kasih kepada Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon yang senantiasa mendukung menyukseskan kegiatan ini, terima kasih juga kepada unsur masyarakat yang berantusias menyaksikan jalannya kegiatan ini, terima kasih kepada semua yang terlibat dalam kirab saat ini."ucap supardi".

Hadir dalam kegiatan Wakil Komandan Lantamal VIII Manado Kolonel Yohanes Djanarko Wibowo bersama jajarannya, Wakil Direktur II IPDN Provinsi Sulut Suradji, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Erens Kereh AM KL, Sekretaris Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc bersama pejabat eselon II dan III Pemkot Tomohon.

Peserta yang  Ikut bagian dalam kegiatan  iring-iringan kirab yakni kelompok Taruna AAL,Marinir AL, Lantamal XIII Manado, SMU Lokon Tomohon, SMU Karitas Tomohon dan IPDN Sulawesi Utara.(/Prise)

Tomohon,Sulutnews.com - Asisten Perekonomian Ir. Vonny F Pontoh MBA bersama perangkat daerah terkait yakni Dinas Pariwisata menerima kunjungan dari DPRD kota cirebon.yang bertempat di lantai III Kantor Sekertariat Daerah Kota Tomohon Rabu 6/11/19.

Tujuan kunker DPRD cirebon mengetahui dan ingin belajar perkembangan kota tomohon dimana kota tomohon yang sudah mengguncang mata dunia dengan berbagai macam tempat wisata-wisata yang ada di kota Tomohon.

"Ya Tomohon Kota ini kota  yang sangat sejuk di samping itu masyarakatnya pun  ramah,sehingga kami ingin tidur dan berlama-lama di kota Tomohon"ketus kata para anggota dewan DPRD Komisi III Kota Cirebon Provinsi Jawa Barat.

Dengan adanya kenyamanan yang ada di kota tomohon pemkot cirebon rencana tahun depan mengalokasikan anggaran untuk ikut serta dalam pelaksanaan TIFF nanti.

"Memang Kota Tomohon memiliki obyek-obyek wisata yang terkenal dan telah mendunia dengan agenda TIFF yang masuk 10 besar iven Pariwisata di Indonesia."ucap vonny.

Selamat Datang dan Selamat menikmati keramahan masyarakat dan keindahan obyek-obyek wisata alam serta kesejukan Kota Tomohon."kata vonny".

Disamping itu Sekretaris Dinas Pariwisata Wulan E Roeroe SE MSi bersama Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Chrisnaldus Roring S.Par MAP menyampaikan materi seputar kepariwisataan dan sarana prasana penunjang kepariwisataan di Tomohon yang memadai sekaligus dari Rombongan Komisi III DPRD Kota Cirebon Provinsi Jawa Barat juga menyaksikan tayangan video selayang pandang Kota Tomohon dengan semua potensi pariwisata dan keunggulannya.

Usainya penyamapaian materi dilakukan Pertukaran cendera mata oleh Pemkot Tomohon & Anggota DPRD Komisi III Cirebon dan foto bersama.(/Prise).

Tomohon,Sulutnews.com - Pemerintah pusat,akan mendukung secara maksimal dengan segala sumber daya yang dimiliki untuk mewujudkan smart city di Indonesia hal tersebut diutarakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate, dalam sambutannya pada kegiatan pelaksanaan Smart city yang telah di laksnakan di Balai Sudirman Jakarta.Rabu 6/11/2019.

Kondisi masyarakat dunia semakin dinamis dengan situasi ekonomi global, perang dagang, potensi resesi ekonomi dunia di beberapa negara seperti Jerman, Chili, Turki dan lain-lain menjadi isu yang harus kita jawab ke depan," tegas Menteri Kominfo,

Oleh karena itu perlu  adanya dukungan kesatuan, solidaritas antara kementerian dan 100 kota smart city guna mendukung terwujudnya masterplan, sebagai panduan penggunaan teknologi digital untuk pelayanan publik.

"Terlebih pada 2045, ada sekitar 240 juta jiwa akan tinggal di kawasan perkotaan yang menuntut kemudahan layanan untuk mendukung kegiatannya," pungkas menkominfo. 

Disampung itu juga Walikota Tomohon Jimmy f eman,SE,Ak ,Ca sangat  mendukung sepenuhnya dalam pelaksanaan pada  kegiatan Kementerian Kominfo serta memberikan apresiasi yang tinggi atas peran serta Dinas Kominfo Tomohon yang telah membawa Kota Tomohon dalam 100 Smart City di Indonesia.

Sehingga tomohon juga  sebagai satu di antara 100 kabupaten/kota yang terpilih dalam gerakan 100 smart city, mengikuti Exhibition (=Pameran), Evaluasi dan Presidential Lecture (Sinergitas Pelayanan di Era Revolusi Digital) Gerakan Menuju 100 Smart City yang berlangsung 4 - 6 November 2019."kata eman.

Pada kesempatan tersebut Menkominfo juga mengunjungi stand pameran Kota Tomohon sekaligus berdialog bersama Walikota Tomohon Jimmy F Eman, SE Ak CA yang didampingi Kadis Kominfo J S T Pandeiroth SPd MM bersama para staf yang mengikuti kegiatan ini.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Kegiatan Rapat Penyusunan dan Assistensi Jadwal Retensi Arsip (JRA) ini sangat penting agar kita dapat menyusun JRA pada masing-masing Perangkat Daerah dan BUMD,Hal tersebut di katakan Sekretaris Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc membuka kegiatan ini,yang bertempat diAnugerah Hill Tomohon, Senin (4/11/12).

Menjadi tujuan kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman, tujuan pengertian, asas dan tata cara penyelenggaraan kearsipan, dalam upaya mewujudkan akuntabilitas kinerja pemerintah yang baik dan berwibawa."kata lolowang.

Lanjutnya,diingatkan juga kembali agar seluruh Perangkat Daerah sebagai pengelolah dan pencipta arsip dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik sehingga JRA Pemkot Tomohon dapat segera dirampungkan sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku agar semua dapat memiliki pedoman dalam hal penyusutan dan penyelamatan arsip daerah"jelas eman.

Sesuai laporan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tomohon Mariam Rau SH mengatakan bahwa Kegiatan penyusunan JRA merupakan kewajiban bagi Pemerintah Daerah seperti diamanatkan dalam UU 43 tahun 2009 pasal 48.

Oleh karena itu sebagai lembaga pembina kearsipan di Kota Tomohon sedang mengupayakan ditetapkannya JRA Pemerintah Kota Tomohon, tanpa menyampingkan pembinaan kearsipan secara keseluruhan."kata Rau".

Dengan diselenggarakannya rapat dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemkot Tomohon dapat memperoleh hasil, capaian-capaian yang sangat bermanfaat"harap rau".

Kegiatan akan  dilaksanakan selama dua hari (4-5 November 2019).Peserta kegiatan, perwakilan OPD, Kecamatan dan BUMD.(/Prise)