Tomohon, Sulutnews.com - Kementerian Kelautan & Perikanan RI bekerja sama dengan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu  Melalui Dinas pertanian dan perikanan,dalam hal ini  lakukan kegiatan penebaran ikan di perairan umum atau restocking dengan jenis ikan tawes,yang bertempat di Danau Sineleyan Tomohon Kamis, 12 September 2019.

Penebaran ikan ini bertujuan untuk pengkayaan stock ikan di perairan umum,pelestarian sumberdaya alam seperti komoditi perikanan serta untuk meningkatkan hasil tangkapan masyarakat di perairan umum tersebut.

Selain itu pula  ikan yang ditebar  di danau sineleyan ini bukan jenis ikan invasif (tidak menyerang ikan lain dan tidak mengganggu populasi ikan lain) tetapi jenis ikan tawes.Ramah lingkungan dan makan gulma.Ukuran yang di lepas yakni 8-10 cm / ekor ikan yang ditebar  dengan jumlah 100.000 ekor.

"Terima kasih kepada pihak Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu yang telah membantu kami dalam hal ketersediaan ikan di perairan umum.

Dan tentunya dengan dukungan seperti ini akan menambah kekayaan alam kita yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Tomohon. Ini juga bukti bahwa kerjasama yang terjalin selama ini semakin baik antara kami dengan pihak balai.

Kami berharap masyarakat semakin menyadari bahwa hal ini semata-mata untuk kepentingn masyarakat."ucap steven selaku Kepala Dinas pertanian dan perikanan.

Turut Hadir , 2 orang dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu yaitu : Markus Soande, S.St.Pi. dan Jhonly Solang, S.Pi. M.Si

Kadis Petanian dan Perikanan Steven Waworuntu, SSTP., Camat Tomohon Tengah Michael Joseph, S.STP dan Lurah Talete Satu Rommy Mamuaja, SP.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Yayasan AZR Wenas Panti Asuhan Nasareth Tomohon milik  Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) kini  hangus di lalap si jago merah,lokasi tersebut di Kelurahan Matani Tiga Lingkungan 8 Kecamatan Tomohon Tengah .Kamis 12/9/2019.

Sesuai dengan informasi yang ada peristiwa kebakaran tersebut  terjadi sekitar Pukul 18:00 Wita. Salah satu saksi mata, James Makaminang (18) yang merupakan penghuni panti asuhan tersebut mengungkapkan, api berasal dari salah satu kamar yang ditempati Pongen yang dperkirakan telah berusia 60 tahun.

‘’Saat selesai mandi dan hendak menjemur pakaian yang dicuci, saya melihat api di kamar Pongen dan makin lama makin besar. Bersama teman-teman, kami keluar bangunan dan berteriak minta tolong,’’ aku James.

Pongen sendiri sesuai informasi memiliki kebiasaan merokok dan diketahui sedikit mengalami gangguan jiwa. Dugaan sementara, api berasal dari puntung rokok Pongen.

Begitu mendapat laporan, pemerintah Kota Tomohon melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) langsung mengirimkan pemadam kebakaran.

‘’Ya, kami menurunkan empat pemadam kebakaran ditambah satu tanky air dari Perusahaan Daerah Air Minum Kota Tomohon untuk memadamkan api,’’ ujar Kepala Satpol PP dan Linmas Kota Tomohon Syske Wongkar SPd.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Tim URC Totosik Polres Tomohon mengamankan sekelompok anak remaja yang melakukan pesta lem ehabond di Walian Tomohon Selatan Kota Tomohon, Selasa (13/8/2019) pukul 14.30 Wita.

Melalui informasi masyarakat yang berada disekitar lingkungan merasa terganggu dengan ulah yang dilakukan oleh para remaja yang masih duduk di bangku sekolah.

Sehingga warga melaporkan hal ini kepada Tim URC Totosik Polres Tomohon,dan tim pun langsung bergegas mendapati tempat kejadian tersebut,Dan hal itupun di dapati sekolompok anak remaja usia sekolah masih dalam suasana pesta lem ehabond di dalam kamar kos.

Kasat Narkoba Polres Tomohon AKP Stanly Mawidingan S.Sos membenarkan hal tersebut. “Enam dari delapan anak remaja yang diamankan masih duduk di bangku sekolah di Kota Tomohon,” ujarnya.

Dan Kedelapan anak remaja tersebut yaitu MK (17), MW (16), HL (16), RR (17), CP (15), EK (13), GR (13) dan MR (14).

“Kedelapan anak remaja didapati dalam kamar kost, dan sebagian dari mereka masih memakai seragam sekolah, saat penggeledahan terdapat tiga kaleng lem ehabond yang asik dikerumuni anak remaja tersebut,” terangnya.

Para remaja tersebut langsung digiring ke Markas Polres untuk dilakukan pembinaan dengan menghadirkan orang tuanya masing-masing.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Penyuluhan Keluarga Berencana Kecamatan Tomohon Tengah.Dilaksanakan di Tempat di Aula Hati Kudus Kolongan, Selasa 10/9/2019.

Asisten Umum Dra Lily Solang MM buka kegiatan penyuluhan keluarga berencana serta menyampaikan praktek KB telah kita pahami melalui proses dari pernikahan yaitu merencanakan bagaimana keluarga kita kedepan dengan baik.

Dan berharap Melalui sosialisasi ini menjadi dasar bagaimana kita memberikan pemahaman kepada anak-anak bahkan keluarga terdekat.

Dan Ada beberapa hal pula yang harus di ketahui yakni;

-Program KKBPK

(Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) bermanfaat bagi ibu :

* KB dapat menjaga kesehatan fisik dan kesehatan reproduksi lebih optimal.

* mencegah kehamilan tidak diinginkan

* mendekatkan ibu pada pelayanan kesehatan

 

- Program KKBPK bagi anak;

* mencegah kurang gizi

* tumbuh kembang terjamin

* kebutuhan ASI eksklusif 6 bulan dapat terpenuhi

 

- Dari sisi ekonomi program KKBPK bermanfaat :

* mengurangi kebutuhan rumah tangga

* meningkatkan pendapatan/ekonomi keluarga.

 

Sehingga untuk  mendapatkan Keluarga yang berkualitas adalah keluarga yang dibentuk berdasarkan perkawinan yang sah dan bercirikan sejahtera, sehat, maju dan mandiri"tutup lily".

 

Turut hadir  Camat Tomohon Tengah Michael Joseph SSTP MSi, para kader KB se-Tomohon Tengah, serta undangan.

Serta Narasumber : perwakilan BKKBN Provinsi Sulut dr Jein Winokan, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tomohon Sjerly Bororing SP MM SI.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Kegiatan Persentasi Karya (Showcase) IKKON Bekraf akan menampilkan suatu hasil kreatif yang telah dilakukan oleh Tim IKKON (Inovasi dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara)-Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) di Kota Tomohon.

Pada seni pertunjukan ini akan dikolaborasi  menggabungkan antara seni tari, paduan suara dan video tematik,dan ini  baru pertama kali dilakukan di Indonesia.

Oleh karena itu di undang semua kalangan agar dapat menyaksikan pertunjukan yang akan di laksanakan pada hari ini; Rabu 11/9/2019 pada jam

wita-selesai, tempat Amphitheater Woloan Kecamatan Tomohon  Barat.

Untuk Rundown acara tersebut yakni : pembukaan,sidang adat Woloan (theatrikal), pemukulan tetengkoren massal oleh warga Woloan, tari kabasaran massal, showcase "I  Yayat U Santi".kata

Kabag Humas John ES Kapoh, SS MSi.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com-Kegiatan penandatangan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama, berkaitan dengan optimalisasi pendapatan daerah dan manajemen aset daerah.Dilaksanakan di ruang rapat CJ Rantung Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Selasa 10/9/2019.

Eman ikut melakukan penandatanganan bersama pemerintah Kabupaten/Kota se- Provinsi Sulawesi Utara dengan Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri Sulawesi Utara, ATR/BPN Wilayah Sulut, DJP Wilayah Suluttenggomalut, Bank Pembangunan Daerah Sulutgo.

Dan dari pimpinan KPK pun ikut menyaksikan penandatangan tersebut, berkaitan juga pelaksanaan program pencegahan korupsi terintegrasi pada pemerintah daerah, dalam rangka juga mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di daerah, salah satunya terkait manajemen aset daerah.

Sementara itu  Gubernur olly dodokambey SE, menegaskan bahwa aset daerah harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga diharapkannya pendapatan daerah akan terus meningkat dan berdampak pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Begitupun hal yang sama yang di sampai kan Eman  bahwa ia pun  sangat  mendukung penuh akan program ini.

Sehingga dengan adanya progam ini,tentunya  akan lebih meningkatkan pembangunan dalam segala bidang dan berdampak baik pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Turut  Hadir mendampingi wali kota, Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang MSc, bersama perangkat daerah terkait.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE AK CA belum lama ini  ditugaskan oleh  Gubernur Sulut,  menghadiri Street Festival di New York sekaligus perayaan HUT Maesa Amerika,Yang bertempat di St Vartan Armenial Cathedral berada di jantung Kota New York.kemarin hari pada tanggal Senin 9/9/2019.

Kehadiran Eman di kota new york mempromosikan progam pemerintah provinsi Sulut  termasuk potensi yang ada di Kota Tomohon.

Dengan kehadiran kunjungan eman,sangat di apresiasikan oleh masyarakat kota Tomohon yang ada di amerika,Bahkan rencana di bulan november 2019 ini Walikota Somersworth New Hampshire ingin membuat Mou terkait dengan pemberian hibah alat-alat kesehatan ke Sulawesi Utara termasuk Kota Tomohon.

Selain akan memberi alat-alat kesehatan rencana juga Pemprov Sulut akan mendirikan semacam tugu di Somersworth dan juga akan membuat little Indonesia di sana, sehingga warga Sulut disana akan mendapat bantuan dari pemerintah kabupaten Kota di Sulut."kata eman kepada wartawan".

Lanjut eman bahwa Festival bertajuk Indonesian Street Festival (ISF) di hadiri pengunjung Sekitar 5-8 ribu orang yang dilaksanakan  di sekitar Kantor KJRI New York. 

Dan ISF kali ini merupakan kerja sama antara KJRI dan masyarakat Indonesia di New York serta didukung oleh beberapa insitusi, seperti Bank Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Kementerian Pariwisata serta Pusat Promosi Investasi Indonesia.

Turut menghadiri ISF ini Dubes Mahendra, Wakil Tetap RI untuk PBB di New York Dubes Dian Triansyah Djani dan perwakilan Wali Kota New York Jumanee D. Williams.Serta rombongan Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE AK CA yakni Bupati Minahasa Roy Roring, Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri.(/Prise)

Tomhon,Sulutnews.com - Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan melantik pengurus dan anggota PMR Wira SMA/SMK Kota Tomohon, bertempat di SMA Katolik Karitas Senin 9 September 2019.

Wawali disambut kepala Sekolah Jane J A Lumentah, SPd, MPd bersama para siswa/siswi SMA Katolik Karitas Tomohon, serta menerima rangkaian bunga dari perwakilan siswa / siswi yang ada di sekolah.

Pada kesempatan tersebut Wawali SAS memberi sambutan dan  berharap  semoga pengurus dan anggota yang baru dilantik dapat melaksanakan misi kemanusiaan ini terlebih khusus di lingkungan sekolah dan dikehidupan bermasyarakat pada umumnya.

Usai sambutan wawali Syerly Adelyn Sompotan  menyerahkan susunan pengurus dan anggota PMR SMA Katolik Karitas dan diterima Kepala Sekolah Jane Lumentah.

Wawali menyematkan scraft ( slayer syal) ke masing-masing siswa yang telah dilantik menjadi pengurus dan anggota PMR.

Kepala Sekolah SMA Katolik Karitas mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Ibu Wakil Walikota Tomohon yang telah bersama dengan kami sekaligus melantik para pengurus dan anggota PMR sekolah ini. Semoga sukses selalu.(/Prise)

Tomohon Sulutnews.com - Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak, CA membuka Workshop Manajemen Penyelenggaraan Festival Platform Indonesiana, bertempat di  AAB Guest House Tomohon Senin( 9/9/19).

Sambutan walikota Tomohon dalam pembukaan  Workshop Manajemen Penyelenggaraan Festival Platform Indonesiana ini walikota menyatakan bahwa Indonesiana adalah program khusus Direktorat Jendral Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, untuk memperkuat ekosistem kebudayaan Indonesia melalui pembuatan landasan atau platform yang terkonsolidasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah terutama dalam hal tata kelola kebudayaan.

Lanjut walikota,Indonesiana adalah sebuah Platform kegiatan kebudayaan yang nantinya akan digarap bersama sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dalam program platform Indonesiana ini kita akan mencoba memperbaiki, meningkatkan kualitas tata kelola kita melalui tindakan.

Harus tumbuh kesadaran bahwa ada dunia yang lebih besar di luar sana. Jadi semangat kita bukan hanya berlomba lomba membuat festival peningkatan kualitas tata kelola maksudnya adalah menyinergikan antar instasi, lembaga komunitas komunitas budaya, untuk duduk bersama dan saling terkoneksi satu sama lain. Hasil akhirnya membentuk budaya masyarakat yang mandiri."jelas eman".

Eman pun berharap pada kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebaik baiknya oleh para peserta workshop, agar nantinya lewat workshop ini akan terjadi peningkatan kapasitas tim penyelenggara dan tim pelaksana kegiatan, secara khusus di bidang pengelolah pengetahuan, kurasi dan produksi, komunikasi dan kerjasama dalam lingkup managemen penyelenggara festival dan juga mematangkan kinerja masing-masing bidang.

Narasumber :

Koodinator Pusat dari Direktorat Kesenian Direktorat Jendral Kebudayaan Kemendikbud RI Ibu Susiyanti, Tim Ahli Platform Indonesiana Nyak Ina Basuki bersama Tim.

Hadir Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, MSc yang juga merupakan Ketua Umum Panitia, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon DR. Juliana D. Karwur, M.Kes, MSi.

Peserta : Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, para Stakeholder dan Pengiat Seni Kota Tomohon.(/Prise)

Tomohon, Sulutnwes.com - Sesuai dengan Surat keputusan dari (SK)Pimpinan DPRD Kota Tomohon bernomor R-928/GOLKAR/IX/2019.

Dari Tim seleksi ketua Pimpinan DPRD DPD-I Partai Golkar Sulawesi Utara Christiany E Paruntu SE melalui Sekretaris Tim Seleksi Pdt Arther Wuwung STh kepada wartawan mengungkapkan, pihaknya telah menerima SK dari DPP Partai Golkar Sabtu (7/9/2019) kemarin.

Dan dari hasil keputusan DPP Partai Golkar yang setelah menggodok nama-nama yang sudah diusulkan yakni Ir Miky JL Wenur MAP, Djemmy J Sundah SE dan Ladys F Turang SE,kini telah  ditetapkan Djemmy J Sundah SE di percayakan  menjabat sebagai Ketua Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Tomohon untuk periode 2019-2024 ’’Setelah sebelumnya dijabat oleh Ir Miky J L Wenur MAP di periode 2014-2019. tukas Wuwung.(/Prise)