Tomohon, Sulutnews.com - Sekretariat DPRD Kota Tomohon melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah Kota Tomohon Nomor  1 Tahun 2017 tentang Pengendalian & Penanggulangan Rabies di Kelurahan  Paslaten Satu dan Kelurahan Paslaten Dua, Senin 18/3/2019.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris DPRD yang diwakili kepala bagian Keuangan Djonnie Sualang. Sebagai narasumber dari kegiatan Sosialisasi ini yaitu anggota DPRD Michael Lala dan dari dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon, drh. Agus Budiarso selaku kasie kesehatan hewan.(/Prise)

Tomohon,Sulutnews.com-Sekretariat DPRD kota tomohon melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah Kota Tomohon Nomor 11 tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Kelurahan Kampung Jawa dan Kelurahan  Pinaras, Senin, 18 Maret 2019.

Sebagai penjelasan yang ada Asap Rokok juga merupakan penyebab gangguan yang serius bagi kesehatan serta kehidupan manusia. Merokok pun diakui menjadi hak setiap pribadi, namun konsekwensinya tidak menggangu masyarakat sekitar yang bukan perokok, maupun jaminan bagi kesehatan.

Kegiatan ini dibuka oleh sekretaris Dprd yang dieakili oleh kepala bagian Persidangan Sigie Pungus.

Adapun Narasumber dalam kegiatan ini anggota dprd Dortje mandagi dan dari Dinas Kesehatan, kabid P3KL Marthen Manua.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Apel Korpri Jajaran Pemerintah Kota tomohon berlangsung di lapangan Stadion Babe palar,Senin,18/03/2019.

Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan yang juga sebagai pembina apel  Korpri Jajaran Pemerintah Kota Tomohon,mengatakan bahwa  Korpri adalah salah satu lembaga profesi ASN yang bertujuan untuk memelihara dan memantapkan stabilitas politik dan sosial yang dinamis dalam negara Indonesia,yang dimana pula dalam menghadapi kemajuan teknologi dalam rangka mewujudkan Good Governance dan pelayanan prima.

Dan ditahun ini  akan menghadapi agenda nasional yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan legislatif dan DPD RI, Korpri diharapkan menyukseskan agenda tersebut dan menggunakan hak politik sebagai warga negara."jelas SAS

Pada kesempatan itu pula  menyampaikan kepada seluruh pejabat yang wajib melaporkan Harta Kekayaan Pejabat Negara(LHKPN) untuk segera melaporkan atau mengisi di daftar email yang telah disiapkan, mengingat batas waktu pelaporan sampai bulan maret ini.

Untuk juga diketahui  kepada seluruh peserta apel bahwa pada penerimaan CPNS tahun anggaran 2018 sebanyak 241 formasi telah diserahkan kepada BKN dan sementara diproses untuk penerbitan NIP.

Tampak hadir Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc MTh, jajaran pemerintah Kota Tomohon dan para peserta apel.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com -  Asisten Kesejahtraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs. O.D.S Mandagi buka Kejuaraan Bulutangkis Beregu antar Kecamatan dan Kelompok Umur se-Kota Tomohon, bertempat di Lapangan Bulutangkis Sprint Manguni Woloan, Senin (18/03/19).

Pada pembukaan kejuaraaan bulutangkis tersebut  Asisten I mengatakan bahwa lewat kesempatan ini, selaku Pemerintah Kota Tomohon kami menyampaikan bahwa pemerintah akan senantiasa memberikan dukungan bagi pihak-pihak yang memiliki tekad untuk mengembangkan olahraga di Kota Tomohon. karena menurut kami ada 3 hal atau 3 tahapan yang harus kita pahami dari olahraga itu sendiri.

Pertama, Olahraga Masyarakat : Hal ini mengandung pengertian bahwa dalam mengembangkan suatu cabang olahraga, haruslah dimulai dari masyarakat, yaitu bagaimana kita memasyarakatkan olahraga, dengan kata lain, kita jadikan suatu cabang olahraga itu dikenal, diminat bahkan menjadi kegemaran dari masyarakat itu sendiri. Dengan demikian akan mempermudah kita dalam mencari dukungan baik daya maupun dana dari masyarakat untuk mengembangkan suatu cabang olahraga, tahapan inilah yang sementara kami bangun dan kembangkan saat ini demi perkembangan dunia olahraga di Kota Tomohon dimasa yang akan datang. Sehingga kehadiran kami selaku pemerintah saat ini adalah merupakan suatu wujud kepedulian kami untuk memberikan dukungan terhadap upaya-upaya memasyarakatkan olahraga yang merupakan bagian dari tekad dan komitmen kami untuk kemajuan olahraga di Kota Tomohon.

Kedua, Olahraga Prestasi : Hal ini mengandung arti bahwa setelah olahraga itu dikenal dan diminati oleh masyarakat, maka sekarang bagaimana kita akan mengolahragakan masyarakat, olahraga tidak akan berkembang apabila hanya sebatas dikenal tanpa ada pelakunya atau orang yang melakukan olahraga tersebut sehingga bagaimana cara kita membuat agar masyarakat itu menjadikan olahraga sebagai suatu hal yang harus dilakukan, menjadikan olahraga itu sebagai bagian dari kebutuhan hidupnya, dan menjadikan olahraga itu sebagai tempat mengembangkan talenta untuk kemudian berprestasi dalam olahraga tersebut.

Dengan dilaksanakannya kejuaraan ini, membantu kita dalam menyaring bibit-bibit olahragawan bulutangkis baru, untuk kita latih dan kembangkan menjadi pemain-pemain bulutangkis yang berkualitas yang akan menjadi aset SDM kita di bidang olahraga.

Kejuaraan ini, selain sebagai wahana untuk menyiapkan bibit-bibit pemain bulutangkis, saya mengharapkan pula dapat dijadikan sebagai ajang untuk lebih memantapkan kemampuan pemain dalam mengukur tingkat kemampuan yang dimiliki, dalam rangka mempersiapkan atlet-atlet yang matang dan tangguh.

Ketiga, Olahraga Profesional : Yaitu suatu hal atau tahapan dimana olahraga itu telah menjadi suatu profesi atau pekerjaan, dengan kata lain, olahraga bukan lagi sekedar hobby atau prestasi, tapi kita dapat memperoleh kehidupan yang layak dari olahraga tersebut, sehingga menjadi suatu harapan kami pemerintah, kiranya olahraga bulutangkis dapat menjadi olahraga profesional bagi masyarakat Kota Tomohon.

Tampak hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Tomohon Drs. Ventje Karundeng, General Manager PGE Area LHD Ir. Salvius Patangke, serta para Camat dan Lurah se-Kota Tomohon.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Sekretariat DPRD Kota Tomohon melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah Kota Tomohon Nomor  1 Tahun 2017 tentang Pengendalian & Penanggulangan Rabies di Kelurahan Tara Tara Dua dan Kelurahan Tara tara Tiga, Senin (18/3/2019).

Sosialisasi ini bertujuan untuk melindungi masyarakat dari risiko penularan  penyakit rabies terhadap masyarakat yang ada dikota tomohon,dan ini merupakan juga sebagai  landasan hukum agar dapat menagatur pemeliharaan juga pengawasan serta melakuakn pencegahan dalam penanggulangan rabies.

Dalam kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Dprd kota tomohon yang diwakili oleh Kepala Bagian Umum Stenly Mokorimban.

Sebagai narasumber dari kegiatan Sosialisasi ini yaitu anggota dprd yang terhormat bapak Stanly Wuwung , ST  dan dari dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon,  kepala bidang peternakan & kesehatan hewan, drh John Karundeng.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Gelar Kejuaraan Karate Open Tournament 'Kajati Cup' Sulawesi Utara Tahun 2019.dilaksanakan pengukuhan panitia yang diadakan di Aula Kejati Sulut, Senin(18/3/19)

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan karate disetiap perguruan, serta membangun mental dan karakter yang tangguh di Provinsi Sulawesi Utara. Marilah kita bergandengan tangan untuk menyukseskan kegiatan ini.

Selamat bertugas, berkarya, semoga semua pemberian kita untuk suksesnya acara ini, semua berkenan kepadaNya, dan kepada kita dilimpahkan berkat dariNya, ucap Ketua umum Gojukai Komda Sulut M Roskanedi SH, yang juga sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut.

Kegiatan ini akan berlangsung pada 5-7 April 2019 di Gedung Olahraga Babe Palar Kota Tomohon.

Sekdakot Ir Harold Lolowang MSc,sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan yang akan berlangsung nantinya,

Disamping itupun Walikota Tomohon mengatakan siap menyukseskan kegiatan ini, dengan adanya kegiatan ini tentu akan menambah nilai tersendiri untuk Kota Tomohon dalam berbagai hal.

Marilah kita sebagai masyarakat Kota Tomohon secara umum untuk bersama-sama mendukung dan menyukseskan kegiatan ini.

Dalam kesempatan pula tersebut Ketua Umum Panitia Sanny Perengkuan SE MAP :

Dengan kerjasama yang baik dari kita sebagi panitia tentu akan membuat suksesnya kegiatan ini, sehingga komisariat Sulut dapat menjadi panutan dan contoh dari daerah lain.

Usainya pelantikan, kesempatan itu ditempat yang sama langsung dilaksanakan rapat panitia yang dipimpin langsung ketua panitia.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE AK menghadiri dan membuka secara resmi Sosialisasi Tatacara pemberian Hibah, Bantuan Sosial dan Santunan Dana Duka Tahun Anggaran 2019, Kamis 14/03/19 bertempat di Aula Rumah Dinas Walikota Tomohon.

Sambutan Walikota mengatakan bahwa  Permendagri No 13 tahun 2018 adalah mengatasi permasalahan pelaksanaan pemberian hibah, bansos dan santunan dana duka yang bersumber dari APBD, antara lain berisi pertama, penegasan persyaratan pemberian hibah antara lain:

  1. Bersifat nirlaba, sukarela dan sosial
  2. Memiliki kepengurusan yang jelas di daerah yang bersangkutan
  3. Berkedudukan dalam wilayah administrasi pemerintah daerah yang bersangkutan, dalam hal ini berkedudukan di Kota Tomohon
  4. Telah terdaftar pada kementerian yang membidangi urusan hukum dan hak asasi manusia

Kedua, pengaturan kembali nama dan besaran pemberian Hibah dan bansos kepada masing-masing penerima yang dicantumkan dalam lampiran tersendiri dalam Perkada (Peraturan Kepla Daerah) tentang penjabaran APBD.

Sebagai penjelsan yang ada untuk diketahui yakni Hibah adalah pemberian uang/barang atau jasa dari pemerintah daerah kepada pemerintah atau pemerintah daerah lainnya, perusahaan daerah, masyarakat dan organisasi kemasyarakatan, yang secara spesifik telah ditetapkan peruntukannya, bersifat tidak wajib dan tidak mengikat, serta tidak secara terus menerus, yang bertujuan untuk menunjang penyelenggaraan urusan pemerintah daerah

Bansos adalah pemberian bantuan berupa uang/barang kepada individu, keluarga, kelompok dan atau masyarakat yang sifatnya tidak secara terus menerus dan selektif yang bertujuan untuk melindungi dari kemungkinan terjadinya resiko sosial.

Santunan dana duka adalah untuk membantu biaya pemakaman atau kremasi. Pemerintah Kota Tomohon akan memberikan santunan duka sejumlah Rp 1.000.000 setiap penduduk yang meninggal dunia.

Tampak hadir Ketua FKUB Kota Tomohon Pdt Vonny Roring MTh, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi, para tokoh Agama, para tokoh masyarakat serta para hadirin undangan.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Asisten Umum Ir. Corry Caroles menerima kunjungan Kerja Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo di ruang rapat lantai III Sekretariat Daerah Kota, Tomohon (14/3/19).

Tujuan kedatangan ini dalam rangka silaturahmi sekaligus melihat sejauh mana pendokumentasian arsip serta lainnya di Pemkot Tomohon, karena Pemkot Tomohon sudah dikenal baik dalam hal pengarsipannya, dan semoga Kabupaten Boalemo dapat mengikuti jejak tersebut.

Disamping itu pula Memiliki JRA bagi pemerintah lebih khusus di Kota Tomohon adalah sebuah kewajiban, sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Berdasarkan hal tersebut, maka pemerintah Kota Tomohon sedang mengupayakan ditetapkannya Jadwal Retensi Arsip (JRA) bagi seluruh SKPD di Kota Tomohon untuk mentaati peraturan hukum yang ada.       

Dan Program/ kegiatan dibidang kearsipan terlebih kewajiban penyusunan JRA PAD tiap SKPD dibawah bimbingan Dinas Teknis Kearsipan,Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tomohon.

Semoga kunjungan ke Kota Tomohon dapat memberikan dampak positif dan lebih terjalinnya hubungan baik antara Pemkot Tomohon dan Kab. Boalemo.

Dalam kegiatan ini diakhiri penyerahan cinderamata antara Pemkot Tomohon dan Pemkab. Boalemo.

Rombongan ini hadir pula Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Boalemo Dra. Monru Mopangga serta para Kepala Dinas Kab. Boalemo,Dari Pemkot Tomohon hadir juga jajaran  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tomohon.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - sekretariat dprd kota tomohon melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah Kota Tomohon Nomor  1 Tahun 2017 tentang Pengendalian & Penanggulangan Rabies di Kelurahan  matani satu dan Kelurahan Talete Dua, Jumat (15/3/2019).

Sosialisasi ini untuk menyampai-nyampaikan bahaya rabies bagi masyarakat karena penyakit rabies merupakan penyakit yang tertinggi penderitanya di Sulawesi Utara. Selain itupula tentunya membutuhkan peran kita semua melalui pengamatan, pencegahan dan pemberantasan rabies.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Dprd yang diwakili oleh Kepala Bagian Persidangan Sigie Pungus. Adapun narasumber dari kegiatan Sosialisasi ini yaitu anggota dprd yth Ladys Turang dan dari dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon,drh John Karundeng selaku Kabid Peternakan dan Kesehatan.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Sekretariat Dprd kota tomohon melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah Kota Tomohon Nomor 11 tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Kelurahan Kamasi dan Kelurahan Kamasi Satu,Jumat (15/3/2019).

Sosialisasi ini yang tentu akan memberikan arti dan makna yang besar dalam upaya mewujudkan aparatur Pemerintah Kota Tomohon dalam pelaksanaan Peraturan Perundang-Undangan serta tugas pokok dan fungsi masing-masing. Setiap kegiatan dalam upaya untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dilaksanakan berdasarkan prinsip nondiskriminatif, partisipatif, dan berkelanjutan dalam rangka pembentukan sumber daya manusia Indonesia, serta peningkatan ketahanan dan daya saing bangsa bagi Pembangunan Kota Tomohon.

Untuk itu setiap hal yang menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan pada masyarakat Indonesia akan menimbulkan kerugian ekonomi yang besar bagi negara termasuk Kota Tomohon dan setiap upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat juga berarti investasi bagi pembangunan Negara termasuk Kota Tomohon. Peraturan Daerah Kota Tomohon nomor 11 tahun 2016 tentang kawasan tanpa rokok sebagai upaya pemerintah daerah dalam rangka proses pembangunan yang dilandasi dengan wawasan kesehatan dalam arti pembangunan nasional harus memeperhatikan kesehatan masyarakat dan merupakan tanggung jawab semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat.

Kegiatan ini dibuka oleh sekretaris Dprd kota tomohon yang diwakili oleh Kepala Bagian Perencanaan Stenly Mokorimban .

Adapun Narasumber dalam kegiatan ini anggota dprd Harun Lullulangi dan dari Dinas Kesehatan, kabid P3KL Marthen Manua.(/Prise)