Tomohon, Sulutnews.com - Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH menghadiri wisuda Akademi Keperawatan Bethesda Tomohon angkatan XVII T.A 2020/2021.Yang dilaksanakan di Auditorium Bukit Inspirasi (ABI) Tomohon, Kamis 14 Oktober 2021.

Walikota Caroll mengatakan dalam sambutannya Syukur Tomohon saat ini berada pada level II maka bisa dilaksanakan Wisuda secara tatap muka. Atas nama masyarakat dan pemerintah Kota Tomohon, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada para Wisudawan Akademi Keperawatan yang telah berhasil menyelesaikan studi dengan hasil yang sangat memuaskan dan membanggakan. Semoga acara Wisuda saat ini akan memotivasi semangat dan tekad kita untuk terus berkarya dan berusaha membangun diri masing – masing terlebih bagi bangsa dan negara serta Kota Tomohon tercinta khususnya dalam bidang kesehatan.",kata Walikota Caroll.

"Ya tentunya dalam peran Akademi Keperawatan Bethesda Tomohon sangat penting dengan pembangunan pendidikan kesehatan keperawatan yang merupakan salah satu komponen dari tenaga kesehatan yang tersebar di berbagai tatanan pelayanan kesehatan. Dimana dengan pelaksanaan seremonial wisuda ini membuktikan keberhasilan penyelenggaraan proses pendidikan dan berhasil mencetak sumber daya manusia berkualitas yang siap pakai sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. "Ucapnya.

Tambahnya,"untuk itu dengan peran sumbangsih pemikiran bahkan kontribusi nyata yang telah diberikan Akademi Keperawatan Bethesda Tomohon, saya atas nama jajaran pemerintah Kota Tomohon dan bahkan segenap masyarakat Kota Tomohon, mengucapkan terima kasih yang setinggi–tingginya, atas segala yang telah ditunjukan dan dibhaktikan bagi Kota Tomohon dan besar harapan saya bagi para Wisudawan Akademi Keperawatan Bethesda Tomohon dengan kemampuan yang telah dimiliki hendaknya dapat dimanfaatkan dengan baik dan terus membangun dan mengembangkan potensi diri sehingga menjadi insan yang profesional, kompeten dan bermoral. Ada yang sempat magang kerja ke Jepang, besar harapan setelah diwisuda lebih banyak lagi sarjana Keperawatan selain memberi diri di Kota Tomohon bersama-sama berjuang melawan Covid 19, dapat juga berkarya diluar daerah bahkan diluar negeri mengingat pemerintah Kota Tomohon sudah menandatangani MoU dengan BP2MI."tutup Walikota Caroll.

Turut hadir,Khadim Pdt. DR. Hein Arina selaku Ketua BPMS GMIM, Mewakili Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 16 Akub Zainal S. Busurah, SH, MH, Badan Pengurus Yayasan GMIM Domeni AZR Wenas Ir. David Sompie, M.SE, Rohaniwan Pastor Stefanus Ardi Watuseke, MSC, Imam Rival Roring dan Pdt. DR. Antonius Dan Sompe, M.Theol, Direktur Akademi Keperawatan Bethesda Tomohon DR. Ns. Joice Kaunang, SPd, S.Kep, M.Kes, Ketua Senat Intan Kotabunan, S.Pd, M.Kes, APTISI Sulut, PPNI Sulut, PPNI Tomohon serta para Wisudawa dan Wisudawati.(prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Tomohon menggelar rapat Penataan Batas Antar Wilayah di Kota Tomohon dalam rangka memperjelas  batas antar wilayah Kecamatan dan Kelurahan Se- Kota Tomohon.Yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Talete Satu Kecamatan Tomohon Tengah.Kamis,14 Oktober 2021.

Maksud dari kegiatan ini adalah untuk melakukan penataan batas wilayah administrasi Kecamatan dan Kelurahan sesuai dengan peraturan yang berlaku

Tujuan dari kegiatan ini yaitu adanya koordinasi yang baik antar Camat dan Lurah serta Perangkat dalam memperjelas batas wilayah baik di kelurahan maupun kecamatan

Narasumber yakni Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Tomohon J. S. T. Pandeirot, S.Pd., M.M.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Tomohon Jureyke Pitoy, S.H., M.Si., Para Camat dan Lurah se- Kota Tomohon.(prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Bank SulutGo menggelar Launching Kredit Bohusami Ba'Kobong Sereh Wangi di Kabupaten Minahasa, launching kredit Bohusami dibuka langsung Bupati Minahasa Roy Roring.

yang bertempat di Desa Tountimomor, Kec. Kakas di Perkebunan eks Pacuan Kuda.Kamis , 4 Oktober 2021.

Ada bohusami bakobong, bohusami baternak dan bohusami basoma (nelayan) Menjawab persoalan dan melihat potensi besar yang dimiliki  daerah Sulawesi Utara maka, PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Wilayah Sulut dan Gorontalo (BSG) meluncurkan jenis pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) “Bohusami Bakobong”, dengan skema pembiayaan yang aman,  murah dan cepat, di Kabupaten Minahasa.

Pada kesempatan ini Direktur Utama (Dirut) BSG Revino Pepah menekankan, Bohusami Bakobong dan Bohusami Beternak merupakan terobosan BSG dalam meningkatkan kesejahteraan para petani, peternak serta pelaku UMKM.

Karena Industri pertanian dan peternakan di Sulawesi Utara (Sulut) memiliki potensi yang sangat besar. Maka perlu adanya terobosan baru dan modal usaha.

Sehingga masih banyak para pekerja di Industri ini yang belum merasakan kesejahteraan. Karena kurangnya permodalan, pengetahuan belum lagi diperhadapkan dengan adanya penipuan pinjaman yang marak terjadi.

Oleh karena itu Dirut Pepah memastikan bahwa ekosistem pembiayaan ini murah, aman dan melalui proses yang cepat, dan BSG optimis sektor ini akan semakin tumbuh dan kuat untuk menopang ekonomi di Sulut dan Gorontalo,”

Pada kesempatan ini Kepala OJK Sulutgomalut, Darwisman turut memberikan apresiasi atas terobosan yang dilakukan BSG dalam bidang pembiayaan pertanian ini. Utamanya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mewujudkan kemandirian ekonomi dan kedaulatan pangan.

Atas dasar itu Bank SulutGo melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah telah menginisiasi berbagai program termasuk ‘ Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir’ yang langsung bersentuhan dengan masyarakat khususnya petani, peternak dan UMKM.

Bohusami Bakobong adalah bukti nyata BSG dalam memberikan kontribusi untuk pengembangan ekonomi daerah.

“BSG memberikan kontribusi yang positif untuk pengembangan ekonomi di Daerah, sehingga Bohusami Bakobong ini bisa bermanfaat dan dimanfaatkan dengan baik oleh para petani dan peternak serta UMKM.

Sementara dari pihak Wakil walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE

Yang selaku juga Pemerintah Kota Tomohon yang hadir pada launching kredit Bohusami juga memberikan pula apresiasi dan kepada Bank SulutGo yang telah membantu para petani dan peternak serta UMKM Khususnya para petani serai.

“Ya tentunya pula dengan adanya KUR Bohusami Bakobong,motivasi para petani akan semakin meningkat dan tanaman ini akan mengalami peningkatan serta pendapatan petani diharapkan akan meningkat pula."ucap Wawali Wenny.

Turut dihadiri dihadiri Wakil Bupati Minahasa, Ketua OJK Kepala Kantor Perwakilan BI, Dirut BSG.(prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Walikota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk, SH bersama Ketua PN Tondano Nova Loura Sasube, SH., MH,  dan wakil ketua DPRD kota Tomohon Drs. Johny Runtuwene, bertempat di rumah kediaman walikota Tomohon (kelurahan Kakaskasen dua) turut menyaksikan pertandingan Final Tinju PON XX Papua antara Toar Sompotan (Sulawesi Utara) dan Bram Hendra Betaubun (Jawa Barat) pada Rabu, 13 Oktober 2021.

Meski gagal membawa emas di ajang PON XX Papua, namun perjuangan petinju asal Kota Tomohon Toar Sompotan menuai apresiasi dan pujian dari Pemerintah Kota Tomohon, karena Toar sendiri merupakan ASN yang bekerja di Pemerintah Kota Tomohon (Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Organisasi Olahraga di Dispora).

Walikota mengatakan "ya tentunya Selaku pemerintah  kota Tomohon, saya dan pak wakil walikota merasa bangga atas prestasi yang  diraih oleh salah satu ASN di pemerintah Kota Tomohon yang juga merupakan warga Kota Tomohon: Toar Sompotan, yang berhasil meraih medali perak di cabang olahraga tinju pada PON XX Papua 2021. Apa yang diraih Toar merupakan kebanggaan seluruh masyarakat kota Tomohon bahkan Sulawesi Utara. "Tetap semangat!  dan salut dengan perjuanganmu Toar".

Saya mengucapkan selamat kepada Toar atas prestasi yang diraih walaupun harus melewati perjuangan yang berat dan harus mengakui keunggulan lawan pada partai final, namun boleh memperoleh medali perak.

Terima kasih karena telah mengharumkan nama baik kota Tomohon dan Sulawesi Utara.(prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Rapat Koordinasi sinkronisasi, monitoring dan evaluasi kebijakan pengelolaan BUMD dan BLUD di laksanakan di aula Rumah Dinas Walikota. Kamis, 14 Oktober 2021.

Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, SE. ME saat membuka rakor tersebut menyampaikan Pengelolaan BUMD (badan usaha milik daerah) dan BLUD (badan layanan umum daerah) perlu dioptimalkan agar benar-benar menjadi kekuatan ekonomi yang handal sehingga dapat berperan aktif, baik dalam menjalankan fungsi dan tugasnya maupun sebagai kekuatan perekonomian daerah. Karena tujuan didirikannya BUMD adalah untuk mendapatkan pendapatan lain di luar pajak serta membantu pembangunan daerah yang dapat memajukan perekonomian daerah dan nasional, sehingga dapat memenuhi kebutuhan rakyat dan tercipta masyarakat adil dan makmur.

Begitu pula  dengan badan layanan umum daerah (BLUD) yang adalah satuan kerja perangkat daerah untuk unit kerja pada satuan kerja perangkat daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatan didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktifitas. Karena tujuan BLUD sesuai Permendagri nomor 61 tahun 2007 pasal 2 adalah pemberian pelayanan umum secara lebih efektif dan efisien sejalan dengan praktek bisnis yang sehat, yang pengelolaan dilakukan berdasarkan kewenangan yang didelegasikan oleh kepala daerah. Dengan persyaratan-persyaratan yakni :

  1. Persyaratan subtantif menyangkut penyediaan barang dan jasa layanan umum, pengelolaan wilayah tertentu untuk tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat, pengelolaan dana khusus dalam rangka meningkatkan ekonomi dan pelayanan kepada masyarakat.
  2. Persyaratan teknis yakni kinerja pelayanan di bidang tugas pokok dan fungsinya layak dikelola dan ditingkatkan  pencapaiannya melalui blu, kinerja keuangan yang sehat.
  3. persyaratan administratif yaitu kinerja pelayanan, keuangan, dan manfaat bagi masyarakat,pola tata kelola, rencana strategis bisnis (RSB), laporan keuangan pokok, standar pelayanan minimum dan laporan audit terakhir atau bersedia diaudit secara independen."jelasnya.

Untuk itu Pendirian BUMD dilakukan oleh pemerintah daerah melalui peraturan daerah dan BUMD merupakan badan usaha yang menyediakan barang dan jasa untuk mendapatkan laba dan hasilnya nenjadi salah satu unsur dalam pengelolaan pendapatan asli daerah (PAD). PAD ini menjadi tolak ukur kemampuan daerah dan sebagai cerminan kemandiriaan daerah tersebut. oleh sebab itu bumd harus memberikan nilai tambah dalam pendapatan domestik regional bruto (PDRB) dan penyerapan tenaga kerja.

Sehingga ,pengelolaan keuangan BLUD mengacu yang pada pasal 13 Permendagri nomor 61 tahun 2007 yakni tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (BLUD), yang beroperasi berdasarkan tata kelola sesuai permendagri ini telah mengatur banyak hal baik struktur organisasi sebelum dan sesudah BLUD, prosedur kerja, pengelompokan fungsi yang logis, pengelolaan SDM, sistem akuntabilitas berbasis kinerja, kebijakan keuangan dan kebijakan pengelolaan lingkungan dan limbah.

Maka dari itu Pemerintah Kota Tomohon mengelola dua BUMD yakni PD Pasar dan PDAM serta satu blud yakni Rumah Sakit Umum Daerah Anugerah. Selaras dengan adanya BUMD dan BLUD, tentu akan memberikan fleksibilitas dan keleluasaan dalam pola pengelolaan keuangan dengan menerapkan praktek bisnis yang sehat untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat tanpa mencari keuntungan semata dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu praktek bisnis yang sehat adalah penyelenggaraan fungsi organisasi berdasarkan kaidah-kaidah manajemen yang baik dalam rangka pemberian layanan yang bermutu, berkesinambungan dan berdaya saing. Besar harapan kami, semoga BUMD dan BLUD dapat meningkatkan perekonomian daerah. Sehingga dapat menjawab tuntutan kebutuhan ekonomi dan pelayanan kesehatan pada masyarakat agar pelayanan publik dapat meningkat."tutupnya.

Hadir Karo Perekonomian Setda Provinsi Sulut yang diwakili oleh Kasubag BLUD Henk Mongi, STP,  Staf Ahli Walikota Bidang Administrasi & SDM Yang juga Plt Kabag Ekonomi Ir. Nova S Rompas, para Direktur BUMD dan BLUD Kota Tomohon, serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon lainnya.(prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah menggelar kegiatan pelatihan keterampilan menjahit, yang berlangsung selama 2 hari yang diikut sertakan para ibu rumah tangga kepala keluarga / pelaku usaha menjahit sebanyak 44 orang, yang merupakan utusan per kelurahan,

dilaksanakan di Emerah Cottage, Kelurahan Kakaskasen dua Tomohon, kamis,14 Oktober 2021.

Sebelum pembukaan kegiatan pelatihan dan ketrampilan dalam kesempatan tersebut Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Kota Tomohon dr John Lumopa melalui Sekdis Ir Themry Lasut MAP mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman keterampilan peserta baik secara lisan maupun teori tentang peningkatan ekonomi masyarakat dan keterampilan jahit menjahit.  

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan perekonomian industri rumah tangga, memperoleh pengetahuan dan keterampilan menjahit,

meningkatkan pendapatan keluarga serta membantu mengatasi masalah yang terjadi akibat pandemi covid 19 lewat bantuan peralatan mesin jahit.

Usainya,Ketua TP PKK Kota Tomohon Ny drg Jeand'arc Senduk-Karundeng yang menghadiri sekaligus membuka kegiatan serta menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan program Pemerintah Kota Tomohon yang dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas keluarga untuk mendukung pembangunan Nasional melalui pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya, disamping itu satu upaya untuk mewujudkan peningkatan kualitas keluarga didalamnya peningkatan ekonomi masyarakat, sehingga diharapkan peserta mampu meningkatkan keterampilan yang ada, menguasai teknik-teknik yang baru juga meningkatkan pengetahuan bagi ibu-ibu rumah tangga hingga dapat menjadi mandiri untuk memenuhi kebutuhan keluarga, selain itu juga dapat berperan dalam mengisi pembangunan di bidang ekonomi."jelas drg.Jeand'arc

Lanjutnya,"Tentunya Kami berharap agar para peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga memperoleh bekal keterampilan dan manfaat besar dalam menunjang perekonomian keluarga dan perekonomian bangsa", ucapnya, yang pada kesempatan itu juga ikut menyerahkan secara simbolis bantuan peralatan mesin jahit kepada perwakilan peserta dan berharap bantuan ini dapat meningkatkan keterampilan dan menunjang perekonomian khususnya dimasa pandemi saat ini."tutupnya.

Narasumber, TP-PKK Kota Tomohon dan instruktur menjahit.(prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Kegiatan Pelantikan DPC Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Kota Tomohon,digelar di Terung Kabasaran Kelurahan Kolongan Kecamatan Tomohon Tengah.Kamis,14 Oktober 2021.

Ketua DPD PAPPRI Sulawesi Utara Jimmy Senduk, S.Kom. melantik Kepengurusan DPC Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Kota Tomohon dan menyerahkan Pataka kepada Ketua DPC Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Kota Tomohon Drs. Eddy Sekho Mangarek.

Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E. menghadiri yang menghadiri pelantikan tersebut sekaligus memberikan sambutan dengan mengatakan "kami pemerintah kota Tomohon mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus DPC Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Kota Tomohon. Dan semoga selalu eksis dan selalu terdepan dalam pengembangan potensi dunia musik di Kota Tomohon."kata Wawali Wenny.

Selain itu kami sangat mengapresiasi atas dilantiknya kepengurusan DPC Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Kota Tomohon. "Jelas Wawali Tomohon.

Sehingga dengan, apa yang dilantik hari ini hendaknya akan memberikan kontribusi kepada Pemerintah Kota Tomohon dan membuka pintu lebar-lebar dalam bersinergi pada pengembangan dunia seni."tutup Wawali Tomohon.

Hadir juga pada kegiatan ini Kajari Tomohon Fien Ering, S.H., M.H., Kapolres Tomohon AKBP. Bambang Ashari Gatot, S.I.K., M.H., Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs. Johny Runtuwene, DEA., Anggota Dewan Penasehat DPC PAPPRI Kota Tomohon Ibu Eleonora Lumentut-Sangi, dan Kepala Badan Kesbangpol Kota Tomohon Ronni Lumowa, S.Sos., M.Si.(prise).

Tomohon, Sulutnews.com - Pemerintah Kota Tomohon menerima penyerahan dana Tanggung Jawab Sosial dan Keuangan Berlelanjutan (TJS-KB) atau Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar

Rp 87.900.000 yang ditandai dengan penyerahan dana TJS-KB/CSR secara simbolis dari Direktur Umum Bank Sulutgo Joubert Dondokambey SE kepada Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH.Penyerahan tersebut dilaksanakan di di ruang rapat Walikota Tomohon,Rabu,13 Oktober 2021.

Penyerahan dana tersebut diperuntukan untuk GBI Jemaat Tomohon City Curch sebesar Rp. 5.000.000, GBI Transformasi Tomohon Rp. 5.000.000, Gereja Gerakan Pantekosta "Filadelfia" Tondangow Rp. 10.000.000, Asrama Putra/Putri Pondok Bina Siswa (Pesat) Rp. 10.000.000, Gereja Pantekosta Tabernakel "Petra" Tomohon Rp. 5.000.000, Yayasan Joseph Yeemye Cabang Sulutteng/SMA Katolik St Familia Tomohon Rp. 5.000.000, Gereja Masehi Injili di Minahasa Rp. 10.000.000, Komunitas Peduli Sungai Kota Tomohon Sulut Rp. 5.000.000, Tomohon Sound Community Rp. 5.000.000, Biara Gunung Maria Tomohon Rp. 7.900.000, Panitia Pembangunan Tangki Air dan Tower Panti Sosial Tuna Grahita Santa Anna Tomohon  Rp. 20.000.000, dengan jumlah keseluruhan Rp. 87.900.000.

Penyerahan ini disertai dengan penandatanganan berita acara penerimaan oleh pihak penerima bersama pemimpin Bank Sulutgo Cabang Tomohon Jein Arina dan disaksikan langsung oleh Walikota Tomohon.

Pada kesempatan tersebut,Direktur Umum Bank Sulutgo Joubert Dondokambey SE menjelaskan bahwa bagi Bank Sulutgo kegiatan sudah merupakan strategi yang digunakan perusahaan untuk mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholdernya, dalam hal ini pemerintah daerah sebagai pemegang saham untuk kepentingan membangun relasi dan membangun kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu kami berharap hal ini akan memberikan banyak manfaat terhadap pembangunan kehidupan sosial masyarakat Kota Tomohon, sekaligus mempererat hubungan baik antara Pemkot Tomohon dengan Bank Sulutgo, dan apresiasi atas dukungan Pemkot buat Bank Sulutgo sebagai Bank Daerah yang terus berkembang dan memberi manfaat sosial bagi masyarakat Kota Tomohon dan Sulut pada umumnya." Kata Direktur Umum Bank Sulutgo Joubert Dondokambey SE".

Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH didampingi Sekot Edwin Roring SE ME dalam sambutannya mengatakan selaku pemerintah Kota Tomohon menyambut baik dan berterima kasih serta memberikan apresiasi yang tinggi kepada pihak Bank Sulutgo yang senantiasa berperan dalam menggerakkan perekonomian di Kota Tomohon melalui usaha perbankan, demikian yang dilakukan saat ini yakni penyerahan CSR Pemerintah Kota Tomohon, hal ini merupakan bentuk sinergitas Pemkot dengan stakeholders antara lain pihak perbankan.

Kita pun menyadari bahwa dalam proses perbankan dan pengelolaannya di bidang perekonomian dan jasa, bukanlah hanya semata-mata mencari keuntungan yang utama bagi perusahaan, namun hal pokok dan terpenting yang harus di perhatikan adalah faktor peningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat sekitar melalui  pemberdayaan ekonomi kerakyatan. 

Oleh karena itu kami  berharap agar penyerahan dana CSR yang telah diberikan oleh Bank Sulutgo seperti saat ini akan berlanjut, karena akan sangat membantu pemerintah Kota Tomohon dalam pergerakan ekonomi masyarakat dan pemulihan ekonomi daerah, dan tentu apa yang dilakukan saat ini  akan mendorong perputaran ekonomi dan percepatan pembangunan di Kota Tomohon.

"Kepada pihak penerima saat ini, gunakanlah dana itu dengan sebaik-baiknya dalam pelayanan dan keberlangsungan organisasi dan secara umum semoga dapat bermanfaat untuk kita semua", ucap Walikota Senduk.

Diakhir kegiatan pimpinan Bank Sulutgo menyerahkan cendera mata kepada Pemkot Tomohon, demikian sebaliknya.(prise)

Tomohon,Sulutnews.com -  Kapolres Tomohon AKBP. Bambang Ashari Gatot, SIK.MH., memantau jalannya Pelaksanaan Gerai Vaksin Presisi Polres Tomohon yang diprakarsai oleh Alumni AKABRI 1999.

Kegiatan ini digelar  bertempat di Koramil 1302-06/Tomohon, Rabu (13/10/2021).

Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot,SIK.MH,. selaku Penanggungjawab kegiatan  menjelaskan vaksinasi ini diselenggarakan atas kerjasama TNI, Polri dan Dinas Kesehatan Kota Tomohon.

Bahwa yang menjadi sasaran vaksinasi yaitu dewasa, lansia dan remaja usia 12-17 tahun, dengan jenis vaksin Sinovac dan AstraZeneca, untuk penyuntikan tahap 1 maupun tahap 2,” jelas AKBP Bambang, saat memantau kegiatan.

Lanjut AKBP Bambang, kegiatan bertajuk “Akabri 1999 Peduli” ini digelar untuk mendukung program Pemerintah dalam rangka akselerasi vaksinasi demi menekan laju penyebaran Covid-19.

"Saya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung sehingga pelaksanaan Vaksinasi Alumni AKABRI 1999 boleh terlaksana.

"Terutama kepada Dinas kesehatan Kota Tomohon yang sudah menyediakan tenaga vaksinator dan masyarakat yang sudah ambil bagian pada kegiatan vaksinasi hari ini .

Sambung AKBP Bambang Dalam waktu dekat, Alumni AKABRI 1999 akan melaksanakan bakti sosial, dengan sasaran seluruh masyarakat, terutama yang terdampak penyebaran Covid - 19.

Untuk itu saya mengajak  kepada seluruh Masyarakat Tomohon agar turut mengambil bagian dalam pelaksanaan vaksinasi,

"Apa lagi kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari Pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid - 19, kunci AKBP Bambang.

Kegiatan Gerai Vaksin Presisi Polres Tomohon ini tampak dihadiri oleh Kadis Ops Lanudsri Manado Kolonel Penerbang Ade Fitri. Sementara Mewakili Wali Kota Tomohon Caroll Senduk, SH tampak hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakot Toar Pandeirot, S.Pd.MM.  (Adrian)

Tomohon, Sulutnews.com - Perayaan Ibadah HUT ke - 59 PKB (Pria/Kaum Bapa) Sinode GMIM Wilayah Tomohon dua,dilaksanakan di jemaat GMIM Efrata Kamasi/Kamasi satu, selasa 12 Oktober 2021. 

Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH, menghadiri sekaligus memberi kan sambutan serta menyampaikan selamat HUT ke-59 PKB Sinode GMIM didalamnya PKB Wilayah Tomohon dua.

Dikatakannya walaupun ditengah pandemi covid saat ini dan masih dalam keterbatasan kita berbangga bersama karena saat ini Pria Kaum Bapa Wilayah Tomohon dua boleh melaksanakan perayaan syukur HUT PKB sekaligus melakukan berbagai kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya.

Kegiatan ini tentu sebagai bentuk topangan ataupun sinergitas PKB dengan Pemkot Tomohon bersama unsur TNI, dan hal ini patut diapresiasi.

Walikota Senduk mengungkapkan pihaknya mendukung penuh akan kegiatan ini, karena apa yang dilakukan saat ini tentu dapat membantu akan program Pemkot, dan pastinya dapat bermanfaat bagi banyak orang."kata Walikota Caroll.

Sementara, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti Waranei F Mamahit yang ikut hadir pada kesempatan itu mengatakan perayaan saat ini merupakan

kekuatan dasar bagi para PKB dalam tanggung jawab bekerja dengan tujuan untuk kehidupan  beragama, serta untuk kesinambungan umat manusia yang beriman.

Melalui kegiatan ini pastinya memberi dampak yang baik, dan dapat saling membantu antar sesama.

TNI adalah bagian dari rakyat dan siap hadir bersama dengan masyarakat, siap bersinergi untuk mewujudkan masyarakat sejahtera.

Untuk itu saya mengajak "Marilah kita pelihara lingkungan kita, alam ciptaan Tuhan, dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya berkat Tuhan yang diberikanNya bagi kita semua" pesan Mamahit.

Dalam perayaan HUT ke-59 PKB ini,dilaksanakan juga kegiatan seperti donor darah, penyemprotan disinfektan, pembagian masker, serta pembagian sekaligus penanaman pohon kayu/buah kurang lebih 2500 pohon.

Kegiatan ini pun melibatkan unsur PKB, PMI Kota Tomohon, KNPI Kota Tomohon, TNI, BPBD Kota Tomohon bersama unsur terkait lainnya.

Usainya,dalam Kesempatan tersebut dilakukan pembagian bibit pohon secara simbolis, pelepasan tim penyemprotan disinfektan, pelepasan simbolis tim pembagian masker, dan diakhir kegiatan dilakukan penanaman pohon secara simbolis.

Turut  hadir para tokoh agama dan masyarakat, hadir pula Dandim 1302 Minahasa Letnan Kolonel Inf Herbeth Andi Amino Sinaga SIP bersama jajarannya, Ketua PMI Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Ketua Komisi PKB Rayon Tomohon Pnt Dr Febry Dien ST Mlnf Tech.(prise)