Tomohon,Sulutnews.com - Kabar bahagia datang dari Keluarga Wali Kota Tomohon Caroll Senduk bersama istri drg. Jeand’arc Karundeng dalam Keluarga Senduk – Karundeng, atas lahirnya cucu pertama anak dari putra terkasih Karlheinz Putra Minahasa Senduk dengan menantu Vilia Teresa Angow yang lahir pada Minggu (03/6/2022) di Rumah Sakit Gunung Maria Kota Tomohon.

Saat itu juga Walikota Tomohon langsung mengunggah foto kelahiran cucu pertamanya di akun facebooknya yang diketahui berjenis kelamin laki-laki.

Benar telah lahir Cucu pertama dari Bapak Walikota Tomohon, ungkap Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Tomohon Christo Kalumata S.STP kepada Wartawan Media ini.

Berdasarkan informasi Cucu pertama Walikota Tomohon lahir pada hari ini minggu  Pukul 09:49 Wita dan diberi namaSean Carell Senduk.

"Saat itu juga Bapak Walikota dan keluarga  langsung bergegas ke rumah sakit Gunung Maria," ujar dia saat dihubungi.

Saat mendengar kabar ini, Christo menuturkan, Wali Kota Tomohon sedang menghadiri sejumlah undangan Kemudian langsung menuju ke rumah sakit saat mendengar kabar bahagia tersebut, singkatnya.

Penulis: ARP

Tomohon,sulutnews.com- Kejuaraan Menembak Perbakin Tomohon dalam rangka HUT Bhayangkara ke - 76 di Kota Tomohon, Provinsi Sulut memasuki hari kedua, Setelah hari pertama dipertandingkan 25 meter Benchrest Silhoutte untuk Forkopimda Plus dan 10 meter Air Rifle Pump Hunting PJU Polres dan anggota DPRD Tomohon, Sabtu (2/7/2022) 25 meter Bench Rest 25 Open Tournament.

Baru hari pertama pesertanya membludak di Kota Tomohon, Provinsi Sulut. 51 peserta main di hari pertama. Menariknya, nomor paling bergengsi ini selain diikuti peserta dari Sulawesi Utara, tampil juga dari Maluku Utara yakni dari Tidore dan Tobelo serta Papua.

Nomor yang memperebutkan hadiah Rp10 juta ditambah tropy dan piagam untuk pemenang pertama, Rp7,5 juta ditambah troply dan piagam serta juara ketiga Rp5 juta ditambah tropy dan piagam ini paling banyak diminati peserta.

Sementara untuk 10 meter Air Rifle Pump Hunting Local Tomohon, di hari pertama ada 17 peserta.

Minggu (3/7/2022) besok, hari kedua untuk 25 meter Bench Rest Open Tournament dan 10 meter Air Rifle Pump Hunting Local Tomohon.

Ketua Pengurus Kota Persatuan Olahraga Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Kota Tomohon Ir Miky Junita Linda Wenur MAP salut dengan para peserta dari luar Sulawesi Utara dan mengapresiasi semua peserta baik dari luar maupun dari Sulut.

”Tentunya bukan hanya menginginkan juara tapi melalui iven ini kuta bisa memupuk kebersamaan dan menunjukkan sportivitas yang tinggi dalam olahraga,” kata Miky Wenur.

Sementara itu Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito SIK MH mengapresiasi Perbakin Tomohon dan Pemkot Tomohon yang telah bekerja sama dengan Polres Tomohon menyelenggarakan kegiatan dalam rangka HUT ke-76 Bhayangkara.

"Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah dan Perbakin sehingga kegiatan lomba menembak dapat dilaksanakan. Kapolres berharap kegiatan lomba menembak Perbakin Tomohon dalam rangka Hari Bhayangkara ke - 76 saat ini, dapat dijadikan sebagai momentum untuk kebersamaan dan bukan sebagai kompetisi.

"Semoga kegiatan ini dapat menghasilkan atlet - atlet menembak berprestasi yang nantinya akan membawakan harum khususnya Kota Tomohon, harap Kapolres Tomohon.

Kejuaraan Menembak yang digelar pada hari kedua bertempat dilapangan Tembak Perbakin Tomohon, JL Raya Walian Kecamatan Tomohon Selatan ini juga tempak dihadiri oleh Ketua Panitia IPTU. Slamet dan Sekretaris Calvin Yosua Wondal.

Penulis: ARP

Tomohon,Sulutnews.com - Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito, S.I.K., M.H memimpin upacara kenaikkan pangkat setingkat lebih tinggi Personil dan PNS Polres Tomohon. Menariknya Upacara ini digelar bertempat di kompleks kawah Tompaluan gunung lokon Kota Tomohon, Sabtu (2/6/2022).

Bertindak sebagai Perwira Upacara Iptu Noldy Wuwung, sedangkan Komandan Upacara yakni Ipda Angger Gangga Mahendra, S.Tr.K dan Ipda  Noldy Wuwung

Dalam prakatanya Kapolres Arian mengajak kepada seluruh jajarannya untuk memanjatkan syukur kepada Tuhan yang Maha kuasa, Karena bisa berkumpul bersama dalam rangka mengikuti upacara laporan kenaikan pangkat perwira dan bintara serta PNS Polri Polres Tomohon.

"Beberapa saat yang lalu telah kita saksikan bersama pelaksanaan laporan kenaikan pangkat  setingkat lebih tinggi perwira, bintara dan PNS Polri Polres Tomohon sebanyak 34 orang yakni terdiri dari 1 pama, 31 bintara dan 2 PNS Polri, ucap Kapolres Arian.

Dijelaskan Kapolres Arian bahwa kenaikan pangkat adalah merupakan pemberian penghargaan atau reward dari organisasi pimpinan Polri terhadap anggota yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi, loyalitas, dan pengabdian terhadap tugas dan juga atas prestasi yang dihasilkan oleh personel dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, dan hal itu bukan merupakan suatu hak ataupun sesuatu yang datangnya secara tiba-tiba, akan tetapi harus diraih dan diperjuangkan secara sungguh-sungguh.

Menurutnya penghargaan atau reward dalam bentuk kenaikan pangkat ini memiliki pengaruh langsung yang bersifat positif bagi personel dalam meniti kariernya, sehingga diharapkan kinerja dan kapasitas serta kualitas kerja personel akan semakin matang dan profesional dalam memotivasi dan meningkatkan kinerja menghadapi tantangan tugas yang senantiasa berkembang terus seiring dengan perkembangan.

"Sudah saatnya kita harus berani memberikan penilaian terhadap kinerja personil secara transparan, dimana yang berprestasi  patut diberikan penghargaan atau reward, dan bagi yang melakukan pelanggaran  penyimpangan harus diberikan hukuman /punishment, tegas Kapolres Arian.

Dijelaskan Kapolres Arian Penghargaan  tersebut dapat berupa promosi jabatan, kenaikan pangkat, kesempatan mengikuti pendidikan ataupun dalam bentuk profit seperti insentif, tunjangan dan  lain-lainnya.

Di samping itu, kenaikan pangkat tersebut diharapkan dapat diikuti dengan perubahan sikap dan  perilaku serta tekad untuk mewujudkan aktualisasi  prestasi  dan dorongan semangat bagi diri sendiri dan orang lain khususnya keluarga, guna memajukan organisasi Polri yang kita cintai ini menuju Polri yang mandiri dan profesional di masa mendatang.

"Pada kesempatan ini saya selaku kapolres Tomohon mengucapkan selamat kepada personel yang baru saja melaksanakan laporan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dan patut untuk disyukuri sebagai karunia dan rahmat dari tuhan yang maha esa. "Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan petunjuk-Nya kepada kita sekalian dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa dan negara yang kita cintai, kuncinya.

Tampak hadir dalam pelaksanaan kegiatanKetua cabang Bhayangkari Tomohon Ny. Rina Arian Primadanu, Waka Polres Tomohon Kompol Ferdinand Runtu, S.H,  Wakil ketua cabang Bhayangkari Tomohon Ny. Mary F. Runtu,  Para Kabag, Para Kasat, Para Kasi Perwira, Brigadir, ASN Polres Tomohon dan Pengurus Bhayangkari Cabang Tomohon.

Penulis: ARP

Tomohon, Sulutnews.com - TKC (Tomohon Kijang Community) merayakan Hari Ulang Tahun ke-2 dengan melaksanakan kegiatan bakti sosial seperti pemeriksan dan pembagian kaca mata gratis, dan donor darah, yang dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Matani tiga Tomohon Tengah, jumat (1/7/2022).

Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH melalui Assisten Perekonomian Ir Enos Pontororing MSi yang hadir dalam kegiatan  mengatakan apa yang dilakukan Komunitas TKC saat ini patut diapresiasi.

Dalam momen HUT saat ini, diharapkan TKC terus meningkatkan pembangunan dalam berbagai sektor untuk bersama membangun daerah tercinta dan mendukung  percepatan pembangunan nasional, serta menjadi pelopor pelestari nilai-nilai kesetiakawanan sosial.

“Kami mengajak kita semua untuk menopang, mendoakan dan mendukung berbagai program pemerintah Kota Tomohon untuk mewujudkan Tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera, didalamnya turut menyukseskan TIFF 2022 dan program lainnya”, urai  Enos Pontororing.

“Atas nama Pemerintah Kota Tomohon menyampaikan selamat hari jadi ke-2 TKC (Tomohon Kijang Community)”, ujarnya.

Ketua TP PKK Kota Tomohon drg Jeand'Arc Senduk - Karundeng yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bakti sosial yang dilaksanakan TKC saat ini tentunya sangat bermanfaat dan berdampak baik bagi masyarakat.

Selamat ulang tahun untuk TKC Tomohon, semoga berbagai program kedepannya berjalan sesuai yang diharapkan.

Kesempatan itu Ketua TP PKK ikut memantau pemeriksaan kesehatan mata dan kegiatan lainnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut ketua tim kesehatan rumah sakit mata Provinsi Sulawesi Utara dr Devi Pelealu M Biomed. Hadir juga Camat Tomohon Tengah Swasti Yogi Winadio SIP, ketua TKC Ari Pangemanan bersama jajaran pengurus bersama unsur masyarakat.(/Merson)

Tomohon, Suluntews.com - Bertempat di Ruang Pertemuan Walikota Tomohon Jumat 1 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Penyerahan Santunan Kematian untuk Program Peduli Kasih Kota Tomohon dan Korpri

Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Utara Bapak Sunardy Syahid, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Minahasa Tondano Ibu Agnes Pujiastuti dan Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, S.E., M.E. menyerahkan Santunan Kematian untuk Program Peduli Kasih kepada ahli waris pekerja rentan 5 orang dan ahli waris Korpri 2 orang

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Utara, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Tomohon, yang telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi BPJS Ketenagakerjaan, Kota Tomohon menjadi percontohan bagi daerah lain Mendorong Kota Tomohon agar bisa mendampingi Provinsi Sulawesi Utara pada Penghargaan Paritrana Awards.

Walikota Tomohon dalam sambutan menyampaikan bahwa  Pemerintah Kota Tomohon dengan BPJS Ketenagakerjaan menjalin komitmen/kerjasama untuk memberikan perhatian kepada pegawai, baik ASN sebagai peserta Korpri, tenaga kontrak dan para pekerja informal lainnya

Hal ini merupakan perlindungan yang bersifat dasar yang bertujuan menjamin adanya keamanan, kepastian terhadap resiko-resiko sosial ekonomi lainnya.

Harapan bersama bahwa komitmen ini akan membantu pekerja yang bekerja pada Pemerintah Kota Tomohon, untuk mendukung kelangsungan hidup keluarga dan kesejahteraan masyarakat.

Hadir juga Jajaran Pemerintah Kota Tomohon terkait dan Jajaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Utara dan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Minahasa Tondano.(/Merson)

Tomohon,Sulutnews.com – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH mengapresiasi kejuaraan Menembak Perbakin Tomohon dalam rangka HUT ke-76 Bhayangkara mulai bergulir Jumat (1/6/2022). Hal tersebut disampaikan Walikota Saat membuka kejuaraan Lomba menembak yang turut diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tomohon plus terdiri dari Walikota, Kapolres, Dandim, Ketua DPRD, Kajari, Wakapolres dan Koordinator BIN serta Ketua Perbakin Tomohon mengawali pertandingan.

Oleh karena itu dalam sambutannya Pemerintah Kota Tomohon Memberikan Apresiasi yang tinggi kepada  Ketua Perbakin Tomohon Ir Miky Junita Linda Wenur MAP dan Ketua Panitia kejuaraan Menembak Perbakin Tomohon dalam rangka HUT ke-76 Bhayangkara IPTU. Slamet atas dukungannya Perbakin Tomohon dan Pemkot Tomohon  bekerja sama dengan Polres Tomohon dapat  menyelenggarakan kegiatan dalam rangka HUT ke-76 Bhayangkara di Kota Tomohon, ucap Walikota.

Walikota Caroll Senduk  saat membuka kegiatan juga berharap melalui kejuaraan ini Tomohon bisa memiliki atlet yang berprestasi membawa harum nama Tomohon.

Ketua Perbakin Tomohon Ir Miky Junita Linda Wenur MAP mengatakan, kejuaraan yang dilaksanakan menggunakan dana APBD Kota Tomohon melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga serta dari sumber dana lainnya.

”Kami melaksanakan kejuaraan menembak tiap tahun di Hari Bhayangkara. Dan telah diprogramkan setiap tahun ada dua iven,” kata Miky Wenur.

Sementara itu Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito SIK MH mengapresiasi Perbakin Tomohon dan Pemkot Tomohon yang telah bekerja sama dengan Polres Tomohon menyelenggarakan kegiatan dalam rangka HUT ke-76 Bhayangkara.

"Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah dan Perbakin sehingga kegiatan lomba menembak boleh terlaksana. Kapolres Berharap kegiatan dalam rangka Hari Bhayangkara ke - 76 saat ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk kebersamaan dan bukan sebagai kompetisi.

"Semoga kegiatan ini dapat menghasilkan atlet - atlet menembak berprestasi yang nantinya akan membawa harum khususnya Kota Tomohon, harap Kapolres Tomohon.

Sementara itu Ketua Panitia kejuaraan Menembak Perbakin Tomohon dalam rangka HUT ke-76 Bhayangkara IPTU. Slamet mengucapkan terima kasih atas Dukungan semua Pihak yang telah mendukung kegiatan lomba menembak tersebut.

Kami sampaikan terima kasih atas apresiasi dan dukungan Pemkot Tomohon, Bapak Kapolres Tomohon, Ketua Perbakin Tomohon dan seluruh peserta yang ikut mensukseskan kejuaraan Menembak Perbakin Tomohon dalam rangka HUT ke-76 Bhayangkara, ucap IPTU. Slamet.

"Sabtu besok akan dilanjutkan dengan kejuaraan terbuka, di mana sudah ada peserta dari luar Sulawesi Utara yang mendaftar yakni dari Maluku Utara, Tidore dan Tobelo, imbuh IPTU Slamet yang mendapat kepercayaan sebagai Ketua Panitia  kejuaraan Menembak Perbakin Tomohon dalam rangka HUT ke-76 Tahun 2022 yang kegiatannya akan berlangsung 1 - 3 Juli 2022.

Dalam lomba pembuka yang digelar hari ini, Tampil sebagai juara pertama, Koordinator BIN Tomohon Ahmad Firdaus. Juara kedua Wali Kota Caroll Joram Azarias Senduk SE, juara ketiga Kapolres AKBP Arian Primadanu Colibrito SIK MH serta juara keempat Ketua Perbakin Tomohon Ir Miky Junita Linda Wenur MAP.

Penulis: ARP

Tomohon, Sulutnews.com - Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon dalam rangka mendengarkan penjelasan Walikota mengenai dua buah rancangan peraturan daerah yaitu rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021 dan rancangan peraturan daerah tentang pengelolaan keuangan daerah dihadiri oleh Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH yang bertempat di Kantor DPRD Kota Tomohon, Kamis 30 Juni 2022.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah SE dan di dampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs Johny Runtuwene DEA dan Erens D Kereh AMKL

Walikota Tomohon dalam sambutanya mengatakan sesuai dengan ketentuan pasal 320 ayat 1 Undang-Undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan juga peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah pada pasal 194, dimana mengamanatkan kepala daerah untuk menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD dengan dilampiri laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan serta ikhtisar laporan kinerja dan laporan keuangan BUMD paling lambat 6 (Enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Yang selanjutnya akan dibahas bersama dengan DPRD untuk mendapatkan persetujuan bersama, sebagaimana diatur pada Peraturan Pemerintah nomor 12 Tahun 2019 pasal 194 ayat 3 bahwa persetujuan bersama dilakukan paling lambat 7 (Tujuh) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Pada saat ini, sebagaimana ketentuan yang ada kami sampaikan secara singkat pengantar rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran dan pendapatan belanja daerah tahun anggaran 2021 untuk selanjutnya akan dibahas bersama DPRD.

Dalam rancangan peraturan daerah ini kami sajikan pertangunggjawaban pelaksanaan APBD Kota Tomohon tahun anggaran 2021 berupa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang telah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. yang didalamnya memuat :

(1) Laporan Realisasi Anggaran (LRA);

(2) Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (LPSAL);

(3) Neraca;

(4) Laporan operasional (LO);

(5) Laporan Arus Kas (LAK);

(6) Laporan Perubahan Ekuitas (LPE); dan

(7) Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK).

Terlampir pula laporan kinerja dan laporan keuangan badan usaha milik daerah (BUMD)/ Perusahan Daerah.

Selanjutnya mengenai laporan realisasi anggaran pada tahun 2021, secara umum adalah sebagai berikut :

Realisasi pendapatan tahun anggaran 2021 adalah sebesar Rp. 670.305.077.991,58  (enam ratus tujuh puluh milyar tiga ratus lima juta tujuh puluh tujuh ribu sembilan ratus sembilan puluh satu rupiah lima puluh delapan sen) dari yang ditargetkan sebesar Rp. 658.510.614.314,- (enam ratus lima puluh delapan milyar lima ratus sepuluh juta enam ratus empat belas ribu tiga ratus empat belas rupiah) atau tercapai sebesar 101,79% (seratus satu koma tujuh puluh sembilan persen)

Pendapatan daerah tersebut berasal dari pendapatan asli daerah (PAD), pendapatan transfer dan lain-lain pendapatan yang sah.

PAD terealisasi sebesar Rp. 59.733.273.584,15 (lima puluh sembilan milyar tujuh ratus tiga puluh tiga juta dua ratus tujuh puluh tiga ribu lima ratus delapan puluh empat rupiah lima belas sen).

berikutnya, pendapatan transfer terealisasi sebesar Rp. 595.913.729.106, (lima ratus sembilan puluh lima milyar sembilan ratus tiga belas juta tujuh ratus dua puluh sembilan ribu seratus enam rupiah); dan lain-lain pendapatan yang sah terealisasi sebesar Rp. 14.658.075.301,43 (empat belas milyar enam ratus lima puluh delapan juta tujuh puluh lima tiga ratus satu rupiah empat puluh tiga sen).

Sedangkan disisi belanja,  realisasi belanja dan transfer adalah sebesar Rp. 617.999.441.837,- (enam ratus tujuh belas milyar sembilan ratus sembilan puluh sembilan juta empat ratus empat puluh satu ribu delapan ratus tiga puluh tujuh rupiah)

adapun untuk komponen pembiayaan dapat kami sampaikan sebagai berikut, realisasi penerimaan pembiayaan sebesar Rp. 83.173.124.267,40,- (delapan puluh tiga milyar seratus tujuh puluh tiga juta seratus dua puluh empat ribu dua ratus enam puluh tujuh rupiah empat puluh sen),  sedangkan untuk komponen pengeluaran terealisasi sebesar Rp. 4.000.000.000,- (empat milyar rupiah) sehingga dengan demikian tercatat pembiayaan netto sebesar Rp. 79.173.124.267,40 (tujuh puluh sembilan milyar seratus tujuh puluh tiga juta seratus dua puluh empat ribu dua ratus enam puluh tujuh rupiah empat puluh sen).

Selanjutnya sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) tahun 2021 adalah sebesar Rp 131.478.760.421,98 (seratus tiga puluh satu milyar empat ratus tujuh puluh delapan juta tujuh ratus enam puluh ribu empat ratus dua puluh satu rupiah sembilan puluh delapan sen). jumlah tersebut merupakan selisih realisasi pendapatan dengan belanja, dengan memperhitungkan pembiayaan netto selama satu tahun anggaran.

Seperti yang kita ketahui bersama, atas hasil pemeriksaan BPK RI Kota Tomohon mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI yang kesembilan kalinya atas laporan keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2021 dan juga mendapatkan penghargaan terbaik kedua secara Nasional kategori Kota untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2020 ke 2021 dari Kementerian Dalam Negeri. capaian ini membuat kita dapat berbangga, sekaligus menjadi faktor pengungkit agar kita dapat berupaya secara optimal untuk terus mewujudkan proses pengelolaan keuangan daerah yang efektif efisien dan akuntabel.

saya menyampaikan apresiasi saya kepada seluruh Jajaran Pemerintah Kota Tomohon yang ada beserta pimpinan dan anggota DPRD Kota Tomohon, melalui sinergitas yang terjalin baik sehingga capaian tadi dapat kita terima.

Saat ini pula kami ajukan rancangan peraturan daerah tentang pengelolaan keuangan daerah. rancangan perda pengelolaan keuangan daerah adalah amanat Permendagri nomor 77 tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah dimana pemerintah daerah harus memiliki peraturan daerah tentang pengelolaan keuangan daerah paling lama tahun 2022. 

Kota Tomohon sebelumnya telah memiliki perda nomor 3 tahun 2015 tentang pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah yang disusun berpedoman pada pp nomor 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah yang sudah dicabut dan tidak berlaku lagi, sehingga harus ditindaklanjuti dengan penyusunan Perda yang baru mengacu pada pp nomor 12 tahun 2019.

Penyusunan Perda pengelolaan keuangan daerah ini sangat penting sebagai landasan dalam penyusunan perkada terkait sistem dan prosedur pengelolaan keuangan daerah, kebijakan akuntansi pemerintah daerah, sistem akuntansi pemerintah daerah dan perkada mengenai analisis standar belanja.     

Secara umum perda pengelolaan keuangan daerah ini mengatur tentang ketentuan umum, pengelola keuangan daerah, struktur APBD, penetapan APBD, pelaksanaan dan penatausahaan, sampai dengan akuntansi, blud, penyelesaian kerugian keuangan daerah, informasi keuangan daerah, pembinaan dan pengawasan sampai ketentuan penutup.

Selanjutnya melalui pembahasan Ranperda pengelolaan keuangan daerah ini dapat memberikan progres yang signifikan dan menghasilkan gagasan dan catatan strategis bagi peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

Kami yakin dengan adanya sinergitas antara Pemerintah Kota Tomohon dan DPRD selaku wakil rakyat yang kami hormati dan banggakan, maka Pemerintah dapat memberikan yang terbaik untuk melayani masyarakat di Kota Tomohon

Dihadiri oleh para anggota DPRD Kota Tomohon, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(/Merson)

Tomohon, Sulutnews.com - Pemerintah Kota Tomohon bersama BPJS Ketenagakerjaan menggelar rapat monitoring dan evaluasi pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan di Kota Tomohon, rapat dilaksanakan di Command Center Mall Pelayanan Publik Wale Kabasaran Tomohon, rabu (29/6/2022).

Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME saat memimpin rapat mengungkapkan rapat ini sangat penting dalam rangka lebih mempertajam hal-hal yang berkaitan dengan program jaminan ketenagakerjaan yang ada di Kota Tomohon.

“Intinya Pemerintah Kota Tomohon bersinergi dengan BPJS ketenagakerjaan mensuport upaya pelaksanaan program ini, sehingga diharapkan seluruh tenaga kerja yang ada di Kota Tomohon memiliki jaminan perlindungan ketenagakerjaan, bahkan saat ini Pemkot Tomohon sudah menganggarkan 15 ribu peserta BPJS Ketenagakerjaan dan kedepannya bisa bertambah”, urainya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Minahasa Agnes Puji Astuti mengakatan betapa pentingnya para tenaga kerja untuk mendapatkan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan. Diharapkannya semua sektor tenaga kerja di Kota Tomohon wajib dilindungi sehingga ketika ada resiko akan ada jaminan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Apresiasi kepada pihak Pemkot Tomohon yang sudah memberi dukungan penuh kepada kami, yang sudah memberi jaminan sosial kepada tenaga kerja yang ada di Kota Tomohon.

“Terimakasih juga kepada pihak Pemkot Tomohon yang terus berkoordinasi dengan kami akan suksesnya program ini sehingga diharapkan program ini berjalan baik, sesuai yang diharapkan”, ungkap Agnes.

Diakhir kegiatan dilakukan penyerahan cendera mata dari pihak BPJS Ketenagakerjaan kepada Sekot Tomohon.

Hadir mendampingi Sekot, Asisten Umum Drs O D S Mandagi, Assisten Perekonomian Ir Enos Pontororing MSi, para Kepala SKPD terkait bersama jajaran BPJS Ketenagakerjaan cabang Minahasa.(/Merson)

Tomohon, Sulutnews.com – Pemerintah Kota Tomohon Laksanakan Gelar Assessment Center (Talent Pool) Bagi Pejabat Administrator. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ASN yang professional dalam menduduki jabatan strategis, ungkap Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Edwin Roring, SE, ME, Selasa 28 Juni 2022.

Walikota Menyampaikan salah satu langkah strategis yang dilakukan oleh pemerintah adalah menyediakan data-data atau profil pejabat yang akan menduduki atau sedang menduduki jabatan administrator. Penyediaan data atau profil ini dilakukan melalui kegiatan penilaian potensi dan kompetensi pejabat administrator untuk menyusun talent pool pejabat administrator yang secara teknis akan dilaksanakan oleh badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia daerah (bkpsdmd) kota tomohon. Hasil talent pool ini akan dimanfaatkan untuk memetakan pejabat pada posisi atau jabatan yang sesuai dengan potensi dan kompetensinya atau sebagai bahan rekomendasi untuk mengikuti seleksi pada jabatan yang lebih tinggi.

“Tujuan pelaksanaan talent pool jabatan administrator untuk mendapatkan penilaian potensi dan kompetensi serta data dan pejabat administrator yang diperlukan untuk menjadi dasar penilaian atau seleksi lebih lanjut, serta pengembangan kompetensi kepemimpinan kader yang potensial, selain itu untuk mengukur kompetensi manajerial dan kompetensi teknis yang dimiliki oleh para pejabat administrator agar dapat dipetakan dalam matriks talenta, sehingga diketahui langkah pengembangan aparatur kedepannya, karena pengembangan kompetensi saja bagi asn tidak cukup, oleh karena itu harus diimbangi juga dengan potensi untuk mendapatkan hasil yang maksimal”,Urainya.

Diharapkan pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi guna penyusunan talent pool jabatan administrator dapat memberikan manfaat baik bagi para peserta dan instansi pemerintah. Bagi peserta, mereka dapat merencanakan pengembangan dirinya sendiri atau merencanakan karirnya. Sedangkan bagi instansi pemerintah, akan memiliki database profil potensi dan kompetensi pejabat administrator. Selain itu data talent pool dapat digunakan sebagai dasar penerapan manajemen asn yang transparan, kompetitif, dan berbasis merit serta menjadi acuan bagi pengembangan kompetensi kepemimpinan untuk perubahan birokrasi.

Hadir Plt Kepala BKPSDMD Kota Tomohon Eden Kawung, tim Asesor Himpunan Psikologi Indonesia serta para pejabat administrator dari berbagai OPD di lingkungan pemerintah Kota Tomohon.(/Merson)

Tomohon, Sulutnews.com - Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH didampingi Camat Tomohon Tengah dan Lurah Matani Dua menyerahkan langsung bantuan kepada kel. Mantiri - Lalumedja yang menjadi korban musibah kebakaran rumah di kelurahan Matani Dua, Senin 27 Juni 2022

Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Tomohon, bantuan yang diserahkan kepada keluarga Mantiri-Lalumedja berupa uang santunan berjumlah Rp.20.000.000, yang diketahui menjadi korban kebakaran.

Walikota Senduk saat menyerahkan bantuan mengatakan dengan adanya bantuan ini semoga dapat bermanfaat buat keluarga.(/Merson)