Tomohon, Sulutnews.com - Usainya dilantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon,Kini Istri tercinta  Syanet Karundeng dilantik Ketua TP PKK provinsi Sulawesi Utara Ny. Rita Dondokambey Tamuntuan sebagai ketua TP PKK Kota Tomohon,Yang bertempat di Graha Gubernuran Provinsi Sulut Bumi Beringin, Jumat 26 Febuari 2021.

Usainya  pelantikan tersebut selaku Ketua TP PKK provinsi Sulawesi Utara Ny. Rita Dondokambey Tamuntuan menyampaikan dalam sambutannya dengan mengatakan TP PKK ini merupakan pemimpin pergerakan dan pemberdayaan serta mensejahterakan keluarga.

Dan dengan dilantiknya sebagai TP PKK harus mempunyai komitmen dan dedikasi yang tinggi dalam menghadapi permasalahan di daerah masing – masing."harap Rita"

Dengan rasa bersyukur atas dilantiknya sebagai ketua TP PKK Kota Tomohon,Syanet Karundeng di dampingi Ellen Sangi selaku Wakil mengatakan "Tentu keduanya  siap menjalankan tupoksinya sebagai ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Tomohon untuk menjadikan Kota Tomohon semakin maju."ucap Syanet ".

Syanet juga menambahkan "Ya kami akan selalu berkoordinasi dengan PKK Pusat dan Provinsi agar tejalin komunikasi yang baik, untuk kemajuan Kota Tomohon, dan kami siap menjalankan dan menjabarkan 10 program PKK sekaligus mendukung program pemerintah pusat, salah satunya pengendalian penyebaran Covid – 19 di Kota Tomohon ” ucap Syanet di dampingi Ellen. (Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Lagi dan lagi terjadi keributan yang bertepatan didepan Adira Finance Kel. Matani Satu Kec. Tomohon Tengah,Minggu,28 Febuari 2021.

Saat Team URC Totosik yang dipimpin Yanny Watung mendatangi lokasi mendapati dua pemuda yang berada di TKP terlihat mencurigakan.

Team Totosik segera lakukan pemeriksaan badan maupun terhadap R2 yang mereka kendarai. Hasil pemeriksaan Team mendapati sebilah pisau badik bersama sarungnya yang di sembunyikan oleh AG nama samaran (28 ).

Diketahui sesuai dengan informasi yang ada Yanny menjelaskan AG yang mengendarai R2 dari Kota Manado langsung menuju Kantor Adira Finance Kota Tomohon yang hendak menjemput SS (28 ) dan seketika itu AG dan SS setiba nya di kantor  bertemu dengan SK (36) dengan maksud membicarakan permasalahan R2 yang hendak di tarik karena menunggak.

Dengan kesadaran yang tidak bisa terkontrol emosi dan AG sudah dalam  keadaan pengaruh miras, terjadilah adu mulut antara AG dan SK.

Lanjut Yanni, Karena tidak puas ber adu mulut AG mengajak keluar SK sambil berteriak-teriak di parkiran kantor Adira Finance Kota Tomohon."kata Yanni".

"Memang saat itu sebelum menuju ke Kota Tomohon, AG sempat mengirimkan Video di Group Whats Up dimana berisikan bahwa AG akan membunuh SK "ucap Yanni

Team URC pun langsung mengamankan AG bersama SS berserta barang bukti seperti Sebilah Pisau Badik bersama sarungnya dan R2 Honda Beat Pop Warna Putih TNKB DB3136BS. Perkara tersebut dibenarkan Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot,S.IK.MH dan segera di tindak lanjuti. (Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Keributan dan Penganiayaan terjadi di Walian Satu Lingk. III Kec. Tomohon Selatan, Minggu 28 Febuari 2021.

Saat Team URC Totosik yang dipimpin Yanny Watung menyatakan setelah mendapat informasi dari warga pelaku MP (34) Walian Satu  kec.Tomohon Selatan,Pelaku sudah dalam keadaan di pengaruhi minuman alkohol sehingga membuat keributan dalam rumahnya sendiri dan saat itu pun terjadi penganiayaan terhadap korban EP (55) sebagai ayahnya kandungnya  sendiri.

Selain dari laporan yang ada, pelaku MP  sempat berteriak - teriak saat itupun sempat berkelahi dan melayangkan tangannya memukul ayah kandungnya."jelas Yanni"

“Sesampainya di TKP, pelaku MP langsung kami amankan ke Mapolsek Tomohon Selatan”, tegas Yanny.(Prise)

Tomohon, Sulutnews,com - Ibadah Pengutusan Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tomohon  drg. Jeand'arc Karundeng, S.H.Yang bertempat diGMIM Pniel Kakaskasen,Minggu,28 Februari 2021.

Ibadah tersebut dipimpin langsung Khadim Pdt. Dr. H. W. B. Sumakul, Th.M. yang juga selaku Majelis Pertimbangan Sinode GMIM.Dengan memberi khotbah dalam alkitab Yesaya 6 : 8,melalui ayat ini memberikan tuntunan dan kekuatan kepada setiap orang yang memangku jabatan dan setiap hamba Tuhan yang mengabdi bagi pemerintahan, gereja dan masyarakat."jelas Pdt.Sumakul".

Turut di hadiri Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan, A.P., M.Si. bersama Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, Ketua Jemaat Pniel Kakaskasen, Para Pendeta Jemaat, BPMJ, Pelayan Khusus dan Jemaat GMIM Pniel Kakaskasen. (Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Usai pelantikan,di gelar Rapat Paripurna yang berisi, Pidato Pertama Walikota Tomohon Setelah mengikuti pelantikan, Caroll Joram Azarias Senduk, SH selaku walikota Tomohon dan Wenny Lumentut, SE sebagai Wakil Walikota Tomohon periode 2021-2024. Maka CSWL mengikuti penerimaan dan penyambutan dari seluruh masyarakat di sepanjang jalan, maupun di Kantor Walikota Tomohon yang disambut oleh Jajaran Pemerintah Kota Tomohon sekaligus diadakan doa syukur oleh pastor di ruangan walikota dan wakil walikota.

Setelah itu  dilanjutkan Walikota dan Wakil Walikota Tomohon mengikuti  rapat paripurna  DPRD dalam rangka serah terima jabatan dan mendengarkan pidato walikota terpilih pada pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah Kota Tomohon tahun 2020 pada hari Jumat, 26 Februari 2021 bertempat di Auditorium Bukit Inspirasi (ABI) Tomohon.

Dalam pidato pertamanya Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk,SH yang didampingi wakil walikota Wenny Lumentut, SE mengatakan segala kemuliaan hanya bagi Tuhan Yesus Kristus. Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa patutlah kita panjatkan saat ini karena hanya oleh kemurahan dan perkenananNya sehingga pada hari yang berbahagia ini, saya CAROLL J. A. SENDUK, SH DAN WENNY LUMENTUT, SE, kami berdua boleh dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Kota Tomohon periode 2021 – 2024.

Pada kesempatan yang berbahagia ini juga, kita semua boleh hadir di tempat ini dalam rangka mengikuti rapat paripurna DPRD kota tomohon dalam rangka serah terima jabatan dan mendengarkan pidato / sambutan Walikota Kota Tomohon periode 2021 – 2024. Kota Tomohon adalah kota yang diberkati Tuhan, dikaruniai keindahan alam dan udara yang sejuk. Dimekarkan dari sebuah kecamatan di Kabubaten Minahasa, hingga saat ini secara otonom Kota Tomohon telah memasuki usia yang ke 18 tahun, ibarat manusia, saat ini mulai memasuki usia dewasa dengan segala pertumbuhan dan perkembangannya menuju ke arah tujuan yang lebih baik.

Posisi Kota Tomohon yang terletak di tengah-tengah antara Kota Manado sebagai ibukota Propinsi Sulawesi Utara, sebagai pusat pemerintahan dan pusat perekonomian sulawesi utara, dengan daerah kabupaten/kota lainnya menjadikan Kota Tomohon sebagai kota transit dan penyanggah bagi Kota Manado dan kabupaten/kota lainnya di Sulawesi Utara, sehingga kedudukan Kota Tomohon sangat strategis untuk pengembangan ke depan sesuai dengan harapan dan cita-cita terbentuknya Kota Tomohon pada tahun 2003 yang lalu.

Kota Tomohon sejak dahulu sudah dikenal karena alamnya yang indah dan sejuk, tanahnya yang subur, masyarakatnya yang ramah, dan julukan lainnya seperti kota religius dan kota pendidikan, menambah harapan untuk menjadikan kota tomohon yang maju, berdaya saing, dan sejahtera, sebagaimana visi kami caroll-wenny dalam pemilukada tahun 2020 yang sudah kita lewati bersama sebagai umat percaya, kita patut bersyukur kepada tuhan yang maha kuasa karena hanya dengan perkenanannya sehingga proses pelaksanaan pesta demokrasi dalam hal ini pemilukada kota tomohon tahun 2020 boleh terlaksana dengan baik.

Saya (Caroll Joram Azarias Senduk, SH) sebagai pribadi maupun bersama bapak Wenny Lumentut, SE mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersama-sama terlibat dalam proses kontestasi ini yang pada akhirnya lewat kepercayaan mayoritas masyarakat Kota Tomohon, kami Caroll-Wenny boleh terpilih dan memimpin kota tomohon dan pada hari ini sudah dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Kota Tomohon periode 2021 – 2024 ucapan terima kasih kami sampaikan kepada partai yang sudah mengusulkan kami Caroll – Wenny menjadi calon dalam pemilukada Kota Tomohon tahun 2020, yaitu :

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Ketua Umum dewan pimpinan pusat Ibu Hj. Megawati Soekarno Putri Partai Gerakan Indonesia Raya, ketua umum dewan pimpinan pusat bapak Prabowo Subianto Bapak Olly Dondokambey, SE sebagai Gubernur Sulawesi Utara yang sudah melantik kami pada hari ini partai-partai politik yang sudah mendukung kami relawan/komunitas partai-partai politik yang sudah mendukung kami relawan/komunitas/kelompok masyarakat yang juga sudah mendukung kami dan semua pihak yang terlibat dalam suksesi ini Proses panjang selama kontestasi ini mungkin telah membuat sebagian masyarakat Kota Tomohon diperhadapkan dengan perbedaan karena pilihan dan dukungan kepada masing – masing calon yang mengambil bagian dalam kontestasi ini. Tetapi pada hari ini, Jumat 26 Februari 2021, setelah melewati berbagai proses sampai pada pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Kota Tomohon periode 2021 – 2024, saya menyampaikan kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon dimanapun berada, mari kita tinggalkan dan tanggalkan segala perbedaan yang terjadi dalam proses kontestasi ini. kemenangan Caroll-Wenny adalah kemenangan kita semua, masyarakat Kota Tomohon. Saatnya kita saling bergandengan tangan, bersama-sama kita membangun Kota Tomohon yang sama-sama kita cintai ini. mari bersama kita menjemput perubahan untuk kota tomohon yang hebat dan maju.

Pesta demokrasi telah usai, kini saatnya kita kembali ke aktifitas kita masing-masing termasuk aktifitas bersama membangun Kota Tomohon walaupun saat ini kita harus melewati suatu situasi yang tidak seperti biasanya yang juga mempengaruhi aktifitas kehidupan manusia secara global

Pandemi covid-19 yang melanda dunia menyebabkan aktifitas kehidupan dan peradaban manusia berada pada situasi new normal. Hampir setahun kita melewati bencana non alam pandemi covid-19 ini; keadaan ekonomi, sosial, politik, budaya, dan hampir setiap aktifitas kita terdampak.

Kita patut bersyukur kalau sampai saat ini kita masih bisa bertahan dalam  situasi ini, kita masih diberikan kekuatan, kesehatan, tuhan masih menjaga kita, menjaga Kota Tomohon dari bencana yang saat ini sementara terjadi di daerah-daerah lain. Walaupun situasi dan keadaan yang tidak menentu akibat dampak covid-19 ini, kita harus tetap berupaya optimal untuk mewujudkan pembangunan di semua sektor kehidupan masyarakat Kota Tomohon.

Kini saatnya kita melangkah dengan penuh optimisme dan mengarahkan pandangan kita pada sebuah perubahan ke arah yang lebih baik, lebih maju, lebih hebat, dalam segala aspek kehidupan masyarakat Kota Tomohon

Ketika saya diberikan kepercayaan dan kesempatan untuk memimpin kota tomohon bersama bapak wenny lumentut, kami akan terus melakukan lompatan-lompatan besar dengan kecepatan dan ketepatan aksi yang harus dilakukan secara berkesinambungan, karena mulai saat ini banyak yang harus dilakukan, dirubah dan dibangun untuk memberi manfaat besar bagi masyarakat luas tanpa membeda-bedakan latar belakang. kita harus bergerak cepat bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan semua ini.

Sesungguhnya kehadiran kami selain karena perkenanan tuhan yang maha kuasa juga adalah hasil kemenangan demokrasi dan kemenangan rakyat, masyarakat kota tomohon.

Pada kesempatan ini, saya mengajak semua elemen masyarakat Kota Tomohon untuk kita bersatu padu membangun kota tomohon dengan dilandasi falsafah “si tou timou tumou tou” (manusia hidup untuk menghidupkan manusia lainnya), serta semboyan “torang samua ciptaan tuhan, baku-baku bae kong baku sayang”, seperti halnya baku-baku bantu, baku tolong dan bekerja bersama-sama atau mapalus yang merupakan budaya di tengah-tengah masyakat, memelihara harmoni keberagaman di Kota Tomohon yang sama-sama kita cintai ini.

Saatnya kita harus bersatu padu karena dengan persatuan kita bisa melakukan hal-hal besar dan penting. Masyarakat Kota Tomohon harus berubah dari hari ini. kita harus lebih baik mulai dari sekarang, saya yakin kedepan Kota Tomohon jauh lebih maju, hebat dan terdepan dari hari ini. Keberlanjutan pemerintahan dan pembangunan ke arah yang lebih baik merupakan suatu harapan yang terus kita gelorakan dan perjuangkan, untuk meraih apa yang sudah dititipkan masyarakat kepada kami. Kami akan berusaha untuk senantiasa mengedepankan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi dan golongan. Keyakinan kami bahwa ketika ditopang oleh iman, didorong oleh keyakinan dan pengabdian satu sama lain maka Tuhan akan selalu memberkati masyarakat dan pemerintah Kota Tomohon.

Selanjutnya di era penuh dengan perjuangan, yang sangat dinamis, kita sebagai pemerintah harus terus berinovasi dan mengembangkan cara-cara dan nilai-nilai baru. namun, semua itu tidak datang dengan mudah, harus disertai kerja keras dan kerja cepat. jangan sampai kita terjebak dalam rutinitas yang monoton. kita perlu mendobrak rutinitas dan meningkatkan produktivitas. kerja kita harus berorientasi pada hasil- hasil yang nyata yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Begitupula dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan umum. diperlukan keterlibatan seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi aktif mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. prioritas kami adalah menjadikan Kota Tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera.

Inilah saatnya untuk kita mensinergikan program dalam pembangunan dari program nasional Presiden Joko Widodo, program Propinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Bapak Olly Dondokambey, SE dan Bapak Drs. Steven Kandouw, agar supaya percepatan pembangunan di Kota Tomohon dapat selaras dengan program-program pemerintah pusat dan Propinsi Sulawesi Utara

Saatnya kita harus melangkah maju dengan penuh optimisme dan mengarahkan pandangan kita untuk menyongsong perubahan, sebagaimana yang selalu kami sampaikan ketika kampanye dengan visi misi dan berbagai program unggulan kami

Saya bersama bapak Wenny Lumentut, kami bertekad untuk melakukan perubahan-perubahan yang akan memberikan manfaat besar bagi seluruh masyarakat kota tomohon lewat program-program yang kami sampaikan kepada masyarakat selama masa kampanye yang lalu.

Dengan adanya sinergitas dan koordinasi dari pemerintah pusat, pemerintah propinsi, dukungan dan kerjasama dari semua perangkat pemerintahan di kota tomohon sampai ke lingkungan-lingkungan, serta partisipasi dan dukungan aktif dari seluruh masyarakat Kota Tomohon, keyakinan kita bersama dan dengan pertolongan tuhan, pasti kota tomohon akan menjadi lebih hebat dan maju

Kedepan, kami akan memberdayakan program dan pelayanan yang berbasis lingkungan, artinya pelayanan yang maksimal dan benar-benar melayani kebutuhan masyarakat dimulai dari tingkat lingkungan melalui peran kepala lingkungan dan wakil kepala lingkungan sebagai garda terdepan yang langsung berhubungan dengan masyarakat

Kami menyadari bahwa kehadiran kami adalah karena perkenanan tuhan melalui dukungan dari mayoritas masyarakat Kota Tomohon dalam pemiluda 9 desember 2020 yang lalu.

oleh karena itu, dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan ucapan syukur, pujian dan hormat bagi tuhan yesus kristus juga kepada seluruh masyarakat kota tomohon yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan kepada saya Caroll J. A. Senduk,  SH dan Wenny Lumentut,SE sebagai Walikota dan Wakil Walikota Tomohon periode 2021-2024

Kami menyadari bahwa keberhasilan membangun daerah tidak hanya berasal dari keberhasilan pelaksanaan program pembangunan semata, akan tetapi sesungguhnya bagaimana dapat menyatukan dan menggerakkan seluruh potensi masyarakat sebagai anak bangsa untuk menjadi energi besar yang dapat mengatasi kekurangan, keterbatasan bahkan ancaman sekalipun. Kami yakin dan percaya, dengan pengalaman yang selama ini kami jalani di lingkungan legislatif yang banyak berhadapan dengan masyarakat karena sebagai wakil rakyat maupun mitra bagi pemerintah daerah, telah menjadikan kami semakin matang dan bijaksana dalam berpikir dan bertindak untuk kesejahteraan rakyat.

Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tomohon, penyelenggara dan pengawas pemilu juga seluruh masyarakat kota tomohon serta memohon dukungan dalam kami menjalankan pemerintahan di Kota Tomohon kedepan.

Pada kesempatan yang bersejarah ini, perkenankan saya Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH bersama Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE dan atas nama seluruh rakyat Kota Tomohon, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Jimmy Feidie Eman,SE.Ak.CA dan kepada Ibu Syerly Adelyn Sompotan yang telah bahu-membahu menjalankan pemerintahan selama 5 tahun terakhir. Terima kasih serta apresiasi yang tinggi juga kepada Jemmy Ringkuangan, AP, M.Si  yang telah sukses menjalankan tugas sebagai Plh. Walikota Tomohon dan mempersiapkan pelantikan walikota dan wakil walikota Tomohon dengan baik.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh lembaga-lembaga terkait, kepada Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, TNI dan Polri, serta seluruh komponen masyarakat yang turut mengawal pemerintahan selama 5 tahun ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan meraih banyak prestasi dan penghargaan. Semoga dukungan dan topangan doa serta partisipasi aktif yang telah diberikan kepada pimpinan sebelumnya, akan juga diberikan kepada kami yang mengemban tongkat estafet pemerintahan dan pembangunan di kota tomohon.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, sekali lagi kami memohon dukungan, doa dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat dan lembaga terkait lainnya bagi kami dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kota Tomohon. Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia dan kepada Dia : Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya (Roma 11: 36). Semoga Tuhan selalu memberkati kita sekalian dan memberkati Kota Tomohon.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh yang mewakili Gubernur Sulut, Anggota DPRD Provinsi Sulut Dapil Tomohon, Kapolres, Kepala Pengadilan Negeri Tondano, Perwakilan Kejari, Yang Mewakili Dandim Minahasa, Para Pejabat Pemkot Tomohon, Tokoh-tokoh Masyarakat serta para Lurah se-Kota Tomohon.(prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Jerry Sundah, SE memimpin Rapat Paripurna DPRD Dalam Rangka Mendengarkan Pidato/Sambutan Walikota Terpilih Pada Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kota Tomohon tahun 2020, Jumat 26 Februari 2021.

Dalam Rapat Paripurna tersebut Ketua DPRD Kota Tomohon menyampaikan bahwa Kepemimpinan di Kota Tomohon kini diemban oleh Walikota dan Wakil Walikota pilihan Rakyat yang baru terpilih melalui Pesta Demokrasi. Caroll Joram Azarias Senduk, SH dan Wenny Lumentut, SE. “untuk itu marilah kita bergandengan tangan meninggalkan perbedaan, membangun kesatuan dan bersinergi mendukung pemerintah Kota Tomohon dan sama-sama berjuang untuk membangun Kota Tomohon yang kita Cintai ini” katanya.

Sebagai Lembaga DPRD Kota Tomohon menyambut baik Walikota dan Wakil Walikota untuk bekerja bersama-sama serta sama-sama bekerja “Wanua Tou Muung” Hubungan DPRD dengan Pemerintah Daerah merupakan kemitraan yang sejajar. Kritik dari lembaga DPRD selaku mitra kerja merupakan kritik yang akan menyempurnakan Kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Kota Tomohon, untuk itu Pemerintah Kota Tomohon harus bisa memahami Kritikan dari DPRD maupun Masyarakat.

Pemerintah Kota Tomohon tidak boleh tidak menerima kritik, harus menerima kritik karena Pimpinan DPPRD akan menjalankan fungsinya untuk mengkontrol kinerja Pemerintah Daerah. Untuk itu, kritik yang akan disampaikan adalah krtitik yang konstitusional yang berasal dari Aspirasi Masyarakat.

Seorang pemimpin tidak akan berhasil bila dirinya tidak mau dikritik. Sebab dengan kritikan pemimpin akan tahu apa kelemahan yang harus diperbaiki. Begitu juga sebaliknya kami pimpinan dan anggota DPRD akan memberikan Apresiasi Kepada Walikota dan Wakil Walikota yang berhasil menjalankan Roda Pemerintahan. Secara Khusus kami sampaikan Penghargaan yang setinggi-tingginya dan ucapan terimakasih yang setulus-tulusnya dari kami sebagai pimpinan dan anggota DPRD Kota Tomohon , Kepada Jimmy Feidie Eman, SE,AK.CA dan Syerly Adelyn Sompotan, atas segala pengabdia  selama menjalankan tugas sebagai Walikota dan Wakil Walikota Tomohon. Kami juga mengucapkan Selamat bertugas dan selamat bergabung dengan Pemerintah Kota Tomohon kepada Jemmy Ringkuangan, AP, M.Si sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon.

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara; Drs. Edison Humiang, M.si, Anggota DPR RI Bpk. Ir. Stevanus B. A. N. Liow, MAP, Anggota DPRD Prov. Sulut :Dra. Vonny Paat, Harold Kaawoan, Melissa Gerungan, Forkopimda Tomohon; Kapolres Tomohon Plh. Kajari Tomohon, Ketua Pengadilan Negeri Tondano, Dandim 1302 Minahasa diwakili oleh Danramil Kota Tomohon, Ketua TP-PKK drg.Jean D’Arc  Florentina Karundeng bersama wakil Eleonora Magrita Sangi, Penjabat Sekda Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan, AP, M.si, Komisioner KPU dan BAWASLU Kota Tomohon.(/Merson)

Tomohon, Sulutnews.com - Dengan Usainya Pelantikan Wali kota dan Wakil walikota Tomohon di gelar  rapat paripurna  DPRD dalam rangka serah terima jabatan dan mendengarkan pidato walikota terpilih pada pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah Kota Tomohon tahun 2020 pada hari Jumat, 26 Februari 2021 bertempat di Auditorium Bukit Inspirasi (ABI) Tomohon.

Dalam sambutan Wali kota Tomohon Caroll Senduk menyatakan sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,sehingga kami berdua boleh dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Kota Tomohon periode 2021 – 2024.

Dalam kesempatan ini  kita semua boleh hadir di tempat ini dalam rangka mengikuti rapat paripurna DPRD kota tomohon dalam rangka serah terima jabatan dan mendengarkan pidato / sambutan Walikota Kota Tomohon periode 2021 – 2024.

Karena Kota Tomohon adalah kota yang diberkati Tuhan, dikaruniai keindahan alam dan udara yang sejuk. Dimekarkan dari sebuah kecamatan di Kabubaten Minahasa, hingga saat ini secara otonom Kota Tomohon telah memasuki usia yang ke 18 tahun, ibarat manusia, saat ini mulai memasuki usia dewasa dengan segala pertumbuhan dan perkembangannya menuju ke arah tujuan yang lebih baik."ucap Caroll.

Caroll juga mengungkapkan Posisi Kota Tomohon yang terletak di tengah-tengah antara Kota Manado sebagai ibukota Propinsi Sulawesi Utara, sebagai pusat pemerintahan dan pusat perekonomian sulawesi utara, dengan daerah kabupaten/kota lainnya menjadikan Kota Tomohon sebagai kota transit dan penyanggah bagi Kota Manado dan kabupaten/kota lainnya di Sulawesi Utara, sehingga kedudukan Kota Tomohon sangat strategis untuk pengembangan ke depan sesuai dengan harapan dan cita-cita terbentuknya Kota Tomohon pada tahun 2003 yang lalu.

Dan Kota Tomohon sejak dahulu sudah dikenal karena alamnya yang indah dan sejuk, tanahnya yang subur, masyarakatnya yang ramah, dan julukan lainnya seperti kota religius dan kota pendidikan, menambah harapan untuk menjadikan kota tomohon yang maju, berdaya saing, dan sejahtera, sebagaimana visi kami caroll-wenny dalam pemilukada tahun 2020 yang sudah kita lewati bersama"katanya".

Maka dari itu sebagai umat percaya, kita patut bersyukur kepada Tuhan yang maha kuasa karena hanya dengan perkenanannya sehingga proses pelaksanaan pesta demokrasi dalam hal ini pemilukada kota tomohon tahun 2020 boleh terlaksana dengan baik"ucapnya".

"Ya Saya (Caroll Joram Azarias Senduk, SH) sebagai bersama bapak Wenny Lumentut, SE mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersama-sama terlibat dalam proses kontestasi ini yang pada akhirnya lewat kepercayaan mayoritas masyarakat Kota Tomohon,sehingga kami Caroll-Wenny boleh terpilih dan memimpin kota tomohon dan pada hari ini sudah dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Kota Tomohon periode 2021 – 2024.

 

 

Oleh sebab itu,dengan rasa  ucapan terima kasih saya  sampaikan kepada partai yang sudah mengusulkan kami Caroll – Wenny menjadi calon dalam pemilukada Kota Tomohon tahun 2020, yaitu :

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Ketua Umum dewan pimpinan pusat Ibu Hj. Megawati Soekarno Putri

Partai Gerakan Indonesia Raya, ketua umum dewan pimpinan pusat bapak Prabowo Subianto

Bapak Olly Dondokambey, SE sebagai Gubernur Sulawesi Utara yang sudah melantik kami pada hari ini."katanya.

Caroll berharap setelah melewati berbagai proses sampai pada pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Kota Tomohon periode 2021 – 2024, saya menyampaikan kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon dimanapun berada, mari kita tinggalkan dan tanggalkan segala perbedaan yang terjadi dalam proses kontestasi ini."ajak Caroll.(Prise).

Tomohon, Sulutnews.com - Usainya Pelantikan Wali kota dan Wakil Walikota Tomohon,Caroll Senduk Wenny Lumentut,lanjutkan mendatangi Kantor Wali Kota serta disambut secara adat dan tarian adat sekaligus ibadah dan doa syukur yang di laksanakan di Kantor Wali kota Tomohon.Jumat,26 Febuari 2021.

Wali Kota Caroll Senduk dan Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut tiba di Kantor Wali Kota, pukul 13.55 Wita.

Dan dampingi  istri masing-masing Jeand'arc Karundeng dan Ellen Sangi tiba dengan menggunakan kendaraan Dinas DB 1 G dan DB 2 G Sebelum masuk di ruang kerja Wali Kota Caroll Senduk dan Wenny Lumentut disambut dan diberikan karangan bunga oleh Putra-putri Tomohon.

Sekalipun dengan kemeriahan dalam penyambutan, tetap mengedepankan Protokol Kesehatan.(Prise).

Tomohon, Sulutnews.com - Pelantikan Wali kota dan  Wakil Walikota Tomohon terpilih Caroll Senduk dan Wenny Lumentut telah dilaksanakan,Jumat ,26 Febuari 2021 bertempat di Graha Gubernur Bumi beringin Manado.

Setelah melewati, masa tahapan pemilihan, Caroll Senduk Wenny Lumentut telah resmi menjadi pemimpin Kota Bunga, Kota Religious, Kota Pendidikan. Ini yang menjadi dambaan bagi masyarakat kota Tomohon. Membawa perubahan untuk  kota Tomohon yang maju dan hebat.

Gubernur Olly Dondokambey melantik Kelima pasangan Kepala Daerah periode 2021-2024 yang dilantik yaitu;

  1. Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara: Joune Ganda dan Kevin Lotulung;
  2. Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan: Franky Wongkar dan Petra Rembang;
  3. Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur: Sachrul Mamonto dan Oskar Manoppo;
  4. Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan: Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid;
  5. Walikota dan Wakil Walikota Tomohon: Caroll Senduk dan Wenny Lumentut.

"Dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan yang Maha kuasa, atas berkat dan rahmatnya maka pada hari ini, jumat tanggal 26 Februari 2021, Saya Gubernur Sulawesi Utara, atas nama Presiden Rapublik Indonesia dengan resmi melantik Caroll Senduk dan Wenny Lumentut sebagai Walikota dan Wakil Walikota Tomohon.

Usainya Pelantikan tersebut, Olly mengungkapkan dengan menyampaikan " ini merupakan  Sumpah janji dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Ya tentunya,Saya percaya saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan baik-baiknya."ucap Olly".(Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Jerry Sundah, SE mengikuti Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Tomohon Di Aula Rumah Dinas Walikota Tomohon, Rabu, 24 Februari 2021.

Dalam materi yang disampaikan Ketua DPRD Tomohon menjelaskan Susunan DPRD kabupaten/Kota terdiri atas anggota partai politik peserta pemilihan umum yang dipilih melalui pemilihan umum (Pasal 147 UU 23/2014). selanjutnya disampaikan Fungsi DPRD Kota Tomohon yaitu Pembentukan Perda, anggaran dan pengawasan.

Rapat ini dihadiri oleh PLH Walikota Tomohon Jemmy Ringkuangan AP, M.Si Kapolres Tomohon AKBP Bambang A. Gatot, S.IK., Kodim 1302 Minahasa LETKOL INF. Herberth Andi Amino Sinaga SIP, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Nova Loura Sasube SH MH, Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon Imanuel Richendry Hot SH MH, Jajaran Pemerintah Kota Tomohon dan hadirin undangan.(/Merson)