Tomohon, Sulutnews.com - Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE menghadiri kegiatan Penutupan Survey Akreditasi Rumah Sakit Umum Daerah Anugerah Tomohon, Bertempat di RSUD Anugerah Tomohon . Rabu 7/12/2022.

Sambutan Walikota yang dibacakan oleh Wakil Walikota, sehubungan dengan survey komisi akreditasi rumah sakit yang sudah berlangsung 3 hari ini, pemerintah  Kota Tomohon memberikan apresiasi yang tinggi kepada Tim Survey Akreditasi yang sudah datang dikarenakan suatu kebanggaan bagi Kota Tomohon yang berlabel kota Pendidikan, kota Religius, kota Pariwisata. Sebagai contohnya kota Tomohon yang memiliki beberapa rumah sakit , dibandingkan Kabupaten / Kota yang lain. Adapun begitu banyak Profesi masyarakat Kota Tomohon sebagai perawat karena Kota Tomohon memiliki sekolah perawat umum yang memang merupakan suatu pekerjaan mulia, Maka dari itu pemerintah kota Tomohon sangat memperhatikan dan bersinergi dengan para pimpinan Rumah Sakit bersama jajaran.

Harapan Pemerintah, semoga Rumah Sakit Anugerah kota Tomohon boleh memperoleh Akreditasi lewat Tim Survey Akreditasi Rumah Sakit, dan memenuhi standart standart survey Akreditasi yang ada, agar rumah sakit ini dapat bertumbuh dengan baik untuk melayani masyarakat .

Hadir dalam kegiatan ini, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Anugerah Tomohon Dr. Irene E.L. Pandeiroot, Tim Surverior Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Dr. Henny Ruth Liwe, M.Kes dan Syafril Rahim,S.Kep.NS.M.Kes, Kepala dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon Dr. Jhon Lumopa,M.Kes serta Seluruh Dokter juga Karyawan RSUD Anugerah Tomohon.(*/Merson)

Tomohon, Sulutnews.com - Dalam Rangka Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal 2022 dan Tahun baru 2023 Dinas Pangan Daerah Kota Tomohon melaksanakan acara Gelar pangan murah / Bazaar pangan, dilaksanakan di  Balai pertemuan umum kelurahan Tara-tara Dua. Rabu, (7/12/2022).

Gelar pangan murah / Bazaar Pangan ini merupakan sinergi antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Dinas Pangan Daerah Sulut,  Pemerintah Kota Tomohon, PT. PGE Lahendong, Bank SulutGo Cool supermarket, Multimart Supermarket dan Golden Egg.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut,S.E mengatakan bahwa  Salah satu kebijakan Pemerintah Daerah dalam urusan peningkatan ketahanan pangan adalah pemenuhan ketersediaan pangan, keterjangkauan pangan dan stabilitas harga pangan. Hal ini juga sudah sejalan dan terintegrasi dengan misi Pemerintah Daerah Kota Tomohon “memajukan sistem pertanian dalam rangka  mewujudkan kedaulatan pangan“ sebagai bagian dari rencana strategis jangka menengah Daerah membangun ketahanan pangan yang berdaulat melalui program peningkatan ketahanan pangan berbasis budaya lokal dan berorientasi pasar.

Pesan dari Walikota Tomohon kiranya  masyarakat bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya gelar  pangan murah, ini untuk membantu saudara-saudara sebagai bagian dan upaya Pemerintah peduli terhadap kondisi sosial masyarakat.

hadir Kepala Dinas Pangan Daerah Kota Tomohon Drs. Novy Kaindeh,M.Si., perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan, Jajaran Pemerintah Kota Tomohon dan masyarakat Tara-tara Raya.(*/Merson)

Tomohon, Sulutnews.com – Mengoptimalkan tugas pokok, meningkatkan fasilitas keprotokolan dan pengoptimalan tugas keprotokolan pada Pemerintah Kota Tomohon, dilaksanakan rapat Koordinasi Keprotokolan pada Sub Kegiatan Fasilitasi Keprotokolan, bertempat di Lantai 3 Kantor Sekertariat Daerah Kota Tomohon. Rabu 7/12/2022.

Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH diwakili oleh Staff Ahli Walikota Tomohon Bidang Administrasi dan Sumber Daya Manusia Ronald Kalesaran SE, saat membawakan sambutan Walikota,  mengatakan bahwa dalam rangka peningkatan pengetahuan dan keterampilan dibidang Keprotokolan serta peningkatan pemahaman dalam pelaksanaan tata aturan penyelenggaraan pemerintah dalam keprotokolan di Pemerintah Kota Tomohon, maka kegiatan ini dengan harapan untuk memberikan  bekal pengetahuan  keterampilan tentang keprotokolan baik teori maupun konsep dari aspek teknis serta praktis agar sumber daya manusia khususnya organisasi perangkat Daerah dilingkungan pemerintah Kota Tomohon. Dalam kesempatan tersebut Staff Ahli Walikota Tomohon Bidang Administrasi dan Sumber Daya Manusia Ronald Kalesaran SE, langsung membuka akan kegiatan ini.

Menjadi Narasumber, Kabag Prokopim Christo Kalumata, S.STP dan Kasubag Protokol Sekertariat Daerah kota Tomohon Sylvhia Mawuntu SS, dan tampak hadir  jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(*/Merson)

Tomohon,Sulutnews.com - Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E. menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Janji Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara, yang dilaksanakan di Aula Mapalus Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Senin 5 Desember 2022

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, S.E. melantik Steve Kepel, S.T., M.Si. sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara

Wakil Walikota Tomohon, menyampaikan Selamat atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kota Tomohon mengucapkan selamat atas dilantiknya Steve Kepel, S.T., M.Si. sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara definitif.

Pelantikan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw, Forkopimda Sulawesi Utara, Para Kepala Daerah Se- Sulawesi Utara, Jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.(*/Merson)

Tomohon,Sulutnews.com - Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E. menghadiri Wisuda Sarjana Angkatan Ke XIX dan Pelantikan Profesi Ners Angkatan Ke XIII Universitas Sariputra Indonesia Tomohon yang dilaksanakan di Manado Convention Center, Selasa 6 Desember 2022.

Diawali dengan Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Universitas Sariputra Indonesia Tomohon (Unsrit) Wisuda Sarjana Angkatan Ke XIX dan Pelantikan Profesi Ners Angkatan Ke XIII Universitas Sariputra Indonesia Tomohon  mewisuda 87 orang Sarjana angkatan XIX dan Melantik 26 orang Profesi Ners.

Wakil Walikota Tomohon menyampaikan selamat atas diwisudanya para wisudawan/wisudawati  yang boleh menyelesaikan studi dengan baik. “Semoga ini akan memotivasi semangat dan tekad untuk terus berkarya dan berusaha dalam pelayanan kasih kepada negara dan masyarakat”, ujarnya.

Saya menghimbau dan mengajak para wisudawan untuk menimba ilmu sebanyak mungkin, pengalaman dan mengamalkan ilmu yang diperoleh serta berikan yang terbaik yang saudara miliki untuk kepentingan masyarakat dimana pun adna berkarya. Keberhasilan saudara di tengah masyarakat nantinya merupakan barometer kesarjanaan sejati.

Selamat dan terima kasih juga kepada seluruh civitas akademika Universitas Sariputra Indonesia Tomohon yang telah berkontribusi besar dalam mentransferkan seluruh ilmunya melalui proses pendidikan tinggi, sehingga anak-anak didiknya dapat diwisuda pada hari ini.

Wisuda dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara dr. Fransiskus Andi Silangen, Sp.B., K.B.D., Ketua Yayasan Dharma Bakti Indonesia Tomohon Kie Nio Runtuwene, Rektor Universitas Sariputra Indonesia Tomohon Aprildi Fernandus, S.T., M.T., Perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XVI, Akub Zainal Busura, S.H., M.H., Ketua Senat Joksan Huragana, S.Kep., M.M.Kes. beserta anggota senat, Jajaran Universitas Sariputra Indonesia Tomohon dan Para orang tua Wisudawan.(*/Merson)

Manado, Sulutnews.com - Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E. menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Janji Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara, bertempat di Aula Mapalus Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Senin 5 Desember 2022.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, S.E. melantik Steve Kepel, S.T., M.Si. sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara

Wakil Walikota Tomohon atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kota Tomohon mengucapkan selamat atas dilantiknya Steve Kepel, S.T., M.Si, sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara definitif.

Acara pelantikan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw, Forkopimda Sulawesi Utara, Para Kepala Daerah Se- Sulawesi Utara, Jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.(*/Merson)

Tomohon,Sulutnews.com - Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E. menghadiri kegiatan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi TKD Tahun Anggaran 2023 serta Penyerahan Piagam WTP yang dilaksanakan di Gedung Keuangan Negara Provinsi Sulawesi Utara, Senin 5 Desember 2022.

Wakil Walikota Tomohon menerima secara langsung dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, S.E. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi TKD Tahun Anggaran 2023 serta Piagam Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang didapatkan Kota Tomohon sembilan kali berturut-turut.

Gubernur Sulawesi Utara mengatakan bahwa pada tahun ini pemerintah Sulut serta seluruh kabupaten/kota di Sulut mendapatkan WTP. Ini prestasi yang sangat membanggakan.

“Saya menghimbau agar penyerapan anggaran dapat dipercepat. Ini agar menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sulawesi Utara. Saya berharap, agar semuanya dapat menjaga kestabilan ekonomi Sulut”, ungkapnya.

Acara Penyerahan DIPA dihadiri oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Utara, Forkopimda Sulut atau yang mewakili, Para Kepala lembaga dan Kepala instansi pusat perwakilan daerah, Walikota/Bupati dan Wakil Walikota/Wakil Bupati se- Sulawesi Utara.(*/Merson)

Tomohon,Sulutnews.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-51 KORPRI (Korps Pegawai Republik Indonesia) yang diperingati pada 29 November 2022, Pemerintah Kota Tomohon  menggelar Upacara peringatan KORPRI di Stadion Babe Palar Kota Tomohon, senin (5/12/2022).

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tomohon Ir Ervinz Liuw MSi bertindak selaku Inspektur upacara mewakili Walikota Tomohn Caroll J A Senduk SH.

Sambutan Presiden RI Joko Widodo, dibacakan Inspektur Upacara, yang dalam sambutannya Presiden menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada segenap keluarga besar KORPRI yang selama setengah abad telah memberikan Dharma, Bakti dan pengabdiannya dalam menjalankan tugas dan loyalitas pada Bangsa dan Negara.

Sesuai tema HUT KORPRI saat ini yakni 'KORPRI melayani, berkontribusi dan berinovasi untuk Negeri', maka dimintakan kepada seluruh anggota KORPRI untuk benar benar bisa bertransformasi secara total menjadikan dirinya sebagai bagian dari Birokrasi untuk melayani masyarakat dengan sepenuh hati dan adaptif terhadap perubahan yang terus terjadi.

KORPRI dapat menjadi pelaku aktif dalam kebiasaan baru tersebut menuju cara berpikir dan cara bertindak yang efisien, inovatif dan berdaya saing tinggi.

Dalam peringatan saat ini beberapa hal yang diharapkan, diantaranya perkuat soliditas dan solidaritas Korps dan perkuat kerja sama dengan segenap komponen bangsa dalam rangka menegakan fungsi sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Tampak hadir jajaran ASN dan tenaga kontrak Pemerintah Kota Tomohon.(*/Merson)

Tomohon,Sulutnews.com - Kejuaraan menembak, dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) ke-77 tahun 2022, yang dilaksanakan bertempat di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) XIII/Merdeka, Sabtu (3/12) sukses digelar.

Kejuaraan Menembak dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika TNI-AD ke-77 tahun 2022, diikuti oleh 115 orang dari masyarakat mewakili 44 Kelurahan se-Kota Tomohon dan unsur TNI-Polri. 

"Banyak selamat kepada para jawara yang berhasil memenangkan kejuaraan menembak ini. Terimakasih atas keikutsertaan para masyarakat dan unsur TNI-Polri, semoga kedepan Perbakin Kota Tomohon akan melaksanakan event seperti ini." ujar Ketua panitia Kejuaraan menembak Servi Didi Mantiri mewakili Ketua Pengurus Kota Perbakin Ir Miky Junita Linda Wenur MAP (MJLW).

Pada kesempatan itu juga Mantiri memberikan apresiasi kepada stakeholder yang terlibat langsung, mendukung,  serta menyukseskan kejuaraan menembak ini.

Berikut nama-nama pemenang:

Air Rifle Pump (ARP) 10 Meter (Senapan Angin Pompa):
Juara 1: Regen Tindas
Juara 2: David Toreh
Juara 3: Christian Pantow

Metal Silhouette ARP 17 Meter 3 Posisi:
Juara 1: Jurico Kapojos 
Juara 2: Wilga Lala 
Juara 3: Miguel Brayen Walean 

Bench Best 25 Meter:
Juara 1: Mario Manggaribet 
Juara 2: Ricky Caroles
Juara 3: Marsel Tampenawas.

(**/ARP)

Tomohon,Sulutnews.com - Kejuaraan Menembak dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) ke-77 tahun 2022, yang dilaksanakan bertempat di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) XIII/Merdeka, resmi dibuka oleh Wali Kota Tomohon diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Florencianus Ventje Karundeng, Sabtu (3/12/22).

Dalam sambutannya Karundeng mengatakan, puji syukur ke hadirat Tuhan yang maha kuasa karena atas anugerah dan perkenaannya sehingga kejuaraan menembak yang dilaksanakan oleh Perbakin kota Tomohon bekerja sama Rindam XIII/Merdeka, boleh digelar.

"Saya mewakili Wali Kota Caroll Senduk dan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut (CSWL), atas nama pemerintah dan masyarakat kota Tomohon menyambut baik disertai rasa bangga, akan terselenggara kejuaraan menembak ini." ucap Karundeng.

Pada kesempatan itu, Karundeng mengucapkan selamat atas hasil yang diraih oleh atlet-atlet menembak Kota Tomohon, karena pada Porprov Sulut ke-XI di Bolaang Mongondow (Bolmong) baru-baru ini, Cabang Olahraga (Cabor) Menembak Kota Tomohon berhasil merebut 9 Medali yakni 3 Emas, 2 Perak, dan 3 Perunggu.

Terpisah, Ketua Umum Perbakin Tomohon Ir MIky Junita Linda Wenur MAP (MJLW) di wawancarai Media ini, juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Tomohon yang sudah mendukung Kejuaraan Menembak dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) ke-77 tahun 2022,

MJLW mengatakan, Tomohon merupakan gudang atlet, salah satunya atlet menembak. Ini terbukti dengan keikutsertaan Sulawesi Utara dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, diutus dua atlet, semuanya putri. Dan, kedua-duanya berasal dari Kota Tomohon.

‘’Ini patut kita banggakan, karena selama keikutsertaan Sulawesi Utara di ajang PON, baru kali itu memperoleh medali,’’ ungkap MJLW yang menjadi Manajer Tim PON Cabang Menembak di PON tersebut.

Lanjut dijelaskan MJLW, Kejuaraan Menembak Perbakin Tomohon bekerja sama dengan Rindam) XIII/Merdeka, ini adalah yang pertama kali digelar di Kota Tomohon.

"Jadi lomba Kejuaraan Menembak ini dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) yang ke -77, dimana lomba ini salah satunya untuk menyalurkan hobi menembak, "kata MJLW yang juga menjabat Ketua Komisi III DPRD Kota Tomohon.

Istri tercinta Senator asal Sulut Ir Stefanus BAN Liow MAP., ketika menjabat Ketua Umum KONI Kota Tomohon Periode 2016-2020 juga tercatat, sukses mengantar Kota Tomohon meraih peringkat ke-4 Porprov Sulut IX di Minahasa 2017 dan Porprov Sulut X di Bitung 2019.

Atas digelarnya kegiatan ini, MJLW juga berterima kasih kepada pihak panitia dan semua yang terlibat dalam kejuaraan tersebut.
Dia berharap, ke depan bisa dilaksanakan lagi kegiatan seperti ini untuk menjaring atlet lewat mereka yang hobi menembak.

Perlu diketahui, lomba yang akan dilaksanakan yakni Air Rifle Pump (ARP) 10 Meter (Senapan Angin Pompa) yang diikuti Perorangan Umum dan TNI/Polri, Metal Silhouette ARP 17 Meter 3 Posisi, Bench Best 25 Meter. Total hadiah berjumlah 22 juta-an, dengan Trophy dan Piagam.

Hadir juga, Komandan Rindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Endra Saputra Kusuma diwakili Komandan Bela Negara Rindam XIII/Merdeka Letkol INF Mochammad Fadjeri Syafri, Koordinator BIN Tomohon Letkol Laut Ahmad Firdaus, Wakil Ketua Perbakin kota Tomohon Ladys Fransiska Turang, Kasi Intel Kejari Tomohon Oktavianus Tumuju, AKP Jaya Simbala mewakili Kapolres Tomohon dan Ketua panitia Kejuaraan menembak Servi Didi Mantiri. (**/ARP)