[Keterangan Foto: Perayaan paskah Nasional tahun 2022] [Keterangan Foto: Perayaan paskah Nasional tahun 2022]

Ini Pesan Menkumham RI dan Kakanwil Sulut Dalam Perayaan Paskah Nasional di Kabupaten Kepulauan Talaud

Written by  Adrianus Pusungunaung May 18, 2022

Talaud,Sulutnews.com -  Perayaan paskah Nasional tahun 2022 yang di gelar di Kabupaten Kepulauan Talaud, terbilang sangat istimewa, karena diisi oleh berbagai kegiatan. Rangkaian acara  diawali dengan ibadah bersama yang digelar  bertempat di gedung Germita Bukit Sinai, Melonguane dan dilanjutkan pembacaan laporan panitia Jan Maringka, S.H.

Dalam pembacaan laporan itu, ketua panitia Paskah Nasional 2022 mengucapkan terima kasih atas kedatangan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly yang mewakili Bapak Presiden RI.

Usai ibadah dilanjutkan dengan “Jalan Salib” dimana Salib Paskah diarak menuju Monumen Tuhan Yesus Raja Memberkati di Melonguane, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Talaud.

Tepatnya di halaman rumah jabatan Bupati Talaud. Tampak Ribuan orang Nampak terlihat di sepanjang lokasi kegiatan itu menggunakan pakaian putih hitam dan sejumlah aksesoris Paskah Nasional 2022.

Selanjutnya, Simposium Nasional yang akan dilaksanakan pada 10-15 Mei 2022, mengenai nilai-nilai Paskah yang dikontribusikan bagi pembangunan nasional. Dan sebagai puncak acara, digelar perayaan Paskah Nasional 2022 yang dihelat di rumah jabatan Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud.

Mewakili Presiden Joko Widodo Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly menghadiri perayaan tersebut bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud, Perwakilan Aras Pimpinan Gereja di Indonesia, serta perwakilan gereja di Indonesia.

Menkumham RI, Yasonna H. Laoly dalam acara tersebut menyatakan bahwa dalam paskah nasional yang mengambil tema "Tak Terpisahkan dari Kasih Allah" yang diambil dari Roma 8 : 38-39 menjelaskan bahwa manusia tidak akan bisa dipisahkan dari kasih Allah oleh karena dua alasan yakni Kasih-Nya yang kekal dan tanpa syarat.

"Untuk itu Yasonna juga berharap keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama dapat semakin terjalin di negeri ini harapnya.

Disisi lain lewat kegiatan ini Kakanwil Sulut Haris Sukamto sangat berharap agar tema yang diangkat, "Tak Terpisahkan dan Kasih Allah" ini dapat menjadi inspirasi bagi siapa saja untuk menemukan dan menyebarkan Kasih Allah kepada sesama dan alam semesta demi kebaikan dan kedamaian bersama.

Dikatakan Haris Makna tak terpisahkan dari Kasih Allah, berarti manusia dan manusia mengasihi Allah, tak mungkin kita mengasihi sesama dan semesta ciptaan Allah, tandas Haris.

Selanjutnya Perayaan paskah tersebut juga diisi dengan penyerahan salib paskah nasional tuan rumah Provinsi Sulut kepada provinsi Papua Barat selaku tuan rumah paskah nasional tahun 2023, penandatanganan prasasti Wanala T2, serta pelepasan burung merpati sebagai simbol perdamaian antar umat beragama.

Penulis: ARP

Last modified on Wednesday, 18 May 2022 10:16