Foto : James Arthur Kojongian Foto : James Arthur Kojongian

Deprov Siap Bahas Ranperda APBD 2020

Written by  Josh Tinungki Nov 06, 2019

JAK: Harus Pro Rakyat

Manado, Sulutnews.Com -- Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Sulawesi Utara melalui Badan Anggaran (Banggar) akan membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Sulut tahun anggaran 2020.

Terkait rencana tersebut, Wakil Ketua DPRD Sulut James Arthur Kojongian mengatakan ini adalah momentum awal bagi Anggota DPRD periode 2019-2023 untuk membuktikan bagi masyarakat jika kerja politik anggota DPRD Sulut skarang ini akan lebih berpihak kepada rakyat. "APBD harus pro rakyat agar bisa dijadikan instrumen dalam meningkatkan pelayanan publik untuk tujuan mewujudkan kesejahteraan rakyat." kata JAK

Juga kata politisi muda yang saat ini smdigadang untuk menjadi Ketua KNPI Sulut ini, APBD tentunya bukanlah produk yang dihasilkan melalui proses yang instan sebab APBD disusun dengan perencanaan yang sistematis dan terukur dengan melibatkan peran serta masyarakat sebagai tujuan pembangunan dan juga sebagai pelaku pembangunan itu sendiri. "Kita bekerja untuk rakyat, sehingga produk yang dihasilkan dari kerja politik juga harus untuk mensejahtrakan rakyat," kata James Arthur Kojongian

Selain itu, lanjut legislator Golkar ini, alokasi anggaran yang nantinya ditetapkan akan mengedepankan asas manfaat dan skala prioritas yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat Sulut saat ini.

"Pembangunan dan perbaikan infrastruktur disemua bidang akan disebarkan secara merata untuk semua Kabupaten maupun Kota," ungkapnya.

Dalam kaitan fungsi pengawasan Fraksi Partai Golkar akan melakukan pemantauan agar pemanfaatan anggaran APBD tidak dimanfaatkan sebagai alat kepentingan politik, karena sebagaimana diketahui tahun 2020 merupakan tahun Pilkada di Sulut.

"Fraksi Golkar DPRD Sulut akan melakukan pengawasan agar tidak terjadi penyimpangan anggaran APBD, sebagai modus untuk kegiatan meraup suara dalam memenangkan pilkada," tegas JAK.

Sebagaimana penyampaian Gubernur pada rapat paripurna rencana anggaran APBD 2020  Pendapatan direncanakan sebesar Rp.4.042.119.332.102  dan Belanja daerah direncanakan Rp. 4.347.116.332.102. (josh tinungki)