Foto : Wenny Lumentut Foto : Wenny Lumentut

Lumentut : Saya Jamin Harga Cengkih Bakal Naik, Petani Dihimbau Tahan Hasil Produksi

Written by  Josh Tinungki Oct 30, 2019

Manado, Sulutnews.Com - Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulawesi Utara, Wenny Lumentut SE mendesak Pemerintah Pusat melalui Mentri Perindustrian dan Perdagangan RI untuk menutup kran import cengkih khususnya di Sulawesi Utara juga segera mencabut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) terhadap hasil-hasil pertanian dan perkebunan.

Menurutnya, dengan dicabutnya PPN maka petani akan diuntungkan, mengingat hasil pertanian dan perkebunan sekarang ini di bawah biaya produksi petani."DPR memahami melesunya ekonomi global namun Pemerintah harus tegas menutup kran import cengkih agar petani mendapatkan nilai tambah," tegas Lumentut.

Lumentut juga mengimbau petani di Sulut untuk tidak tergesa-gesa menjual hasil cengkih karena biasanya diawal tahun harga cengkih dijamin naik hingga Rp 100 ribu per kilo gram."Pentani dapat menahan dulu hasil produksinya dan saya jamin tahun depan bisa dibeli diatas harga produksi," ungkap Lumentut.

Seperti diketahui, pemerintah telah memproteksi harga cengkih petani hingga Rp120 ribuan per kilogram, namun saat ini harganya anjlok dan dibeli bawah Rp70 ribu per kilo gram. (josh tinungki)