Foto : Suasana RDP Komisi IV DPRD Sulut bersama Dinas Kesehatan Provinsi Foto : Suasana RDP Komisi IV DPRD Sulut bersama Dinas Kesehatan Provinsi

Serapan Anggaran Rendah,Komisi IV DPRD Kritik Kinerja Dinkes

Written by  Josh Tinungki Oct 07, 2019

Manado, Sulutnews.Com - Guna memantapkan kerja politik yang menjadi tugas pokok sebagai wakil rakyat di lembaga DPRD Sulawesi Utara, Pimpinan dan Anggota Komisi IV Senin (7/10/2018) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama SKPD Mitra Kerja, dan Dinas Kesehatan mendapatkan kesempatan pertama. Pada rapat yang dipimpin langsung Ketua Komisi IV DPRD Sulut Braien Leonard Waworuntu tersebut, mengkritik pelaksanaan program tahun 2019 Dinas Kesehatan yang hingga bulan 10 ini serapan anggaran baru mencapai 32 persen.

"Jika serapan anggaran untuk membiayai program sangat minim ini patut dipertanyakan, bisa saja realisasi program kurang atau memang tidak jalan," kata Waworuntu.

Juga dikatakan Careiq N Runtu yang mengkritisi soal pelalsanaan program penyuluhan bagi nasyarakat terkait pola hidup sehat yang dianggarkan sebesar Rp 337 Juta terealisasi baru Rp 12 juta," Harusnya program yang langsung menyentuh masyarakat patut mendapatkan prioritas, jika realisasi anggaran kurang padahal masa anggaran segera berakhir, maka kinerja dinas bisa dinilai gagal," tegas Runtu.

Kritikan terhadap pelaksanaan program Dinkes, Anggota Komisi IV, dr Fransiskus A Silangen juga menyorot Program Perbaikan Gisi masyarakat yang penyerapan anggaran masih diangka 0 persen."Perlu ada penjelasan terkait serapan anggaran yang nol persen, apa yang menjadi kendala sehingga perlu ada rumusan bersama, karena ini akan segera mengakhiri masa anggaran," kata Silangen

Sementara itu menanggapi kritikan sejumlah anggota Komisi IV, tersebut, Kpala Dinas Kesehatan Sulut dr Debby Kalalo mengatakan, bukan realisasi program tidak ada tetapi sementara berproses," Kami sementara berkoordinasi untuk realisasi kegiatan, dan past aka terealisasi tahun anggaran 2019,"jelas Kalalo.

Terkait pelaksanaan RDP komisi IV bersama SKPD mitra kerja Komisi IV akan dilaksanakan sepanjang minggu berjalan ini, dan direncanakan, setelah dinas Kesehatan, selanjutnya akan digelar bersama Dinas Pendidikan." Selain ingin mengenal Pejabat dinas bersama jajaran, juga ebih jauh akan melakukan pantauan terkait program kerja SKPD mitra kerja," jelas Waworuntu sambil mengungkapkan akan ada tindak lanjut dari hasil RDP dengab melakukan sidak. (josh tinungki)